Doa Mandi Hari Raya Idul Adha, Amalkan Sebelum Shalat Ied!

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Apakah Anda sudah tahu doa mandi Hari Raya Idul Adha? Keputusan yang tepat bagi Anda mengunjungi artikel berikut, karena sebentar lagi Anda akan mengetahui jawabannya.

Di Hari Raya Idul Adha akan terdapat banyak syariat yang menjadi ibadah bagi setiap muslim, diantaranya yaitu berpuasa asyura, melaksanakan penyembelihan hewan qurban dan mengerjakan haji atau umroh.

Sama halnya seperti Idul Fitri, menjelang Hari Raya Idul Adha umat Muslim juga melaksanakan shalat sunnah muakkad yang dikerjakan secara berjamaah.

Namun, sebelum melaksanakan shalat muakkad hendaknya setiap diri muslim mempersiapkan diri untuk menyambut hari yang suci dengan melafalkan doa mandi berikut.

Seperti apa niat doa mandi saat hari qurban tersebut? Pastikan Anda membaca artikel berikut sampai habis.

Hadist Keutamaan Mandi di Hari Raya

Sikap berserah diri kepada Allah SWT inilah yang menjadi pegangan prinsip bagi seorang muslim. Seorang muslim dalam semasa hidupnya akan menemukan beragam ujian dan cobaan, yang tidak lain dan bukan adalah untuk meningkatkan derajat keimanannya. 

Keimanan dapat diuji dengan berbagai cara, salah satunya melalui pelaksanaan syariat apakah seseorang tersebut dapat melaksanakannya sambil berserah diri.

Untuk melaksanakan shalat sunnah Hari Raya Idul Adha, sebelum ke masjid kita dianjurkan untuk mandi Hari Raya Idul Adha.

Hal ini disandarkan dalam hadits berikut yang 



Seseorang pernah bertanya pada Ali Radhiallahu’anhu mengenai mandi. Ali menjawab, “Mandilah setiap hari jika kamu mau”. Orang tadi berkata, “Bukan, maksud saya manakah mandi yang dianjurkan?”

Ali menjawab, “Mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.”

Bacaan doa mandi hari raya idul adha latin dan artinya

Adapun doa yang dapat di lafalkan untuk melaksanakan mandi besar saat hendak merayakan Idul Adha yaitu membaca doa berikut.

Inilah bacaan doa, lafal dan artinya.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ الْاَضْحَى ِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى 

Nawaitul ghusla liyaumi ‘iidil Adha sumbatan Lillahi Ta’aalaa.

Artinya: “Saya niat mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Mandi Hari Raya Idul Adha

Dalam tata cara mandi Hari Raya Idul Adha, sebenarnya tidak ada hal harus dilakukan khusus. Anda hanya perlu mandi besar seperti tata cara pada umumnya.

Adapun untuk tata cara mandi Hari Raya Idul Adha dapat Anda baca di bawah ini.

  1. Niat Mandi dengan membaca doa mandi tersebut,
  2. Cuci Telapak Tangan
  3. Basuh Kemaluan
  4. Berwudhu Pada Umumnya
  5. Mandi Besar Seperti Biasanya

Langkah berikutnya adalah menggosokkan jari-jari ke kulit kepala dan menyiramkannya ke atas kepala sampai kaki sebanyak tiga kali. Kemudian Anda dapat menyelesaikannya dengan mandi seperti biasanya.

Untuk tata cara berikut bukanlah langsung dari Rasulullah SAW akan tetapi bersumber dari praktik sahabat Nabi.

Imam An Nawawi menambahkan atsar di atas adalah atsar yang shahih, sebagaimana tercantum dalam Al-Majmu’ Syarah Al Muhadzdzab.

Sekian informasi doa mandi pada hari raya Qurban latin dan artinya kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin memperdalam tentang doa Hari Raya.

Sebarkan juga artikel berikut melalui platform media sosial dengan share link kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya, kunjungi Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)