Amalkan Doa Nisfu Syaban Ini Untuk Mendapat Pengampunan Allah SWT

Doa Nisfu Syaban — Sebelum memasuki bulan ramadhan, kita akan memasuki waktu malam Nisfu Syaban.

Malam Nisfu syaban ini berada di pertengahan bulan atau tanggal 15 bulan Syaban. Pada tahun 2022 ini, malam Nisfu Syaban jatuh pada jelang maghrib 17 Maret 2022 hingga 18 Maret 2022.

Sebenarnya apa itu peringatan Malam Nisfu Syaban? Peristiwa ini merupakan malam yang mulia seperti halnya malam Lailatul Qadar.

Salah satu keutamaan malam Nisfu Syaban adalah karena Allah SWT menurunkan pengampunan.

Keutamaan lainnya adalah karena Allah juga mengabulkan permohonan para hamba-Nya yang soleh pada malam Nisfu Syaban seperti dalam hadits riwayat Imam Ibn Majah berikut ini.

Malam Nisfu Syaban Diangkatnya Catatan Amal Manusia Ke Hadapan Allah SWT

Pada malam Nisfu Syaban dua malaikat pencatat amal sehari-hari manusia yakni Raqib dan Atid, juga menyerahkan catatan amal manusia kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan pada malam nisfu syaban.

Salah satunya dengan membaca Doa nisfu syaban.

Doa ini bisa diamalkan oleh umat Islam untuk mendapatkan amalan.

Sebab, ada banyak keutamaan yang bisa diraih di waktu istimewa ini. Karena Nisfu syaban adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT.

Hal ini sesuai hadist shahih dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Jibril telah datang kepadaku pada malam nisfu syaban dan berkata, ‘Wahai Muhammad, pada malam ini dibuka pintu-pintu langit dan pintu-pintu rahmat. Oleh karena itu, bangun lah dan dirikanlah sholat, serta angkatlah kepala dan kedua tanganmu ke langit.’ Nabi bertanya, ‘Apakah arti malam ini?’ Jibril menjawab, ‘Malam ini dibukakan 300 pintu rahmat dan pintu ampunan. Allah mengampuni dosa sekalian orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu, kecuali ahli sihir, tukang ramal, orang yang suka bermusuhan, pemabuk, orang yang durhaka pada kedua orang tuanya, orang yang suka mengadu domba, dan orang yang memutuskan silaturahim. Mereka tidak akan diampuni.”

Doa Nisfu Syaban

doa nisfu syaban
sumber : pexels.com

Berikut adalah bacaan doa Nisfu Syaban

“Allaahumma innaka ‘afuwwun- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.”

Artinya:
“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat.”

Selain itu, dilansir dalam NU Online, ada anjuran doa yang didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء، إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

اَللّٰهُمَّ يَاذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْكَ يَاذَا اْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ يَاذَا الطَّوْلِ وَاْلاِنْعَامِ لاَاِلٰهَ اِلاَّ اَنْتَ ظَهَرَ اللاَّجِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ وَاَمَانَ اْلخَائِفِيْنَ
 اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِى عِنْدَكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقِيًّا اَوْ مَحْرُوْمًا اَوْ مَطْرُوْدًا اَوْ مُقْتَرًّا عَلَىَّ فِى الرِّزْقِ فَامْحُ
اَللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِيْ اُمِّ اْلكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَطَرْدِي وَاِقْتَارَ رِزْقِي وَاَثْبِتْنِىْ عِنْدَكَ فِي اُمِّ اْلكِتَابِ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ اْلحَقُّ فِى كِتَابِكَ الْمُنْزَلِ عَلَى نَبِيِّكَ الْمُرْسَلِ يَمْحُوْ اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ اُمُّ اْلكِتَابِ
 اِلٰهِيْ بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ الَّتِيْ يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ اَمْرٍ حَكِيْمٍ وَ يُبْرَمُ اِصْرِفْ عَنِّيْ مِنَ اْلبَلاَءِ مَا اَعْلَمُ وَمَا لاَ اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ اْلغُيُوْبِ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ
 وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma ya dzal manni walaa yumannu ‘alaika ya dzal jalaali wal ikraam, yaa dzath thouli wal in’aam laa ilaaha illaa anta, zhoharul laajiin, wa jaarol mustajiiriin, wa amaanal khoo-ifiin Allaahumma in kunta katabtanii ‘indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan awmahruuman awmathruudan awmuqtarron alayya fir rizqi famhu Allaahumma bifadhlika fii ummil kitaabi syaqoowatii wahirmaanii wathordii waiq taaro rizqii wa atsbitnii indaka fii ummil kitaabi sa’iidam marzuuqom muwaffaqal lil khairaat. Fa innaka qulta waqoulukal haqqu fii kitaabikal munzali ‘alaa nabiyyikal mursali, yamhul laahumaa yasyaa-u wayutsbitu wa’indahuu ummul kitaabi Ilaahi bittajallil a’zhomi fii lailatin nishfi min syahri sya’baanal mukarromillatii yufraqu fiihaa kullu amrin hakiim wayubromu ishrif ‘annii minal balaa-i maa a’lamu wamaa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghyuubi birohmatika yaa arhamar raahimiin Washollallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadiw wa’alaa aalihii washohbihi wasallam

Arti Doa Nisfu Syaban

Artinya: Ya Allah Tuhanku, wahai Yang memiliki anugerah dan tiada yang memberi anugerah kepada-Mu, wahai Yang mempunyai keagungan dan kemuliaan, wahai yang mempunyai kekuasaan dan yang memberi nikmat, tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, tempat bernaung bagi orang-orang yang mengungsi, tempat berlindung bagi orang-orang yang memohon perlindungan dan tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummmul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisi-Mu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engaku menghapuskan. Ya Allah Tuhanku, berkat karunia-Mu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya.

Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisi-Mu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitab-Mu dan firman-mu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus, Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisi-nya ada Ummul Kitab. Ya Tuhanku, berkat penampilan yang Mahabesar (dari rahmat0Mu) pada malam pertengahan bulan sya’ban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak kuketahui serta yang lebih Kau ketahui (daripadaku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmat-Mu wahai yang maha penyanyang di antara para penyayang. Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sehabatnya, semoga Dia melimpahkan salam sejahtera (kepada mereka).

Waktu Membaca Doa Nisfu Syaban 

Doa nisfu syaban ini baik dibaca setelah shalat magrib pada malam Nisfu Syaban. Nisfu Syaban 2022 jatuh pada tanggal 18 Maret 2022.

Amalan Nisfu Syaban

doa nisfu syaban
sumber : pexels.com

Selain membaca doa nisfu sya’ban, umat Islam juga bisa dianjurkan untuk membaca doa dan surat lain pada malam nisfu sya’ban seperti surat Yaasiin.

Adapun, tata cara membaca surat Yaasiin adalah sebagai berikut

  1. Membaca surat Yaasiin 3 kali.
  2. Pada bacaan pertama diniatkan untuk diberi umur panjang,
  3. Bacaan kedua diniatkan agar terhindar dari segala bencana dan ketiga untuk tidak berhajat dalam menyelesaikan seluruh urusan kepada selain Allah SWT.
  4. Setelah membaca surat Yaasiin, umat Islam bisa melanjutkan membaca doa nisfu syaban di atas.

Membaca Al Quran dan Surat Al Waqiah

Pada malam Nisfu Syaban juga kita dianjurkan untuk membaca Al Quran. Surat yang dibaca selain Surat Yasin, bisa Surat Al Waqiah. Surat Al Waqiah yang dibaca pada malam hari. Jika dibaca pada malam Nisfu Syaban maka manfaatnya akan berlipat ganda.

Membaca Kalimat Tahlil

Laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minadzdzoolimiin

Artinya: “Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim.”

Memperbanyak Istighfar

Tak ada satupun manusia yang luput dari dosa. Namun Allah SWT senantiasa membukakan pintu ampunan kepada siapapun. Meminta ampunan dengan beristighfar sangat dianjurkan terlebih di malam Nisfu Syaban. Sebagaimana pada hadits berikut ini:

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya: “Istighfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya’ban dan malam pertengahannya. Istighfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya’ban pula dosa diampuni,

kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Keistimewaan Malam Nisfu Syaban

1. Dikabulkannya Segala Permintaan oleh Allah

Barang siapa yang memanjatkan doa kepada Allah SWT pada bulan Syaban, maka Allah akan dengar dan Allah akan jawab dengan mengabulkan doa-doanya.

2. Diampuninya Dosa

Malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam maghfirah atau malam pengampunan. Karena pada malam tersebut Allah memberikan pengampunan kepada seluruh penduduk bumi.

Terutama bagi hambanya yang beriman dan beramal saleh. Namun Allah tidak memberikan ampunan bagi siapapun yang menyekutukannya.

3. Mengikuti Amalan Rasulullah

Setiap amalan yang dilakukan oleh Rasulullah memiliki ganjaran yang baik. Apalagi jika menjalankan salah satu amalan Rasulullah pada bulan Syaban, maka akan berlipat ganda ganjaran yang akan didapatkan.

Itulah pengertian malan Nisfu Syaban, doa-doa yang bisa dipanjatkan, amalan yang bisa dilakukan, hingga keistimewaan malam Nisfu Syaban. Semoga kita semua senantiasa dirahmati Allah SWT.

Demikianlah ulasan mengenai Doa Nisfu Syaban Ini.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membuat keimanan dan pahala kita semakin bertambah. Jangan lupa untuk mengamalkan doa ini agar kita semua bisa mendapatkan syafaatnya.

Jika saat ini Anda masih bingung ingin mencari bisnis yang tepat, mengapa tidak memulainya dari bisnis yang modal kecil dan mengalirkan keuntungan yang berkah.

Anda bisa memulai bisnis online dengan menjualkan produk lokal dan berkualitas lewat aplikasi Evermos, hanya dengan modal HP saja! 🤑

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Sekarang, buka usaha Anda tidak perlu pusing soal biaya, atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikianlah informasi mengenai doa Nisfu Syaban yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa sebarkan artikel ini kepada teman atau keluarga yang membutuhkan agar mendapat manfaatnya.

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, maka Anda bsia mengunjungi situs Blog Evermos. 

×