Doa Nurbuat yang Pendek, Inilah Keutamaan Membaca Doa Nurbuat

Dalam kehidupan sehari-hari tentu Anda sering mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Bahkan tak jarang kesialan dan musibahlah yang datang. Oleh karena itu, Anda perlu amalkan doa nurbuat yang pendek. 

Sebelum Anda membaca doa nurbuat, maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan doa nurbuat?

Secara bahasa, nurbuat berasal dari bahasa Arab yaitu “nur” atau “nubuwwah” yang artinya cahaya.

Doa nurbuat merupakan doa yang Nabi Muhammad bacakan ketika malaikan Jibril datang kepada Rasulullah untuk menyampaikan perintah Allah.

Sehingga, doa nurbuat ini bagus untuk Anda panjatkan dan amalkan ketika menginginkan pertolongan, perlindungan, hingga berkah dari Allah SWT, baik itu doa nurbuat yang pendek maupun versi lengkapnya.

Baca juga: 46 Doa Sehari-Hari Singkat Mudah Dihafal dan Diamalkan: Bacaan Arab, Latin, Artinya!

Doa Nurbuat yang Pendek dan Versi Lengkap

doa nurbuat yang pendek
Sumber: blog.evermos.com

Sebetulnya dalam membaca atau mengamalkan doa tersebut, boleh saja Anda melakukannya dengan membaca doa nurbuat yang pendek maupun versi lengkap. Keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk kehidupan.

Saat membuka usaha, tentunya kita berharap agar bisnis dapat berjalan dan berkembang dengan baik. Amalkan doa agar usaha lancar dan banyak pelanggan ini.

1. Doa Nurbuat yang Pendek

Berikut ini merupakan doa tolak bala yang pendek untuk diamalkan setiap selesai solat lima waktu: 



بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

Doa Nurbuat Pendek Latin dan Artinya

Allaahumma dzis-sultaanil ‘adziimi wa dzil-mannil qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit taammati

wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaatiin.

Artinya: “Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasia banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab, penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan”

Selain doa nurbuat, Anda juga dapat mengamalkan doa meminta pertolongan lainnya untuk masalah yang tak kunjung selesai. Anda bisa membacanya disini: 9 Doa agar Masalah Cepat Selesai, Amalkan Setiap Hari!

2. Doa Nurbuat Versi Lengkap

Selain doa nurbuat yang pendek, kita juga bisa mengamalkan doa nurbuat lengkap setiap hari. Berikut ini doa nurbuat versi lengkap:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ  اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ الْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

Doa Nurbuat Asli dan Latin Versi Panjang

Allaahumma dzis-sultaanil ‘adziimi wa dzil-mannil qadiimi wa dzil-wajhil-kariimi wa waliyyil-kalimaatit taammati

wadda’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal-husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan-naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy-syayaatiin. 

Wa iy yakaadulladziina kafaruu layuzliquunaka bi absaarihim lammaa samii’udz-dzikra wa yaquuluuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil-‘aalamiin,

wa mustajaabil-qur’aanil-‘aziim, wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas salaam, al-wuduudu dzul ‘arsyil-majiid.

Tawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin-naasi ajma

‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kullahaa mim banii aadama ‘alaihissalaamu man kaana hayyaw wa yahiqqal-qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Subhaana rabbika rabbil-‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin.

Arti Doa Nurbuat Versi Asli

Artinya : “Ya Allah yang Maha Kuat, yang memiliki anugerah, yang merupakan zat yang Maha Mulia, yang menguasia banyak kalimat sempurna dan doa yang mustajab,

penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, serta orang-orang yang melihat dari pandangan para jin, manusia dan juga setan.

Sesungguhnya orang yang kafir itu adalah orang yang menjerumuskan kamu dengan pandangan dari mereka, ketika mendengar Alquran dan mereka pun berkata,

Sesungguhnya Muhammad adalah orang yang gila. Alquran hanyalah peringatan untuk setiap umat.

Wahai yang Dia yang memperkenankan melalui Alquran yang sangat agung. Sulaiman dan juga Daud dan Dia yang Maha Pengasih, sebagai Pemilik Arasy yang Mulia.

Maka panjangkanlah umurku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala yang kuperlukan, dan perbanyakanlah harta dan anakku, jandikanlah aku orang yang terhindar dari segala permusuhan dari anak-anak adam yang masih hidup.

Pastikan ketetapan atau azab untuk orang-orang yang kafir. Karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Kuasa akan segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, yaitu Maha yang memiliki kebesaran, dari apapun yang (mereka) gambarkan yaitu orang-orang kafir, dan melimpahlah kesejahteraan pada para Rasul, dan segala puji Bagi Allah pemilik Alam Semesta.”

Itulah doa nurbuat yang bisa diamalkan setiap hari agar hajat segera terkabul dan terhindar dari musibah dan sejenisnya.

Baca juga: 4 Doa Setelah Sholat Hajat yang Mustajab dan Artinya, Insya Allah Diijabah!

Keutaman Membaca Doa Nurbuat 

doa nurbuat yang pendek
Sumber: canva.com

Setelah kita mengetahui pengertian dan bacaan doa nurun nubuwwah, hal yang perlu untuk diketahui berikutnya adalah keutamaan doa nurbuat.

Sebelum itu, setiap muslim tentunya juga berharap rezeki turun kepada mereka dengan cepat. Sebagai upaya dan ikhtiar berikut ini dengan doa mendatangkan rezeki dengan cepat.

Berikut ini manfaat-manfaat atau keutamaan jika kita mengamalkan doa tolak bala setiap hari:

1. Dapat Mempercepat Dikabulkannya Hajat

Jika Anda membacanya setiap selesai shalat lima waktu dan rutin mengamalkannya, sangat mungkin hajat yang Anda panjatkan kepada Allah dapat segera terkabul.

Itulah mengapa umat Muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan doa tolak bala ketika memiliki suatu hajat atau keinginan. 

2. Diampuni Dosa Saat Dibaca Ketika Terbenamnya Matahari

Salah satu keutamaan yang bisa Anda dapat dari mengamalkan doa nurbuat yang pendek maupun yang lengkap adalah mendapatkan ampunan dosa-dosa. 

Salah satu waktu yang dianjurkan untuk membaca doa ini agar doa diampuni adalah ketika matahari terbenam.

3. Disayangi Musuh

Jika kita membaca doa nurun nubuwwah saat akan bepergian atau keluar rumah maka akan melindungi kita dari musuh yang ada di luar rumah.

Tak bisa dipungkiri, dalam hidup pasti selalu ada orang yang tidak menyukai kita. Maka untuk menghindari dari hal-hal buruk semacam itu, kita perlu mengamalkan doa tersebut sebelum keluar rumah.

4. Dilindungi dari Jin dan Sihir

Allah akan melindungi kita dari jin dan sihir serta bahaya yang lain jika kita sering membacanya setiap hari. 

Oleh karena itu, kita mendapatkan anjuran untuk membaca doa tolak bala setiap hari agar terhindar dari hal-hal semacam itu. 

5. Bertemu Nabi Muhammad SAW

Salah satu keutamaan yang akan Anda dapatkan ketika membaca doa nurbuat setiap hari akan Allah SWT pertemukan dengan Nabi Muhammad SAW.

Bukan tidak mungkin, kehendak Allah adalah kehendak yang pasti. Jika yakin dan rutin mengamalkan doa tolak bala maka hal yang baik pun akan menghampiri kita.

Jadi, bagi kita yang ingin mendapatkan hal baik, perlindungan, dan agar Allah mengabulkan segala hajat, maka amalkanlah doa nurbuat yang pendek maupun doa nurbuat asli setiap hari.

Untuk membaca artikel islami menarik lainnya, Kamu bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)