5 Contoh Singkat Ceramah Tentang Keistimewaan Bulan Muharram 1445 H dengan Dalil dan Hadist

Muharram adalah bulan pembuka yang pada kalender Islam dengan segudang keistimewaanya. Sehingga, salah satu amalan yang bisa dilakukan pada bulan ini adalah berbagi ilmu tentang keistimewaanya. Berikut ini contoh singkat ceramah tentang keistimewaan bulan Muharram.  

Contoh Singkat Ceramah Tentang Keistimewaan Bulan Muharram

Sumber: pexels.com

Selain bulan pertama yang menandakan tahun baru Islam, terdapat beberapa keistimewaan pada bulan Muharram. Pengetahuan tentang keistimewaan bulan Muharram ini dapat Anda bagikan kepada orang lain agar mereka juga merasakan keberkahannya. 

1. Ceramah tentang Keistimewaan Bulan Muharram Beserta Dalilnya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang dimuliakan Allah, Pertama, mari kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia-Nya untuk kita pada ceramah bulan Muharram 1445H kali ini. 

Shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua termasuk umatnya yang memperoleh syafaat di hari kiamat. Aamiin ya robbal ‘alamin.

Hadirin sekalian, bulan Muharram adalah bulan yang mulia. Bulan ini memiliki banyak keutamaan. Karenanya marilah kita memanfaatkan kedatangan bulan Muharram sesuai yang Rasulullah syariatkan kepada umatnya.  

Bulan Muharram merupakan bulan untuk beramal shaleh, dan antara amalan yang paling sholeh dan anjuran di bulan ini yaitu memperbanyak ibadah puasa sunnah dalam hadits Qudsi yang berbunyi:

 أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram), Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam” (HR. Muslim).



Hadits di atas adalah dalil keutamaan bulan Muharram. Karena itu momen Muharram ini, sebaiknya kita turut memperbanyak puasa sunnah agar turut merasakan keistimewaannya. 

Semoga kita semua mendapatkan rahmat dan karunia dari Allah untuk melalui bulan ini dengan penuh berkah. Sekian, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Kultum Tentang Bulan Muharram yang Singkat Tentang Keistimewaannya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hadirin yang Allah rahmati, pertama-tama, mari panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, nikmat dan karunia-Nya untuk kita sehingga kita masih berada di dunia hingga bulan Muharram 1445H ini. 

Tidak lupa untuk selalu mengirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang berbahagia, salah satu bulan yang Allah tetapkan sebagai bulan kehormatan adalah bulan Muharram, seperti yang terkandung dalam surat At-Taubah ayat 36.

 إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ ۚ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً ۚ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

Artinya: “Sungguh bilangan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At-Taubah ayat 36).

Dari firman Allah di atas, artinya bulan Muharram ini adalah bulan kehormatan dalam Islam. Sehingga, sebagai umat Muslim kita tidak boleh untuk menganiaya diri sendiri dan saling memberikan kehormatan kepada sesama Muslim.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah, amin ya rabbal alamin.

3. Materi Ceramah Tentang Muharram yang Dianjurkan Berpuasa

Hadirin yang dirahmati Allah SWT, patut kita ketahui bahwa bulan Muharram adalah bulannya Allah. Sehingga, Allah memberikan berbagai keistimewaan di bulan ini salah satunya adalah dengan menyuruh umat Muslim untuk berpuasa.

Sebuah hadits yang menyebutkan bahwa bulan Muharram adalah bulannya Allah adalah hadist riwayat Imam Muslim, yaitu “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR.Muslim).

Hadits di atas menunjukkan bahwa derajat bulan Muharram ada di bawah bulan Ramadhan. Oleh karena itu perbanyaklah kita beribadah pada bulan Muharram ini.

Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan kita umatnya untuk berpuasa, terutama pada tanggal 10 Muharram atau hari Asyura.

Dalam hadits riwayat muslim dari Abu Qatadah meriwayatkan ketika Rasulullah mendapatkan pertanyaan “ya Rasulullah, apakah ganjaran bagi orang yang berpuasa tanggal sepuluh muharram?” Maka beliau menjawab:

 أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله 

Yaitu artinya “Saya mengharap kepada Allah agar menghapuskan dosa yang dilakukan satu tahun sebelumnya”. Ini adalah kutipan dari hadist riwayat Muslim.  Masya Allah, semoga kita selalu Allah berikan rahmat dan karunia untuk menjalani bulan ini, terutama dengan berpuasa. 

4. Contoh Singkat Ceramah Tentang Keistimewaan Bulan Muharram Mengenai Para Nabi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Para hadirin yang Allah SWT muliakan, alhamdulillah, puji syukur kepada Allah karena kita telah sampai pada bulan Muharram 1445 H.

Selain sebagai bulan kehormatan, pada bulan ini juga terjadi peristiwa di mana Allah SWT mengangkat derajat 10 Nabi dalam Islam, berikut kisah singkatnya. 

  • Nabi Adam: Di tanggal ini Allah SWT menerima taubat Nabi Adam, sehingga ia bisa bertemu kembali bersama Siti Hawa setelah sebelumnya terpisah karena kelalaian yang Nabi Adam perbuat.
  • Nabi Idris: Pada 10 Muharram Allah SWT mengangkat derajat Nabi Idris dengan pergi ke langit atas izinnya karena sudah memerangi orang-orang yang durhaka pada Allah SWT.
  • Nabi Nuh: Pada bulan Muharram ini, Nabi Nuh dapat mendaratkan perahunya di Gunung Judd, sedangkan di bumi saat itu kondisinya sedang banjir selama 150 hari.
  • Nabi Ibrahim: Yang tidak kalah mulia dari peristiwa 10 Muharram yaitu Nabi Ibrahim karena Allah SWT mengangkat beliau menjadi kekasih-Nya.
  • Nabi Daud: Allah SWT mengampuni dosa Nabi Daud pada bulan Muharram atas kesalahan yang beliau perbuat.
  • Nabi Sulaiman: Pada bulan Muharram, Allah SWT mengembalikan seluruh aset kekayaan dan kerjaan yang Allah titipkan kepada Nabi Sulaiman A.S.
  • Nabi Ayub: Allah SWT menyembuhkan cobaan penyakit kulit dan rambut rontok yang Nabi Ayub derita saat berusia 51 Ketika Nabi Ayub pada bulan Muharram. 
  • Nabi Yunus: Bulan Muharram menjadi saksi dikelauarkannya Nabi Yunus dari perut ikan setelah 40 hari atas kehendak Allah SWT. 
  • Nabi Yakub: Sudah sekitar 40 tahun lamanya Nabi Yunus dan Nabi Yakub terpisah dan mereka pun dapat kembali bertemu di 10 Muharram.
  • Nabi Isa: Allah mengangkat langsung Nabi Isa melalui perantara malaikat pada 10 Muharram. 

Semoga Allah SWT memberikan rahmat kepada kita seperti kisah para nabi di atas. Dan semoga kita senantiasa mampu memanfaatkan momen terbaik dalam melakukan kebaikan serta ketaatan kepada Allah. Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Ceramah Tentang Muharram dengan Keistimewaan Berpuasa Pada Tanggal 9 dan 10 Muharram

Para hadirin yang Allah muliakan, selain berpuasa pada 10 Muharram, dalam sebuah hadits, Rasulullah secara khusus menyebutkan seandainya beliau hidup tahun depannya, maka beliau tidak hanya berpuasa 10 Muharram tetapi juga tanggal 9 muharram.

حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه قالوا: يا رسول الله يوم تعظمه اليهود والنصارى فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا كان العام المقبل إن شاء الله صمنا يوم التاسع. قال: فلم يأت العام المقبل حتى توفي رسول الله صلى الله عليه وسلم. وفي رواية : لئن بقيت إلى قابل لأصومنّ التاسع. 

Artinya: “Ketika Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam berpuasa hari ‘asyura dan memerintahkan para sahabatnya untuk berpuasa , para sahabat berkata: 

“Wahai Rasulullah, hari ini adalah hari yang sangat diagungkan oleh Yahudi dan Nasrani,”, beliau pun bersabda: “kalau tahun depan, kita akan berpuasa juga pada hari ke Sembilan (dari Muharram) insya Allah”. 

Akan tetapi Rasulullah telah wafat sebelum datangnya tahun setelahnya.” Dan dalam riwayat lain, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:  

”Andainya diriku masih hidup tahun depan, saya sungguh akan puasa pada hari kesembilan (dari bulan Muharram)” (HR Muslim : 1133).

Artinya hadiri sekalian, bahwa kita juga mendapatkan anjuran untuk berpuasa pada tanggal 9 Muharram dan rasakan keistimewaannya.

Kesimpulan 

Demikianlah berbagai contoh ceramah singkat tentang keistimewaan bulan Muharram. Dari berbagai ceramah di atas, Anda dapat menggabungkan beberapa ceramah menjadi satu kesatuan ceramah yang lebih lengkap dan panjang. 

Sehingga, Anda bisa menyampaikan ilmu mengenai seluruh keistimewaan Muharram kepada pendengar saat melaksanakan ceramah.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan terus kunjungi situs Blog Evermos untuk membaca artikel islami lainnya. 

Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan uang tanpa harus mengeluarkan modal, mudah saja. Yuk gabung jadi reseller Evermos dan dapatkan jutaan rupiah setiap bulannya.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)