7 Doa Berangkat Kerja Bacaan Arab dan Artinya agar Berkah Menjemput Rezeki

Dalam kehidupan sehari-hari, Islam menganjurkan kepada umat muslim untuk berdoa di setiap waktu. Termasuk ketika akan berangkat bekerja, kita dianjurkan membaca doa berangkat kerja agar tujuan menjemput rezeki dapat Allah berkahi. 

Umumnya umat Muslim bekerja untuk mencari rezeki dan mendapatkan penghasilan dlama memenuhi kebutuhan harian. Sehingga, agar mendapatkan rezeki halal dan berkah, umat muslim hendaknya mengawali dengan niat yang bersih. 

Seperti sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yaitu: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Maka, saat bekerja pun kita memiliki doa pendek sebelum berangkat kerja yang bisa kita amalkan setiap harinya. Berikut rangkaian doa mau berangkat kerja, doa sesudah bekerja, dan doa-doa lainnya yang dapat kita panjatkan untuk menjemput kerja. 

Baca juga: Amalkan Doa Ini, Agar Allah Beri Kemudahan dan Kesuksesan 

Bacaan Doa Berangkat Kerja Arab dan Atinya dalam Islam 

Doa Berangkat Kerja
Sumber: pexels.com

1. Doa Pagi hari

Sebelum kita dapat mengamalkan doa sebelum bekerja Islam dan doa sesudah bekerja, terdapat doa pagi yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk mengawali aktivitas.

Kandungan dalam doa pagi hari yaitu memohon perlindungan dari Allah SWT dan memohon keselamatan dari pagi hingga malam hari.

“اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُورُ.”

“Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.”



Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku bangun pagi, dengan-Mu aku menghabiskan sore, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mulah (kami) kembali” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah dan lain-lain).

2. Doa Mengawali Pekerjaan

Ada banyak hal yang mesti kita kerjakan saat bekerja. Awali aktivitas bekerja Anda dengan membacakan doa mengawali pekerjaan. 

Keutamaan mengamalkan doa memulai aktivitas ini dapat melancarkan urusan Anda. Berikut doanya:

اللهم وفقنا لطاعتك وأثيم تقصيرنا وتقبل منا إنك أنت السميع العليم وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

“Allahumma waffiqna li tha’atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami’ul ‘alim. Wa salallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillah rabbil ‘alamin.”

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku bangun pagi, dengan-Mu aku menghabiskan sore, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu lah (kami) kembali” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan lain-lain).

3. Doa Sebelum Berangkat Kerja

Kemudian ada teks bacaan doa mau berangkat kerja yang dapat kita amalkan untuk mendapatkan keselamatan dan kelancaran pekerjaan.

Bacalah doa berikut sebanyak 3 kali sebelum Anda berangkat kerja.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِي رِزْقًا حَلَالًا طَيِّبًا، وَاسْتَعْمِلْنِي طَيِّبًا,اللَّهُمَّ اجْعَلْ أُوسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي وَنَقِضَاءِ عُمْرِي. اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، الَّذِي لَا يَهُولُ وَلَا يَزُولُ.

“Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika waasi’ani’ muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.” (3x)

Artinya: “Ya Allah, berilah padaku rizki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku.

Rabb, cukupkanlah bagiku segala rezekiMu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karuniaMu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan padaMu rezeki yang luas dan berguna. Rabb, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

Ketika kita mendapatkan rezeki dari seseorang, baik merupakan pemberian yang sengaja, atau yang tidak kita sangka, maka perlu bersyukur dengan berdoa. Bacalah doa untuk orang yang memberi rezeki di artikel ini.

4. Doa Semangat Kerja

Selain membutuhkan bacaan doa sebelum berangkat kerja, agar semangat bekerja dan hilang dari rasa malas kita bisa membaca doa berikut.

Mengutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU) inilah lafal doa agar semangat kerja:

“اللَّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ، وَأَتْمِمْ تَقْصِيرَنَا، وَتَقَبَّلْ مِنَّا، إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ العَلِيمُ. وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ.”

“Allahumma waffiqna li tha’atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami’ul ‘alim. Wa sallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillah rabbil ‘alamin.”

Artinya: Ya Allah, beri petunjuk jalan kami menuju ketaatan kepada-Mu, penuhi kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. (Lihat Perukunan Melayu, Jakarta, Alaydrus: halaman 49).

Mau mendapatkan rezeki yang lancar dan berlimpah? Bacalah doa agar rezeki lancar dan berlimpah berikut.

5. Doa Sepulang Kerja

Usai pulang kerja, Anda juga dapat membaca doa sepulang kerja yang tak kalah penting dengan doa bekerja.

Bacaan doa sepulang kerja adalah sebagai berikut.

“Allahuma inni a’uudzubika an adhilla, au Uddhalla, au Azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.” (baca 3 kali)

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak tersesat atau tersesat atau tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat zalim atau dizalimi atau aku berbuat hal-hal bodoh atau dibodohi.” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibn Majah)

6. Doa agar Diberikan Rezeki yang Halal

Sebagai muslim, pentingnya untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah sebagai asupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca doa agar Allah memberikan rezeki yang halal. Inilah bacaan doanya:

“اللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيدُ يَا فَاعِلًا لِمَا يُرِيدُ، يَا رَحِيمُ يَا وَدُودُ، أَغْنِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.”

“Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi’u yaa mu’iidu yaa fa’aalun limaa yuriidu, yaa rahiimu yaa waduudu, aghninii bi halaaika ‘an haraamika wa bithaa’atika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaaka.”

Artinya: “Yaa Allah, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Terpuji, wahai Yang Memulai, wahai Yang Mengembalikan, wahai Yang membuat segala yang dikehendaki, wahai Pemberi rahmat, wahai Yang Maha Penyayang, wahai Yang Maha Pengasih. Mudah-mudahan Engkau berkenan mencukupiku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dengan taat kepada-Mu dari maksiat kepada-Mu, dan dengan anugerah-Mu dari orang-orang yang selain Engkau.”

7. Doa Pendek Sebelum Bekerja Doa Ashabul Kahfi

Berikut adalah doa pendek dari ashabul kahfi yang bisa Anda amalkan sebelum berangkat kerja.

“رَبَّنَا آتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا”

Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayyalanaa min amrinaa rosyada

Artinya:” Wahai Tuhan Kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami.” (Q.S Al Kahfi 10)

Selain berbagai doa di atas, Anda juga dapat membaca doa lainnya melalui tayangan berikut ini.

Pentingnya Doa Berangkat Kerja dalam Islam

Doa Berangkat Kerja
Sumber: pexels.com
  1. Untuk mendapatkan bantuan dari Allah SWT,
  2. Mendapatkan kelancaran,
  3. Meminta keberkahan dalam setiap pekerjaan dan usaha
  4. Jiwa akan menjadi tenang dalam menjalankannya,
  5. Mendapatkan pertolongan dan kemudahan dalam urusannya.Demikianlah penjelasan mengenai doa sebelum bekerja Islam yang dapat membantu Anda untuk mengawali pekerjaan.

Bacalah doa-doa kapan dan di manapun Anda berada, termasuk ketika hendak bekerja agar rezeki segera Allah SWT datangkan akan penuh keberkahan.

Untuk mendapatkan rezeki yang halal, Anda juga bisa bisnis online tanpa perlu modal yaitu bergabung jadi reseller Evermos.

Banyak keuntungan dan manfaat yang Anda rasakan dengan menjadi reseller Evermos salah satunya adalah dapat penghasilan tambahan jutaan rupiah.

Semoga informasi ini bermanfaat, sebarkan kepada orang-orang terdekat Anda dan bergabunglah bersama Evermos.

Raih berbagai penawaran menarik dan komisi penghasilan dari jualan online hingga 35% per produknya! Pendaftaran GRATIS tanpa biaya apapun.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)