7 Doa agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar, Mujarab dan Mudah Dihafal!

Ketika akan menghadapi ujian sekolah, ujian saat kuliah, atau ujian untuk masuk instansi perusahaan dan ujian lainnya, pasti kita akan merasa gugup. Sehingga, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah membaca doa agar bisa mengerjakan soal ujian dengan benar. 

Sebab, permasalahan tersebut sering terjadai karena adanya rasa tidak kepercayaan diri dan pesimis untuk lulus dari ujian tersebut. Maka dalam Islam, doa adalah salah satu kunci agar hati kita tenang ketika menghadapi ujian tersebut.

Selain itu, melalui doa kita juga memohon kepada Allah untuk dimudahkan dan dilancarkan selama ujian berlangsung. Lalu, doa apa saja yang bisa dipanjatkan ketika akan menghadapi ujian?

Berikut adalah beberapa doa agar bisa mengerjakan soal ujian dengan benar yang bisa Anda baca dan amalkan sebelum ujian berlangsung. 

Kumpulan Doa agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar

 Doa agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar
Sumber: pexels.com

1. Doa Dimudahkan Ujian dan Menjawab Soal 

Doa pertama yang bisa Anda panjatkan adalah surat Thaha ayat 25-28. Penggalan ayat ini juga menjadi doa Nabi Musa AS. ketika sedang menghadapi ujian untuk berbicara kepada kaumnya. Berikut ini doa arab, latin, beserta artinya: 

رَبِّ ٱشْرَحْ لِى صَدْرِى وَيَسِّرْ لِىٓ أَمْرِى وَٱحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِى يَفْقَهُوا۟ قَوْلِى

Latin: rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: “Ya Rab-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

2. Doa Agar Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian 

Selanjutnya, Anda juga bisa membaca doa di bawah ini untuk mendapatkan kemudahan dan ketenangan diri saat menjawab soal ujian. Doa ini adalah penggalan surat Al-A’raf ayat 55-56 yaitu:



دْعُوا۟ رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُعْتَدِينَ (55) وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ (56) مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

“Ud’uu rabbakum tadarruan wa khufyah, innahu la yuĥibbul-mutadīn, wa lā tufsidū fīl-ardhi bada iṣlāĥihā wa ud’ūhu khawfan wa ţamaan, inna raĥmata Allāhi qarībun minal-muĥsinīn.”

Artinya: “Berdoalah kepada Rabbmu dengan sikap rendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi setelah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut akan tidak diterima dan penuh harapan untuk dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raaf: 55-56).

Adapun surat untuk memudahkan ujian di atas bisa Anda baca serta amalkan bersama doa-doa lainnya agar lebih mujarab. 

3. Doa Agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa”

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

Anda bisa meminta kemudahan dan kelancaran segala urusan kepada Allah SWT dengan membaca doa tersebut sebelum melakukan ujian soal.

4. Doa Diperlancar Ujian 

Selanjutnya, dalam surat Al-Baqarah ayat 186, juga terdapat doa diperlancar ujian agar bisa menjawab soal-soal dengan benar. Baca dan amalkanlah doa berikut ini. 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Wa idha sa’alaka ‘ibadi ‘anni fa’inni qareeb, ujeebu da’watad-da’i idha da’an, falyastajeeboo li walyu’minoo bi la’allahum yarshudoon.”

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah: 186).

5. Doa untuk Anak yang Sedang Ujian dari Orangtua

Sebagai orang tua, tentu ingin anaknya sukses dalam hal apapun, termasuk mengerjakan soal ujian. Oleh karena itu, untuk para orang tua, bacalah doa berikut ini agar sang anak lulus dalam melaksanakan ujian soal.

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa’atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.”

Artinya: “Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama’ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rezeki) yang Engkau berikan kepada kami dan berilah kami keberkahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat.”

6. Doa agar Anak Sukses Dunia Akhirat 

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَآ اُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَۖ وَاَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۚ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanā waj’alnā muslimaini laka wa min żurriyyatinā ummatam muslimatan laka wa arinā manāsikanā wa tub ‘alainā, innaka antat-tawwābur-raḥīm.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada-Mu, dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada-Mu dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah (haji) kami, dan terimalah tobat kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Penerima tobat, Maha Penyayang” (Al-Baqarah: 128).

7. Doa Memperlancar Ujian dan Mendapatkan Kemudahan

بِسْمِ اللهِ الرّحْمنِ الرّحِيمِ، اللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلًا مُتَقَبَّلاً

“Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqan tayyiban, wa ‘amalan mutaqabbala.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.”

Tips Selain Berdoa agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar

 Doa agar Bisa Mengerjakan Soal Ujian dengan Benar
Sumber: freepik.com

Rahasia pertama agar Anda bisa lolos dalam menghadapi soal tentunya adalah melalui berdoa. Sebab, dengan berdoa artinya Anda melibatkan Allah SWT selama proses Anda menghadapi ujian tersebut. Selain itu, Anda juga meyakini bahwa hanya Allah SWT yang dapat membantu Anda.

Setelah berdoa, tentu ada berbagai tips lainnya agar Anda bisa lolos ujian. Berikut ini adalah cara-cara yang perlu Anda lakukan berdasarkan ajaran Islam.

1. Belajar dengan Tekun

Islam sangat mendorong umatnya untuk menuntut ilmu. Jadi, pastikan Anda telah belajar dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Review dan praktiklah materi yang akan atau berkumungkinan masuk pada soal ujian secara teratur.

2. Mengelola Waktu dengan Baik

Buatlah jadwal belajar yang terstruktur dan pastikan waktu istirahat yang cukup. Ini akan membantu memaksimalkan konsentrasi dan retensi informasi. Sehingga, saat ujian sudah ada di hadapan, Anda sudah merasa siap dan yakin untuk menghadapi dan menyelesaikannya.

3. Perhatikan Kesehatan Jasmani dan Rohani

Kesehatan sangat berpengaruh terhadap fokus Anda selama menghadapi ujian. Sehingga, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang baik dan cukup tidur. Hal ini akan membantu kesehatan fisik dan mental Anda, yang keduanya penting untuk performa optimal saat belajar dan ujian.

4. Berserah Diri

Setelah Anda berusaha keras dan berdoa, percayalah bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik untuk Anda. Hasil bukanlah akhir dari segalanya, tetapi bagian dari proses belajar dalam kehidupan.

5. Berbuat Baik

Lakukanlah amal baik sebanyak mungkin, karena ini dapat membawa berkah dalam segala hal yang Anda lakukan, termasuk dalam ujian. Selain itu, terdapat sebuah kiasan “apa yang Anda tanam, itulah yang akan Anda tuai”.

Sehingga, dengan berbuat baik kepada sesama makhluk hidup, Anda akan merasakan dampak positif di setiap langkah kehidupan termasuk saat melalui ujian soal.

6. Meminta Dukungan saat Belajar 

Jangan ragu untuk meminta bantuan jika Anda mengalami kesulitan dalam belajar. Bisa kepada guru, teman sekelas, atau orang lain yang kompeten dalam materi tersebut. Dalam Islam, berbagi ilmu juga adalah amal yang mulia.

Selain berbagai tips di atas, Anda juga bisa menonton tayangan ceramah mengenai tips berdoa ketika menghadapi ujian soal.

Demikianlah beberapa doa agar bisa mengerjakan soal ujian dengan benar yang bisa dipanjatkan sebelum mengerjakan soal ujian. Semoga doa-doa di atas bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Kemudian Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Lalu Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)