3 Doa Agar Ujian Lancar dan Mendapat Nilai Bagus, Mustajab!

Ujian adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh setiap pelajar. Ujian menguji kemampuan dan pengetahuan yang telah dipelajari selama proses belajar mengajar. Selain itu, ujian juga menentukan kelulusan dan prestasi akademik yang dapat mempengaruhi masa depan pelajar. Oleh karena itu, jangan lupa baca doa agar ujian lancar dan mendapat nilai bagus pada ulasan artikel berikut!

Doa Agar Ujian Lancar dan Mendapat Nilai Bagus

Doa Agar Ujian Lancar dan Mendapat Nilai Bagus
Sumber: pexels.com

Ujian tidak boleh dianggap sepele atau disepelekan. Pelajar harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, pelajar juga harus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kemudahan, kelancaran, dan keberhasilan dalam ujian.

Berikut adalah beberapa doa agar ujian lancar dan mendapat nilai bagus yang dapat diamalkan oleh pelajar sebelum dan sesudah ujian.

Doa Pertama

Doa pertama adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Musa AS ketika akan menghadapi Fir’aun dan kaumnya. Adapun doa ini terdapat dalam surat Thaha ayat 25-28.

Bacaan Arab:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Bacaan latin:

Rabbisy rahlii shodrii. Wa yassirlii amrii. Wahlul ‘uqdatan min lisaanii. Yafqohuu qoulii.

Artinya:



“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah simpul dari lidahku. Agar mereka mengerti perkataanku.”

Doa ini dapat kita baca sebelum ujian untuk memohon agar Allah SWT memberikan ketenangan, kemudahan, dan kefasihan dalam menjawab soal-soal ujian.

Doa Kedua

Pada doa kedua ini adalah doa yang Nabi Ibrahim AS ajarkan ketika akan dibakar oleh Namrud dan kaumnya. Doa ini terdapat dalam surat Al-Anbiya ayat 69.

Bacaan Arab:

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Bacaan latin:

Hasbunallaahu wa ni’mal wakiil.

Artinya:

“Cukuplah Allah sebagai penolong kami dan Dia adalah sebaik-baik pelindung.”

Doa ini dapat kita baca sebelum ujian untuk memohon agar Allah SWT menjadi penolong dan pelindung dari segala gangguan dan halangan yang dapat mengganggu konsentrasi dan fokus dalam ujian.

Doa Ketiga

Doa Agar Ujian Lancar dan Mendapat Nilai Bagus
Sumber: pexels.com

Pada doa ketiga ini adalah doa ajaran Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya Abdullah bin Abbas RA. Doa ini terdapat dalam hadits riwayat Tirmidzi.

Bacaan Arab:

اللهم إني أسألك فهم النبيين وحفظ المرسلين المقربين. اللهم اجعل لساني آمناً بذكرك وقلبي خاشعاً بخشيتك. إنك على ما تشاء قديرٌ، وأنت حسبنا الله ونعم الوكيل.

Bacaan latin:

Allahumma innii as-aluka fahmal nabiyyiina wa hifzhul mursaliina al mukarrabiina. Allahumma ijal lisaani ‘aiman bi dhikrika wa qalbi bi khashyatika. Innaka ‘ala ma ta’syaa-u qodiirun wa anta hasbunallaahu wa ni’mal wakiil.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu para nabi dan hafalan para rasul yang dekat (kepada-Mu). Ya Allah, jadikanlah lidahku basah dengan berdzikir kepada-Mu dan hatiku dengan takut kepada-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas apa yang Engkau kehendaki dan Engkaulah penolong kami dan sebaik-baik pelindung.”

Doa ini dapat kita baca setelah ujian untuk memohon agar Allah SWT memberikan ilmu yang bermanfaat, hafalan yang kuat, dzikir yang berkesinambungan, dan takwa yang tinggi.

Meski demikian, doa-doa tadi tidak cukup tanpa melakukannya dengan usaha dan ikhtiar yang maksimal dari pelajar itu sendiri. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW:

“Ikhris ‘ala ma yanfa’uka wa sta’in billahi wa la ta’ajaz.”

Artinya:

“Berusahalah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah engkau bersikap lemah.”

Semoga doa-doa di atas dapat membantu pelajar untuk menghadapi ujian dengan lancar dan mendapat nilai bagus. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.

Untuk membaca doa-doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)