Doa Kelancaran Berbicara Serta Cara PD Bicara Depan Umum

Doa kelancaran berbicara dapat diamalkan agar kita tidak merasa grogi saat berada di hadapan umum dan merasa gugup. Tak semua orang bisa berbicara di depan umum dengan baik dan benar, justru kebanyakan akan merasakan kecemasan dan tegang.

Setiap orang memiliki kemampuan berbicara sesuai kadarnya masing-masing, ada yang berani hanya ketika dalam kondisi personal, ada pula yang dapat mengembangkan gaya berbicaranya dengan penuh rasa percaya diri dan berani.

Bagi Anda yang merupakan seorang muslim, tentunya tidak perlu khawatir untuk mengatasi permasalahan tersebut sebab Islam selalu menyediakan solusi bagi masalah apa saja.

Salah satunya adalah dengan membaca doa kelancaran berbicara dan artinya berikut.

Doa Kelancaran Berbicara dan Artinya

Doa Kelancaran Berbicara
Sumber: pexels.com

Sebagai seorang Nabi, Musa AS mendapatkan perintah yang amat berat sekaligus menjadi tugasnya para nabi yaitu untuk berdakwah kepada raja yang dzalim.

Raja zalim tersebut yang dimaksudkan adalah raja Fir’aun yang telah banyak berbuat menyeleweng dari wahyu Allah SWT.

Salah satunya adalah dengan sengaja membunuh bayi laki-laki yang tidak memiliki dosa apapun karena ketakutannya terhadap kebenaran ramalan bayi yang dapat menggantikan kekuasaan sang Firaun.

Di bawah ini adalah doa kelancaran berbicara dan artinya.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohli shodrii, wa yassirli amri, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku”

Anda bisa membaca doa berikut ketika hendak akan menghadapi momen untuk berbicara di depan umum.

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Selain membaca doa nabi musa sebagai salah satu doa kelancaran berbicara, kita juga dapat membaca doa kelancaran berbicara di depan umum.

Doa berikut Insya Allah dapat mengatasi perasaan cemas, khawatir, bingung dan grogi bagi para muslim yang hendak berbicara di hadapan banyak orang. 

سبحان من علم الانسان ما لم يعلم

Artinya: “Maha suci Allah yang telah mengajarkan manusia sesuatu yang ia tidak ketahui.”

Tips Agar Berbicara Lancar di Depan Umum

Doa Kelancaran Berbicara
Sumber: pexels.com

Dalam kehidupan sehari-hari, tak dapat dipungkiri bahwa komunikasi di depan secara umum merupakan kebutuhan yang harus dapat dikuasai bagi setiap manusia.

Faktanya, tidak semua manusia merasakan pede ketika berbicara dihadapan banyak orang. Bahkan sebagian dari mereka akan merasakan perasaan yang tak mengenakkan, cemas, gugup, grogi dan ingin cepat-cepat selesai.

Namun, tenang saja karena Tim Evermos memiliki tips agar dapat berbicara lancar di depan umum yang dapat dicoba oleh siapa saja.

1. Kuasai Hal yang Ingin Disampaikan

Langkah untuk berbicara lancar pertama yaitu, pastikan Anda dapat memahami materi yang akan disampaikan. Materi atau isi pembicaraan yang sudah Anda pahami dapat disampaikan lebih lancar, ditambah dengan improvisasi yang membuat obrolan semakin menarik.

2. Perhatikan Penampilan

Meski terdengar kurang mengenakkan, namun faktanya penampilan memegang peranan yang penting untuk menaruh perhatian dari umum kepada Anda.

Apabila Anda mengenakan pakaian yang tepat, Anda tidak perlu merasa gugup mengenai kesan yang akan didapatkan saat berbicara di depan umum. 

3. Kontak Mata dengan Audience

Saat berbicara di depan umum, selalu lakukan kontak mata dengan audience agar dapat memastikan perhatian mereka tetap fokus pada materi yang Anda bicarakan. 

Kontak mata juga dapat memberikan kesan kepada mereka bahwa mereka menjadi bagian yang penting dari sebuah topik yang Anda bangun.

4. Tetap Percaya Diri

Perasaan malu atau tidak percaya diri dapat menjadi gangguan utama bagi seseorang yang hendak berbicara di depan umum. Rasa malu membuat orang jadi enggan untuk membuka obrolan akibat kurangnya rasa percaya diri. Bangun rasa percaya diri Anda dengan menganggap audience sebagai teman Anda sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan santai.

5. Jadi Diri Sendiri

Tips untuk berbicara agar lancar didepan umum adalah tetap untuk menjadi diri sendiri. Tidak perlu untuk membayangkan diri menjadi orang lain maupun meniru sikap orang lain, sebab sikap yang tidak natura lambat laun akan membuat diri Anda tidak nyaman. 

Itulah contoh doa dari kelancaran berbicara yang bisa Anda coba dari artikel Blog Evermos berikut, semoga bermanfaat ya!

Bagi Anda yang ingin berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan hanya melalui aplikasi Evermos saja, raih beragam penawaran dan komisi hingga 35% tiap produknya.

Mari bergabung dengan klik tombol di bawah ini dan lakukan pendaftaran menjadi reseller Evermos tanpa modal alias GRATIS.

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88