Kumpulan Doa Nabi Ibrahim Yang Bisa Diamalkan Lengkap Dengan Latin dan Artinya

Doa Nabi Ibrahim

Kumpulan Doa Nabi Ibrahim – Nabi Ibrahim AS masuk dalam kelompok Ulul Azmi atau Nabi-nabi Ketabahan Luar Biasa. Hal ini terlihat jelas ketika Allah SWT memerintahkannya untuk menyembelih anak kesayangannya, Nabi Ismail AS.

Nabi Ibrahim AS lahir di tengah masyarakat jahiliyah yang masih menyembah patung. Dengan keberaniannya, Nabi Ibrahim AS menghancurkan semua patung yang biasa dipuja.

Akibat perbuatannya, Nabi Ibrahim AS dihukum dengan dibakar hidup-hidup. Dengan izin Allah SWT api menjadi dingin sehingga menyelamatkan Nabi Ibrahim AS. Melihat peristiwa ini, sebagian warga berpaling dan menjadi umat Nabi Ibrahim A.S.

Banyak kisah Nabi Ibrahim AS yang bisa dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah cara berdoa kepada Allah SWT.

Dalam setiap kesempatan Nabi Ibrahim AS selalu berdoa kepada Allah SWT untuk bantuan dan pengampunan. Sebagai seorang muslim, ada beberapa kumpulan doa Nabi Ibrahim yang bisa Anda amalkan setiap hari.

1. Doa Nabi Ibrahim Ketika Dibakar

Saat tubuh Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam api yang menyala-nyala, dia membaca doa berikut:

قُلْنَا يَا نَارُ كُونِي بَرْدًا وَسَلَامًا عَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ

Artinya: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim.”

Ketika Malaikat Penjaga Hujan Khazinul Mathar mendengar doa ini, dia menurunkan hujan atas perintah Allah SWT. Karena itu, Nabi Ibrahim AS tidak merasakan panasnya api yang membakar tubuhnya.

Dalam surah Ali Imran ayat 173, Nabi Ibrahim AS juga berdoa seperti berikut:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.”

Dalam Surah Al-Anbiya’ Ayat 68-70, Allah SWT juga menunjukkan mukjizat-Nya membantu Nabi Ibrahim AS. Allah SWT berfirman:

(68) قَالُوْا حَرِّقُوْهُ وَانْصُرُوْٓا اٰلِهَتَكُمْ اِنْ كُنْتُمْ فٰعِلِيْنَ

(69) قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ

(70) وَاَرَادُوْا بِهٖ كَيْدًا فَجَعَلْنٰهُمُ الْاَخْسَرِيْنَ

Arab latin: Qālụ ḥarriqụhu wanṣurū ālihatakum ing kuntum fā’ilīn ulnā yā nāru kụnī bardaw wa salāman ‘alā ibrāhīm wa arādụ bihī kaidan fa ja’alnāhumul-akhsarīn. 

Baca Juga:  Doa Nurbuat yang Pendek, Inilah Keutamaan Membaca Doa Nurbuat

Artinya: “Mereka berkata: “Bakarlah dia dan bantulah tuhan-tuhan kamu, jika kamu benar-benar hendak bertindak”. Kami berfirman: “Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim”, mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi.”

Karena ketabahan dan keberaniannya yang luar biasa, Nabi Ibrahim dijuluki “Rasul Ulul Azmi”. Hal ini sesuai dengan Sura As-Syura ayat 13, bacaannya sebagai berikut:

۞ شَرَعَ لَكُم مِّنَ ٱلدِّينِ مَا وَصَّىٰ بِهِۦ نُوحًا وَٱلَّذِىٓ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ وَمَا وَصَّيْنَا بِهِۦٓ إِبْرَٰهِيمَ وَمُوسَىٰ وَعِيسَىٰٓ ۖ أَنْ أَقِيمُوا۟ ٱلدِّينَ وَلَا تَتَفَرَّقُوا۟ فِيهِ ۚ كَبُرَ عَلَى ٱلْمُشْرِكِينَ مَا تَدْعُوهُمْ إِلَيْهِ ۚ ٱللَّهُ يَجْتَبِىٓ إِلَيْهِ مَن يَشَآءُ وَيَهْدِىٓ إِلَيْهِ مَن يُنِيبُ

Artinya:” Dia telah mensyariatkan bagi kamu tentang agama apa yang telah diwasiatkan-Nya kepada Nuh dan apa yang telah Kami wahyukan kepadamu dan apa yang telah Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa yaitu: Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah tentangnya. Amat berat bagi orang-orang musyrik agama yang kamu seru mereka kepadanya. Allah menarik kepada agama itu orang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada (agama)-Nya orang yang kembali (kepada-Nya).”

2. Doa Nabi Ibrahim Untuk Anaknya Menjadi Soleh

Anak adalah pengikut dengan menyebarkan hal-hal baik dan ajaran Islam. Nabi Ibrahim AS dengan tulus berdoa agar memiliki keturunan yang saleh. Salah satu perilaku saleh yang diimpikan setiap orang tua bagi anak-anaknya adalah sikap sopan santun, akhlak terpuji, dan kemampuan menebar kebaikan.

Inilah bacaan doa yang dibacakan Nabi Ibrahim AS dan istrinya agar dikaruniai keturunan yang sholeh.

رَبِّ هَبْ لِى مِنَ ٱلصَّٰلِحِينَ 

Latinnya: Rabbi hab li minas-salihin 

Artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”

3. Doa Nabi Ibrahim Untuk Anaknya Agar Rajin Melaksanakan Shalat

Shalat adalah kewajiban setiap muslim, namun dalam pelaksanaannya kita sering mengabaikannya bahkan membiarkannya berdiri. Sholat adalah tiang agama, pondasi bagi setiap muslim. Jika tiang-tiangnya tidak kuat, akan seperti apa iman kita?

Mengetahui bahwa keturunannya tidak dijamin masuk surga, Nabi Ibrahim AS pun berdoa kepada Allah SWT agar dia memiliki keturunan yang sholeh dan rajin berdoa.

رَبِّ ٱجْعَلْنِى مُقِيمَ ٱلصَّلَوٰةِ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَآءِ 

Baca Juga:  Jawaban Barakallah Fii Umrik yang Tepat beserta Artinya, Wajib Diketahui!

Latinnya: Rabbij’alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du’a`

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” 

رَبَّنَا ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ ٱلْحِسَابُ 

Latinnya: Rabbanagfir li wa liwalidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisab 

Artinya: “Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).”

4. Doa Nabi Ibrahim Agar Negeri Aman

Nabi Ibrahim tidak hanya berdoa untuk anak dan keturunannya, tetapi juga untuk keselamatan tanah tempat tinggalnya. Hidup di negara yang aman dan sejahtera adalah harapan semua orang.

Di negara yang aman kita tidak perlu khawatir tentang perpecahan dan perang, kita bisa membesarkan anak-anak kita dengan damai untuk mendapatkan pendidikan terbaik dan kebebasan dan keamanan untuk berdoa.

Inilah bacaan doa Nabi Ibrahim AS ketika berdoa untuk keselamatan negaranya.

وَإِذْ قَالَ إِبْرَٰهِۦمُ رَبِّ ٱجْعَلْ هَٰذَا بَلَدًا ءَامِنًا وَٱرْزُقْ أَهْلَهُۥ مِنَ ٱلثَّمَرَٰتِ مَنْ ءَامَنَ مِنْهُم بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ ۖ قَالَ وَمَن كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُۥ قَلِيلًا ثُمَّ أَضْطَرُّهُۥٓ إِلَىٰ عَذَابِ ٱلنَّارِ ۖ وَبِئْسَ ٱلْمَصِيرُ 

Latinnya: Wa iz qala ibrahimu rabbij’al haza baladan aminaw warzuq ahlahu minas-samarati man amana min-hum billahi wal-yaumil-akhir, qala wa mang kafara fa umatti’uhu qalilan summa adtarruhu ila ‘azabin-nar, wa bi`sal-masir 

Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: “Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman di antara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: “Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.”

5. Doa Nabi Ibrahim Agar Setiap Amal Baik Diterima Oleh Allah SWT

Nabi Ibrahim SAW tidak pernah lupa untuk berdoa kepada Allah SWT dan meminta agar setiap amal yang dilakukannya diterima oleh Allah SWT. Dia juga membaca doa ini setiap kali dia membangun Ka’bah bersama putranya, Nabi Ismail AS.

Ia pun membaca doa ini untuk mendapat ampunan dari Allah SWT, baik ampunan untuk dirinya sendiri, orang tuanya, anak-anaknya dan keturunannya. Inilah bacaan doa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim AS.

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَٰهِۦمُ ٱلْقَوَاعِدَ مِنَ ٱلْبَيْتِ وَإِسْمَٰعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْعَلِيمُ 

Baca Juga:  Ucapkan Ahlan wa Sahlan untuk Tamu, Ini Makna dan Cara Menjawabnya!

Latinnya: Wa iz yarfa’u ibrahimul-qawa’ida minal-baiti wa isma’il, rabbana taqabbal minna, innaka antas-sami’ul-‘alim 

Artinya: Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

6. Doa Nabi Ibrahim Agar Disatukan Bersama Orang-Orang Saleh

Meski posisinya sebagai Nabi, Nabi Ibrahim AS tetap berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar dipersatukan dengan orang-orang yang bertakwa. Sebagai umat Islam ini penting, dengan bergaul dengan orang-orang saleh kita akan memiliki pengaruh yang baik.

Orang-orang saleh selalu mengingatkan kita akan kebaikan agar bisa menjaga dan meningkatkan keimanan kita. Inilah yang dibacakan Nabi Ibrahim AS.

رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِٱلصَّٰلِحِينَ

Latinnya: Rabbi hab li hukmaw wa al-hiqni bis-salihin

Artinya: (Ibrahim berdoa): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.”

7. Doa Nabi Ibrahim Agar Lisan Selalu Dijaga Dengan Ucapan yang Baik dan Benar

Sebagai manusia, entah disengaja atau tidak, kita mungkin pernah melecehkan orang lain secara verbal. Nabi Ibrahim AS selalu berdoa dan meminta kepada Allah SWT agar memiliki mulut yang selalu mengatakan hal-hal yang baik. Inilah doa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim AS.

وَٱجْعَل لِّى لِسَانَ صِدْقٍ فِى ٱلْءَاخِرِينَ

Latinnya: Waj’al li lisana sidqin fil-akhirin

Artinya: “Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian.”

8. Doa Nabi Ibrahim Agar Selalu Taat Pada Perintah Allah SWT

Nabi Ibrahim selalu berdoa kepada Allah SWT agar selalu menaati perintah-Nya. Sebagai manusia ada kalanya kita lalai dan lupa, dengan memohon kepada-Nya kita berharap dijauhkan dari bisikan setan yang menyesatkan. Untuk itu, inilah doa yang dibacakan oleh Nabi Ibrahim AS.

إِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِىَ لِلَّذِى فَطَرَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ حَنِيفًا ۖ وَمَآ أَنَا۠ مِنَ ٱلْمُشْرِكِينَ

Inni wajjahtu waj-hiya lillazi fataras-samawati wal-arda hanifaw wa ma ana minal-musyrikin

Artinya: “Sesungguhnya aku menghadapkan diriku kepada Rabb yang menciptakan langit dan bumi, dengan cenderung kepada agama yang benar dan aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.”

Itulah kumpulan doa Nabi Ibrahim AS. Sebagai umat Islam mari kita ambil contoh dari setiap perilaku baik yang diberikan oleh Nabi Ibrahim A.S. telah diajarkan.

Simak informasi menarik lainnya hanya di Blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×