Home » Kumpulan Doa Mustajab Agar Cepat dikabulkan Oleh Allah SWT

Kumpulan Doa Mustajab Agar Cepat dikabulkan Oleh Allah SWT

by Siti Choerunnisa
0 comment

Setiap manusia tentu memiliki. Untuk mewujudkannya tentu diperlukan usaha yang diiringi doa. Untuk itu berikut kami berikan artikel mengenai doa mustajab agar keinginan cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Sesungguhnya, usaha tanpa doa adalah bohong. Segala usaha akan sempurna jika diiringi doa. Perlu diketahui juga bahwa berdoa merupakan salah satu perintah Allah SWT untuk hamba-Nya.

Doa merupakan hal yang mudah dilakukan namun memiliki manfaat yang menakjubkan. Dengan berdoa dengan tulus serta ikhlas, apa yang kita inginkan bisa segera terkabul. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Surat Al Mu’min ayat 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qāla rabbukumud’ụnī astajib lakum, innallażīna yastakbirụna ‘an ‘ibādatī sayadkhulụna jahannama dākhirīn

Artinya :

“Dan Tuhanmu berfirman: ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina’”.

Untuk itu, mari kita simak ulasan mengenai kumpulan doa mustajab agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Kumpulan Doa Turun Hujan dan Hadist yang Perlu Anda Amalkan

Kumpulan Doa Mustajab Agar Cepat dikabulkan oleh Allah SWT

1.   Membaca Surat Al Fatihah

doa mustajab

sumber : pexels.com

Surat pertama yang menjadi doa mustajab adalah Surat Al-Fatihah. Al-Fatihah merupakan “Ummul Kitab” atau induk dari Al-Quran.

Dalam surat Al-Fatihah ada Ayat ke 5 yang berbunyi:

Iyyakana’budu wa iyyakansta’in.”

Artinya: “Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.”

Inti dari ayat di atas adalah bahwa kita mengakui hanya kepada Allah lah kita berhak meminta pertolongan dan mengharapkan bantuan untuk masalah apapun yang tidak sanggup dikerjakan sendiri.

Baca Juga : Bacalah Doa Melunasi Hutang Ini Agar Mendapat Keringanan dari Allah SWT

2. Membaca Surat Al-Ikhlas

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Surat Al Ikhlas juga dapat memjadi doa mustajab agar doa cepat terkabul. Surat al-ikhlas memiliki arti tentang mengesakan Allah SWT. Dengan membaca surat Al-Ikhlas, akan bisa membantu terkabulnya sebuah doa.

Sebagaimana dikatakan dalam sebuah hadist bahwa,

“Sesungguhnya Rasullah SAW. mendengar seseorang berkata: “Ya, Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,”

Kemudian Rasullah Saw. bersabda:  “Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia diseru dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.” (HR. Abu Daud)

3. Membaca Doa Hajat

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Jika kita memiliki suatu keinginan (hajat), maka kita dianjurkan untuk melakukan salat hajat dan membaca doanya. Doa hajat ini diambil dari riwayat dalam hadis Tirmidzi dan Ibnu Abu Aufa.

Adapun bacaan doa hajat adalah sebagai berikut

لَاِلَهَ اِلَّااللهُ الْحَكِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّوَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ اِثْمٍ لَا تَدَعْ لِى ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمًّا اِلَّافَرَّجْتَهُ وَلَاحَاجَةً اِلَّا هِيَ لَكَ رِضًااِلَّاقَضَيْتَهَا يَااَرْحَمَ الرَّحِمِينَ

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

4. Doa Mustajab yang sering dipanjatkan oleh Rasulullah

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Selanjutnya, ada sebuah doa mustajab dari Rasulullah yang beliau panjatkan saat sedang kesulitan. Doa tersebut berbunyi

“Allahu Allahu Rabbuna La Nusyrik bihi Syai’a.”

Artinya: “Allah, Allah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun”. Jika dibaca dengan penuh keyakinan, maka Allah akan membantu agar hajat terkabul.

Doa tersebut diriwayatkan Imam At Thabrani dari Ibnu Abbas sebagaimana Rasulullah bersabda, “Wahai Bani Abdul Muthalib, apabila kesusahan, kesukaran, atau kesulitan melanda kalian maka ucapkanlah: Allahu Allahu Rabbuna La Nusyrik bihi Syai’a (Allah, Allah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun)”.

5. Membaca Ayat Kursi

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Ayat kursi merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqarah. Disebut ayat kursi karena isi dari ayat ini menjelaskan tentang Martabat Allah SWT dan mencakup nama Allah yang paling agung, yakni Al Hayyu dan Al Qayyum.

Karena alasan ini, ayat ini disebut sebagai ayat yang paling agung dalam Al Qur’an. Kesitimewaan tersebut memberi nilai tambah untuk kita membacanya saat memiliki keinginan agar cepat terkabul.

6. Membaca Surat Al-Baqarah: 285-286

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Doa mustajab lainnya berasal dari ayat terakhir dalam surat Al-Baqarah. Biasanya, ayat ini dibaca setelah membaca ayat kursi ketika hendak memanjatkan hajat atau keinginan.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Mas’ud Al Badri RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda: “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari Muslim)

Kecukupan yang dimaksud adalah kecukupan bagi dunia dan akhirat. Maka segala kebutuhan kita di dunia dan akhirat akan terpenuhi, jika kita mengamalkannya dengan baik. Kedua Ayat tersebut berbunyi sebagai berikut,

Bacaan Surat Al-Baqarah Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

āmanar-rasụlu bimā unzila ilaihi mir rabbihī wal-mu`minụn, kullun āmana billāhi wa malā`ikatihī wa kutubihī wa rusulih, lā nufarriqu baina aḥadim mir rusulih, wa qālụ sami’nā wa aṭa’nā gufrānaka rabbanā wa ilaikal-maṣīr
Artinya: Rasul (Muhammad) beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat (kami) kembali”.

Bacaan Surat Al-Baqarah Ayat 286

  • Al-Baqarah ayat 286

ا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ
lā yukallifullāhu nafsan illā wus’ahā, lahā mā kasabat wa ‘alaihā maktasabat, rabbanā lā tu`ākhiżnā in nasīnā au akhṭa`nā, rabbanā wa lā taḥmil ‘alainā iṣrang kamā ḥamaltahụ ‘alallażīna ming qablinā, rabbanā wa lā tuḥammilnā mā lā ṭāqata lanā bih, wa’fu ‘annā, wagfir lanā, war-ḥamnā, anta maulānā fanṣurnā ‘alal-qaumil-kāfirīn

Artinya: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.

7. Perbanyak Membaca Istighfar

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Membaca istighfar dapat membantu kita keluardari segala kesulitan. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

8. Perbanyak Berdzikir

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Berdzikir artinya mengingat Allah. Dengan selalu mengingat Allah, maka kita pun akan lebih sering diingat oleh Allah SWT.

Sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadist bahwasanya Nabi pernah mendengar ada orang yang berdoa dalam shalatnya dan dia tidak memuji Allah dan tidak bershalawat kepada Nabi, Kemudian beliau bersabda: “Orang ini terburu-buru.” Kemudian Beliau bersabda, “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad)

Selain untuk mengabulkan hajat, berdzikir juga bisa membuat hati kita tenang untuk menghadapi permasalahan yang ada.

Amalan pertama yang bisa dilakukan agar doa Anda cepat dikabulkan adalah membaca dzikir Ya Mujib sebanyak 100 kali. Al Mujib memiliki arti “Yang Maha Mengabulkan”.

Anda bisa melakukan amalan ini setelah menunaikan shalat shubuh.

Hal yang terpenting dalam berdoa adalah Anda harus melakukannya dengan hati yang khusyu’ dan tidak tergesa-gesa.

9. Asmaul Husna

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Asmaul Husna adalah sebutan bagi nama-nama Allah. Jumlah dari Asmaul Husna ada 99. Beberapa manfaat dari membaca Asmaul Husna, diantaranya: mendapatkan kebaikan, berkah, perlindungan dari Allah SWT dan dikabulkannya doa. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (QS. Al-A’raf 7:180)

Kiat-Kiat dalam membaca doa mustajab

doa mustajab

sumber : pixabay.com

Adapun kiat-kiat membaca doa agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT adalah sebagai berikut.

  1. Berdoa di Waktu yang Mustajab

hendaknya kita berdoa di waktu yang mustajab. Adapun beberapa waktu mustajab yang bisa Anda Amalkan adalah sebagai berikut

  • Sepertiga malam terakhir
  • Ketika mendengarkan adzan
  • Saat turun hujan
  • Pada hari Jumat
  • Waktu antara Adzan dan iqamah
  • Saat sedang berpuasa
  • Ketika meminum air zam zam
  • Pada hari Arafah
  • Pada malam lailatul qadar
  1. Menghadap kiblat dan mengangkat tangan ketika berdoa
  2. Bersuara lirih dan tidak berteriak
  3. Khusyu, rendah hati, dan penuh harap kepada Allah
  4. Memuji Allah dan bershalawat kepada Nabi
  5. Yakin jikalau doa akan terkabul, jangan pesimis.

Demikianlah ulasan mengenai kumpulan doa mustajab agar doa cepat terkabul. Sesungguhnya doa dan usaha harus dijalankan secara beriringan untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa diamalkan dengan Baik. Untuk membaca artikel kumpulan doa lainnya, Anda bisa mengunjungi Blog Evermos.

Related Posts