10 Doa Mengikhlaskan Seseorang dan Cara Mengamalkannya

Bersama orang yang dicintai tentunya adalah impian bagi setiap orang. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada saja hambatan atau halangan yang membuat orang harus berpisah. Melupakan seseorang bagi sebagian orang tidaklah mudah, sebab itu cobalah doa mengikhlaskan seseorang berikut.

Cara terbaik dalam melupakan seseorang bukanlah dengan berusaha melupakan, akan tetapi mencoba untuk mengikhlaskannya. 

Setiap manusia akan mengalami masanya ketika bertemu dengan sosok teman, keluarga, maupun pasangan yang akan di cintai suatu saat datang dan silih berganti.

Datang dan pergi seseorang adalah hal yang wajar, dan merupakan bagian dari siklus kehidupan.

Dengan memiliki hati yang selalu legowo, ikhlas, maka kita akan lebih mudah menerima segala ujian dan rintangan dalam kehidupan.

Sebagai makhluk yang lemah dihadapan-Nya, marilah memohon pertolongan melalui memanjatkan doa yang telah diajarkan di dalam Al-Quran.

Doa Mengikhlaskan Seseorang

doa mengikhlaskan seseorang
Sumber: pexels.com

Mengutip dari berbagai sumber, inilah beberapa doa mengikhlaskan seseorang yang bisa dibaca.

Berikut ini adalah beberapa doa mengikhlaskan seseorang yang bisa Anda amalkan untuk melupakan seseorang yang disayangi.

1. Doa Membolak Balikkan Hati Seseorang

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala dinika

Arti hadisnya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku diatas agama-Mu.” (HR al-Nasai’)

2. Doa Meminta Petunjuk untuk Hati

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbana la tuzigh qulubana ba‘da idz hadaitana wahablana min ladunka rahmatan innaka antalwahhab

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha-Pemberi (karunia),” (QS: Ali ‘Imran: 8).

3. Doa Mengikhlaskan Seseorang

Wabasy-syiril-ladziina aamanuu wa’amiluush-shaalihaati anna lahum jannaatin tajrii min tahtihaal anhaaru kullamaa ruziquu minhaa min tsamaratin rizqan qaaluuu hadzaal-ladzii ruziqnaa min qablu wautuu bihi mutasyaabihan walahum fiihaa azwaajun muthahharatun wahum fiha khaldun.

Artinya: “Dan sampaikanlah berita gembira, kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka di sediakan surga-surga, yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka di beri rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: ‘Inilah yang pernah di berikan kepada kami dahulu (di dunia)’. Mereka di   beri buah-buahan yang serupa, dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci, dan mereka kekal di dalamnya.” (QS.2:25)

4. Doa Menenangkan Hati

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebatilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat.”

5. Doa Memantapkan Hati

Wamin aayaatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwaajan litaskunuu ilaihaa waja’ala bainakum mawaddatan warahmatan inna fii dzalika li-aayaatin liqaumin yatafakkaruun.

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya, ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan di jadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS.30:21)

6. Dzikir Kesembuhan Hati

Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa’uka, syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan Pemelihara Manusia, hilangkan penyakit, sembuhkanlah! hanya Engkau yang bisa menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali dari-Mu, Kesembuhan yang tidak meninggalkan satu penyakit pun.

7. Doa Saat Merasa Gelisah

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ ; لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ ; لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

Artinya: “Tiada Ilah (Tuhan) yang berhak diibadahi kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala Yang Maha Agung lagi Maha Penyantun; Tiada Ilah (Tuhan) yang berhak diibadahi kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala  Pemilik dan Penguasa Arsy’ yang agung; Tiada Ilah (Tuhan) yang berhak di ibadahi kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala Pemilik dan Penguasa langit, bumi dan Arsy’ yang mulia.” (HR. Bukhari, no. 6346 dan Muslim, no. 2730)

8. Doa Saat Merasa Sulit

أَللَّهُ أَللَّهُ رَبِّي لَا أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا

Artinya : “Allah, Allah adalah Rabbku; aku tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun.” (HR. Abu Daud, no. 1525; Ibnu Majah, no. 3882)

9. Doa mengikhlaskan seseorang di dalam surat Ar-Rad ayat 39

Berikut ini adalah doa pertama yang bisa kita baca di dalam surat Ar-Rad ayat 39, Allah SWT berfirman: 

 يَمْحُوا اللّٰهُ مَا يَشَاۤءُ وَيُثْبِتُ ۚوَعِنْدَهٗٓ اُمُّ الْكِتٰبِ

Latin: Yamhullahu ma yasau, wa yusbit, wa indahu ummul kitab

Artinya: “Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan apa yang Dia kehendaki, dan di sisi-Nya-lah terdapat Ummul-Kitab.” (Q.S Ar-Rad; 39).

Doa ini tentu saja bisa dibaca kapanpun, namun sebaiknya setelah selesai shalat agar orang yang pergi meninggalkan kita bisa tenang.

10. Doa mengikhlaskan seseorang agar sembuh dari penyakit

Kemudian jika ada seseorang kita cinta sedang sakit dan tak kunjung sembuh, maka bacalah doa berikut ini agar di ikhlaskan penyakitnya dan disembuhkan:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِيء لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Latin: Allahuma rabbannas, adz-hibil ba’sa isyfi antasy-syafi laa syifa’a illa syifa’uka, syifa’an laa yughadiru saqaman.

Artinya: “Wahai Allah Tuhan manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan yang sejati kecuali kesembuhan yang datang dari-Mu. Yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit dan penyakit lain”

Cara Mengamalkan Doa Mengikhlaskan Seseorang

doa mengikhlaskan seseorang
Sumber: pexels.com

1. Berniat Terlebih Dahulu

Sebelum mengucapkan doa ingin melupakan seseorang, sebaiknya meluruskan niat terlebih dahulu. Dengan melakukan niat, hati sudah mantap untuk memasrahkan segala urusan hanya kepada-Nya. Saat melakukan niat, ingatlah kembali apa alasan dan motivasi yang membawa Anda harus mengikhlaskan seseorang.

2. Melakukan Amalan-Amalan

Saat meminta petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT, jangan lupakan untuk melakukan amalan-amalan yang di cintai oleh Allah SWT.

Kemudian amalan baik nantinya akan membawa Anda kepada perubahan diri yang lebih baik, dan memberikan kekuatan agar bisa berlapang dada. Beberapa amalan yang bisa Anda lakukan seperti berdzikir di waktu pagi dan petang, senantiasa berdoa, mencari ilmu agama, meningkatkan ibadah ritual seperti sholat sunnah, sholat dhuha dan sebagainya.

3. Memanjatkan Doa di Waktu Mustajab

Berikutnya, setelah mengetahui apa saja doa untuk mengikhlaskan dan melupakan seseorang, panjatkan doa di waktu yang mustajab. Doa berikut dapat di baca setelah melakukan shalat fardhu, sujud terakhir, maupun di waktu seperti shubuh dan petang hari saat matahari sedang naik atau terbenam.

4. Menyibukkan Diri

Bagi sebagian orang, melupakan seseorang bukanlah hal yang mudah. Hati senantiasa akan mengingat kenangan yang di lakukan bersama orang yang di sayangnya. Namun, apabila kembali pada kenyataan bahwa bersatu tidak dapat di wujudkan maka tiada daya upaya lagi yang bisa di lakukan selain berusaha merelakan satu sama lain. Salah satu cara untuk mengalihkan pikiran dari orang tersebut adalah dengan menyibukkan diri.

5. Berkumpul dengan Keluarga dan Teman

Selain melakukan cara menyibukkan diri dengan mengasah kemampuan diri, atau melakukan hobi yang di senangi Anda juga perlu berkumpul dengan keluarga dan teman. Dengan mendapatkan kehangatan dari orang-orang yang terdekat dapat membuat energi Anda terisi kembali. Selain itu Anda lebih merasakan kedamaian dan siap untuk menghadapi hari-hari setelah mengikhlaskan seseorang.

Nah itulah ulasan tentang doa mengikhlaskan seseorang, semoga bermanfaat bagi Anda ya. Tetap semangat dan jangan berlarut-larut dalam kesedihan!

Jika Anda suka dengan artikel Blog Evermos, jangan lupa untuk sebarkan linknya melalui media sosial pada tombol di bawah ini ya.

Jika Anda ingin mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal, mudah saja. Yuk gabung jadi reseller Evermos dan dapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

×