Doa Agar Orang tua Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Masih ingatkah dengan sosok orang tua yang telah memberikan arti dalam kehidupan kita? Tak dapat dipungkiri, kehadiran mereka yang sudah membawa diri kita sampai kepada titik saat ini. Kita berharap mereka agar senantiasa sehat dan berumur panjang. Berikut ini adalah doa agar orang tua diberi kesehatan dan umur panjang.

Islam mengajarkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk berbakti kepada kedua orang tua mereka dalam kondisi apapun. 

Sebab, kita tidak mungkin dapat membalas jasa kedua orang tua kita atas segala hal yang telah diberikan kepada kita.

Kita diperintahkan untuk selalu berbuat baik dan berbakti kepada orang tua kita, sebagai salah satu bentuk balasan yang bisa kita berikan.

Dalil atau perintah untuk berbakti kepada kedua orang tua juga terdapat pada surah Al-Isra ayat 23.

Allah Ta’ala berfirman,

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al Isra ayat 23).

Tentunya, kita juga berharap agar mereka dapat sehat selalu sehingga dapat terus menemani kehidupan kita di kala senang maupun sedih.

Doa Agar Orang tua Diberi Kesehatan dan Umur Panjang

Doa Agar Orang tua Diberi Kesehatan dan Umur Panjang
Sumber: pexels.com

Setiap dari kita tentunya berharap bahwa orang tua dapat senantiasa dalam keadaan sehat dan diberikan umur yang panjang.

Ikhtiar yang dapat kita lakukan adalah meminta atau memohon kepada Allah SWT dengan membaca doa agar orang tua diberi kesehatan dan umur panjang.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya: “Ya Allah Swt., berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah Swt., berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa untuk Kesembuhan Orang Tua

Doa Agar Orang tua Diberi Kesehatan dan Umur Panjang
Sumber: pexels.com

Saat orang tua sedang mengalami kondisi kesehatan yang menurun atau sedang sakit, kita pasti merasa khawatir dan bersedih hati.

Dalam kondisi tersebut, orang tua memerlukan bantuan dan upaya kesembuhan dari sang anak untuk dapat merawat dan memperhatikan mereka.

Pahala yang dijanjikan oleh Allah SWT dalam rangka membantu dan mengurusi keperluan orang tua juga ternilai sangat banyak pahalanya.

Selain itu, terdapat pula doa untuk kesembuhan orang tua yang dapat kita panjatkan sebagai bekal kesembuhan.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma robbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya : Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.

Doa Kedua Orang Tua Rabbighfirli

Doa Agar Orang tua Diberi Kesehatan dan Umur Panjang
Sumber: pexels.com

Salah satu bacaan doa untuk kedua orang tua yang sering kita panjatkan setiap selesai shalat fardhu adalah bacaan Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kamaa rabbayani saghira. Bacaan berikut ini mengandung permintaan agar dihapuskan kesalahan dari diri dan kedua orang tua, serta permohonan kepada Allah SWT agar menurunkan rahmat-Nya kepada mereka sebagaimana mereka menyayangi sewaktu kecil.

Inilah bacaan dari doa kedua orang tua rabbighfirli tersebut,

رَّبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Rabbighfirlii wali waalidayya warham humma kamaa rabbayaanii shaghiiraa

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (ibu dan bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

Cara Membaca Doa untuk Kedua Orang Tua

Berikut di bawah ini adalah adab atau tata cara dalam membaca doa untuk kedua orang tua agar semakin dikabulkan oleh Allah SWT.

  1. Awali berdoa dengan mengucapkan puji dan syukur Allah SWT,
  2. Lantunkan shalawat kepada Rasulullah SAW, 
  3. Meminta ampunan kepada Allah SWT, 
  4. Menyampaikan kesusahan dan perbuatan mulia yang telah orang tua lakukan kepada kita,
  5. Membaca doa untuk kedua orang tua,
  6. Penutup dengan pujian kepada Allah SWT.

Amalan untuk Orang Tua yang Sedang Sakit

Sebagai anak, sudah semestinya kita yang memiliki peran untuk bertanggung jawab atas keperluan orang tua kita. 

Apalagi ketika orang tua sakit dan membutuhkan perhatian dari kita, kita tidak dapat mengabaikannya atau justru menelantarkannya begitu saja.

Sebab, Allah SWT juga tidak menyukai orang-orang yang sombong dan melaknat bagi mereka yang tidak dapat memperlakukan kedua orang tuanya dengan baik semasa hidup mereka.

Ternyata, ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan untuk orang tua yang sedang sakit, yaitu sebagai berikut.

  1. Membantu berbagai pekerjaan rumah dengan maksimal,
  2. Dapat menjaga tutur kata kepada orang tua agar tidak menyakiti mereka.
  3. Bersikap sabar dan dapat menahan amarah.
  4. Merawat dan mengurusi keperluan orang tua.
  5. Menjaga orang tua hingga memapahnya ketika meminta bantuan.

Semoga informasi artikel Blog Evermos berikut dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda yang ingin berbakti kepada kedua orang tua.

Sebarkan juga artikel berikut kepada orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan dari HP tanpa perlu repot stok barang di rumah, dapat mencoba bergabung menjadi reseller produk lokal dan berkualitas di Evermos.

Langsung daftar sekarang juga secara GRATIS dan dapatkan kesempatan untuk raih komisi penghasilan hingga 35% per produknya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

×
slot88