Kajian Evermos: Dosa 2 Tahun Diampuni? Inilah Keistimewaan Hari Arafah!

Dosa 2 tahun diampuni – Sebentar lagi umat Islam akan menyambut hari raya Idul Adha, yakni pada 10 Dzulhijjah atau 10 Juli 2022.

Pada bulan Dzulhijjah ini ada keistimewaan yang ada pada 10 hari pertama bulan ini, salah satunya dosa dua tahun dapat diampuni jika mengamalkan ibadah ini.

Mau tahu lebih lanjut? Simak artikel ini sampai selesai. 

Artikel ini ditulis berdasarkan apa yang disampaikan oleh Ustadz Adni Kurniawan pad Kajian Evermos yang diselenggarakan oleh Evermos.

Kajian Evermos yang diselenggarakan pada Senin (4/7/2022) sore kali ini mengangkat tema Dosa 2 Tahun Diampuni? dan bertepatan dengan bulan Dzulhijjah. Berikut adalah artikelnya untuk Anda.

Dosa 2 Tahun Diampuni? Apa Sih Keistimewaan di Bulan Dzulhijjah?

Dosa 2 tahun diampuni

Sebelum membahas lebih jauh tentang puasa arafah yang mempunyai keutamaan yaitu dosa yang selama dua tahun dapat diampuni, Ustadz Adni menjelaskan terlebih dahulu mengenai perhitungan bulan.

Ustadz Adni mengatakan bahwa dari 12 bulan Islam, ada 4 bulan haram yang kemudian dikerucutkan menjadi satu bulan dan dikerucutkan kembali menjadi 10 hari. Yakni 10 hari awal di bulan Dzulhijjah. 

Hal itu bukan karena tradisi, atau keinginan para orang-orang terdahulu. Namun sudah janji Allah, seperti yang dijelaskan dalam surat Al-Fajr ayat 1 dan 2.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

وَالۡفَجۡرِۙ

Artinya: Demi waktu fajar (1)

وَلَيَالٍ عَشۡرٍۙ

Artinya: Dan malam yang sepuluh (2)

Menurut Ustadz Adni, ayat ini adalah sumpah Allah bahwa waktu fajar dan malam yang sepuluh adalah waktu yang sangat mulia.

Dosa 2 Tahun Diampuni? Mana yang Lebih Istimewa, Dzulhijjah atau Ramadhan

Dosa 2 tahun diampuni

Selain itu, dari ayat tersebut muncul pertanyaan manakah yang lebih mulia antara 10 hari awal Dzulhijjah dan 10 hari terakhir Ramadhan?

Beberapa ulama mengatakan lebih utama 10 hari terakhir Ramadhan dan ada pula yang mengatakan 10 hari awal Dzulhijjah.

Namun ada satu pendapat yang menengahi dua pendapat tersebut. Kedua bulan tersebut harus dilihat dari waktunya.

Jika siang hari, maka lebih utama bulan Dzulhijjah. Namun kalau dilihat dari waktu malam lebih utama bulan Ramadhan.

Dosa 2 tahun Diampuni? Inilah Keistimewaan Hari Arafah

Dosa 2 tahun diampuni

Lebih jauh lagi, Ustadz Adni mengatakan dari 10 hari awal bulan Dzulhijjah ada satu hari yang paling istimewa, yakni hari Arafah.

Karena pada hari Arafah ini Allah menyempurnakan agama Islam. Hal itu merujuk pada kisah Umar bin Khattab yang didatangi oleh seorang Yahudi.

Orang Yahudi berkata bahwa ada satu ayat yang sangat istimewa dalam agama Islam. Sampai-sampai orang Yahudi itu mengatakan jika ayat itu turun kepadanya maka akan dijadikan hari tersebut sebagai hari raya.

Ayat yang dimaksud adalah surat Al-Maidah ayat 5. Ustadz Adni mengatakan bahwa ayat ini adalah penjelasan Allah tentang kesempurnaan Islam.

Kemudian ayat ini turun pada saat Rasulullah sedang berada di Arafah pada hari Jumat, dan Arafahnya kebetulan pada hari Jumat. Di mana hari Jumat juga merupakan hari istimewa dalam Islam.

Selain itu, keistimewaan hari Arafah adalah sebagai berikut:

1. Hari Arafah adalah di mana Allah paling banyak membebaskan penghuni neraka. 

Rasulullah bersabda: 

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ : مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ

“Jumlah manusia yang dibebaskan Allah dari neraka pada hari Arafah lebih banyak daripada yang dibebaskan-Nya pada hari lainnya. Pada hari Arafah Allah mendekatkan lalu membanggakan mereka (orang-orang yang wukuf di Arafah) kepada para malaikat, dan Dia berfirman, ‘(Pasti Ku-kabulkan) apapun permohonan mereka.” (HR Muslim).

2. Doa yang baik adalah doa di hari Arafah

Ustadz Adni mengatakan keistimewaan yang berikutnya dari hari Arafah adalah doa yang paling baik adalah doa yang dipanjatkan di hari Arafah.

“Jadi nanti pada saat momentumnya tiba pada hari Arafah, jangan lupa kita perbanyak doa, karena sebaik-baiknya doa adalah doa di hari Arafah.” ujarnya.

Dosa 2 Tahun Diampuni? Inilah Keistimewaan Puasa Arafah

Dosa 2 tahun diampuni
Sumber: unsplash.com

Amalan yang dianjurkan pada hari Arafah adalah puasa Arafah. Para ulama menjelaskan bahwa jika mampu maka puasalah di 9 hari awal bulan Dzulhijjah.

Namun kalau tidak mampu maka boleh puasa di hari tertentu seperti hari Senin dan Kamis. Kalau masih belum mampu juga, maka jangan sampai terlewat untuk puasa di hari Arafah.

Seperti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadits:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim).

Maka secara tidak langsung bahwa puasa Arafah akan menghapus dosa dua tahun berturut-turut. 

Kemudian jika orang melaksanakan puasa Arafah, maka Allah memberikan ganjaran seperti puasa selama dua tahun. 

“Ini sangat luar biasa!.” kata Ustadz Adni.

Setelah Hari Arafah, Hari Ied adalah Hari yang Istimewa dengan Kurbannya

keistimewaan hari arafah
Sumber: pexels.com

Selain hari Arafah, Ustadz Adni mengatakan hari setelahnya yaitu hari Idul Adha juga memiliki keistimewaan, yakni berkurban.

Seperti yang disampaikan pada sebuah hadits yang ditafsirkan olehnya bahwa pada hari kiamat nanti seseorang yang melaksanakan kurban akan datang membawa pahala.

Pahala tersebut adalah dari hewan yang dikurbankannya, dari tanduk, bulu, daging dan yang menempel pada hewan tersebut. 

“Ini menandakan bahwa berkurban adalah hal yang sangat istimewa, bahkan pahalanya akan sampai kepada Allah sebelum bara api menyentuh bumi.”

Di akhir materi yang disampaikannya, Ustadz Adni menyampaikan bahwa pada hari-hari yang mulia harus selalu melakukan kebaikan.

“Kata Nabi, jangan sekali-kali kalian menganggap enteng sebuah kebaikan. Meskipun kebaikan itu hanya sebatas senyum ketika bertemu saudaramu. Itu artinya semua kebaikan sangat dianjurkan untuk dilakukan di hari-hari mulia ini.” Pungkasnya.

Untuk menonton Kajian Evermos selengkapnya, silahkan klik link berikut ini.

Untuk mendapatkan artikel tentang Kajian Evermos lainnya silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller Evermos dan bisa usaha hanya dengan Hp saja. Yuk gabung sekarang.

×