Doa Ziarah Kubur, Rangkaian Tata Cara Lengkap dengan Artinya

Menjelang bulan Ramadhan, tentu ziarah menjadi suatu kebiasaan yang harus dilakukan Kebiasaan ziarah terus berlanjut hingga generasi saat ini.

Adapun untuk pelaksanannya, sebenarnya tidak hanya harus dilakukan ketika menjelang puasa saja. Karena ini tidak ada tuntunan atau dalam sunnah Nabi Muhammad SAW.

Ketika berziarah kita dapat memanjatkan doa ziarah kubur.

Oleh karenanya, mari kita simak rangkaian pengertian dan doa ziarah kubur berikut ini.

Doa Ziarah Kubur Lengkap Bersama Artinya

doa ziarah kubur
sumber : google/bersosial

Ziarah kubur ini bukan hanya menengok kubur, atau sekadar tahu tapi juga mendoakan dan mengirim amalan kepada yang sudah menginggal dengan ayat Al Quran dan kalimat-kalimat doa yang Indah.

Pada awalnya, ziarah kubur memang dilarang karena khawatir menimbulkan kesyirikan. Namun sebenarnyam Ziarah kubur diperbolehkan sepanjang tidak mengundang kesyirikan. Berdoalah hanya kepada Allah SWT bukan kepada orang yang sudah meninggal.

Hingga akhirnya prosesi ziaran pun diperbolehkan Nabi Muhammad SAW dengan bacaan hadits yang menjelaskan hal tersebut

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

Artinya: “Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat.” (HR Tirmidzi).

Adapun di Antaranya hikmah dari ziarah kubur adalah mengingatkan kita pada kehidupan akhira yang kekal.. Selain itu, berziarah kubur dapat meningkatkan kezuhudan mengenai berbagai hal

Untuk itu guna mewujudkan tujuan yang sebenarnya, kita periu untuk mengetahui rangkaian bacaan doa ziarah kubur berikut ini.

Doa Mengunjungi Pemakaman

Assalaamu ‘alaikum ahlad diyaari minal mu’miniina wal muslimin wa innaa in syaa alloohu bikum laahiquun nas’alullooha lanaa wa lakumul ‘aafiyah.

Artinya: Keselamatan semoga tetap tercurahkan kepada para penghuni kubur dari golongan orang-orang mukmin dan orang-orang muslim, dan sesungguhnya Insya Allah kami akan menyusul kalian. Kami memohon kepada Allah keselamatan untuk kami dan untuk kalian semua.

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun”

Artinya : “Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

Membaca Surat-Surat di Bawah Ini

  1. Surat Al Qadar 7 x
  2. Al Fatihah 3 x
  3. Al Falaq 3 x
  4. An Nas 3 x
  5. Al Ikhlas 3 x
  6. Ayat Kursi 3 x
  7. Membaca Doa Keselamatan Kubur

Allahumma inni as-aluka bihaqqi Muhammadin wa ali Muhammad dan la tuadzdziba hadzal may-yit.

Artinya: Ya Allah, aku memohon padaMu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

Membaca Doa ini Sambil Memegang Kuburan

doa ziarah kubur
sumber : google/bersosial

Latin: Allahumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin, raw/atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghni biha ‘an rahmatin min siwaka, wa alhiqhu biman kana yatawallahu

Artinya: Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hibur lah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmatMu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selainMu dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

Membaca Istighfar, Dzikir, dan serta shalawat

Laailaaha illallah.

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”

Laa ilaaha illa anta subhaanaka innii kuntu minazh-zhaalimiin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan melainkan engkau ya Allah, maha suci Engkau, sesungguhnya aku ini adalah dari golongan yang aniaya.”

Astagfirullaahal-azhiim.

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang maha besar/maha agung.”

Allaahumma shalli’alaa sayyidinaa muhammmadin shalaatar-ridhaa wardha’an ashhaabihir-ridhar-ridhaa.

Artinya: “Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridai, dan ridailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

Membaca Doa Ziarah Kubur

doa ziarah kubur
sumber : google/bersosial

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfirlahu war hamhu wa’aafihii wa’fu anhu, wa akrim nuzuulahu wawassi’madholahu, waghsilhu bil maa’i watssalji walbaradi, wa naqqihi, minaddzzunubi wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu minad danasi.

Wabdilhu daaran khairan min daarihi wa zaujan khairan min zaujihi. Wa adkhilhul jannata wa aidzu min adzabil qabri wa min adzabinnaari wafsah lahu fi qabrihi wa nawwir lahu fihi.

Artinya: “Ya Allah, berilah ampun dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”

“Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah pelindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya (HR.Muslim).”

Rangkaian Doa saat Berziarah

Demikianlah Ulasan Mengenai Doa Ziarah Kubur. Semoga dengan adanya doa ini bisa meningkatkan iman islam Anda dan meingingkatkan nilai pahala Anda. Doa Ziarah Kubur ini bisa kita lakukan ketika mengunjungi makam seseorang.

Untuk itu, mari tingkatkan kualitas Ramadan Anda dengan melakukan hal-hal yang positif.

Salah satu hal positif yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu saat Ramadhan adalah dengan berjualan. Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Mau bisnis tapi masih belum punya modal cukup? Di Evermos Anda bisa di modalin, cukup install dan download aplikasinya untuk bergabung jadi reseller di Evermos!

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok  atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian artikel mengenai Doa Ziarah Kubur ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos.

×