6 Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA, SMP, SD yang Benar, Begini Cara Membuatnya!

Apakah kamu seorang pelajar yang sedang sakit dan tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah? Jangan khawatir, kamu bisa beristirahat di rumah dan memberikan surat sakit kepada pihak sekolah. Simak contoh surat izin sakit sekolah SMA, SMP, dan SD di artikel ini. 

Tubuh yang kurang fit atau sedang sakit pasti akan membuat badan lemas dan tidak bersemangat. Sehingga, sebagai pelajar jangankan untuk pergi ke sekolah, untuk bangkit dari tempat tidurpun mungkin kamu tidak sanggup, kan? 

Memang tidak ada keharusan untuk hadir di sekolah ketika sedang sakit. Sehingga, kamu harus memberi tahu pihak sekolah bahwa kamu sedang sakit melalui surat izin.

Apa itu surat izin sakit? Bagaimana cara buat surat izin sekolah sakit? Dan siapa yang menulis surat izin tidak masuk sekolah? Simak penjelasannya berikut ini!

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Sakit dan Contohnya

Apa itu Surat Izin Sakit? 

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA
Sumber: canva.com

Surat keterangan izin sakit adalah dokumen yang diperlukan ketika seseorang absen selama lebih dari satu hari karena sakit atau kondisi medis tertentu. Dokumen ini biasanya diberikan oleh orang tua atau wali murid kepada pihak sekolah dari pelajar tersebut.

Adapun isi surat izin sakit yaitu memberi tahu pihak sekolah bahwa pelajar tersebut tidak dapat hadir ke sekolah karena alasan kesehatan. Sehingga, pihak sekolah akan mengetahui dan memahami alasan mengapa pelajar tersebut tidak hadir.

Ini juga dapat membantu sekolah untuk mengatur rencana pembelajaran dan mengkomunikasikan informasi tersebut kepada guru dan staf terkait absensi murid yang izin.

Siapa yang Menulis Surat Izin Tidak Masuk Sekolah?

Seperti penjelasan di atas, surat keterangan izin sakit sekolah biasanya ditulis oleh orang tua atau wali murid dari pelajar yang bersangkutan.

Selain orang tua atau wali murid, biasanya jika pelajar yang sakit pergi berobat ke dokter, maka surat izin sakit juga boleh disediakan oleh dokter yang bersangkutan. Hal ini bergantung kepada kebijakan dari pihak sekolah.

Cara Membuat Surat Sakit Sekolah yang Tepat

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA
Sumber: canva.com

Dalam membuat surat izin sakit sekolah SMA, SMP, ataupun SD yang benar harus memperhatikan beberapa informasi yang wajib ada pada surat. Berikut jenis surat izin yang tepat adalah:

  1. Nama lengkap murid dan kelas murid.
  2. Tanggal surat ditulis.
  3. Tanggal mulai dan berakhirnya izin sakit.
  4. Alasan kesehatan atau keadaan lain yang menyebabkan murid tidak bisa masuk sekolah.
  5. Bukti seperti keteranganmedis atau rekomendasi dokter jika apabila perlu.
  6. Kontak informasi orang tua atau wali murid.
  7. Tanda tangan orang tua atau wali murid.

Contoh Surat Izin Sakit Sekolah SMA, SMP, SD yang Baik dan Benar 

1. Contoh Surat Sakit Sekolah SMA yang Benar oleh Wali Murid 

Bandung, 22 Januari 2023

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas 11 IPA 2
SMAN 20 Bandung
Di tempat

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya beritahukan bahwa pada hari ini adik saya yang bernama Rizky Febrianto Fajar, Kelas 11 IPA 2 tidak dapat mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya dikarenakan sedang sakit demam.

Demikian pemberitahuan ini saya sampaikan, Semoga Bapak/Ibu dapat memakluminya. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Risty Oktaviani

2. Contoh Surat Izin Sekolah SMA Karena Sakit dari Orang Tua Murid

Jakarta Selatan, 22 Februari 2023

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
SMA Negeri 100 Jakarta
Di tempat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Salam hormat, 

Bersamaan dengan adanya surat ini, saya sebagai orang tua murid ingin memberitahu mengenai anak saya yang bernama:

Nama    : Shabrianti Alda Fitriani
Kelas     : 12 IPA 5
Alamat  : Jalan Pulo Raya IV, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Bahwa anak saya tidak dapat mengikuti kegiatan belajar seperti biasanya di sekolah.  Hal tersebut karena anak saya sedang sakit dan memerlukan perawatan di rumah sakit. Sehingga, mohon kiranya Bapak/Ibu dapat mengerti dan memaklumi, serta memberikan izin. 

Dalam surat ini turut saya sertakan surat keterangan dokter mengenai kondisi kesehatan anak saya. Demikian surat izin sakit yang saya buat. Untuk perhatian serta kemaklumannya Bapak/Ibu guru sekalian, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Fuad Zakaria Setyo

(Wali Murid)

 

3. Contoh Surat Sakit Sekolah yang Benar oleh Murid yang Bersangkutan

Jakarta Barat, 22 Januari 2023

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
SMP Negerti 107 Jakarta Barat
Di tempat

Dengan hormat,

Assalamualaikum Wr. Wb. Semoga Bapak/Ibu selalu dalam keadaan sehat. Dengan Penuh rasa hormat, saya yang bertanda tangan dengan identitas di bawah ini, yaitu:

Nama      : Zaskia Adhelia Nurul

Kelas      : 11 IPA 4

Alamat   : Jalan Pulo Raya, Kecamatan Baso, Jakarta Barat.

Memberitahukan bahwa saya tidak dapat masuk sekolah pada tanggal 22 – 25 Januari 2023. Hal tersebut karena saya sedang tidak sehat dan memerlukan istirahat total dirumah. 

Saya sangat berat hati untuk meninggalkan sekolah, oleh karena itu nantinya saya akan berusaha untuk mengejar mata pelajaran yang tertinggal dan siap untuk menerima tugas tambahan.  Selain itu juga, saya lampirkan surat keterangan dokter mengenai kondisi kesehatan saya saat ini. 

Oleh sebab itu, saya memohon dengan sangat kepada Bapak/Ibu guru sekalian untuk memberikan saya izin sakit dan tidak masuk ke sekolah. 

Demikian surat ini saya buat dengan benar dan baik. Mohon maaf bila ada salah kata. Atas perhatian Bapak/Ibu guru yang saya hormati, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Hormat Saya.

 

4. Contoh Surat Ijin Sakit dari Orang Tua Murid

contoh surat izin sakit sekolah sma

5. Contoh SMS Izin Sakit dan Tidak Hadir Sekolah

Selain contoh surat izin sekolah karena sakit, kamu juga harus memahami contoh SMS izin sakit. Pesan teks ini bisa kamu kirim apabila belum sempat memberikan surat keterangan izin sakit ke sekolah. Jadi, kamu bisa izin terlebih dahulu melalui SMS ataupun chat di WhatsApp.

Berikut teks contoh SMS izin sakit yang bisa kamu gunakan,

Halo Pak/Ibu [Nama Guru/Wali Kelas],

Saya [Nama Anda], orang tua dari [Nama Anak] yang berada di kelas [Kelas]. Saya ingin memberitahu bahwa [Nama Anak] tidak bisa hadir sekolah hari ini karena sedang sakit. Dia mengalami demam dan muntah-muntah sejak pagi. Kami akan membawa dia ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan kami akan mengirimkan surat keterangan dokter secepatnya. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Salam, [Nama Anda]

6. Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit untuk Murid SD

[Tempat dan Tanggal]
Kepala Sekolah SD [Nama Sekolah]
Alamat Sekolah
Di tempat

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama Orang Tua/Wali Murid: [Nama Anda]
Hubungan dengan Murid: Ayah/Ibu/Wali
Alamat: [Alamat Anda]
Nomor Telepon: [Nomor Telepon Anda]

Ingin memberitahukan bahwa anak saya, 

Nama Murid: [Nama Anak]
Kelas: [Kelas]
NISN: [Nomor Induk Siswa Nasional]

Tidak dapat hadir ke sekolah pada tanggal [Tanggal Izin] karena sedang sakit. Anak saya mengalami demam dan batuk sejak kemarin malam. Saya telah membawa anak saya ke dokter dan dokter merekomendasikan istirahat di rumah untuk beberapa hari guna pemulihan.

Saya mohon izin kepada pihak sekolah untuk mengizinkan [Nama Anak] tidak hadir selama [Jumlah Hari Izin] hari mulai dari tanggal [Tanggal Izin] hingga [Tanggal Kembali Diperkirakan].

Surat keterangan dokter akan saya berikan begitu kami mendapatkannya. Kami berharap [Nama Anak] segera pulih dan dapat kembali bersekolah dengan baik. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya.

Hormat kami,
[Tanda Tangan]
[Nama Anda]

Itulah penjelasan dan contoh surat izin sakit sekolah SMA, SMP, dan SD yang baik dan benar. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat Evermos yang ingin tahu tentang referensi surat izin sakit.

Jika suka dengan artikel berikut, sebarkan link artikel kepada orang-orang yang membutuhkannya. Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)