Sering Galau? Bacalah 6 Doa Penenang Hati Berikut Ini

Setiap harinya, manusia sering menemui suatu hal yang membuat hati sedih dan galau. Untuk mengatasinya, kita perlu berserah diri pada Allah yang membolak-balikan hati dengan membaca doa penenang hati berikut ini.

Kumpulan Doa Penenang Hati

doa penenang hati
sumber : unsplash.com

Tenang saja, Allah pasti akan memberikan perasaan tenang pada hambanya bertawakal padanya. Sebagaimana penjelasan dalam hadist berikut ini:

يامقلب القلوب ثبت قلبي على دينك

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkan hati kami di atas agama-Mu.”[HR.Tirmidzi 3522, Ahmad 4/302, al-Hakim 1/525, Lihat Shohih Sunan Tirmidzi III no.2792]

Suasana hati manusia memegang kendali penting atas kebahagiaan hidup. Jika kondisi hati baik maka seluruh tubuh akan baik pula, begitupun sebaliknya. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadist berikut ini:

أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً، إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ. رواه البخاري ومسلم.

Artinya : “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, maka baiklah seluruh tubuhnya, dan jika segumpal daging tersebut buruk, maka buruklah seluruh tubuhnya. Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (HR Bukhari dan Muslim)

Oleh karena itu jika kita menghadapi masalah maka kita sendirilah yang perlu mengatur perasaannya hingga menjadi lebih baik lagi. Salah satunya dengan melakukan amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada Allah SWT seperti berdzikir, sholawat, dan mengaji.

Untuk membantu Anda mendapatkan ketenangan hati, berikut kami berikan kumpulan doa penenang hati. Doa ini terdapat dalam ayat alquran dan dalam hadist yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Baca Juga : Amalkan Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Ini Agar Mendapat Berkah Allah

Doa Penenang Hati dalam Ayat Alquran

doa penenang hati
sumber : unsplash.com

Di dalam Al Quran juga banyak terdapat ayat yang bisa juga diamalkan menjadi doa penenang hati.  Berikut 3 ayat dalam Al Quran yang bisa diamalkan sebagai doa penenang hati.

  • Surat At-Taha Ayat 2

Doa Penenang Hati yang pertama ada dalam Quran Surat Taha ayat 2. Bacaan ini dibacakan oleh Nabi Musa saat meminta kekuatan hati.

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَيَسِّرْ لِيْٓ اَمْرِيْ ۙ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّنْ لِّسَانِيْ ۙ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ ۖ

qāla rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: Dia (Musa) berkata, ‘Ya Tuhanku, lapangkan lah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.

  • Surat Ali Imran Ayat 173

Selanjutnya ada ayat doa yang terdapat dalam Quran surat Ali Imran ayat 173 dan berbunyi:

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Hasbunallāhu wa ni’mal-wakīl

Artinya: Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.

  • Surat Al-Baqarah ayat 250

Selanjutnya, ada doa penenang hati yang terdapat dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 250 yang berbunyi:

وَلَمَّا بَرَزُوْا لِجَالُوْتَ وَجُنُوْدِهٖ قَالُوْا رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Wa lammā barazụ lijālụta wa junụdihī qālụ rabbanā afrig ‘alainā ṣabraw wa ṡabbit aqdāmanā wanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: Dan ketika mereka maju melawan Jalut dan tentaranya, mereka berdoa, ‘Ya Tuhan kami, limpahkan lah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.’

Baca Juga : Pandangan Islam Tentang Hari Ibu | Amalkan Doa Untuk Ibu Ini Setiap Hari

Doa Penenang Hati sesuai Anjuran Rasulullah SAW

doa penenang hati
sumber : unsplash.com

Selain berasal dari ayat Alquran, selanjutnya ada doa yang terkandung dalam hadist yakni sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Washamaamatil a’daa’

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk & dari keberhasilan-Sahih Bukhari

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths

Artinya : “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.” – Hadis Riwayat Tirmidzi

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla

Artinya: “Wahai Tuhanku, tiada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah boleh Engkau jadikan mudah apabila Engkau mengkehendakinya.” – Sahih Ibnu Hibban

Kumpulan Doa Penenang Hati

Demikianlah ulasan mengenai kumpulan doa penenang hati yang bisa kita amalkan sehari-hari. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat hati Anda diliputi ketenangan dalam menjalani aktivitas.

Percayalah, bahwa Allah tidak akan menguji hambanya melampaui batas kemampuannya.

Jangan lewatkan artikel kumpulan doa lainnya hanya di situs Blog Evermos.

×