Urutan Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban dan Artinya, Yuk Amalkan!

Memasuki bulan Syaban, umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan bacaan doa nisfu syaban pada malam hari tepatnya menjelang magrib.

Berdasarkan kalendar Islam Global Tunggal tahun 1445 H, tanggal 1 Syaban 1445 H jatuh pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Sama seperti malam Lailatur Qadar, ada banyak manfaat dan keutamaan malam Nisfu Syaban, salah satunya yaitu diampuninya dosa setiap manusia yang beribadah di malam ini.

Selain itu, pada malam nisfu syaban ini, Allah SWT juga akan mengabulkan permohonan hambanya yang melantunkan doa. Untuk itu, mari simak bacaan doa Nisfu Syaban berikut ini.

Baca juga: 25 Ucapan Nisfu Syaban 2023 Penuh Doa dan Rahmat.

Keutamaan Doa Malam Nisfu Syaban 

doa nisfu syaban
Sumber: canva.com

Doa adalah salah satu amalan Nisfu Syaban yang dapat kita kerjakan di bulan yang penuh keberkahan ini. Mari simak keutamaan membaca doa Nisfu Syaban berikut:

1. Catatan Amal Manusia Diserahkan Kepada Allah 

Pada malam Nisfu Syaban dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, juga menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan pada malam nisfu syaban, salah satunya dengan membaca doa nisfu syaban.

2. Dibukanya Pintu Rahmat dan Ampunan dari Allah 

Doa ini bisa diamalkan oleh umat Islam untuk mendapatkan amalan. Sebab, ada banyak keutamaan yang bisa diraih di waktu istimewa ini.



Karena Nisfu syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT. Hal ini sesuai hadist shahih dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Jibril telah datang kepadaku pada malam nisfu syaban dan berkata, ‘Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Oleh karena itu, bangun lah dan dirikanlah sholat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit.’ Nabi bertanya, ‘Apakah arti malam ini?’ Jibril menjawab, ‘Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, orang yang suka mengadu domba, dan orang yang memutuskan silaturahim. Mereka tidak akan diampuni.”

3. Mengikuti Amalan Rasulullah SAW

Setiap amalan yang dilakukan oleh Rasulullah memiliki ganjaran yang baik. Rasulullah juga menganjurkan umatnya untuk turut melaksanakan amalan yang beliau kerjakan.

Salah satunya yaitu amalan pada malam nisfu syaban, yang apabila dikerjakan maka kita akan mendapatkan ganjaran yang berlipat ganda.

Baca juga: Keutamaan Niat Puasa Senin Kamis Bulan Syaban: Niat dan Hukumnya.

Urutan Bacaan Doa Nisfu Syaban dan Artinya

doa nisfu syaban
Sumber: canva.com

Doa Nisfu Syaban dapat diamalkan setelah sholat isya. Sebelum membaca doa Nisfu Syaban, maka laksanakan sholat sunnah Nisfu Syaban terlebih dahulu.

Setelah melaksanakan sholat sunnah Nisfu Syaban, maka mari membaca urutan doa Nisfu Syaban berikut ini:

1. Membaca Surat Yasin Sebanyak Tiga Kali

Urutan doa Nisfu Syaban yang pertama yaitu membaca surah Yasin sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda-beda. Berikut ini niat ketiga bacaan Yasin pada malam Nisfu Syaban:

  • Bacaan Yasin Pertama: Niatkan untuk memohon kepada Allah agar diberikan umur yang panjang untuk beribadah.
  • Bacaan Yasin Kedua: Niatkan untuk memohon perlindungan dari berbagai bencana dan ancaman serta meminta kemudahan rezeki.
  • Bacaan Yasin Ketiga: Niatkan untuk memohon agar diberikan hati yang lapang dan meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.

Baca juga: Anjuran Malam Nisfu Syaban Baca Yasin Berapa Kali? Penting!

2. Membaca Doa Nisfu Syaban Panjang

Setelah membaca surat Yasin sebanyak tiga kali, kemudian dilanjutkan dengan membaca doa malam Nisfu Syaban. Berikut ini bacaan Arab, Latin dan artinya:

Doa Nisfu Syaban Bahasa Arab

اَللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَ لا يَمُنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا اْلجَلاَلِ وَ اْلاِكْرَامِ ياَ ذَا الطَّوْلِ وَ اْلاِنْعَامِ لاَ اِلهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهْرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَ اَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ . اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ اللَّهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَ حِرْمَانِي وَ طَرْدِي وَ اِقْتَارَ رِزْقِي وَ اَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَ قَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَ يُثْبِتُ وَ عِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ. اِلهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَ مَا لا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَ صَحْبِهِ وَ سَلَّمَ . اَمِيْنَ

Doa Nifu Syaban Bacaan Latin

Allahumma ya dzal manni walaa yumannu ‘alaika ya dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thouli wal in’aam laa ilaaha illaa anta, zhoharul laajiin, wa jaarol mustajiiriin, wa amaanal khoo-ifiin.

Allaahumma in kunta katabtanii ‘indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan awmahruuman awmathruudan awmuqtarron alayya fir rizqi famhu Allaahumma bifadhlika fii ummil kitaabi syaqoowatii wahirmaanii wathordii waiq taaro rizqii wa atsbitnii indaka fii ummil kitaabi sa’iidam marzuuqom muwaffaqal lil khairaat.

Fa innaka qulta waqoulukal haqqu fii kitaabikal munzali ‘alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa-u wayutsbitu wa’indahuu ummul kitaabi Ilaahi bittajallil a’zhomi fii lailatin nishfi min syahri sya’baanal mukarromillatii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wayubromu ishrif ‘annii minal balaa-i maa a’lamu wamaa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghyuubi birohmatika yaa arhamar raahimiin.

Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa’alaa aalihii washohbihi wasallam.

Arti Doa Nisfu Syaban

Artinya: “Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepada-Mu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummmul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisi-Mu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engaku menghapuskan. Ya Allah Tuhanku, berkat karunia-Mu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya.

Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisi-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitab-Mu dan firman-mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus, Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-nya ada Ummul Kitab. Ya Tuhanku, berkat penampilan yang Mahabesar (dari rahmat0Mu) pada malam pertengahan bulan sya’ban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak kuketahui serta yang lebih Kau ketahui (daripadaku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai yang maha penyanyang di antara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sehabatnya, semoga Dia melimpahkan salam sejahtera (kepada mereka)”.

3. Doa Nisfu Sya’ban Singkat

Selain doa Nisfu Sya’ban yang panjang, kamu juga dapat mengamalkan doa Nisfu sya ban singkat berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي . اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، تُلِجُّ إِمَاتِي فِي دِينِكَ وَدُنْيَاكَ وَآخِرَتِكَ.

Allaahumma innaka ‘afuwwun- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

4. Membaca Istighfar Sebanyak 100 Kali

Setelah membaca doa Nisfu Syaban di atas, kamu bisa melanjutkannya dengan membaca istighfar sebanyak 100 kali.

Seperti yang disampaikan pada hadist dengan arti berikut ini:

“Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

5. Membaca Doa Memohon Ampunan

Kemudian, amalkan doa memohon ampunan berikut ini:

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْاَمْوَاتِ

Allahummaghfir lilmu’minina walmu’minat walmuslimina walmuslimat alahyaa’i minhum walamwat.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua laki-laki Muslim dan perempuan Muslim, semua laki-laki mukmin dan perempuan mukmin, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal.”

6. Membaca Doa Memohon Rahmat dan Kebaikan

Setelah membaca doa memohon ampunan di atas, lanjutkan dengan membaca doa memohon rahmat dan kebaikan, berikut ini:

اللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْعَلْنِيْ مَعَ الْاَنْبِيَاءِ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنْ اُولَٰئِكَ رَفِيْقًا

Allahumma ghfirli wa rhamni waj’alni ma’a annabiyyina wassiddiqina washshuhada’i wassaliheen wa hasuna ulaaika rafiqa.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, berikanlah rahmat kepadaku, dan jadikanlah aku bersama para Nabi, orang-orang yang jujur, para syuhada, dan orang-orang yang saleh. Dan berilah aku tempat yang baik bersama mereka.”

Baca juga: Bulan Syaban Penuh Berkah, Jangan Lewatkan 9 Amalan Berikut Ini!

Demikianlah informasi mengenai bacaan doa Nisfu Syaban yang dapat kamu amalkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita memperoleh keberkahan ketika mengamalkannya/

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, kamu bisa mengunjungi situs Blog Evermos, ya!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)