Doa Menghentikan Darah Istihadhah, Wanita Wajib Tahu!

Doa menghentikan darah istihadhah – Sebagai seorang perempuan yang memasuki usia dewasa, pasti Anda sudah mengalami yang namanya menstruasi atau haid. 

Selain darah haid yang keluar dari rahim perempuan, ada juga yang disebut dengan darah istihadhah. Nah, pada artikel kali ini akan membahas doa menghentikan darah istihadhah.

Namun sebelum itu, baiknya kita cari tahu terlebih dahulu apa yang disebut dengan darah istihadhah. 

Apa itu Darah Istihadhah dan Doa Menghentikan Darah Istihadhah?

Doa Menghentikan Darah Istihadhah
Sumber : unsplash.com

Darah istihadhah adalah darah yang keluar dari rahim perempuan di luar masa haid, dengan kata lain darah istihadhah berbeda dengan darah haid.

Darah istihadhah biasanya keluar karena kondisi hormon seseorang, dan mudah dikenali dengan ciri tidak berbau seperti darah haid, kental, dan merah seperti darah pada umumnya.

Selain itu, darah istihadhah dalam dunia medis disebut dengan mennorhagia, sedangkan dalam agama Islam disebut dengan istihadhah.

Doa Menghentikan Darah Istihadhah

Doa Menghentiksn Darah Istihadhah
Sumber: unsplash.com

Setelah Anda mengetahui apa itu darah istihadhah, maka yang perlu Anda lakukan adalah membaca doa menghentikan darah istihadhah sebagai bentuk ikhtiar agar darah istihadhah cepat berhenti.

Karena banyak perempuan yang panik karena siklus haidnya tidak seperti biasanya. Jika normalnya haid terjadi 5-7 hari, namun bila haid lebih dari 15 hari, maka kamu patut curiga.

Bisa jadi darah yang keluar dari rahim itu bukanlah dari haid, melainkan darah istihadhah yang bisa disebut darah penyakit.



Jika Anda sudah yakin bahwa darah tersebut adalah darah istihadhah, amalkan hal berikut sebagai bentuk doa menghilangkan darah istihadhah:

1. Membaca hamdallah untuk memuji Allah SWT

Membaca hamdallah wajib bagi seorang muslim karena memuji dan mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah bisa menambahkan nikmat di kemudian hari.

2. Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW

Bacaan sholawat yang bisa Kamu ucapkan yaitu:

 اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ

Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shohbihi ajma’iin

3. Memohon ampunan kepada Allah dengan membaca kalimat istighfar

Salah satu bentuk memohon dan meminta kepada Allah adalah dengan membaca istighfar. 

Hal itu berarti Anda menyadari kesalahan dan dosa yang Anda perbuat, maka untuk mendapat ampunan dan dikabulkan setiap hajatnya oleh Allah Anda perlu mengucapkan istighfar.

4. Berdoa kepada Allah agar darah istihadhah segera berhenti

Setelah membaca hamdallah, sholawat, dan istighfar, selanjutnya adalah berdoa kepada Allah dengan hati yang penuh dengan ketulusan.

Memintalah agar Anda terhindar dari penyakit dan meminta agar darah istihadhah yang keluar terus menerus dapat segera berhenti. 

5. Membaca surah Al-fatihah sebanyak tiga kali

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah membaca surah Al-fatihah agar doa-doa yang sudah dipanjatkan dapat segera terkabulkan. 

Jika Anda sudah mengamalkan doa menghilangkan darah istihadhah seperti di atas, maka yang perlu Anda ingat adalah yakin bahwa doa Anda akan terkabul. 

Karena meminta tanpa ketulusan dan keyakinan kepada Allah adalah hal yang sia-sia. Allah tidak akan mengabulkan doa hambanya yang tak yakin hatinya.

Anda juga bisa menyimak video berikut ini untuk penjelasan lebih lengkapnya:

Doa Menghentikan Darah Isthadhah, Perhatika Hal Ini

Doa Mencegah Istihadhah
Sumber: unsplash.com

1. Harus tetap menjalankan ibadah

Pada dasarnya, darah istihadhah bukanlah darah haid yang bersifat kotor. 

Maka bagi seorang perempuan muslim yang sedang mengalami keluarnya darah istihadhah dari rahimnya, ia harus tetap menjalankan ibadah seperti biasa.

Ibadah seperti shalat, puasa dan lainnya harus tetap dijalankan. Maka Islam tidak membolehkan orang yang sedang mengalami keluarnya darah istihadhah untuk bermalas-malasan dalam beribadah.

2. Aturan berwudhu 

Perempuan yang sedang keluar darah istihadhah, maka wajib beribadah, dan ketika akan shalat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Misalnya berwudhu setelah masuk waktu shalat, jika belum memasuki waktu shalat maka wudhunya dianggap tidak sah.

Wudhu akan berlaku untuk satu kali shalat wajib, artinya pada setiap waktu shalat dianjurkan untuk mengambil wudhu kembali. Namun untuk shalat sunnah bisa berlaku berkali-kali.

3. Membersihkan kemaluan 

Kemudian membersihkan bagian tubuh yang terdapat darah istihadhah dan menempelkan kapas atau kertas tisu untuk menghambat keluarnya darah istihadhah.

Doa Menghentikan Darah Istihadhah adn Cara Menghindarinya

Doa Mandi Haid
Sumber: pexels.com

Selain membaca doa menghentikan darah istihadhah, bentuk ikhtiar lain yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Terapi hormonal

Terapi hormonal dapat dilakukan bagi perempuan yang sedang mengalami keluarnya darah istihadhah, tujuannya agar tidak terjadi haid yang berkepanjangan. 

Karena salah satu penyebab haid dan keluarnya darah istihadhah adalah terjadi ketidakseimbangan hormon.

2. Mengonsumsi obat-obatan

Selanjutnya yang bisa dilakukan agar terhindar dari istihadhah yaitu dengan mengonsumsi obat tertentu. Hal ini dilakukan jika terjadi haid yang berkepanjangan.

Obat yang bisa dikonsumsi seperti obat antiinflamsi nonsterois atau paracetamol. 

3. Melakukan Operasi

Hal yang bisa dilakukan jika terjadi haid yang lama dan istihadhah yang berkepanjangan, sebaiknya melakukan tindakan operasi. 

Karena bisa saja penyebab dari haid dan istihadhah yang berkepanjangan adalah tumor atau kanker pada rahim, maka perlu penanganan cepat seperti operasi.

Nah, jika Anda mengalami keluarnya darah istihadhah, jangan langsung panik. Lakukan hal-hal yang sudah dijelaskan di atas agar Anda terhindar dari segala penyakit.

Itulah ulasan mengenai doa menghentikan darah istihadhah dan cara agar terhindar dari istihadhah. Semoga Anda senantiasa dalam lindungan Allah SWT. 

Untuk membaca artikel islami menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Selain itu Anda juga bisa mendapatkan jutaan rupiah dalam sebulan dengan menjadi Reseller Evermos dengan menekan tombol di bawah ini.

MULAI JUALAN SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)