Doa Untuk Orang yang Zalim Kepada Kita Arab, Latin dan Terjemahannya

Doa untuk orang yang zalim kepada kita – Perbuatan dzalim atau zalim merupakan salah satu sifat yang buruk dan dapat dimiliki oleh setiap manusia. Zalim merupakan sifat buruk, atau melakukan sesuatu yang tidak pada tempatnya sehingga melakukan sesuatu yang tidak semestinya dan berdampak kepada orang tersebut. Ketika kita dizalimi, tentu wajar ada perasaan seperti sakit hati, kemudian merasakan tidak adil. Namun, Islam juga tidak menganjurkan untuk melakukan perbuatan balas dendam yang nantinya akan merugikan oleh karena itu mari membaca doa berikut.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana doa untuk orang yang zalim kepada kita, kita perlu mengetahui definisi dari perbuatan zalim itu sendiri serta apa upaya atau respon yang perlu kita lakukan.

Pengertian Kata Zalim dan Dizalimi

Setiap manusia tentunya menginginkan agar keberadaannya dihargai, dihormati dan diperlakukan selayaknya agar dapat hidup tentram dan damai.

Namun, pada kenyataannya terkadang manusia tidak dapat seratus persen berbuat adil kepada sekitarnya atau memiliki berbagai motif yang terkadang sulit dipahami.

Lalu apa itu zalim dan perbuatan zalim, sehingga dapat berdampak kepada orang yang dizalimi?

Zalim secara bahasa artinya yaitu meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya atau semestinya. 

Secara etimologi, zalim merupakan akhlak yang tercela dan sifat buruk dari seseorang yang dapat merusak agama, menghilangkan kebaikan dan mendatangkan keburukan, bahkan dapat memutus tali silaturahmi. 

Setiap diri manusia pada dasarnya memiliki tabiat dan watak zalim, namun tidak semua orang dapat disebut sebagai pelaku kezaliman.

Macam Macam Perilaku Zalim

Melansir dari kumparan.com dan mengutip dari buku Ensiklopedia Doa Muslimah oleh TIM GIP, secara garis besar zalim sendiri terbagi menjadi dua bentuk. Bentuk yang pertama adalah perilaku menzalimi diri sendiri, yang kedua adalah menzalimi orang lain.

Zalim terhadap diri sendiri berarti melakukan kesyirikan dan perbuatan dosa atau maksiat. Adapun menzalimi orang lain yaitu menyakiti perasaan atau tidak menunaikan hak orang lain.

Pertama, Zalim yang Paling Buruk yaitu Syirik

Disebutkan dalam buku Fikih Sosial Tuntunan dan Etika Hidup Bermasyarakat karya Abdul Aziz ibn Fauzan ibn Shalih yang pertama yaitu zalim yang paling buruk.

Zalim yang satu ini adalah zalim paling buruk yaitu menyekutukan Allah SWT atau syirik.

Seseorang apabila telah melakukan kemusyrikan, dengan begitu telah melakukan perbuatan dosa yang besar bagi Allah SWT.

Hal ini juga terdapat pada firman Allah SWT pada surat An-Nisa ayat 48, berikut ini. 

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.”

Kedua, Zalimnya Manusia Berbuat Maksiat kepada Allah SWT

Kemudian zalim berikutnya adalah perbuatan manusia yang zalim kepada Allah SWT dengan melakukan maksiat didalamnya.

Allah SWT memberikan firman dalam Surah Ath-Thalaq di ayat 1 yang berbunyi sebagai berikut.

“Itulah hukum-hukum Allah dan barang siapa yang melanggar hukum-hukum Allah, maka sesungguhnya dia telah berbuat zalim terhadap dirinya sendiri. Engkau tidak mengetahui barangkali Allah mengadakan sesudah hal yang baru.”

Sehingga manusia yang berbuat zalim kepada Allah SWT dengan berbuat maksiat tentunya akan mendapatkan mudharat atau balasan sesuai ketentuan-Nya.

Ketiga, Zalim Seorang Manusia Kepada Sesama Manusia Lainnya

Berikutnya adalah sifat zalim manusia kepada sesama manusia lainnya, inilah poin yang menjadi pembahasan dalam artikel doa untuk orang yang zalim kepada kita. 

Berbuat zalim memiliki banyak bentuknya, mulai dari zalim terkecil seperti melakukan perbuatan bohong, ghibah, hingga zalim perbuatan yang menyakiti secara hati dan fisik manusia tersebut.

Salah satu riwayat hadits juga mengingatkan akan terlepasnya iman karena perbuatan zalim, 

“Perkara yang banyak menyebabkan terlepasnya iman dalam hati adalah berlaku zalim terhadap sesama manusia.”

Sebab, zalim terhadap manusia tentu lebih sulit untuk dihapuskan karena berkaitan dengan orang tersebut ketimbang meminta ampunan kepada Allah SWT.

Doa Untuk Orang yang Zalim Kepada Kita Arab, Latin dan Terjemahannya

Setelah mengenali dan memahami apa itu perbuatan zalim serta dampaknya bagi diri sendiri, Allah SWT dan orang lain, kita perlu tahu doa untuk orang yang zalim kepada kita agar kelak kita dapat lebih ikhlas dan dapat berdamai agar hidup lebih tentram.

Inilah doa untuk orang yang zalim kepada kita latin dan artinya. 

Allahumma’fu ‘amman dhalamani allahumma’fu ‘amman dhalamani allahumma’fu ‘amman dhalamani.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah orang yang telah berbuat zalim padaku. Ya Allah, ampunilah orang yang telah berbuat zalim padaku. Ya Allah, ampunilah orang yang telah berbuat zalim padaku.”.

Kemudian, agar kita dapat lebih bersabar terhadap apa yang menimpa kita saat mendapatkan kezaliman hendaknya membaca doa berikut.

Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdamana wanshurnaa ‘alal qaumil kaafiriin. 

Artinya: “Wahai Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran atas diri kami, dan teguhkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir.”

Doa Untuk Orang yang Zalim Kepada Kita Agar Meminta Pertolongan Allah SWT

Untuk selanjutnya kita dapat memanjatkan doa untuk orang yang zalim kepada kita.

Agar kelak Allah SWT dapat memberikan pertolongan atas perbuatan yang telah dilakukan oleh orang tersebut kepada kita. 

Hasbiyallahu lidiini, hasbiyallahu lidunyaa, hasbiyallahu liman ahammanii, hasbiyallaahu liman baghaa ‘alayya, hasbiyallahu liman kaada nii bisuu-in walaa haula walaa quwwata illaa billah.

Artinya: “Cukuplah Allah (penolong) bagi agamaku, cukuplah Allah (penolong) bagi duniaku,

cukuplah Allah (penolong) ku terhadap sesuatu yang menyusahkanku, cukuplah Allah (penolong)ku terhadap orang yang menganiayaku.

Cukuplah Allah (penolong)ku terhadap orang yang ingin berbuat jahat kepadaku, tak ada daya dan kekuatan selain dengan pertolongan Allah,”.

Untuk mendapatkan kesabaran, kita juga perlu melakukan upaya agar dapat diberikan kekuatan dan pahala kesabaran.

Untuk doa untuk orang yang zalim kepada kita berikutnya adalah sebagai berikut.

Allahumma ajurni fi mushibati wa akhlifi khaira minha

Artinya: “Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.”

Semoga dengan memanjatkan doa untuk orang yang zalim kepada kita dapat memberikan ketenangan, serta kemudahan untuk mengikhlaskan dengan penuh kerendahan hati.

Sebagai buah dari kebaikan, mari share link artikel Blog Evermos berikut kepada orang-orang terdekat Anda.

Sama halnya seperti rezeki, perlu ada upaya dan ikhtiar yang perlu kita lakukan dan tidak terhenti sampai berdoa saja. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah, tanpa perlu repot stok produk dirumah, Anda bisa bergabung untuk jualan online melalui aplikasi Evermos.

Yuk, gabung secara GRATIS sekarang juga dengan lakukan klik tombol di bawah ini, raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×