Home » Doa Shalat Istikharah | Lengkap dengan Niat, Tata Cara, Waktu, Manfaat

Doa Shalat Istikharah | Lengkap dengan Niat, Tata Cara, Waktu, Manfaat

by Risma Novianti
0 comment

Apakah kamu sedang dilanda kebingungan dalam menentukan pilihan atau memutuskan sesuatu? Cobalah untuk melaksanakan shalat istikharah. Pada artikel ini akan dibahas mengenai doa shalat istikharah, mulai dari niat, tata cara, waktunya hingga keutamaan atau manfaatnya. Simak penjelasannya hingga tuntas ya!

Niat Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah

Sumber: google/bersosial

Shalat istikharah merupakan salah satu upaya umat Muslim dalam memohon kepada Allah agar dapat memberikan petunjuk terbaik dikala bingung atau ragu dalam memutuskan sebuah pilihan.

Sama seperti shalat pada umumnya, ibadah sunnah ini juga dimulai dengan bacaan niat,. Berikut niat shalat istikharah:

أصلى سنة الإستخارة ركعتين لله تعالى

Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya: Aku berniat shalat istikharah dua rekaat karena Allah Ta’ala

Tata Cara Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah

Sumber: google/bersosial

Ibadah shalat sunnah ini dilakukan layaknya shalat sunnah pada umumnya, yaitu dikerjakan dengan dua rakaat salam.

Ketika menjalankan rakaat pertama setelah membaca surat Al-Fatihah, dianjurkan untuk membaca surat Al-Kafirun. Kemudian untuk rakaat kedua sesudah membaca Al-Fatihah dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas.

Berikut tata cara sholat istikharah yang bisa kamu lakukan:

  1. Niat
  2. Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan doa
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat-surat dari Alquran, diutamakan surat Al Kafirun
  5. Setelah itu Ruku’ dengan tuma’ninah
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Kemudian berdiri kembali untuk menunaikan rakaat kedua
  11. Membaca surat Al Fatihah
  12. Membaca surat dari Alquran, diutamakan surat Al Ikhlas
  13. Ruku’ dengan tuma’ninah
  14. I’tidal dengan tuma’ninah
  15. Sujud dengan tuma’ninah
  16. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  18. Tahiyat akhir
  19. Salam

Doa Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah

Sumber: google/bersosial

Sholat istikharah dapat dikerjakan apabila seorang Muslim mengalami kendala dalam menentukan beragam pilihan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi.

Setelah selesai mengerjakan shalat istikharah, sebaiknya setiap muslim membaca doa di bawah ini:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

 

“Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

 

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

 

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya.”

Waktu Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah

Sumber: google/bersosial

Menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, shalat istikharah boleh berupa shalat sunnah apa saja. Baik shalat sunnah rawatib, shalat sunnah tahiyatul masjid, maupun shalat sunnah lainnya.

Yang terpenting, setelah shalat sunnah dua rakaat, kita berdoa kepada Allah meminta dipilihkan yang terbaik sebagai doa yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Untuk waktu shalat istikharah bisa dikerjakan siang atau malam. Sehingga waktu shalat istikharah tersedia sangat panjang.

Jadi shalat istikharah dapat dikerjakan dari selepas maghrib hingga subuh, dan selepas subuh hingga sebelum ashar.

Keutamaan atau Manfaat Shalat Istikharah

Doa Shalat Istikharah

Sumber: google/bersosial

Dengan melaksanakan shalat istikharah tentu memiliki keutamaan atau manfaat. Lalu apa saja keutamaan atau manfaatnya?

1. Menyerahkan Hasil Kepada Allah SWT

Seperti dikatakan pada firman Allah Swt dalam surat At-Taubah ayat 51 yang berbunyi:

“Qul lay yusiibanaa illaa maa kataballaahu lanaa, huwa maulaanaa wa ‘alallaahi falyatawakkalil-mu’minun”

Artinya:

“Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”

Maka dari itu, shalat istikharah pada dasarnya untuk memohon petunjuk kepada Allah agar diberikan jalan atas ikhtiar atau usaha kita selama ini.

2. Terhindar dari Keburukan

Dengan melakukan shalat istikharah insya Allah kita akan terhindar dari keburukan sebagaimana tercantum dalah hadist berikut:

“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akibat dari urusan ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.” (HR. Bukhari).

3. Dapat Memberikan Kemantapan Hati

Selain dari terhindar dari keburukan, shalat istikharah juga dapat memberikan kemantapan hati dalam persoalan yang sedang dihadapi, misalnya seperti hal jodoh atau pekerjaan.

Lakukan shalat istikharah mohon petunjuk  atas persoalan tersebut, kita bisa melakukannya dalam beberapa waktu maupun berkali-kali.

Sebab, jawaban dari shalat istikharah tidak selalu datang saat itu juga. Jadi, sepatutnya serahkan semua persoalan kita hanya kepada Allah SWT semata.

4. Akan Memperoleh Kelapangan Dada

Bagi setiap insan yang melakukan shalat istikharah akan memperoleh kelapangan hati dan keikhlasan.

Allah SWT yang mengetahui mana saja umat-umat terbaik miliknya, baik di masa kini maupun di masa mendatang.

Hal ini sejalan dengan Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah ayat 126 yang memilik arti:

“….boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu padahal itu baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia tidak baik untukmu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

5. Mengikuti Sunnah Nabi

Untuk keutamaan atau manfaat shalat istikharah yang terakhir yaitu mengamalkan sunnah Nabi Muhammad SAW. Nabi mengajarkan para sahabat melakukan istikharah dalam segala urusan. Semoga kita sebagai umatnya, bisa senantiasa mengikuti sunnahnya.

Demikianlah informasi tentang doa shalat istikharah, mulai dari niat hingga keutamaannya. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Yuk, boleh dishare informasi ini kepada orang-orang terdekatmu sebagai ajang saling mengingatkan.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya di situs blog Evermos.

Related Posts