Contoh Tidak Lulus Administrasi CPNS 2022, Pelamar Wajib Tahu!

Pengumuman CPNS tahun 2022 sudah didepan mata, bagi Anda yang sudah mendaftar seleksi CPNS tahun ini pastinya menantikan pengumuman lolosnya administrasi CPNS. Seperti apa contoh tidak lulus administrasi CPNS? Mari simak di bawah berikut.

Pada tahun ini, pemerintah melakukan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah dibuka.

Untuk seleksi PPPK terbuka bagi mereka yang ingin mendaftarkan profesi guru, tenaga kesehatan, dan honorer dengan Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil negara atau SSCASN.

Masa pendaftaran untuk seleksi mulai dari 31 Oktober hingga 13 November 2022, sementara pemberkasan untuk seleksi administrasi tutup pada 15 November. Pengumuman contoh tidak lulus administrasi CPNS akan disampaikan pemerintah 16-17 November 2022.

Setelah terdapat hasil lulus atau tidak lulus administrasi CPNS, barulah peserta akan melanjutkan masa sanggah dan jawab sanggah, serta melakukan proses selanjutnya untuk seleksi kompetensi hingga mendapatkan penetapan NI PPPK tahun 2023 mendatang.

Apa itu Seleksi Administrasi PPPK?

contoh tidak lulus administrasi CPNS
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas contoh tidak lulus administrasi CPNS mari mengetahui terlebih dahulu penjelasan seleksi administrasi PPPK.

Pengadaan seleksi administrasi PPPK adalah salah satu proses tahapan yang dilakukan oleh panitia CASN terhadap peserta seleksi sebagaimana pasal 18 yaitu seleksi administrasi, lanjut seleksi kompetensi dan wawancara.

Aturan tersebut sebagaimana dalam peraturan BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK.

Baca Juga : Cara Melakukan Sanggahan CPNS Setelah Dinyatakan Tidak Lulus Seleksi Administrasi

Bagaimana Tahapan Seleksi Administrasi Pengadaan PPPK?

contoh tidak lulus administrasi CPNS
Sumber: google.com/bersosial

Sementara itu, untuk seleksi administrasi pengadaan PPPK akan dimulai melalui beberapa tahapan di bawah ini.

1. Panitia Melakukan Seleksi Administrasi

Mengutip infoasn.id, panitia seleksi instansi pengadaan PPPK akan melaksanakan seleksi administrasi terhadap seluruh dokumen pelamaran yang diterima.

Para peserta sebelumnya melakukan pengisian administrasi seperti mengisi formulir, biodata dan mengumpulkan beberapa dokumen yang diminta saat registrasi.

2. Panitia Mencocokkan Persyaratan dengan Dokumen Pelamar

Sebelum para peserta mengumpulkan dokumen yang diminta untuk bisa terdaftar, panitia melakukan seleksi berkas dengan mencocokkan persyaratan administrasi dengan doymen pelamar. 

Misalnya jika pelamar berniat registrasi pendaftaran PPPK dengan formasi sebagai tenaga medis, maka haruslah memenuhi persyaratan sudah lulus dan berpendidikan dalam bidang kesehatan.

3. Panitia Mengecek Ketersediaan Dokumen

Setelah melakukan cek persyaratan sesuai dengan berkas pelamar, panita juga melakukan cek ketersediaan dokumen sesuai persyaratan yang ditentukan.

Jika dokumen tidak memenuhi persyaratan administrasi, maka pelamar dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi. 

4. Dokumen yang Tidak Memenuhi Syarat Diberi Tanda/Kode

Apabila persyaratan tidak memenuhi sesuai ketentuan dan hasil dari pengecekan panitia, berkas registrasi para pelamar akan mendapatkan tanda/kode berbeda.

5. Hasil Seleksi Administrasi Diumumkan Terbuka

Setelah semua berkas para pelamar CASN 2022 dan PPPK 2022 sudah diperiksa kemudian panitia akan mengumumkan hasilnya.

Hasil seleksi akan dilakukan secara terbuka melalui laman instansi, surat kabar, papan pengumuman dan atau bentuk lainnya yang memungkinkan baik lulus atau tidak lulus seleksi administrasi.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran CPNS yang Baik dan Benar

Contoh Tidak Lulus Administrasi CPNS

PENGUMUMAN

NOMOR : B-2.1/SESMA-BIG/KP.01.02/8/2021 

TENTANG 

HASIL SELEKSI ADMINISTRASI CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) BADAN INFORMASI GEOSPASIAL TAHUN 2021

Panitia pelaksana seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Informasi Geospasial Tahun 2021 dengan ini memutuskan dan mengumumkan sebagai berikut : 

  1. Pelamar seleksi CPNS Badan Informasi Geospasial Tahun 2021 yang namanya tercantum pada lampiran pengumuman ini, dinyatakan LULUS SELEKSI ADMINISTRASI. 
  2. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebelum pelaksanaan SKD, pelamar diwajibkan mencetak kartu peserta ujian melalui portal https://sscasn.bkn.go.id. Kartu peserta ujian harap disimpan untuk digunakan selama seleksi CPNS. 
  3. Bagi Pelamar yang namanya tidak tercantum dalam lampiran pengumuman ini, dinyatakan TIDAK LULUS / TIDAK MEMENUHI SYARAT (TMS) dan dapat melihat penyebab pelamar berstatus Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada akun SSCASN masing-masing. 
  4. Pelamar yang keberatan terhadap pengumuman seleksi administrasi dapat mengajukan sanggahan paling lama 3 (tiga) hari sejak hasil seleksi administrasi diumumkan pada tanggal 4 – 6 Agustus 2021. Sanggahan diajukan melalui SSCASN, dan sanggah bukan untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan pelamar. Alasan Sanggah yang pelamar isi harus benar, realistis, tidak mengada-ngada dan berdasarkan dokumen yang sudah diunggah sebelumnya. 
  5. Panitia seleksi dapat menerima atau menolak alasan sanggahan yang diajukan oleh pelamar. Panitia seleksi instansi dapat menerima alasan sanggahan dalam hal kesalahan bukan berasal dari pelamar. Jawaban sanggah akan diberikan paling lambat tanggal 13 Agustus 2021. 
  6. Panitia Pelaksana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Informasi Geospasial Tahun 2021 akan mengumumkan ulang hasil Seleksi Administrasi pasca sanggah pada tanggal 15 Agustus 2021. 
  7. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman http://cpns.big.go.id. 
  8. Pelamar agar selalu memantau pengumuman terkait seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui media sosial Badan Informasi Geospasial. Keterlambatan dalam memperoleh pembaharuan informasi terkait seleksi CPNS BIG merupakan kelalaian pelamar. 
  9. Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat. 

Demikian pengumuman ini disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 Cibinong, 02 Agustus 2021

Sekretaris Utama 

Selaku

 Ketua Pengadaan CPNS BIG TA 2021, 

ditandatangani secara elektronik 

Muhtadi Ganda Sutrisna

Sehubungan informasi pengumuman lulus atau tidak lulus administrasi CPNS tahun 2022 masih belum diketahui, berikut adalah contoh surat pernyataan mengenai seleksi administrasi pada 2021.

contoh tidak lulus administrasi CPNS
Sumber: google.com/bersosial

Contoh Tidak Lulus Administrasi CPNS

contoh tidak lulus administrasi CPNS
Sumber: google.com/bersosial

Demikianlah ulasan mengenai Contoh Tidak Lulus Administrasi CPNS yang dapat Tim Evermos sajikan, semoga dapat membantu Anda.

Bagi Anda yang sedang mengikuti seleksi CASN dalam formasi PPPK 2022 semoga membuahkan hasil yang terbaik dan dilancarkan.

Mau penghasilan tambahan yang mudah, praktis, halal dan tanpa modal? Jual berbagai produk lokal berkualitas hanya di aplikasi reseller & dropship terbaik yaitu Evermos.

Dapatkan berbagai penawaran menarik serta raih komisi hingga 35% per produknya sekarang juga.

Daftarkan diri Anda dengan mengisi form di bawah berikut secara GRATIS.

DAFTAR DISINI SEKARANG