Inilah Doa Untuk Pengantin Baru Lengkap Dengan Maknanya

Islam memberikan panduan doa ketika kita menghadiri pernikahan pengantin baru. Bukan hanya ucapan pernikahan saja yang harus Anda berikan untuk pasangan yang baru saja menikah, memanjatkan doa untuk pengantin baru agar selalu diberikan kebahagiaan sangat penting dan menjadi salah satu hal yang selayaknya Anda ucapkan.

Dalam agama Islam, menganjurkan setiap umatnya untuk selalu mengamalkan hal-hal yang baik agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Inilah menjadi alasan kenapa umat muslim wajib melibatkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam doa, kita tengah menyampaikan harapan dan permintaan kita kepada Allah, atas pernikahan kedua mempelai.

Apa yang perlu kita ungkapkan dalam doa restu untuk kedua pengantin adalah sebuah doa untuk pengantin yang telah diajarkan oleh Rasulullah.

Berikut doa untuk pengantin baru yang akan diulas pada artikel ini secara lengkap dengan maknanya.

Baca juga: Inilah Ketentuan Mahar Pernikahan dalam Islam Lengkap dengan Jenisnya

Doa untuk Pengantin Baru

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

 “Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir”

Artinya: “Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim).

Doa di atas merupakan doa pengantin yang diajarkan Rasulullah untuk disampaikan kepada kedua mempelai. Doa tersebut merupakan ungkapan rasa syukur atas berlangsungnya pernikahan.

Namun, doa ini seringkali dilupakan oleh para pengunjung atau tamu. Biasanya doa untuk pengantin ini hanya sekadar menjadi hiasan tempat perayaan.

Jadi, jika Anda hendak mengunjungi pengantin baru, jangan lupa untuk membacakan doa tersebut. Karena doa tersebut mengandung makna yang sangat baik.

Makna Doa Untuk Pengantin

Bila kita telaah, di dalam doa ini tersimpan kesempurnaan kebaikan. Berikut beberapa makna yang terkandung dalam doa pengantin yang perlu Anda ketahui.

1. Meminta Keberkahan untuk Kedua Mempelai

Doa Untuk Pengantin Baru
Sumber: google/bersosial

Kita berdoa, “Baarakallahu laka”  yang artinya Keberkahan, berarti kebaikan dari Allah yang kian bertambah, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Lalu keberkahan apa yang kita mintakan untuk keduanya?

Keberkahan tersebut dalam hal rezeki yang baik, halal, dan melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan dalam penghidupan keduanya.

Perlu kita ingat juga bahwa Allah SWT melimpahkan rezeki karena pernikahan.

Allah berfirman dalam Al Quran surah An Nuur ayat 32:

وَ اَنۡکِحُوا الۡاَیَامٰی مِنۡکُمۡ وَ الصّٰلِحِیۡنَ مِنۡ عِبَادِکُمۡ وَ اِمَآئِکُمۡ ؕ اِنۡ یَّکُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ یُغۡنِہِمُ اللّٰہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ؕ وَ اللّٰہُ وَاسِعٌ عَلِیۡمٌ

“Wa angkiḥul-ayāmā mingkum waṣ-ṣāliḥīna min ‘ibādikum wa imā`ikum, iy yakụnụ fuqarā`a yugnihimullāhu min faḍlih, wallāhu wāsi’un ‘alīm”

Artinya: “Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS. An-Nuur ayat 32)

Dari ayat di atas memberikan penjelasan kepada kita, jika mereka fakir, miskin, atau susah, tetapi menikah karena taat kepada Allah, maka Allah akan membukakan karunia-Nya kepada mereka.

Allah akan memberi rezeki kepada mereka serta memberikan keutamaan-Nya.

Dapat disimpulkan bahwa hal ini mengandung pengertian bahwa menikah merupakan pintu rezeki karena menikah akan mendatangkan rezeki.

Kita pun harus meyakini bahwa rezeki datang dari berbagai keadaan, salah satunya akan datang melalui pernikahan.

Keberkahan yang kita mintakan untuknya juga berarti bertambahnya kebaikan dan amal ketaatannya.

Dalam doa keberkahan ini, kita juga tidak hanya memintakan keberkahan untuk kehidupan keduanya saja. Melainkan juga doa untuk anaknya serta keturunan mereka berdua.

Karena doa adalah salah satu kado atau hadiah pernikahan yang baik.

Nah, apabila Anda mencari kado atau pernikahan, tidak ada salahnya untuk memberikan sebuah khimar cantik dengan model menarik. Tentunya produk khimar ini tersedia di Evermos.

Silahkan klik rekomendasi produk di bawah ini untuk mendapatkan produk.

Doa Untuk Pengantin Baru

Doa Untuk Pengantin Baru

2. Meminta Keberkahan untuk Keturunannya

Doa Untuk Pengantin Baru
Sumber: google/bersosial

Doa keberkahan untuk anak-anak dan keturunannya terungkap dalam kata-kata, “Wabaarakallahu ‘alaika”, yang berarti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu.

Keberkahan dalam keturunan yang dimaksud yaitu memperoleh anak-anak yang sehat, shalih, berbudi pekerti, terampil dan membawa kebaikan untuk kedua orang tuanya.

Dengan membacakan doa pengantin ini, secara tidak langsung kita juga telah mendoakan agar keduanya segera diberi keturunan.

Tujuan mulia dari mempunyai anak menurut syari’at Islam ialah menjadikan anak-anak tersebut menjadi anak-anak yang shalih, anak-anak yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya dan anak-anak yang berbuat baik kepada kedua orang tuanya (birrul walidain).

Makna penting sebuah keberkahan memiliki keturunan itu tidak hanya diukur dari segi kuantitas saja, tapi juga kualitas.

Maka, doa keberkahan yang kita sampaikan kepada pengantin mencakup segala kebaikan untuknya, calon anak-anaknya, calon cucu-cucunya, dan seterusnya, baik menyangkut dunianya maupun akhiratnya.

Baca juga: Wajib Tahu! Inilah Urutan Wali Nikah Serta Syaratnya dalam Syariat Islam

3. Meminta Agar Allah Mengumpulkan Keduanya dengan Perkumpulan yang Baik dan Harmonis

Doa Untuk Pengantin Baru
Sumber: google/bersosial

Makna doa pengantin selanjutnya adalah meminta agar Allah mengumpulkan keduanya yang baik dan harmonis, Hubungan ini didasari oleh sakinah, mawaddah, wa rahmah.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Ar Rum ayat 21:

وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَکُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِکُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡکُنُوۡۤا اِلَیۡہَا وَ جَعَلَ بَیۡنَکُمۡ مَّوَدَّۃً وَّ رَحۡمَۃً ؕ اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ یَّتَفَکَّرُوۡنَ

“Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn”

Artinya: “Dan, di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum ayat 21)

Betapa pentingnya hubungan yang baik dan harmonis antara suami dan istri, karena keduanya adalah kunci utama untuk memperoleh keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Apabila tanpa jalinan yang harmonis antara keduanya, sangat mustahil sebuah rumah tangga akan mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan.

Sudah banyak contoh rumah tangga yang tidak harmonis dan berakhir dengan perceraian, karena suami dan istri tidak sanggup menjalin keharmonisan hubungan.

Nah, untuk mencapai keluarga yang baik dan harmonis ini, perlu terlebih dahulu memperoleh sakinah dan rahmat.

Sebuah keluarga bisa harmonis, jika di dalamnya ada sakinah. Dengan begitu, mereka merasakan ketentraman dan kasih sayang.

Meskipun dalam keadaan kesulitan atau kesuksesan, suami dan istri tetap bisa merasakan ketentraman.

Jadi, keharmonisan dalam rumah tangga itu mensyaratkan adanya “Sakinah, Mawaddah, Wa rahmah” artinya ketenangan, ketulusan, dan kasih sayang.

Apabila tanpa adanya 3 hal tersebut, sebuah keluarga akan sulit mencapai keharmonisan.

Rekomendasi Sepatu Wanita yang Tersedia di Evermos

Doa Untuk Pengantin Baru

Nah, sepatu bisa jadi salah satu perlengkapan seserahan untuk wanita. Terdapat berbagai model dan warna sepatu wanita dengan kualitas terbaik yang tersedia di Evermos.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan atau produk sepatu wanita yang keren ini, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Silahkan untuk klik di bawah ini!

Doa Untuk Pengantin Baru

Demikianlah ulasan tentang doa untuk pengantin lengkap dengan maknanya. Semoga Allah senantiasa memberikan jodoh yang baik kepada Anda dan menjadikan kelurga Anda Sakinah, Mawadah, Wa rahmah. Aamiin Yarabbal’alamin.

Anda bisa membaca artikel doa-doa lainnya di situs blog Evermos.

×