Inilah 4 Doa setelah Membaca Surat Al Mulk dan 5 Keutamaannya

Doa setelah membaca surat Al Mulk – Surat Al-Mulk adalah surat ke-67 dalam Al-Quran yang memuat pesan-pesan penting mengenai kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. 

Surat ini merupakan salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca pada malam hari, karena di dalamnya terdapat doa dan peringatan tentang adanya siksaan kubur.

Setelah membaca surat Al-Mulk, disunnahkan bagi kita untuk membaca doa tertentu yang dapat menambah keberkahan dan pahala dari pembacaan surat tersebut. 

Berikut adalah beberapa doa setelah baca Al Mulk yang bisa kita panjatkan:

Doa setelah Membaca Surat Al Mulk

Doa setelah Membaca Surat Al Mulk
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah beberapa doa setelah baca surat Al Mulk:

1. Doa Istighfar

Doa istighfar adalah doa yang berisi permohonan maaf kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan.

Selain itu doa surat Al Mulk ini sangat baik dibaca setelah membaca surat Al-Mulk, karena surat ini mengajarkan tentang kekuasaan Allah SWT yang harus diakui dan dihormati oleh manusia.

Berikut adalah doa istighfar yang bisa dibaca setelah membaca surat Al-Mulk:

“أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ”



Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Qayyum, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Doa Al Mulk Memohon Perlindungan

Selanjutnya, doa setelah membaca surat Al Mulk berikutnya yang bisa kita panjatkan adalah doa meminta perlindungan.

Setelah membaca surat Al-Mulk, kita juga disarankan untuk membaca doa perlindungan kepada Allah SWT dari segala macam kejahatan dan godaan setan. 

Kemudian kita perlu mengingat bahwa surat Al-Mulk juga mengandung peringatan tentang adanya siksaan kubur, sehingga penting bagi kita untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

Contoh doa perlindungan yang bisa dibaca setelah membaca surat Al-Mulk adalah:

“أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ”

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

3. Doa Permohonan

Selain itu, setelah membaca surat Al-Mulk kita juga bisa memanjatkan doa permohonan kepada Allah SWT. 

Kemudian doa ini dapat berisi permohonan kebaikan, keselamatan, dan kesejahteraan dalam kehidupan dunia maupun akhirat.

Contoh doa permohonan yang bisa dibaca setelah membaca surat Al-Mulk yang dikutip dari bola.com adalah sebagai doa setelah membaca surat Al Mulk latin berikut:

Latin: Allahumma innaka ta’lamu sirri wa ‘ala niyyati, faqbal ma’dzirati. Wa ta’lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta’lam hajati fa a’thini suali. Allahumma inni as-aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a’lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita ‘alayya.

Artinya: “Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada apa pun yang akan menimpaku kecuali karena takdir yang telah Engkau catat, dan aku ridha terhadap ketentuan yang Engkau tetapkan untukku.”

4. Doa Keselamatan Dunia Akhirat

Selanjutnya doa setelah membaca surat Al Mulk lainnya adalah doa meminta keselamatan dunia akhirat.

Berikut ini adalah doa yang dapat dilakukan setelah membaca Surat Al-Mulk:

“اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan neraka Jahanam, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.”

Doa ini disebutkan dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud yang menjelaskan keutamaan Surat Al-Mulk. 

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Surat Tabarak adalah surat yang terdiri dari tiga puluh ayat, dan ia memberikan perlindungan kepada pembacanya dari siksa kubur.” 

Hadits ini menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk dan berdoa setelahnya dapat memberikan perlindungan bagi kita dari siksa kubur.

Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al Mulk

Doa setelah Membaca Surat Al Mulk
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, berikut ini adalah beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika membaca surat Al Mulk:

1. Memberikan Perlindungan dari Siksa Kubur

Dalam sebuah hadits riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Surat Al-Mulk memberikan perlindungan kepada pembacanya dari siksa kubur. 

Hadits ini menunjukkan bahwa membaca Surat Al-Mulk dapat membawa manfaat bagi kita di dunia dan di akhirat.

2. Merupakan Salah Satu Surat yang Paling Dicintai oleh Allah SWT

Kemduian dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibn Majah, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Surat Al-Mulk adalah salah satu surat yang paling dicintai oleh Allah SWT. 

Oleh karena itu, membaca Surat Al-Mulk dapat membawa keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

3. Membantu Menghindarkan dari Siksa Neraka

Selanjutnya dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi Muhammad SAW juga bersabda bahwa Surat Al-Mulk dapat membantu menghindarkan pembacanya dari siksa neraka. 

Membaca Surat Al-Mulk dengan penuh keimanan dan kesungguhan dapat menjadi salah satu amalan yang membantu kita untuk terhindar dari siksa neraka.

4. Memberikan Penjagaan di Malam Hari

Selain itu dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa Surat Al-Mulk dapat memberikan penjagaan bagi pembacanya di malam hari. 

Oleh karena itu, membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur dapat membantu kita merasa lebih tenang dan terlindungi di malam hari.

5. Meningkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Sosial

Surat Al-Mulk mengandung banyak pelajaran dan hikmah yang dapat membantu kita meningkatkan ketaqwaan dan kepribadian kita. 

Kemudian surat ini juga mengajarkan kita tentang pentingnya merenungkan kebesaran dan kekuasaan Allah SWT serta mengingatkan kita untuk memperhatikan kondisi sosial sekitar kita.

Untuk mengetahui penjelasan tentang surat Al Mulk, Anda bisa menonton video di bawah ini:

Demikianlah pembahasan tentang doa setelah membaca surat Al Mulk. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Kemudian Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Lalu Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)