Facebook Marketplace, Fitur Jualan Online yang Menguntungkan!

Saat ini, facebook sedang menjadi salah satu media sosial yang paling diminati oleh penggunanya, dikarenakan banyaknya layanan yang tersedia.  Facebook terus mengembangkan pelayanannya salah satunya dengan meluncurkan fitur Facebook marketplace.

Selain layanan sosial, ternyata facebook ingin mengembangkan jangkauan bisnisnya pada bidang lain. Facebook terus memanfaatkan peluang di internet agar semakin banyak penggunanya.

Saat ini layanan transaksi jual beli di Internet sedang marak. Hal inilah yang mendasari terciptanya facebook marketplace Untuk menyempurnakan misinya, yakni menjadikan facebook tempatjual beli online terbaik bagi penggunanya.

Bagi anda yang memiliki usaha, jangan ragu untuk mencoba fitur ini untuk kelancaran bisnis anda.

Sebelum memulai, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu facebook marketplace.

Baca juga : Pelaku bisnis Wajib Tahu Instagram Ads untuk Bisnis yang Cuan!

Apa itu Facebook Marketplace

facebook marketplace
Sumber:pexels.com

Facebook marketplace adalah suatu platform jual beli di aplikasi facebook yang memudahkan penggunanya untuk yang memanfaatkan Facebook dalam memajang barang jualan dan menawarkannya ke pengguna yang lainnya.

Marketplace dibuat karena banyaknya aktivitas jual beli . Bermunculannya grup jual-beli begitu juga dengan fanpage yang khusus dibuat untuk berjual beli. Hingga saat ini tercatat lebih dari 450 juta orang yang melakukannya per bulan.

Sehingga agar pengguna bisa mendapatkan manfaat lebih banyak dari koneksi di jejaring sosial ini, Terciptalah marketplace. Sebuah wadah untuk berjualan atau membeli barang tertentu dari berbagai orang di komunitas Anda

Proses penjualan bisa dilakukan dengan lebih efektif bahkan memungkinkan penjualan barang secara spontan. sehingga berjualan bisa jauh lebih mudah dan cepat sesuai keinginan anda.

Layanan Facebook Marketplace dapat diakses langsung dari aplikasi Facebook secara gratis melalui situs web facebook di tautan “Marketplace” pada menu utama beranda atau sisi kiri layer.

Anda bisa juga mengakses melalui Aplikasi Facebook dengan ikon yang terlihat seperti tiga garis horizontal untuk membuka menu dan kemudian ketuk Marketplace.

Facebook Marketplace beroperasi sepenuhnya dalam aplikasi dan situs web Facebook utama.

Facebook menyediakan tempat jual dan beli ini bertujuan agar para penggunanya dapat dengan mudah mencari dan menemukan barang-barang menarik yang dijual didalam Facebook.

Fitur ini Bisa ditemukan dan diakses melalui desktop, tablet, ataupun smartphone Pengguna dapat langsung berkunjung ke marketplace ini secara langsung di dalam Facebook tanpa harus melakukan download aplikasi lain atau membuat akun lain.

Saat anda berhasil mengakses fitur marketplace, maka anda akan dialihkan dari beranda biasa ke beranda khusus jual-beli yang penuh dengan produk yang dijual.

Namun, perlu anda pahami bahwa Facebook hanya menyediakan tempat dan tidak memberikan fasilitas pembayaran atau pengiriman barang.  Pembeli dan penjual perlu mengatur pembayaran dan pengiriman sesuai kesepakatan.

Baca juga : Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Bisnis yang Menguntungkan

Fitur Utama

facebook marketplace

Facebook Marketplace ini memiliki 3 fitur utama yakni pencarian pembelian, menjual barang serta  pencarian di kawasan sekitar.

Fitur pencarian barang

Fitur ini memungkinkan setiap pembeli untuk mencari dan memfilter daftar barang sesuai keinginan di sebuah komunitas tertentu.

Kemampuan ini dapat dikembangkan berkat adanya teknologi “Text Analysis AI”. Teknologi ini akan dikombinasikan dengan Facebook Page untuk menentukan algoritma kesukaan pengguna

Dari sana, akan muncul serangkaian daftar barang berdasarkan relevansi produk yang kemungkinan akan disukai oleh pengguna.

facebook marketplace pun  memiliki fitur instant message yang berfungsi sebagai template pesan otomatis dalam pembuka percakapan dengan penjual.

Teks tersebut diantaranya seperti, “Apakah barang tersebut masih tersedia?” serta “Bagaimanakah kondisi dari barang tersebut?”. Dengan begitu, proses jual beli bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Fitur menjual barang.

Penggunaan facebook marketplace ini mudah dan praktis. Tanpa perlu membuat halaman khusus yang berisi daftar barang dagangan.

Penjual hanya perlu mengunggah foto dari produk tersebut kemudian memberikan deskripsi serta harga yang ditawarkan. Di sini, pengguna tinggal memasukkan pada daftar atau listing produk yang telah disediakan.

Fitur Pencarian sekitar

Fitur ketiga yang juga cukup menarik yaitu fitur “pencarian sekitar”. Sistem pada fitur ini nantinya akan secara otomatis menemukan produk-produk yang di jual di sekitar tempat tinggal.

Keuntungan dari fitur ini adalah kita bisa lebih cepat untuk melakukan transaksi karena penjual dan pembeli berada di lingkungan yang berdekatan. Selain itu, fitur ini juga dapat mendorong peningkatan penjualan secara lokal termasuk pada pelaku UMKM.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

  • Pertama, anda harus membuka halaman beranda dari akun facebook anda.
  • Kemudian klik pada ikon marketplace seperti di bawah ini.

Facebook marketplace

  • Selanjutnya, Anda akan dialihkan pada tampilan beranda jual beli yang dipenuhi oleh produk jualan.

Facebook marketplace

Penggunaan facebook marketplace ini cukup simpel jika dibandingkan dengan marketplace yang sudah ada. Berikut adalah beberapa Langkah untuk mulai berjualan

  • Setelah berada di marketplace, tekan tombol “jual barang”

Facebook marketplace

  • Facebook akan memberikan anda opsi produk, jika barang Anda tidak ada di daftar, pilih opsi “barang” untuk melihat lebih banyak kategori barang

Facebook marketplace

  • Isi semua keterangan yang diminta, seperti mengunggah foto, judul foto, deskripsi, dan pilih kategori barang Anda.

Facebook marketplace

Facebook marketplace

  • Sebelum proses unggah selesai, Facebook akan menawarkan beberapa opsi share dagangan ke berbagai grup facebook.
  • Jika sudah memilih grup, klik tombol “Post”.Tetapi jika Anda hanya ingin barang dagangan diunggah ke marketplace, maka tekan tombol “skip
  • Selamat Berjualan!

Tips untuk Berjualan bagi Pemula

Facebook marketplace

Setelah berhasil mengunggah produk. Berikut kami berikan beberapa tips berjualan di Facebook Marketplace agar produk Anda bisa menjangkau target market yang tepat.

Foto Produk. Usahakan foto untuk produk anda terdiri dari lebih dari satu angle dan beberaa jenis sehingga dalam sekali upload bisa tediri dari beberapa foto sekaligus. Dan untuk foto produk ini gunakan foto yang merupakan foto asli agar menarik perhatian pembeli.

Deskripsi produk : Berikan deskripsi yang jelas dan lengkap, agar pembeli merasa yakin dengan produk Anda.

Harga. Untuk penulisan harga pada Facebook Marketplace ini sebisa mungkin cantumkan harga sejujurnya. Riset dahulu harga pasar sebelum menentukan harga produ, jangan sampai  anda menjual barang dengan asal menembak harga di bawah atau di atas harga pasar.

Bersikap baik pada pelanggan : Biasanya, pembeli akan banyak bertanya terkait produk pada penjual. Maka dari itu, respon penanya sebaik mungkin dan berikan jawaban sejelas mungkin. Agar pembeli merasa yakin untuk membeli produk dagangan Anda.

Share ke Group : Facebook Marketplace mempunyai fitur yaitu bisa melakukan share ke banyak group dalam satu kali kirim saja. Maka dari itu Anda perlu selektif dalam memilih group yang memiliki relevansi dengan produk yang anda jual.

Lokasi. Untuk lokasi pada Facebook Marketplace ini usahakan jangan terlalu jauh dari lokasi dimana target market Anda. Gunakan range jarak maksimal 8-10 mil saja karena jika terlalu lebar jaraknya maka pesaing Anda juga akan semakin banyak.

Top Picks : Gunakan fitur untuk melihat produk yang paling banyak dilihat oleh para pengguna lainnya. Gunakan ini sebagai referensi produk apa yang perlu anda pasarkan di marketplace ini.

Jika produk dagangan Anda bisa masuk ke bagian top picks, maka produk anda berpotensi menjadi produk favorit dan penjualan pun akan meningkat.

Cara Berbelanja di Facebook Marketplace

  • Pertama, anda harus membuka halaman beranda dari akun facebook anda.
  • Kemudian klik pada ikon marketplace seperti di bawah ini.

Facebook marketplace

  • Selanjutnya, Anda akan dialihkan pada tampilan beranda jual beli yang dipenuhi oleh produk jualan.

Facebook marketplace

Satu hal yang Perlu anda ketahui, bahwa pada marketplace ini belum menyediakan fitur pembayaran khusus layaknya marketplace pada umumnya. Facebook Marketplace tidak dapat melakukan transaksi jual beli secara langsung. Hanya menyediakan wadah untuk berjualan.

Bila ingin membeli barang tersebut, pengguna bisa masuk ke kolom obrolan berbincang dengan penjual. Kesepakatan dan Penjualan sepenuhnya dilaksanakan melalui chatting di Messenger.

  • Caranya ialah Pilih produk yang anda inginkan.
  • Kemudian klik pada produk tersebut.

facebook marketplace

  • Pada halaman tersebut akan muncul kolom Tanya Detil.  Secara otomatis Facebook akan mengirimkan pesan “Apakah ini tersedia” sebagai template pesan pembuka.

facebook marketplace

  • Selanjutnya pada kolom pesan tersebut, akan terjadi diskusi, tawar menawar hingga kesepakatan pembelian.
  • Selesai. Selamat berbelanja!

Tips Berbelanja

facebook marketplace

Sebelum memulai pembelanjaan anda, ada baiknya memahami dulu beberapa fitur dan tips untuk berbelanja di sini.

Kotak pencari. Di fitur ini, anda bisa menggunakan kotak pencarian dan ketik produk atau jasa yang Anda inginkan.

Sesuaikan lokasi dan rentang jaraknya. Ini berfungsi agar pencarian anda  tidak terlalu banyak pilihan. Karena biasanya semakin banyak pilhan semakin anda kesulitan mencari produk yang paling tepat.

Foto dan Deskripsi. Carilah penjual yang mempunyai foto real dengan deskripsi yang cukup lengkap. Jika ada penjelasan terkait produk yang belum dimengerti, Anda bisa menghubungi penjualnya secara langsung melalui chat di Messenger.

Top Picks. Gunakan fitur ini untuk melihat produk apa yang paling banyak dilihat oleh para pengguna lainnya. Sehingga anda bisa menentukan produk mana yang kira-kira terjamin kualitas.

Layanan ini bisa anda manfaatkan untuk jualan online yang menguntungkan, karena mudah dan praktis untuk digunakan.

Jika anda memiliki bisnis offline maupun online di platform lain, tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur ini karena dapat memperluas jangkauan penjualan anda.

Anda tertarik untuk memulai bisnis? bingung untuk memulai bisnis apa?

Mari bergabung bersama Evermos menjadi Reseller!

Jika anda berminat menjadi reseller, Anda dapat dengan mudah memulai bisnis praktis minim modal di Evermos.

hanya dengan modal 300 ribu, anda akan langsung mempunyai toko sendiri dan terhubung dengan brand-brand ternama. Banyak jenis produk barang dari berbagai produsen yang dapat anda pilih.

Dengan bergabung menjadi reseller Evermos, anda tidak perlu pusing memikirkan stok barang, mengemas, bahkan pengiriman. Semua hal tersebut akan ditangani oleh pihak dari Evermos.

Belum memiliki kemampuan untuk berjualan? Tidak perlu khawatir, anda pun akan diberikan pelatihan dan bimbingan bisnis. Anda dapat memiliki bisnis rumahan dengan hasil jutaan per bulan.

Anda hanya perlu fokus mempromosikan produk anda kepada teman-teman dengan share produk ke media sosial.

Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi reseller Evermos untuk bisnis tanpa modal dengan hasil keuntungan maksimal.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos

×