Ngeri! Inilah Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab Berikut Dalilnya!

Dosa anak perempuan yang tidak berhijab – Tahukah Anda jika seorang perempuan yang tidak mengenakan hijab atau tidak menutup aurat akan mendapat dosa yang sangat besar dan tidak hanya ditanggung oleh dirinya sendiri?

Perempuan adalah makhluk yang sangat mulia, oleh karena oleh karena itu Allah menciptakan perempuan dengan derajat yang sangat tinggi.

Sampai-sampai hal apapun yang berkaitan dengan perempuan sangat dijaga, salah satunya adalah aurat.

Aurat perempuan adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Oleh karena itu sehelai rambut pun akan menjadi aurat bagi perempuan jika tidak tertutup hijab.

Namun apakah benar dosa anak perempuan yang tidak berhijab tidak hanya ditanggung oleh dirinya sendiri?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Artikel tentang dosa anak perempuan yang tidak berhijab ini dibuat berdasarkan kutipan yang dilansir dari berbagai sumber. 

Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab? Ini Hadistnya

Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab
Sumber: google.com/bersosial

Dalam Islam menutup aurat bagi laki-laki maupun perempuan adalah hal yang wajib dilakukan.

Aurat adalah istilah dalam hukum Islam yang memiliki arti batas dari bagian tubuh yang wajib ditutupi yang diperintahkan langsung oleh Allah SWT.

Salah satu aurat perempuan yang tidak boleh diperlihatkan selain kepada mahramnya adalah rambut.

Apakah perempuan yang tidak berhijab akan mendapatkan dosa? Melansir dari buku Mengenal Allah Melalui Ibadah Shalat, menutup aurat bagi perempuan muslim adalah wajib, karena hal tersebut adalah bagian dari aib.

Pernyataan tersebut didukung oleh hadits berikut ini yang dilansir dari laman Kumparan:

“Ada dua golongan dari ahli neraka yang belum pernah saya lihat keduanya itu: (1) Kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang mereka pakai buat memukul orang (penguasa yang kejam);

(2) Perempuan-perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, yang cenderung kepada perbuatan maksiat dan mencenderungkan orang lain kepada perbuatan maksiat, rambutnya sebesar punuk unta. Mereka ini tidak akan boleh masuk surga, serta tidak dapat akan mencium bau surga, padahal bau surga itu tercium sejauh perjalanan demikian dan demikian.” (HR. Muslim).

Jadi, bagi seorang perempuan muslim jika tidak menutup aurat sekalipun sehelai rambutnya adalah sebuah dosa.

Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab akan Mengalir ke Ayah atau Suaminya?

Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, berdasarkan buku yang berjudul Kau Akhi AKu Ukhti yang ditulis oleh Aprilia Kartika, menyebutkan ada beberapa dosa yang menjadi ganjaran jika seorang anak perempuan tidak berhijab atau tidak menutup aurat.

Berikut ini dosa anak perempuan yang tidak berhijab:

1. Dosanya mengalir kepada ayahnya

Jika seorang perempuan yang sudah baligh tetapi belum menikah, maka dosa yang akan didapatkan ketika tidak menutup aurat akan mengalir juga kepada sang ayah. Wallahu A’lam.

2. Dosa juga mengalir ke suami

Kemudian jika perempuan tersebut sudah menikah dan tidak menutup auratnya maka dosanya juga akan mengalir kepada suaminya. Wallahu A’lam.

3. Balasan di akhirat jika tidak berhijab

Seorang perempuan yang memperlihatkan rambutnya kepada yang bukan mahram maka akan mendapat balasan di akhirat.

Balasan yang akan diterimanya yaitu digantung dengan rambutnya di atas api neraka hingga menggelegak ke otaknya. Naudzubillahi mindzalik.

4. Balasan jika seorang perempuan mengumbar dada

Selain itu, jika seorang perempuan yang dengan sengaja mengumbar aurat dadanya, maka akan mendapat siksaan yang sangat berat di akhirat.

Yakni akan digantung di atas api neraka dengan buah dada yang terikat oleh rantai neraka sebagai penggantungnya.

Itulah beberapa ganjaran bagi mereka (perempuan) yang dengan sengaja mengumbar-umbar auratnya kepada bukan mahramnya.

Dalil Tentang Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab

Dosa Anak Perempuan yang Tidak Berhijab
Sumber: pexels.com

Untuk memperkuatnya tentang pernyataan seorang perempuan yang tidak berhijab mendapat dosa, berikut ini adalah beberapa dalil yang berkaitan dengan hal tersebut.

1. Surat Al-Ahzab ayat 5

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Artinya: “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.S Al-Ahzab: 59).

2. Hadits Rasulullah SAW

Hadits Rasulullah yang mengenai dosa seseorang yang tidak menutup aurat adalah sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda, “Seluruh umatku akan diampuni dosa-dosanya kecuali orang-orang yang terang-terangan (berbuat dosa). Di antara orang-orang yang terang-terangan berbuat dosa adalah seseorang yang pada waktu malam berbuat dosa, kemudian di waktu pagi ia menceritakan kepada manusia dosa yang dia lakukan semalam, padahal Allah telah menutupi aibnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, itulah dosa yang akan diterima oleh seorang perempuan jika dengan sengaja tidak menutup auratnya meskipun hanya sehelai rambut. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang menjaga aurat dan terhindar dari api neraka, aamiin ya rabbal alamin.

Demikianlah pembahasan mengenai dosa anak perempuan yang tidak berhijab. Semoga bermanfaat.

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan dan membaca artikel islami menarik lainnya.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88