3 Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam, Amalkan Agar Tidur Berkualitas!

Memiliki kualitas tidur yang baik adalah dambaan semua orang. Tapi sayangnya, banyak yang belum merasakan hal tersebut karena kerap mendapatkan gangguan saat tidur. Dalam Islam, terdapat doa agar tidur nyenyak dan tidak terbangun tengah malam yang bisa kamu amalkan.

Tidur memang menjadi kegiatan yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Para ahli menyarankan untuk mengambil waktu tidur yang cukup sekitar 7-8 jam dalam satu hari. Namun, banyak dari kita yang tidak menikmati waktu tidur tersebut dengan baik. 

Ketika mengalami kesulitan tidur, tubuh akan merasakan lelah yang berkepanjangan dan masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika sebelumnya seseorang sudah menjalankan aktivitas yang padat selama seharian tubuh terasa lelah.

Maka dari itu perlunya penjelasan bagaimana cara agar tidur nyenyak dan doa agar tidur nyenyak dan tidak terbangun tengah malam. Simak ulasannya di artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga: Zikir Pengantar Tidur yang Dapat Diajarkan Untuk Buah Hati

Apa yang Menyebabkan Orang Susah Tidur?

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam
Sumber: canva.com

Sulit tidur bukan hanya karena seseorang tidak mengalami kantuk sehingga terjaga sepanjang malam. Namun, perlu diketahui apa penyebab utama dari seseorang yang bisa berdampak buruk bagi kesehatannya. Di bawah ini adalah beberapa penyebab sulit tidur yang harus diketahui:

1. Terlalu Banyak Minum Kopi

Seseorang yang ingin terjaga dan tidak ingin mengalami kantuk akan memilih untuk meminum kopi. Kopi memiliki zat kafein yang cukup membuat mata dalam kondisi terjaga.

Zat kafein yang terdapat pada kopi akan menempel dalam tubuh selama 3-5 jam. Apalagi jika mengkonsumsi kopi pada malam hari akan mempengaruhi kualitas tidur.

2. Pola Tidur yang Buruk

Orang yang memiliki pola tidur yang buruk cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk. Seseorang akan terjaga dan tertidur sesuai dengan pola tidur yang dimiliki.

Misalnya, terbiasa tidur pada sore hari sehingga membuat diri mengalami kesulitan tidur pada waktu malam harinya. Terlebih jika sudah terbiasa dengan begadang atau tidur larut malam maka akan mengalami sulit tidur.

Baca juga: 5 Doa agar Tidur Nyenyak dan Mimpi Indah, Bacalah!

3. Mengalami Kecemasan

Menurut fakta psikologi, ada kaitan yang erat antara pola tidur dengan kecemasan seseorang. Orang yang mengalami kecemasan berlebih atau trait anxiety justru tidak bisa fokus untuk terlelap.

Maka sebaiknya hindari perasaan cemas yang berlebihan terhadap suatu hal pada saat-saat ingin terlelap.

4. Konsumsi Makanan yang Pedas

Penyebab sulit tidur lainnya yaitu punya pola makan yang buruk. Makanan pedas memang terasa nikmat, tapi siapa saja perlu mewaspadai efek samping dari makan pedas.

Bila sebelum tidur memakan makanan yang pedas maka sistem pencernaan akan bekerja keras dan membuat orang jadi mulas dan sulit tertidur.

5. Paparan Sinar Biru dari Gadget

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern saat ini yaitu selalu membawa gadget pergi kemana-mana. Bahkan, gadget atau smartphone sudah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan untuk berkomunikasi.

Ada penelitian dimana orang justru sulit tidur apabila memiliki kebiasaan bermain hp sebelum tidur. Mata akan sulit fokus untuk terlelap dan otak terus bekerja untuk menerima informasi dan berinteraksi dengan gadget. Maka dari itu, tetaplah menggunakan gadget sesuai keperluan saja.

Kumpulan Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam
Sumber: pexels.com

1. Doa Agar Cepat Tidur dan Nyenyak Ketika Tidur

Supaya bisa mendapatkan tidur yang berkualitas hindari beberapa hal penyebab sulit tidur di atas, kemudian jangan lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT :

اللهم غَرِّتِ النُّجُومُ وَضاحَتِ العيونُ، وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ، لا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ، يا حَيُّ يا قَيُّومُ، أَهْدِ لَيْلِي وَأَنِمْ عَيْنِي

“Allahumma gharatin nujum wa dahaatil ‘uyun, wa anta hayyun qayyum, la takkhuzuka sinatun wala naumun. Ya hayyu ya qayyum, ahdi’ laili wa anim’aini.”

Artinya : “Ya Allah, bintang-bintang telah redup, mata-mata telah memejam dan Engkau Maha Hidup lagi Maha Terus-menerus mengurus makhluk. Tidak menimpa-Mu rasa kantuk dan tidur. Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha mengurusi makhluk, tenangkanlah malamku dan tidurkanlah mataku.”

2. Doa Susah Tidur dan Gelisah agar Terhindar dari Gangguan

Selain doa di atas, bisa juga membaca doa di bawah berikut,


Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Yuk, Subscribe Sekarang Juga!
Category Apa yang Paling Anda Sukai?

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِن شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَن يَحْضُرُونْ

“A’uudzu bikalimaatillahit tammaati min ghodlobihi wa min syarri ‘ibaaadihi wa min hamazaatisy syayaatiina wa ayyahdluruun”.

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, dan dari keburukan hamba-hamba-Nya, serta dari berbagai godaan syetan dan kehadirannya.”

Amalkan doa tersebut sebagaimana saat membacakan doa hendak akan tidur.  Insya Allah doa tersebut akan diijabah oleh Allah SWT.

3. Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam 

Rasulullah SAW pernah bersabda kepada Khalid bin Al-Walid RA yang terkena penyakit sulit tidur: “Maukah aku mengajarimu kata-kata yang jika kau ucapkan kamu akan mudah tidur? Katakanlah:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ، وَرَبَّ الْأَرْضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ، وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَأَدَلَّتْ، كُن لِّي جَارًا مِّن شَرِّ حَلْقِكَ كُلِّهِمْ أَجْمَعِينَ، أَيَفْرُطُوا عَلَيَّ أَحَدٌ مِّنْهُمْ أَوْ يَتَغَيَّرُوا، أَزَزَ جَارُكَ، وَتَبَارَكَ اسْمُكَ

“Allahumma rabbas samaawaatis sab’a wa ma azollat, wa robbal ardhiina wa maa aqollat, warobba syayaathiini wa adhollat, kun lii jaaron min syarri holqika kuliihim ajma’iina ayyafrutho ‘alaiya ahadun minhum aw ayyatgho, azza jaaruka, wa tabarokasmuka.”

Artinya: “Ya Allah Tuhan tujuh langit dan apa yang dinaungi-Nya, Tuhan bumi dan apa saja yang dikandungnya, dan Tuhan setan-setan dan apa saja yang disesatkannya, jadikanlah untukku pelindung dari keburukan semua makhluk-Mu.

Jangan sampai seseorang dari mereka terlepas hingga menyerangku atau berbuat sewenang-wenang. Sungguh sangat Perkasa perlindungan-Mu dan Maha barakah nama-Mu)”. Khalid mengucapkan doa itu, kemudian dapat tidur.” (HR Thabrani dalam kitab Al-Ausath).

Cara Agar Cepat Tidur Bagi yang Susah Tidur dalam Islam

Doa Agar Tidur Nyenyak dan Tidak Terbangun Tengah Malam
Sumber: pexels.com
  1. Lakukan amalan sebelum tidur yang dianjurkan dalam Islam.
  2. Berwudhu sebelum tidur.
  3. Membaca surat-surat pendek: Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.
  4. Tidur menghadap kanan sesuai sunnah dalam Islam.
  5. Mematikan lampu saat tidur sesuai dengan anjuran hadits dalam Islam.

Nah itulah doa agar tidur nyenyak dan tidak terbangun tengah malam yang bisa dicoba sebagai referensi doa tidur. Semoga semuanya dapat memiliki tidur yang cukup dan berkualitas baik.

Jika informasi dalam artikel Blog Evermos kali ini bermanfaat, silahkan sebarkan kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.