Mujarab! Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat Serta Waktu Terbaik Untuk Mengamalkannya

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat – Apabila kita mendefinisikan arti dari selamat yaitu terbebas dari bahaya, terhindar dari bencana, jauh dari malapetaka, tidak mendapat gangguan kerusakan, tidak kurang suatu apapun dan jauh dari perbuatan yang salah.

Sebagai umat muslim tentu perlu memanjatkan doa selamat, berarti kita memohon kepada Allah agar selamat di dunia dan akhirat

Harapan selamat dunia yaitu agar jauh dari hal-hal yang tidak baik selama di dunia, sedangkan selamat di akhirat agar dijauhkan dari api neraka dan Allah menjaganya hingga penghisaban.

Untuk mengetahui doa selamat dunia dan akhirat, mari simak ulasan artikel ini hingga tuntas.

Baca juga: 6 Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat Untuk Diamalkan Sehari-Hari

Apa Tujuan Memanjatkan Doa Keselamatan?

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com
  1. Mendapatkan keselamatan dunia dan akhirat
  2. Terhindar dari tipu daya orang kafir
  3. Selamat dari orang zalim
  4. Selamat dari penguasa zalim
  5. Terhindar dari bencana atau malapetaka
  6. Dijauhkan dari siksa api neraka

Semua umat muslim tentu menginginkan agar dirinya bisa selamat dari kejahatan atau keburukan selama di dunia dan akhirat.

Nah, untuk memperoleh keberkahan atau harapan tersebut, setiap umat Islam tentu harus mengikuti setiap perintah dan larangan Allah SWT.

Selain itu, kita juga dapat membaca doa agar selamat dunia akhirat untuk berupaya menghindarkan dari keburukan.

Terkadang orang mengartikan bahwa selamat dunia dan akhirat itu bisa dihubungkan dengan makna sukses.

Sukses pun luas lagi maknanya, bisa sukses dalam segala hal. Termasuk sukses itu bisa berhubungan dengan materi.

Apakah Anda ingin sukses? Tidak hanya berdoa saja yang bisa dipanjatkan, imbangi dengan ikhtiar untuk mencapai kesuksesan itu.

Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan cara menjadi reseller Evermos.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang akan Anda dapatkan. Bisnis reseller ini tentunya halal, karena dijalankan sesuai dengan sistem syariat Islam.

daftar reseller evermos

Kumpulan Doa Meminta Keselamatan di Dunia dan Akhirat

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Kita tentu memiliki harapan besar untuk dapat selamat dunia dan akhirat. Kita bisa memanjatkan doa kepada Allah untuk memohon keselamatan.

Berikut ini doa keselamatan dunia dan akhirat yang bisa Anda amalkan:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, qa ‘aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil ‘ilmi, wabaròkatan fir rizqi, wa taubatan qòblal maut, waròhmatan indal maut, wa maghfiròtan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaròòtil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa indal hisaab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa Meminta Keselamatan 

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Adapun doa selamat dunia dan akhirat yang memiliki lafadz pendek yang telah diriwayatkan oleh imam Muslim dalam hadits shahih.

Inilah doa meminta keselamatan yang bisa Anda amalkan:

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَ

Allaahumma antas salaam, wa minkas salaam, tabaaròkta dzal jalaali wal ikròòm.

Artinya : “Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi keselamatan. Dari keselamatan. Maha Suci Allah, Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Untuk menunjang wawasan keislaman khususnya tentang doa-doa, Anda bisa menggunakan speaker Qur’an yang tersedia di Evermos. Dengan memiliki produk ini, tentu saja Anda akan mendapatkan kebermanfaatan. Klik di bawah ini untuk mendapatkan produk dan menjadi reseller Evermos. 

daftar disini sekarang

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat

Baca juga: Doa Agar Permintaan Dikabulkan Allah SWT | Dari Al-Fatihah Hingga Doa Hajat

Doa Selamat dari Siksa Neraka

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Masih ada doa selamat dunia akhirat lainnya yang mungkin sudah tidak asing di telinga kita.

Biasanya doa selamat dunia akhirat yang satu ini banyak yang menyebutnya sebagai doa sapu jagat.

Bahkan seringkali Rasulullah SAW mengucapkan doa ini agar selamat dunia dan akhirat serta terhindar dari siksa api neraka.

Inilah dia sapu jagat yang bisa Anda bacakan:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Ròbbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiròti hasanah, wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya : “Ya Rabb kami, limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta peliharalah kami dari siksa neraka.”

Doa Selamat Nabi Luth

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Selain doa-doa sebelumnya, adapun doa yang dipanjatkan oleh Nabi Luth yang tercantum pada Al-Quran Surat Asy-Syu’ara ayat 169 agar mendapat perlindungan dan keselamatan dari Allah.

Berikut doa Nabi Luth untuk meminta keselamatan yang bisa Anda amalkan:

رَبِّ نَجِّنِي وَأَهْلِي مِمَّا يَعْمَلُونَ

Ròbbi najjinii wa ahlii mimmaa ya’maluun.

Artinya : “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

Doa Meminta Keselamatan dari Tipu Daya Orang Kafir

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Di dunia ini tidak hanya ada umat muslim saja. Terdapat pula orang-orang kafir yang tidak percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad utusan Allah.

Beberapa dari mereka akan berusaha mengajak umat muslim menuju ke jalan yang sesat dengan berbagai tipu daya dan hasutan.

Oleh karena itu, hendaknya kita membaca doa yang terdapat pada QS. Yunus ayat 85 dan 86 agar terhindar dari tipu daya orang kafir.

فَقَالُوا۟ عَلَى ٱللَّهِ تَوَكَّلْنَا رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَوَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلْكَٰفِرِينَ

Fa qālụ ‘alallāhi tawakkalnā, rabbanā lā taj’alnā fitnatal lil-qaumiẓ-ẓālimīn. Wa najjinā biraḥmatika minal-qaumil-kāfirīn.

Artinya: Lalu mereka berkata: “Kepada Allahlah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami; janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang’zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat Engkau dari (tipu daya) orang-orang yang kafir.”

Doa Meminta Keselamatan dari Orang Dzalim

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: shutterstock.com

Nabi Musa pernah melafadzkan doa agar terhindar dari orang-orang yang dzalim.

Doa tersebut terdapat pada Al-Quran Surat At-Tahrim ayat 11 yang berbunyi:

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Wa ḍaraballāhu maṡalal lillażīna āmanumra`ata fir’aụn, iż qālat rabbibni lī ‘indaka baitan fil-jannati wa najjinī min fir’auna wa ‘amalihī wa najjinī minal-qaumiẓ-ẓālimīn.

Artinya : Dan Allah membuat isteri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.

Waktu Terbaik Membaca Doa Keselamatan Dunia dan Akhirat

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat
Sumber: pexels.com

Sebenarnya banyak sekali waktu yang baik dalam Islam dan Allah kabulkan setiap kali seseorang merendahkan diri kepada Allah.

Berikut ini waktu yang bisa Anda pilih untuk memanjatkan doa keselamatan di dunia dan akhirat.

  1. Setelah adzan: Waktu ini cukup mujarab untuk memanjatkan dia, insya Allah doanya terkabul.
  2. Seusai mengerjakan sholat 5 waktu: Bacalah doa meminta keselamatan setelah membaca dzikir agar selalu ingat kebesaran dan kuasa Allah.
  3. Saat sepertiga malam: Ketika kita bangun untuk melakukan sholat tahajud, sholat hajat, dan sholat sunnah lainnya. Waktu yang satu ini sangat spesial mengingat kebanyakan orang sedang tidur nyenyak. Pada waktu ini malaikat sedang turun untuk membawa doa para umat kepada Allah.
  4. Malam Lailatul Qadar: Mengingat waktu ini sangat jarang dan sungguh istimewa ketika seseorang berhasil menemui malam seribu bulan.
  5. Malam ke 23 di bulan Ramadhan: Diyakini permohonan kita sejumlah 23 buah akan dikabulkan bila beribadah di malam yang satu ini.

Rekomendasi Al-Qur’an (Al Qosbah) yang Tersedia di Evermos

Doa Diberi Keselamatan Dunia dan Akhirat

Keistimewaan Al Qur’an adalah sebagai mukjizat terbesar yang Allah SWT berikan kepada Nabi Muhammad SAW.

Isinya mencakup seluruh aspek agama Islam, mengatur hubungan sesama manusia, sesama makhluk ciptaan-Nya dan juga antara makhluk dengan Sang Pencipta.

Sebagai hamba Allah yang beriman, sudahkah kita mengamalkan Al-Qur’an dengan baik?

Salah satu cara kita untuk mengimani Al-Qur’an adalah dengan membaca, menghafal bahkan mengkajinya.

Ada rekomendasi Al-Qur’an yang dapat mempermudah Anda untuk mengamalkan bacaan Al-Qur’an.

Berikut ini kelebihan dari produk Al-Qosbah, antara lain:

  • Setiap halaman di bagi 7 Kotak, memudahkan kita dalam menghafal (ayat yang dihafal lebih pendek, sehingga cepat hafal).
  • Blok warna awalan ayat untuk memudahkan mengingat awalan ayat Dilengkapi dengan awalan ayat dan nomor ayat di samping mushaf, untuk mengingat hafalan setiap ayat secara berurutan.
  • Setiap Juz dengan warna berbeda untuk memudahkan menghafal setiap juz.
  • Terjemah perkata sambung (memaksimalkan kita untuk memahami ayat yang sedang dihafalkan).
  • Terjemah per ayat standar kemenag RI, untuk memahami isi kandungan ayat dan lengkap dengan tajwid warna untuk membaca sesuai kaidah tajwid.
  • Bahan kertas Quran Papper Premium (lebih tipis, ekslusif dan lebih nyaman dibaca).
  • Bisa custom nama.

Bagaimana, menarik bukan? Yuk, segera miliki Al-Qur’an ini setelah tahu manfaatnya sangat banyak.

Dengan membeli Al-Qur’an ini, coba berapa banyak pahala investasi kita di akhirat nanti?

Anda tidak hanya memilikinya sendirian, siapa tahu ada orang lain yang berminat, Anda bisa menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini dan bisa langsung mulai berjualan!

mulai jualan sekarang

Demikianlah pembahasan mengenai berbagai macam doa selamat dunia akhirat. Semoga Allah senantiasa memberikan keselamatan pada kita. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Boleh share artikel ini agar yang lain mendapat kebermanfaatan pula.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya pada situs blog Evermos. 

×