Wajib Tahu! Inilah Kumpulan Doa Buka Puasa Sesuai Anjuran Rasulullah

Tak terasa, dalam hitungan hari kita memasuki waktu puasa Ramadhan. Banyak Hal yang harus kita persiapkan, salah satunya tentu kita bacaan niat dan doa buka puasa. Mungkin dari kita banyak yang sudah hapal bacaan doanya, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya ada 4 macam doa buka puasa yang bisa Anda amalkan. Apa sajakah? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Doa Buka Puasa Pertama (Doa Ulama)

doa buka puasa
sumber : shutterstock.com

Sebagian besar dari kita menggunaka doa buka puasa seperti ini.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.

Artinya: “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim).

Doa ini tampaknya adalah doa yang paling familiar dan umum diucapkan saat waktu berbuka puasa. Namun Tahukah Anda bahwa doa ini bukanlah diambil dari hadis Nabi Muhammad SAW, melainkan dari rangkaian kalimat doa yang dibuat oleh para ulama.

Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah

doa buka puasa
sumber : shutterstock.com

 

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْنَا وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْنَا، اَللَّهُمَّ تَقَبَّل مِنَّا، اِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيمُ

Allahumma Laka Shumna wa ala Rizqika Aftharna, Allahumma Taqabbal Minna Innaka Antas Samiul ‘Alim

Artinya: “Ya Allah , untuk-Mu atau karena-Mu kami berpuasa, atas rezeki-Mu kami berbuka, maka terimalah (puasa) kami. Sesungguhnya, Engkau zat Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.”

Doa buka puasa yang satu ini adalah doa yang sering diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika ia hendak berbuka. Untuk itu, doa ini bisa Anda dan keluarga ucapkan saat hendak berbuka puasa.

Selain itu ada sebuah hadis riwayat Ibnu majah yang mengisyaratkan anjuran agar kita membaca doa buka puasa, yakni sebagai berikut

“Rasulullah bersabda, Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa itu punya doa yang tidak tertolak saat ia berbuka.” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, dikatakan hasan oleh an-Nawawi).

Doa Berbuka Puasa Sunnah Rasulullah (2)

doa buka puasa
sumber : shutterstock.com

 

Selain doa di atas, Abdillah bin Umar pun pernah mendengar Rasulullah membaca doa sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إنِّي أَسْألُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ، أنْ تَغْفِرَ لِيْ

Allahumma inni as-aluka bi rohmatikal latii wasi’at kulla syain an taghfirolii

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang mencakup segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.

Doa Berbuka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah (3)

doa buka puasa
sumber : shutterstock.com

 Adapun hadist shahih yang datang dari Nabi Muhammad tentang doa buka puasa adalah sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra bahwa Rasulullah ketika berbuka puasa mengucapkan doa sebagai berikut :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah

Artinya: “Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta’ala.”

Adapun seorang ulama menganjurkan bahwa membaca doa berbuka puasa sebaiknya dilakukan justru setelah selesai berbuka, sebagaimana kutipan berikut ini.

“Maksud dari (membaca doa buka puasa) “setelah berbuka” adalah selesainya berbuka puasa, bukan (dibaca) sebelumnya dan bukan saat berbuka,” (Syekh Abu Bakar Muhammad Syatha, Hasyiyah I’anah at-Thalibin, juz 2, hal. 279).

Membaca doa sebelum berbuka puasa telah mendapatkan kesunahan, namun, agar lebih baik jangan lupa juga untuk membacanya saat setelah selesai berbuka. Hal ini bisa kita lakukan agar keluarga bisa memperoleh kesunahan yang sempurna dalam membaca doa. Terlepas dari itu, Anda bisa memilih doa apapun saat berbuka puasa.

Karena dengan membaca doa buka puasa kita sudah mendapat keutamaan sebagai berikut

Keutamaan Membaca Doa Buka Puasa

1. Termasuk Doa yang Tidak Tertolak

Dikutip dari buku Puasa Bukan Hanya Saat Ramadhan karya Ahmad Sarwat Lc, membaca doa berbuka puasa memiliki berbagai keutamaan, salah satunya Allah SWT tidak akan menolak doanya. Diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi, dari Abdullah bin Amr bin al-Ash berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda

:”Bagi orang yang berpuasa ketika sedang berbuka ada doa yang tak akan tertolak.”

2. Ungkapan Syukur Atas Nikmat Allah SWT

Membaca doa berbuka puasa merupakan sesuatu yang penting. Doa merupakan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT.

3. Waktu Menjelang Berbuka adalah Waktu Mustajab

Waktu sebelum berbuka puasa merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga dianjurkan bagi umat Islam untuk memanjatkan doa di waktu tersebut, termasuk doa berbuka puasa.

4. Merupakan Adab Sunnah Puasa

Maryam Kinanthi N dalam buku Dahsyatnya 7 Puasa Wajib, Sunnah, & Thibbun Nabawi menjelaskan, adab puasa dibagi menjadi dua, wajib dan sunnah. Menyegerakan berbuka dan membaca doa berbuka puasa merupakan adab sunnah dalam puasa.
Demikianlah ulasan mengenai bacaan doa berbuka puasa. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua untuk terus meningkatkan keimanan.

Agar bermanfaat, mari kita isi puasa dengan hal-hal yang positif, salah satunya untuk mengisi waktu Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller. Bagaimana caranya?

Ingin mencari rezeki dan penghasilan yang halal? maka Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai Doa buka puasa ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×