Hati Bimbang? Amalkan Doa Istikharah Ini dan Kerjakan Shalatnya

Doa Istikharah Rumaysho

Doa istikharah rumaysho – Sebagai manusia tentu Anda pernah mengalami masa di mana Anda dihadapkan oleh dua pilihan yang sulit.

Ketika Anda berada dalam situasi itu, dalam agama Islam ada jalan keluar untuk lepas dari masalah tersebut, yaitu dengan mengerjakan shalat istikharah.

Artikel kali ini akan memberikan informasi bagi Anda yang ingin mengetahui apa itu shalat istikharah, tata cara, sampai doa shalat istikharah rumaysho. Berikut ini ulasannya:

Shalat Istikharah adalah?

Doa Shalat istikharah

Sumber: unsplash.com

Mengutip dari situs inews.id Shalat istikharah adalah shalat yang dilakukan ketika Anda menghadapi dua pilihan yang sulit. Sehingga Anda memerlukan pilihan terbaik yang dipilih oleh Allah SWT.

Biasanya pilihan sulit yang menghampiri seperti pekerjaan, jodoh, atau bisa jadi hal-hal yang membuat hati Anda gundah akan keyakinan Anda sendiri.

Dengan shalat istikharah, Anda bisa meminta diberikan petunjuk untuk bisa memilih salah satu dari hal yang menjadi pilihan itu.

Maka yang dimaksud dengan shalat istikharah adalah shalat meminta kepada Allah SWT untuk dipilihkan pilihan terbaik menurut-Nya.

Shalat istikharah ini hukumnya sunnah, artinya jika Anda memiliki masalah dalam sebuah pilihan, jika Anda masih bisa memilih sendiri maka Anda tidak wajib mengerjakan shalat istikharah.

Namun jika pilihan yang Anda hadapi, Anda bisa mengerjakan shalat istikharah kapanpun. Kecuali ketika terbit matahari, tengah hari, dan terbenamnya matahari. Selain pada tiga waktu itu, Anda bisa mengerjakan shalat istikharah.

Doa Istikharah Rumaysho

Jumlah Rakaat Shalat Istikharah dan Doa Istikharah Rumaysho

Sesuai dengan kesepakatan para ulama, jumlah rakaat shalat istikharah yaitu dua rakaat. diawali dengan niat dan diakhiri salam.

Rakaat pertama setelah membaca surat Al-fatihah, dianjurkan membaca surat Al-kafirun. Sedangkan rakaat kedua membaca surat Al-ikhlas. 

Tata Cara Mengerjakan Shalat Istikharah dan Doa Istikharah Rumaysho

Tata cara shalat istikharah

Sumber: unsplash.com

Lantas bagaimana, sih, cara mengerjakan shalat istikharah dengan benar? Simak caranya di bawah ini:

1. Membaca niat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin : Ushallii Sunnatal Istikhaaroti Rak’ataini Lillaahi Ta’ala 

Artinya, “Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

2. Takbiratul ihram

Setelah niat, ucapkan kalimat takbir sambil mengangkat kedua tangan sampai telinga seperti shalat pada umumnya.

3. Membaca doa iftitah

Seperti shalat yang lain, shalat istikharah pun membaca doa iftitah setelah mengucapkan kalimat takbir.

4. Membaca Al-fatihah dan surat pendek

Rakaat pertama setelah membaca surat Al-fatihah dianjurkan untuk membaca surat pendek, yiatu surat Al-kafirun. 

5. Rukuk dengan tuma’ninah

 Bacaan yang diucapkan ketika rukuk adalah tasbih sebanyak tiga kali, disertai dengan tuma’ninah agar shalat menjadi lebih afdhal.

6. I’tidal

Selesai bangkit dari rukuk, kemudian lakukan i’tdal seperti shalat lainnya dengan mengucapkan kalimaat Sami’allahu liman hamidah. 

Lalu membaca kalimat Rabbanaa lakal hamdu mil us samawaati wamil ul ardhi wamil u maa syi’ta min syain ba’du.

7. Sujud dengan tuma’ninah

Kemudian lakukan sujud dengan tuma’niah dengan membaca kalimat tasbih sebanyak tiga kali.

8. Duduk di antara dua sujud

Setelah sujud, kemudian bangkit dan duduk di antara dua sujud dengan membaca kalimat Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa’aafinii wa’fu ‘annii.

9. Sujud kembali

Kemudian sujud kembali dengan membaca kalimat yang sama pada sujud pertama

10. Berdiri mengulangi rakaat pertama

Pada rakaat kedua ini, setelah membaca surat Al-fatihah dianjurkan untuk membaca surat Al-ikhlas.

11. Tasyahhud akhir dan salam

Tata cara terakhir shalat istikharah yaitu membaca tasyahhud akhir seperti shalat pada umumnya dan diakhiri dengan mengucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan kiri.

Doa Istikharah Rumaysho

Doa Isthikharah Rumaysho

Sumber: unsplash.com

Setelah melaksanakan shalat istikharah, Anda dianjurkan untuk membaca tasbih dan dzikir sebanyak-banyaknya, kemudian berdoa kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan doa Shalat istikharah rumaysho yang bisa Anda baca setelah selesai shalat istikharah:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (اُذءكُرْ عَنِ حَاجَتُكُمْ) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ. وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Latin : Allahumma inni astakhiiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka biqud ratika, wa as aluka min fadhlikal adziim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub. Allahumma in kunta ta’lamu anna hadzal amra khairan lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii faqdurhu lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna hadzal amra syarrun lii fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii, fash-rifhu ‘annii was-rifnii ‘anhu, waqdur lial khaira haitsu kaana tsumma ardhi-nii bihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini.

Nah, itu tadi bahasan mengenai doa shalat istikharah rumaysho lengkap beserta tata cara shalat istikharah. 

Anda bisa mengamalkannya jika berada di pilihan yang sulit, selain itu untuk mendekatkan dan melibatkan Allah kepada setiap urusan.

Untuk membaca artikel islami menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×