Ekonomi Melemah, Ini 6 Peluang Bisnis Baru Yang Bisa Dilakukan

Peluang Bisnis Baru

Kala ekonomi sedang melemah akibat pandemi Covid-19, jangan pernah putus harapan, ya! Manfaatkan peluang bisnis baru berikut ini agar kebutuhan tetap bisa terpenuhi!

Saat ini tentu kita semua sedang mengalami kesusahan dalam bidang ekonomi bukan? apalagi saat ini dunia terutama Indonesia sedang menghadapi wabah virus Corona yang sangat meresahkan dan sangat berdampak pada perekonomian penduduk Indonesia

Dengan demikian ekonomi akan melemah bersama dengan melemahnya mata uang rupiah dan peluang usaha sampingan akan muncul.

Dengan keadaan yang seperti ini tentunya bayang-bayang PHK terus menghantui golongan karyawan. Bagaimana tidak, saat pertumbuhan ekonomi melambat tentunya omset perusahaan akan menurun sedangkan gaji karyawan harus tetap dibayar.

Dengan demikian akan ada banyak sekali perusahaan melakukan PHK besar-besaran. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan yang ada di jurang kebangkrutan bisa terselamatkan.

Peluang Bisnis Baru saat Ekonomi Melemah bagi Karyawan

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Bagi para karyawan yang telah mengalami keadaan sulit tersebut tentunya harus pandai-pandai mencari peluang bisnis baru agar terus bisa menyambung perekonomian keluarganya.

Jika hanya terus mengandalkan sebagai karyawan tentunya bayang-bayang akan terus menghantui. Maka dari itu sebaiknya Anda harus bisa mengantisipasi kemungkinan tersebut yaitu dengan mendirikan bisnis.

Walaupun Anda terus bekerja namun Anda masih bisa menjalankan usaha sampingan.

Akan tetapi akan jauh lebih baik jika Anda fokus dan berani untuk terjun ke dalam medan perang secara total.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis baru saat ekonomi sedang melemah terutama bagi karyawan.

1. Peluang Bisnis Baru Di Bidang Kuliner

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Peluang bisnis baru saat ekonomi melemah yang pertama yaitu terjun ke dalam bisnis kuliner. Bisnis kuliner ini memang tergolong bisnis yang sangat kuat dalam menghadapi krisis ekonomi. Meskipun suatu negara dilanda krisis tentunya bisnis kuliner akan berjalan terus Sebab semua orang pastinya butuh makan.

Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin memulai bisnis kuliner ini bisa mencobanya untuk mengatasi ekonomi yang melemah. Namun jika Anda terkendala pada modal, maka Anda bisa memulainya dengan bisnis catering terlebih dahulu.

2. Peluang Bisnis Baru Dengan Berjualan Sembako

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Menjual sembako serta kebutuhan hidup yang lainnya atau produk konsumer merupakan salah satu bisnis yang bisa untuk menghadapi ekonomi yang sedang lemah.

Misalnya seperti produk kuliner yang mana sangat dibutuhkan oleh semua orang. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis menjual sembako lebih disarankan untuk menjual beberapa jenis produk terlebih dahulu saja.

Jika sudah mulai berkembang barulah Anda bisa memperbanyak jenis barang yang akan dijual.

3. Bisnis Fashion

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu peluang bisnis baru yang anti gulung tikar saat ekonomi melemah yaitu bisnis fashion.

Dalam bisnis ini Anda bisa menjual barang-barang seperti baju, sepatu dan beberapa barang lainnya yang sekiranya bagus untuk masa krisis.

Akan tetapi kebutuhan terhadap fashion ini sebenarnya memang tidak sepenting kebutuhan pokok. Jadi jika Anda ingin menggeluti bisnis fashion ini Anda bisa melakukannya dengan sistem dropship atau reseller.

4. Jual Beli Tanah dan Rumah

 

Kebutuhan akan tanah dan rumah kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Tentunya hal tersebut dikarenakan Setiap orang pasti membutuhkan rumah untuk ditinggalinya.

Terlebih saat ini jumlah penduduk semakin bertambah dan bisnis jual beli tanah dan rumah ini akan terus berkembang dari masa ke masa.

Jika Anda ingin memulai bisnis jual beli tanah dan rumah ini namun Anda masih terkendala dengan modal, maka Anda bisa memulainya dengan menjual kavling terlebih dahulu.

5. Investasi Saham

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Jika kita mendengar kalimat investasi saham tentunya sebagian besar orang akan berpandangan bahwa bisnis yang satu ini sangat cocok untuk orang-orang kaya saja.

Akan tetapi hal tersebut tentunya sangat tidak benar bahwa sebenarnya hanya dengan setoran awal 1 juta saja Anda sudah bisa membeli saham di bursa.

Dalam hal ini Anda harus memperhatikan beberapa hal saat melakukan investasi saham yaitu sebaiknya tidak sembarangan memilih saham yang akan Anda pilih. Terlebih di saat krisis seperti ini Anda harus pandai-pandai untuk memilihnya.

6. Jualan Online

Peluang Bisnis Baru

Sumber Gambar: Pexels

Peluang bisnis baru ketika ekonomi melemah yang terakhir yaitu jualan online. Memang benar bahwa saat ini jualan online sudah semakin populer karena pengguna internet sudah semakin banyak terutama di Indonesia.

Dengan demikian potensi keuntungan dari jualan online ini cukup besar karena pangsa pasar juga lebih luas dibandingkan dengan menjual produk di tempat Anda tinggal.

Sedangkan untuk jualan online sendiri produk yang ingin ada jual juga lebih bebas. Anda bisa menjual barang, jasa atau bahkan produk digital seperti software, plugin, eBook, theme dan lain sebagainya.

Apabila Anda ingin mulai untuk jualan online namun masih terkendala dengan modal, maka Anda bisa memulainya dengan sistem dropship.

Nah, itulah beberapa peluang bisnis baru yang bisa Anda jalankan ketika ekonomi melemah. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×