5 Doa untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita agar Bertaubat, Baca Ini!

Pernahkan kamu tersakiti karena perbuatan jahat orang lain dan rasanya ingin membalas hal tersebut? Dalam Islam, sebetulnya kita tidak dianjurkan untuk membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan juga, namun kita bisa mengirim doa untuk orang yang jahat terhadap kita.

Sebab dengan mengirim doa untuk orang yang jahat kepada kita, Allah SWT akan mengirimkan orang tersebut hidayah untuk segera bertaubat dan memohon ampun atas perbuatannya.

Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang yang jahat terhadap kita dan kamu bisa membacanya ketika ada orang yang zalim kepadamu.

Doa Meminta Perlindungan untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita Menurut Al-Quran

Doa untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita
Sumber: pexels.com

Jika kamu mengulik ayat-ayat di Al-Quran, kamu akan menemukan ada banyak sekali dalil atau ayat yang terkandung di dalam Al-Quran mengenai doa perlindungan untuk mendoakan seseorang yang zalim dan jahat.

Berikut ini adalah beberapa doa untuk orang zalim yang ada di dalam Al-Quran:

1. Surat Al-Mu’minun Ayat 26

Doa pertama yang ada di dalam Al-Quran yakni pada surat Al-Mu’minun ayat 26, Allah SWT berfirman:

 قَالَ رَبِّ انْصُرْنِيْ بِمَا كَذَّبُوْنِ

Latin: Qoola Rabbin surnii bimaa kazzabuun.

Artinya: “Dia (Nuh) berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka telah mendustakanku.” (Q.S. Al-Mu’minun: 26).



Doa ini bisa kamu baca ketika ada seseorang yang zalim kepadamu. Selain itu kamu juga bisa membaca doa ini untuk memonohon perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari orang-orang yang berbuat jahat. 

2. Surat Al-Qasas Ayat 21

Selanjutnya ada surat Al-Qasas ayat 21 yang menjelaskan tentang doa agar dijauhkan dari perbuatan jahat.

Berikut bacaan surat Al-Qasas ayat 21:

 فَخَرَجَ مِنْهَا خَاۤىِٕفًا يَّتَرَقَّبُ ۖقَالَ رَبِّ نَجِّنِيْ مِنَ الْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ 

Latin: Fakharaja minhaa khaaa ‘ifany-yataraqqab; qoola Rabbi najjinii minal qawmiz zaalimiin.

Artinya: “Maka keluarlah dia (Musa) dari kota itu dengan rasa takut, waspada (kalau ada yang menyusul atau menangkapnya), dia berdoa, “Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim itu.” (Q.S. Al-Qasas: 21).

3. Membaca Surat Al-Isra Ayat 80

Dalam surat Al-Ira ayar 80, juga terdapat doa yang bisa kamu baca untuk memohon perlindungan agar terhindar dari perbuatan jahat orang lain:

 وَقُلْ رَّبِّ اَدْخِلْنِيْ مُدْخَلَ صِدْقٍ وَّاَخْرِجْنِيْ مُخْرَجَ صِدْقٍ وَّاجْعَلْ لِّيْ مِنْ لَّدُنْكَ سُلْطٰنًا نَّصِيْرًا 

Latin: Wa qur Rabbi adkhilnii mudkhala sidqinw wa akhrijna mukhraja sidqiw waj al lii min ladunka sultanan nasiiraa.

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku (ke tempat dan keadaan apa saja) dengan cara yang benar, keluarkan (pula) aku dengan cara yang benar, dan berikanlah kepadaku dari sisiMu kekuasaan yang dapat menolongku).” (Q.S. Al-Isra’: 80).

4. Doa untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita Dalam Surat Al-Mu’minun Ayat 106

Berikutnya juga doa meminta perlindungan untuk orang yang jahat kepada kamu dalam surat Al-Mu’minun ayat 106. Allah SWT berfirman:

 قَالُوْا رَبَّنَا غَلَبَتْ عَلَيْنَا شِقْوَتُنَا وَكُنَّا قَوْمًا ضَاۤلِّيْنَ

Latin: Qooluu Rabbanaa ghalabat ‘alainaa shiqwatunaa wa kunnaa qawman daaalliin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami dan kami adalah orang-orang yang sesat.” (Q.S. Al-Mu’minun: 106).

Ayat ini memiliki makna yang sangat dalam, yakni berlindung kepada Allah dari perbuatan jahat dan memohon ampunan dari Allah. Ini bermakna bahwa kita tidak dapat meminta perlindungan selain kepada Allah, sebab sebaik-baik manusia memang tidak luput dari kejahatan. 

5. Surat Yunus Ayat 85

Doa agar terlindung dari fitnah bisa kamu baca ketika kamu difitnah oleh seseorang. Karena fitnah adalah salah satu perbuatan zalim nan jahat.

Berikut ini doa yang bisa Anda baca dalam surat Yunus ayat 85:

 فَقَالُوْا عَلَى اللّٰهِ تَوَكَّلْنَا ۚرَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Artinya: “Lalu mereka berkata, “Kepada Allah-lah kami bertawakal. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim.” (Q.S Yunus: 80).

Makna dari ayat ini adalah ketika kita sudah berusaha berbuat baik kepada orang lain, saatnya untuk berserah diri kepada Allah, sebab kita tidak bisa mengendalikan fitnah dari orang lain kepada kita selain atas izin Allah SWT.

Doa untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita

Doa untuk Orang yang Jahat Terhadap Kita
Sumber: pexels.com

Selain doa yang terkandung dalam Al-Quran, ada juga doa keselamatan dunia akhirat yang bisa kamu baca ketika menghadapi berbagai bentuk kejahatan di dunia, berikut ini.

1. Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan

Latin: Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti, allahummaa hawwin ‘alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal ‘afwa ‘indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa ‘adzaa ban naar.

Artinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum mati dan rahman di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisiMu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

2. Doa Agar Terhindar dari Kezaliman

Latin: Allahumma ya munazzilal kitab, wa mujriyas sahab, wa hazimal ahzab, ihzimhum wanshurna ‘alaihim.

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat yang menurunkan Al Qur’an berangsur-angsur, penggerak awan, pengusir kelompok (jahat), usirlah mereka dan menangkanlah kami atas mereka.”

Demikianlah ulasan mengenai doa untuk orang yang jahat terhadap kita. Semoga bermanfaat!

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)