Doa Jeda Shalat Tarawih untuk Raih Pahala dan Ampunan Allah SWT

Saat melaksanakan shalat tarawih bulan Ramadan, tentu ada doa jeda shalat tarawih yang lazim kita baca. Ingin tahu bacaannya? Simak pada ulasan artikel berikut ini.

Shalat tarawih atau dalam bahasa Arab disebut dengan تَرْوِيْحَةٌ yang artinya “beristirahat/waktu untuk beristirahat” setelah shalat empat rakaat (Isya).

Istimewanya, shalat Tarawih hanya terdapat ketika waktu Ramadhan tiba dan waktu pelaksanaan setelah shalat Isya juga dilakukan secara berjamaah di masjid.

Namun, dalam teknis pelaksanaannya sebelum memulai shalat, bilal tarawih akan membacakan doa jeda shalat tarawih.

Doa jeda shalat tarawih ini biasanya dipimpin bilal. Bacaan bilal tarawih ini mengisi selepas salam sebelum kembali melanjutkan shalat tarawih berikutnya.

Bagaimana Shalat Tarawih yang Disertai Shalat Witir?

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

Shalat tarawih merupakan salah satu amalan ibadah di malam bulan Ramadan. Kita boleh mengerjakan shalat tarawih sebanyak delapan rokaat dengan ditambah tiga rokaat shalat witir, boleh juga dikerjakan 20 rokaat ditambah tiga shalat witir.

Shalat tarawih ini identik dengan bulan Ramadan karena memang shalat sunnah itu hanya bisa dikerjakan di bulan suci.

Melaksanakan shalat tarawih hukumnya sunah muakkadah (sunah yang sangat dianjurkan) bagi setiap laki-laki dan wanita yang dilaksanakan pada tiap malam bulan Ramadan.

Dari situ kemudian, setiap empat rakaat (dengan 2 salam) disebut Tarwihah, dan semuanya disebut Tarawih.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan oleh al-Hafiz Ibn Hajar al ‘Asqallaaniy dalam kitab Fath al-Baari Syarah al-Bukhari sebagai berikut:

 سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ 

Artinya: “Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai Tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam.”

Bacaan Doa Jeda Shalat Tarawih

1. Membaca Syahadat Tiga Kali

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

Saat jeda shalat tarawih, hendaknya kita membaca syahadat sebanyak 3x, bacaan syahadat tersebut berbunyi:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah.”

Syahadat merupakan sebuah ikrar pengakuan dan penyaksian dengan sebenarnya baik secara lahir maupun batin.

2. Membaca Istighfar Tiga Kali

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

Setelah membaca syahadat, selanjutnya membaca istighfar. Mengapa harus beristighfar?

Karena dengan memohon ampun pada Allah SWT, maka Allah akan mengangkat segala penyakit sekaligus segala dosa dan khilafnya.  Berikut lafadz istighfar:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ

Artinya: “Aku memohon ampunan Allah.”

3. Doa Pengampunan

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

Setelah itu, hendaknya kita meminta pengampunan kepada Allah SWT, harus merasa diri ini lemah dan bergantung padanya. Minta ampun sepenuhnya kepada Allah sambil membaca doa:

اَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌ كَرِيْم تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَاكَرِيْم

Allohumma Innaka Afuwwun Kariim Tukhibbul Afwa Fa’fuanni. 

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku yang Maha Mulia.”

4. Permohonan Ridha dan Surga Allah

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

Memohon ampun memang harus kita lakukan pada Sang Pencipta atas segala dosa dan khilaf yang telah dilakukan.

Selain itu, kita juga harus memohon ridho-Nya dan meminta Surga-Nya. Kita bisa membaca doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْئَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَنَعُوْذُبِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

Allohumma inna Nas’aluka Ridhoka wal Jannah wa Na’udzhubika min Sakhotika wannaar.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga, dan kami berlindung dari murka-Mu dan siksa neraka.”

Bacaan Doa Kamilin Setelah Sholat Tarawih

Doa Jeda Shalat Tarawih
Sumber: shutterstock.com

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبِاالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ. وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلٰى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ, بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَّعِيْنَ مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُوْلٰئِكَ رَفِيْقًا ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا اَللّٰهُمَّ اَجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْن

Artinya: “Ya Allah, Jadikanlah kami berkat iman orang-orang yang sempurna, orang-orang yang mengerjakan hal-hal yang fardu, orang-orang yang memelihara sholat, orang-orang yang menunaikan zakat, orang-orang yang mengharapkan pahala yang ada di sisi-Mu, orang-orang yang mengharapkan ampunan-Mu, orang-orang yang berpegang teguh kepada hidayah, orang-orang yang berpaling dari perbuatan yang sia-sia.

Orang-orang yang berzuhud terhadap duniawi, orang-orang yang mengharapkan pahala akhirat, orang-orang yang ridha dengan qada, orang-orang yang mensyukuri nikmat, orang-orang yang sabar menghadapi cobaan dan musibah, dan orang-orang yang berjalan di bawah panji Nabi Muhammad SAW, kelak di hari kiamat, orang-orang yang digiring munuju telaga (Kausar) untuk meminum airnya, orang-orang yang masuk kedalam surga, orang-orang yang diselamatkan dari neraka, orang-orang yang didudukkan di atas dipan-dipan kemuliaan, orang yang mengawini bidadari-bidadari yang bermata jeli.

Arti Lanjutan

Orang-orang yang mengenakan pakaian dari sutra tipis dan tebal, orang-orang yang memakan makanan surga, dan minum dari air susu dan madu dengan memakai gelas-gelas dan cerek-cerek serta sloki (piala) yang langsung dari sumber-sumbernya.”

“Yaitu dengan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepada mereka dari kalangan para nabi, kaum siddiqin, para syuhada dan orang-orang yang saleh, mereka adalah sebaik-baik teman, yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan cukuplah Allah Yang Maha Mengetahui”

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang berbahagia yang diterima amal perbuatannya dalam bulan yang mulia dan diberkati ini, dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang celaka yang ditolak amal perbuatannya”

“Dan semoga Allah melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih di antara pengaasih, dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Wallahu A’lam.

Mau Usaha Hanya dengan Modal HP? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Zaman yang serba canggih sekarang ini memungkinkan bagi siapa saja untuk berikhtiar mencari rezeki dengan berjualan, salah satunya adalah jualan online.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Semakin banyak produk yang Anda jual, maka semakin banyak pula komisi yang akan Anda dapatkan.

Demikianlah informasi mengenai doa jeda shalat tarawih yang bisa Anda ketahui.

Jangan lupa untuk Anda hafalkan, karena bacaan tersebut mengandung makna yang baik termasuk untuk memohon ampun dan ridho dari Allah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, boleh bagikan artikel ini agar yang lain juga mendapat kebermanfaatan.

Untuk membaca artikel menarik lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs Blog Evermos.

×