Jangan Galau! Inilah Doa Mendapat Pekerjaan yang Mudah Diamalkan

Mendapatkan pekerjaan memang cukup sulit. Apalagi saat kondisi pandemi, banyak pekerja yang akhirnya harus dirumahkan. Maka dari itu, selain ikhtiar mencari pekerjaan, Anda pun perlu mengamalkan doa mendapat pekerjaan agar dipermudah.

Ketika dirundung kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, hendaknya kita seorang muslim pantang untuk bersedih. Yakinilah bahwa semua rezeki telah ada yang mengatur dan ada porsinya untuk setiap orang.

Nah, bagi Anda yang masih bersedih hati atau galau, ada doa-doa yang bisa dipanjatkan agar cepat mendapatkan pekerjaan.

Simak ulasan artikel tentang doa agar mudah dan cepat mendapatkan pekerjaan di bawah ini.

Baca juga: Kumpulan Doa Mustajab Agar Cepat dikabulkan Oleh Allah SWT

Doa Agar Cepat dan Mudah Mendapatkan Pekerjaan

1. Doa Agar Diberikan Rezeki yang Baik

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Perlu kita yakini bahwa pekerjaan merupakan salah satu rezeki dari Allah SWT. Maka dari itu, kita jangan pernah berhenti untuk meminta rezeki yang baik dan halal.

Doa Mendapat Pekerjaan

 

 

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.” (Shahih, HR. Ahmad, IV/322).

2. Pekerjaan Mudah Didapatkan = Diampuni Allah

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Salah satu alasan mengapa seseorang diberikan kemudahan dalam pekerjaan adalah karena ia diampuni oleh Allah SWT.

Selain itu, dengan mengucapkan pujian adalah bentuk syukur, sehingga kita bisa dimudahkan untuk  mendapatkan pekerjaan.

Doa Mendapat Pekerjaan

 

 

 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku, muliakanlah akhlakku, berikanlah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku bersyukur saat menerima apa pun yang Engkau anugerahkan kepadaku, dan janganlah Engkau buatku mengingat sesuatu yang telah Engkau palingkan dariku.” (HR. Ibnu An-Najjar).

3. Selalu Bersikap Optimis dan Berbaik Sangka Kepada Allah SWT

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: pexels.com

Ketika berusaha dalam mencari pekerjaan, hendaknya selalu bersikap optimis dengan kemampuan maksimal yang dikerahkan.

Ingat, tetaplah berbaik sangka atau berhusnudzon kepada Allah. Kita harus yakin, bahwa Allah akan selalu membantu hamba-Nya. Tinggal kita perkuat lagi ikhtiar dan doanya.

Dari Anas bin Malik, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Doa Mendapat Pekerjaan

 

 

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.” (Shahih, HR. Ibnu Hibban, 3/225).

4. Doa Dibukakan Pintu Nikmat Kepada Allah SWT

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: pexels.com

Tentu saja kita berharap untuk selalu diberikan kenikmatan oleh Allah SWT. Termasuk nikmat dalam memperoleh rezeki. Allah pun telah menjamin rezeki setiap makhluknya.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan apapun. Ketika kita memperbanyak bersyukur, maka Allah pun akan memberikan nikmat yang tidak disangka-sangka.

Doa Mendapat Pekerjaan

 

 

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami; pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

5. Doa Hajat dan Meminta Kepada Allah SWT

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Apakah Anda banyak permintaan yang ingin dikabulkan? Termasuk ingin dimudahkan dalam mendapatkan pekerjaan? Bacalah doa hajat dan mintalah kepada Allah atas apa yang selama ini Anda inginkan.

Doa Mendapat Pekerjaan

 

 

Artinya: “Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku sangat berhajat kepada rezeki pemberian yang Engkau berikan.” (Al-Qashash: 24).

Baca juga: Bacalah Doa Melunasi Hutang Ini Agar Mendapat Keringanan dari Allah SWT

6. Doa Mutlak

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Apabila Anda tidak hafal atau tidak mengetahui berdoa dalam bahasa arab, maka berdoalah dengan bahasa yang dimengerti.

Nah, hal demikianlah yang dimaksud dengan doa mutlak.

Anda bebas meminta apapun yang diinginkan, termasuk cepat dan mudah untuk mendapatkan pekerjaan.

Doa mutlak diperbolehkan untuk diucapkan, karena sesuai dengan sunnah dari Rasulullah, artinya:

“Hendaklah seseorang di antara kalian memilih doa yang dia kagumi, lalu dia berdoa kepada Allah ‘azza wa jalla.” (HR. Bukhari dan an-Nasai)

7. Meminta Doa Kepada Orang Tua

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Apabila Anda masih memiliki orang tua, tidak ada salahnya untuk meminta doa kepada mereka. Perlu kita ketahui bahwa doa orang tua untuk anaknya sangatlah mustajab diterima oleh Allah.

Diantara doa yang mustajab adalah doa yang diucapkan oleh orang tua untuk anaknya, baik doa kebaikan maupun doa keburukan.

Meminta maaflah segera, jika Anda merasa masih memiliki dosa kepada mereka. Perlu diingat pula oleh kita semua, bahwa ridho Allah ada pada ridho orang tua.

Jadi, jangan lupa selalu meminta doa kepada orang tua untuk seluruh kebaikan, termasuk meminta doa agar cepat mendapatkan pekerjaan.

8. Doa Para Malaikat

Doa Mendapat Pekerjaan
Sumber: google/bersosial

Setiap apapun yang kita lakukan, akan terus dipantau oleh malaikat yang mencatat segala amal yang kita perbuat. Tentu saja kita ingin didoakan oleh para malaikat, bukan? Ada cara yang bisa Anda lakukan.

Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Artinya: “Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Amin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” (HR. Muslim).

Jadi tidak ada salahnya jika kita juga saling mendoakan orang lain yang sedang dalam kesulitan mencari pekerjaan.

Harapannya mudah-mudahan apa yang kita ucapkan tanpa sepengetahuan orang lain, akan berdampak kebaikan pula bagi kita.

Demikianlah kumpulan doa doa agar mudah dan cepat dalam mendapatkan pekerjaan. Semoga kita semua senantiasa diberikan keberkahan oleh Allah dalam setiap ikhtiar dan doa yang dipanjatkan.

Jika dirasa informasi ini bermanfaat, boleh di share kepada orang-orang tersayang Anda agar sama-sama bisa saling mengingatkan dan menguatkan satu sama lain.

Ingin mendapatkan informasi seputar doa-doa lainnya? Jangan lewatkan artikel tentang doa lainnya di situs blog Evermos.

×