Doa Berangkat Kerja Agar Penuh Semangat, Selamat dan Berkah!

doa berangkat kerja

Dalam kehidupan sehari-hari, Islam menganjurkan kepada umat muslim untuk berdoa di setiap waktu. Termasuk ketika akan berangkat bekerja, kita dianjurkan membaca doa sebelum berangkat kerja agar berkah dan semangat. 

Bekerja umum dilakukan untuk mencari rezeki dan mendapatkan penghasilan dalam rangka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ketika melakukan pekerjaan, umat muslim hendaknya mengawali dengan niat yang bersih yaitu mencari rezeki yang halal dan berkah.

Dari Umar, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Maka, saat bekerja pun kita memiliki doa pendek sebelum berangkat kerja yang bisa kita amalkan setiap harinya.

Pentingnya Doa Sebelum Bekerja dalam Islam

  1. Untuk mendapatkan bantuan dari Allah SWT,
  2. Mendapatkan kelancaran,
  3. Meminta keberkahan dalam setiap pekerjaan dan usaha
  4. Jiwa akan menjadi tenang dalam menjalankannya,
  5. Mendapatkan pertolongan dan kemudahan dalam urusannya.



Teks doa sebelum bekerja dan sesudah bekerja dalam Islam

1. Doa pagi hari

doa berangkat kerja

Sumber: unsplash.com

Sebelum kita dapat mengamalkan doa sebelum bekerja dan doa sesudah bekerja, terdapat doa pagi yang dianjurkan Rasulullah SAW untuk mengawali aktivitas.

Kandungan dalam doa pagi hari yaitu memohon perlindungan dari Allah SWT dan memohon keselamatan dari pagi hingga malam hari.

“Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.”

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku bangun pagi, dengan-Mu aku menghabiskan sore, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mulah (kami) kembali” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah dan lain-lain).

2. Doa memulai aktivitas bekerja

Ada banyak hal yang mesti kita kerjakan saat bekerja. Awali aktivitas bekerja Anda dengan membacakan doa memulai aktivitas.

Keutamaan mengamalkan doa memulai aktivitas ini dapat melancarkan urusan Anda.

اللهم وفقنا لطاعتك وأثيم تقصيرنا وتقبل منا إنك أنت السميع العليم وصلى الله على سيدنا محمد وآله وصحبه وسلم والحمد لله رب العالمين

“Allahumma waffiqna li tha’atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami’ul ‘alim. Wa salallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillah rabbil ‘alamin.”

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku bangun pagi, dengan-Mu aku menghabiskan sore, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu lah (kami) kembali” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan lain-lain).

3. Doa sebelum berangkat kerja

doa berangkat kerja

Sumber: unsplash.com

Kemudian ada teks bacaan doa sebelum berangkat kerja yang dapat kita amalkan untuk mendapatkan keselamatan dan kelancaran pekerjaan.

Bacalah doa berikut sebanyak 3 kali sebelum Anda berangkat kerja.

“Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika waasi’ani’ muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.” (3x)

Artinya: “Ya Allah, berilah padaku rizki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Rabb, cukupkanlah bagiku segala rezekiMu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karuniaMu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan padaMu rezeki yang luas dan berguna. Rabb, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

4. Doa agar semangat kerja

doa berangkat kerja

Sumber: unsplash.com

Selain membutuhkan bacaan doa sebelum berangkat kerja, agar semangat bekerja dan dihilangkan dari rasa malas kita bisa membaca doa berikut.

Mengutip dari situs resmi Nahdlatul Ulama (NU) inilah lafal doa agar semangat kerja:

“Allahumma waffiqna li tha’atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami’ul ‘alim. Wa sallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillah rabbil ‘alamin.”

Artinya: Ya Allah, beri petunjuk jalan kami menuju ketaatan kepada-Mu, penuhi kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya. (Lihat Perukunan Melayu, Jakarta, Alaydrus: halaman 49).

5. Doa sepulang kerja

doa berangkat kerja

Sumber: unsplash.com

Usai pulang kerja, Anda juga dapat membaca doa sepulang kerja yang tak kalah penting dengan doa bekerja.

Bacaan doa sepulang kerja adalah sebagai berikut.

“Allahuma inni a’uudzubika an adhilla, au Uddhalla, au Azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya.” (baca 3 kali)

Yang Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu agar aku tidak tersesat atau tersesat atau tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat zalim atau dizalimi atau aku berbuat hal-hal bodoh atau dibodohi.” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibn Majah)

6. Doa agar diberikan rezeki yang halal

Sebagai muslim, pentingnya untuk mendapatkan rezeki yang halal dan berkah sebagai asupan sehari-hari.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca doa agar diberikan rezeki yang halal.

Inilah bacaan doanya:

“Allaahumma yaa ghaniyyu yaa hamiidu yaa mubdi’u yaa mu’iidu yaa fa’aalun limaa yuriidu, yaa rahiimu yaa waduudu, aghninii bi halaaika ‘an haraamika wa bithaa’atika ‘an ma’shiyatika wa bi fadhlika ‘amman siwaaka.”

Artinya:

“Yaa Allah, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Terpuji, wahai Yang Memulai, wahai Yang Mengembalikan, wahai Yang membuat segala yang dikehendaki, wahai Pemberi rahmat, wahai Yang Maha Penyayang, wahai Yang Maha Pengasih. Mudah-mudahan Engkau berkenan mencukupiku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dengan taat kepada-Mu dari maksiat kepada-Mu, dan dengan anugerah-Mu dari orang-orang yang selain Engkau.”

Demikianlah penjelasan mengenai doa sebelum bekerja yang dapat membantu Anda untuk mengawali pekerjaan.

Bacalah doa-doa kapanpun dan dimanapun ketika Anda hendak bekerja agar rezeki segera didatangkan dan mendapatkan keberkahan.

Untuk mendapatkan rezeki yang halal Anda juga bisa bisnis online tanpa perlu modal yaitu bergabung jadi reseller Evermos.

Banyak keuntungan dan manfaat yang Anda rasakan dengan menjadi reseller Evermos salah satunya adalah dapat penghasilan tambahan jutaan rupiah.

Semoga informasi ini bermanfaat, sebarkan kepada orang-orang terdekat Anda dan bergabunglah bersama Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×