Contoh Perusahaan Dagang Besar dan Kecil Simak di Sini!

Contoh Perusahaan Dagang – Pernahkah Anda mendengar istilah perusahaan dagang? Sudah mengetahuinya? Jika belum, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Sebelum membahas tentang contoh perusahaan dagang sepertinya harus mengetahui pengertian dari perusahaan. 

Perusahaan adalah tempat suatu kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi, kegiatan usaha yang bersifat tetap, dilakukan secara terus menerus dan dikelola dengan organisasi yang baik, dengan tujuan menghasilkan barang dan jasa sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mencari keuntungan atau laba. 

Terdapat 3 (tiga) jenis perusahaan yang bertujuan untuk menghasilkan laba, di mana salah satunya adalah perusahaan perdagangan.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang contoh perusahaan dagang, karakteristik dan jenisnya.

Contoh Perusahaan Dagang, Apa Itu Perusahaan Dagang?

contoh perusahaan dagang
Sumber: pixabay.com

Perusahaan dagang didefinisikan sebagai perusahaan yang aktivitasnya membeli barang dagangan dan menjualnya kembali tanpa melakukan perubahan bentuk untuk memperoleh laba. 

Sedangkan barang dagangan dimaknai sebagai barang yang dibeli oleh perusahaan untuk kemudian dijual kembali. 

Lebih mudahnya perusahaan dagang adalah perusahaan yang bisnis utamanya membeli barang dari pemasok dan menjualnya lagi ke konsumen tanpa mengubah wujud barang tersebut. 

Contohnya yang yang sering kita temui adalah toko kelontong dan supermarket. Kedua jenis bisnis ini membeli barang kebutuhan sehari-hari dari pemasok dan menjual kembali kepada konsumen.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

Contoh Perusahaan Dagang dan Jenisnya

contoh perusahaan dagang
Sumber: pixabay.com

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang dan sebelum masuk ke contoh perusahaan dagang, berikut ini adalah jenis-jenis perusahaan dagang.

1. Jenis produk yang diberdayakan

Barang Produksi, yaitu perusahaan yang memperjualbelikan produk berupa bahan baku (raw material) sebagai bahan dasar membuat produk atau peralatan produksi untuk menghasilkan produk baru. 

Contohnya, mesin bubut, benang, kayu gelondongan, dan lain-lain.

Kemudian ada barang jadi, yaitu perusahaan yang memperjualbelikan produk jadi atau produk yang siap digunakan oleh konsumen. Contohnya, pakaian, televisi, meja, dan lain-lain.

2. Jenis Konsumen

Perusahaan Besar (Wholesaler), yaitu perusahaan yang membeli produk secara langsung dari pabrik dalam jumlah besar, dan cara menjualnya pun dalam jumlah yang besar juga. Contohnya, pedagang grosir.

Kemudian perusahaan Perantara (Middleman), yaitu perusahaan perantara yang membeli barang dagang dalam jumlah besar dan dijual kembali ke perusahaan retail dalam jumlah sedang. Contohnya, pedagang sub grosir.

Terakhir ada perusahaan Retail/ pengecer (Retailer), yaitu perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen akhir dimana konsumen dapat membeli barang secara eceran. Misalnya; pasar swalayan, kios, warung.

Contoh Perusahaan Dagang dan Kegiatan Utamanya

perusahaan
Sumber: pexels.com

Adapun kegiatan perusahaan dagang adalah sebagai berikut.

1. Melakukan pembelian

Pembelian, yaitu kegiatan perusahaan yang mencakup pembelian aktiva perusahaan, pembelian barang-barang dagang, dan pembelian barang lainnya untuk kegiatan usaha.

2. Melakukan penjualan

Setelah pembelian, ada juga penjualan. yaitu kegiatan perusahaan menjual barang-barang perdagangan untuk memperoleh pendapatan atau keuntungan.

3. Mengeluarkan uang

Pengeluaran uang yaitu kegiatan perusahaan yang mengeluarkan uang untuk membeli barang/ jasa, membayar pajak, membayar utang, dan keperluan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan usaha.

4. Menerima uang

Kemudian menerima uang. Penerimaan uang yaitu kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan penjualan barang. Penjualan barang akan sertai dengan penerimaan uang yang diperoleh dari pembayaran, pelunasan, piutang, penjualan barang, dan lain-lain.

Contoh Perusahaan Dagang di Indonesia

supermarket
Sumber: pexels.com

Di Indonesia banyak sekali perusahaan dagang, contohnya adalah sebagai berikut:

PT Lion Super Indo pemilik ritel Superindo. 

PT Carrefour Indonesia pemilik ritel Carrefour. 

Distributor alat mekanik PT Bestoolindo. 

PT Indomarco Prismatama pemilik minimarket Indomaret. 

Kemudian PT Matahari Putra Prima Tbk pemilik Hypermart. 

Lalu PT Hero Supermarket Tbk pemilik supermarket Hero. 

Selanjutnya PT Alfaria Trijaya pemilik minimarket Alfamart. 

Ada juga PT Transmart. 

Terakhir yaitu Giant.

Contoh Perusahaan Dagang Besar

dagang
Sumber: pexels.com

Selain itu perusahaan dagang dibagi menjadi dua, yaitu perusahaan dagang besar dan perusahaan dagang kecil. Berikut ini contoh perusahaan dagang besar.

1. PT Gramedia Asri Media

Gramedia merupakan salah satu contoh nama perusahaan dagang besar di Indonesia yang bergerak di dalam penjualan segala macam buku yang dipasok dari berbagai macam penerbit dan dan percetakan yang ada diseluruh indonesia.

2. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Alfamart juga merupakan salah satu perusahaan dagang nasional yang saya yakin sudah cukup dikenal oleh kita semua, karena hampir di setiap sudut kota di seluruh indonesia kita bisa menemukan perusahaan dagang yang bergerak di bidang toko swalayan ini.

3. PT Hypermart

Hypermart juga merupakan salah satu perusahaan dagang yang cukup sukses dan terkenal di indonesia karena kini sudah memiliki kurang lebih 100 gerai yang tersebar di seluruh indonesia. Dengan nilai Purchase Order yang luar biasa.

Contoh Perusahaan Dagang Kecil

jualan
Sumber: pexels.com

Kemudian ada juga perusahaan dagang kecil, berikut ini adalah contohnya:

Pedagang kaki lima ( PKL )

Toko elektronik

Counter Hp

Kios bensin

Agen gas elpiji

Toko ATK, dll.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh perusahaan dagang yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos untuk membacanya.

Dapatkan penghasilan jutaan rupiah dalam sebulan dengan berjualan tanpa modal. Caranya langsung saja daftar menjadi reseller Evermos sekarang juga!

Karena bukan hanya tanpa modal, Anda juga tidak perlu ribet untuk urus packing dan pengirimannya, karena sudah dilakukan oleh pihak Evermos.

Tunggu apalagi? Langsung saja klik tombol di bawah ini untuk daftar dan ikuti langkah-langkahnya.

MULAI JUALAN SEKARANG

×
slot88