2 Doa Buka Puasa yang Benar Bisa Diamalkan, Muslim Patut Tahu

Tinggal hitungan hari, umat muslim menjelang melaksanakan ibadah puasa. Pelaksanaan puasa dilakukan dari sebelum terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Sudahkah mengetahui doa buka puasa yang benar?

Di kalangan muslim sendiri terdapat dua bacaan doa buka puasa yang benar, ada yang sudah digunakan oleh umum dan ada juga yang masih jarang.

Lalu, apa sajakah doa buka puasa yang benar tersebut? Mari simak jawabannya di bawah ini.

Doa Buka Puasa yang Benar

Islam menuntun para pemeluknya agar selalu berdoa dalam keadaan apapun. Dengan berdoa, keimanan kita akan meningkat serta semakin yakin terhadap kehadiran Allah Ta’ala atas segala urusan kita.

Tidak ada satupun doa yang tidak luput dari keadaan di dalam Islam, termasuk doa berbuka puasa.

Berikut adalah doa buka puasa yang benar yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Salam.

Doa Buka Puasa #1

كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ 

“Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika aftharthu”

 Artinya: “Rasulullah ketika Berbuka, beliau berdoa: ‘Ya Allah hanya untuk-Mu kami berpuasa dan atas rezeki yang Engkau berikan kami berbuka,” (HR. Abu Daud).



Inilah doa yang lazim kita panjatkan, adapun riwayat hadist tersebut bersumber dari riwayat Imam Bukhari dan Muslim sebagaimana keterangan Syekh M Khatib As-Syarbini.

Doa Buka Puasa #2

كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ : ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ 

“Dzahabadh dhamâ’u wabtalatl-‘urûqu wa tsabata-l-ajru insyâ-allâh” 

Artinya: “Rasulullah ketika berbuka, Beliau berdoa: ‘Telah hilang rasa haus dan urat-urat telah basah serta pahala tetap, insyaallah,” (HR. Abu Daud).

Mengutip dari Nu Online, ada sebagian umat Islam yang menggabungkan kedua doa tersebut sebagai doa buka puasa yang benar,

Ada yang membaca doa buka puasa pertama lalu dilanjutkan dengan doa buka puasa kedua.

 Dengan begitu, dari sisi pelafalan menjadi seperti berikut ketika digabungkan doanya:

 اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى 

“Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ” 

Artinya, “Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.” Dari doa-doa tersebut dapat dipilih menurut yang diyakini paling kuat status derajat haditsnya.

Cara Membaca Doa Buka Puasa:

Sedangkan cara membaca doa buka puasa pertama ini, bisa dibaca setelah berbuka puasa dengan hidangan ringan seperti air putih dan makan kurma.

Sebelum berbuka, hendaknya membaca basmalah saja.

Namun ada juga yang berpendapat bahwa sebaiknya doa tersebut dipanjatkan setelah makan besar.

Hikmah Berpuasa

Puasa yaitu ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari segala sesuatu yang menjadi larangan bagi umat muslim. Hal tersebut diantaranya berbuah dosa seperti bergosip, berbohong, mengikuti hawa nafsu, hingga larangan yang besar.

Dengan lemahnya perut karena kosong, orang yang berpuasa cenderung dapat menahan diri dari perbuatan dosa dan dilarang.

Kemudian, berpuasa juga dapat menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap umat, terutama umat yang tidak merasakan kemewahan atau kecukupan dalam hidupnya seperti fakir miskin dan yatim piatu.

Dengan berpuasa, seseorang mampu mengendalikan dirinya dengan benar, senantiasa memperbanyak amal ibadah dan amal shalih. 

Serta, dengan berpuasa seseorang bisa naik hingga ke derajat takwa dan diampuni seluruh dosa-dosanya.

Semoga kita semua termasuk ke dalam umat muslim yang diterima amal ibadah puasanya dan dapat dihapus dosa-dosanya, Aamiin.

Bagi Anda yang ingin berikhtiar menjemput rezeki yang halal sekaligus pahala berlimpah, Anda bisa mencoba bergabung di Evermos.

Cuma Modal HP Udah Bisa Buka Usaha, Mau? Evermos Solusinya!

Buat buka usaha, Anda tidak perlu lagi pusing mikirin modal, stok  atau siapa suppliernya, dan kemana buat promosiinnya!

Karena sekarang hanya dengan modal HP saja Anda sudah bisa jualan ribuan produk lokal yang pastinya berkualitas.

Hanya dengan download dan install aplikasi Evermos di HP sekarang juga dan lakukan pendaftaran sebagai reseller Evermos buat langsung ikhtiar dari sekarang juga.

Dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS,

  • Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  • Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  • Akses E-Katalog tanpa batas
  • Belajar bisnis dipandu trainer professional
  • Gratis Ongkir*
  • Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  • Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  • Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik button di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai doa buka puasa yang benar, semoga dapat membantu Anda.

Sebarkan informasi berikut kepada orang terdekat Anda dengan membagikan link ke media sosial Anda.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

 

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)