6 Doa untuk Kedua Orang Tua Lengkap dengan Terjemahannya

Doa untuk Kedua Orang tua

Doa untuk Orang Tua yang Sangat Penting untuk Diketahui  – Keindahan cinta orang tua adalah bahwa itu satu-satunya bentuk cinta yang benar-benar tanpa pamrih, tanpa syarat dan pemaaf.

Kita harus mendapatkan cinta dari seluruh dunia. Tidak mungkin bagi seorang anak untuk sepenuhnya membalas cinta yang ditunjukkan kepada kita kepada orang tua kita.

Memahami bahwa jasa jasa kedua orang tua tidak akan pernah dapat kita balas seumur hidup kita.

Artikel terbaru ini akan berbagi tentang Doa untuk Orang Tua yang sangat penting untuk diketahui sebelumnya.

Doa untuk Kedua Orang Tua

Doa untuk Kedua Orang tua

Sumber: pexels.com

Salah satu hal yang palimg terbaik yang bisa kita lakukan adalah menghormati mereka setiap hari dengan memasukkannya ke dalam doa kita.

Juga, sangat penting untuk kita pahami bahwa sebagai anak-anak kita adalah salah satu bentuk shadaqah jariyah bagi orang tua kita.

Kapan pun Anda ingat untuk menerapkan penilaian yang baik, bertindak dengan adab (etiket) yang baik, atau melayani orang lain, orang tua kita akan menerima berkat atas apa yang telah mereka tanamkan pada kita.

Ini adalah rahmat dari Allah subhanahu wa ta’ala yang tidak akan terbantahkan.

Do’a untuk Pengampunan Orang Tua

Doa untuk Kedua Orang tua

Sumber: pexels.com

1. Surah Al Isra ayat 24

Doa pertama ini berasal dari Surah Al Isra ayat 24.

Rabi irhamhuma kama rabbayanee sagheera

Dalam Surah Al-Isra Allah berfirman, “Dan turunkan kepada mereka sayap kerendahan hati karena rahmat dan katakan, “Ya Tuhanku, kasihanilah mereka sebagaimana mereka membesarkanku [ketika aku] kecil.”

2. Surah Nuh ayat 28

Doa mohon ampun ini berasal dari Surah Nuh Ayat 28.

Rabbi ighfir lei waliwalidayyawaliman dakhala baytiya mu/minan walilmu/mineena walmu/minatiwala tazidi aththalimeena illatabaran

Ya Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan barang siapa yang masuk ke rumahku adalah seorang mukmin dan orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan yang beriman. Dan janganlah kamu memperbanyak orang-orang yang zalim kecuali dengan kehancuran.” Doa ini tidak hanya meminta pengampunan untuk orang tua Anda tetapi juga untuk diri sendiri dan seluruh umat Islam.

3. Surah Ibrahim ayat 41

Rabbana ghfir li wa li wallidayya wa lil Mu’mineena yawma yaqumul hisaab

 “Ya Tuhan kami! Ampunilah aku dan kedua orang tuaku, dan (semua) orang-orang yang beriman pada hari di mana hisab akan ditetapkan.” Surat Ibrahim ayat 41.

Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sangat Penting

Do’a untuk Kebahagiaan Orang Tua

Doa untuk Kedua Orang tua

Sumber: pexels.com

4. Dalam Surah Al-Ahqaf Ayat 15

Wa waṣṣainal-insāna biwālidaihi iḥsānā, ḥamalat-hu ummuhụ kurhaw wa waḍa’at-hu kurhā, wa ḥamluhụ wa fiṣāluhụ ṡalāṡụna syahrā, ḥattā iżā balaga asyuddahụ wa balaga arba’īna sanatang qāla rabbi auzi’nī an asykura ni’matakallatī an’amta ‘alayya wa ‘alā wālidayya wa an a’mala ṣāliḥan tarḍāhu wa aṣliḥ lī fī żurriyyatī, innī tubtu ilaika wa innī minal-muslimīn

“Dan Kami telah mulai memerintahkan kepada umat manusia kepada kedua orang tuanya sebuah perlakuan yang baik. Ibunya akan menggendongnya dengan susah payah lalu melahirkannya dengan susah payah juga, dan kehamilan dan penyapihannya [periode] adalah tiga puluh bulan. [Dia tumbuh] sampai, ketika dia mencapai kedewasaan dan mencapai [usia] empat puluh tahun, dia berkata, “Ya Tuhanku, izinkan aku untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan untuk mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhoi dan menjadikan anak-anakku saleh. Sesungguhnya aku telah bertaubat kepada-Mu, dan sesungguhnya aku termasuk kaum muslimin.” Doa ini tidak hanya meminta pengampunan untuk orang tua Anda, tetapi untuk diri Anda sendiri dan untuk anak-anak Anda sendiri.

Doa untuk Kedua Orang Tua Agar Sehat dan Panjang Umur

Melihat orang yang Anda cintai menderita penyakit bisa menjadi hal yang sangat sulit.

Sebagian besar yang dapat Anda lakukan adalah berada di sana untuk mendapatkan dukungan dan memberi tahu mereka bahwa mereka tidak melaluinya sendirian.

5. Hadist Sahih Muslim 2202

Sunnah Nabi Muhammad (ﷺ) sebagaimana dilaporkan dalam hadits Sahih Muslim #2202:

Usman b. Abu al-‘As Al-Thaqafi meriwayatkan bahwa ia mengadukan rasa sakit kepada Rasulullah (ﷺ) yang dirasakan di sekujur tubuhnya pada saat ia masuk Islam. Kemudian Rasulullah (ﷺ) berkata: 

  • Letakkan tangan Anda di tempat Anda merasa sakit di tubuh dan ucapkan Bismillah (dengan nama Allah) tiga kali dan tujuh kali A’udhu billahi wa qudratihi min sharri ma ajidu wa uhadziru (Aku berlindung kepada Allah dan dengan kekuatan-Nya dari kejahatan yang saya temukan dan yang saya takuti).
  • Dalam hadits lain diriwayatkan dari ‘Aa’isyah (ra dengan dia) bahwa ketika Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) datang ke orang sakit atau orang sakit dibawa kepadanya, dia akan berkata:
  • “Adhhib al-ba’s Rabb an-naas, wa’shfi anta al-Shaafi, laa shifaa’a illa shifaa’uka shifaa’an laa yughaadir saqaman”. (Ambillah sakitnya, ya Tuhan umat manusia, dan berikan kesembuhan, karena Engkau adalah Penyembuh, dan tidak ada kesembuhan selain kesembuhan-Mu yang tidak meninggalkan bekas penyakit).” Diriwayatkan oleh al-Bukhaari, 5351, Muslim, 2191.

6. 3 Ayat Penutup Dari Quran Tentang Orangtua

  • Sembahlah Allah dan jangan mempersekutukan-Nya, dan berbakti kepada orang tua. ( Surah An-Nisa ayat 36)
  • Tuhanmu telah menetapkan bahwa kamu tidak menyembah selain Dia dan berbuat baiklah kepada kedua orang tuamu. Apakah salah satu atau keduanya mencapai usia tua saat bersamamu, jangan katakan kepada mereka bahkan teguran yang ringan dan jangan mengusir mereka tetapi katakanlah kepada mereka kata-kata yang mulia. Turunkan bagi mereka sayap kerendahan hati karena belas kasihan dan katakan: Ya Tuhanku, kasihanilah mereka seperti mereka membesarkanku ketika aku masih kecil. ( Surat Al-Isra Ayat 23-24).
  • Terakhir, “Sesungguhnya kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan (cepat berlalu), dan sesungguhnya, akhirat adalah rumah yang kekal selamanya.” ( Surat Ghafir ayat 39).

Doa untuk Kedua Orang Tua dan Cara Berbakti kepada Orang Tua

Doa untuk Kedua Orang tua

Sumber: pexels.com

1. Bersikap Baik Kepada Orang Tua Anda Saat Mereka Ada

“Setiap jiwa akan merasakan kematian”.

Kutipan dari Surah Imran ini sangat kuat. Ini adalah pengingat, kita semua akan mati suatu hari nanti.

Ini bisa menjadi pemikiran yang menakutkan (dan mungkin itu sebabnya beberapa orang menghindari memikirkannya) tetapi juga bisa sangat membebaskan.

Oleh karena itu, bagi yang masih diberikan usia orang tuanya hendaklah berbakti kepada mereka.

2. Menghormati dan Menaati Kedua Orang Tua

Lain kali saat Anda berkumpul dengan keluarga atau teman, pikirkan sendiri, momen ini mungkin terakhir kali Anda melihat salah satu dari mereka.

Anda mungkin berpikir itu cara yang pasti untuk depresi atau benar-benar tidak sehat, tetapi saya tidak percaya itu benar-benar.

Kebanyakan orang menganggap hidup begitu saja karena mereka hanya berharap bahwa hari esok akan datang seperti kemarin.

Tapi kita semua tahu ini tidak benar, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu atau ayah Anda bisa dan akan meninggal. Sayangnya itu kenyataan.

Jika setiap saat kita dapat mengingat kematian kita, saya pikir kita akan tumbuh menjadi lebih menghargai hidup.

Saya percaya kita akan lebih sabar dan baik hati, jika ada yang menghina akan dianggap sebagai pribadi jika tidak bersikap dengan perspektif seperti itu.

Mampu mengambil langkah dan melihat gambaran yang lebih besar memungkinkan Anda melepaskan diri dari reaksi spontan.

Demikian ulasan tentang Doa untuk Kedua Orang Tua yang sangat penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda. 

Jangan lewatkan membaca artikel menarik lainnya, silahkan mengunjungi situs blog Evermos. 

Mau coba bisnis modal minim langsung dari HP? Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos sekarang juga!🤑🤑

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×