Inilah Contoh Perbuatan Syirik yang Harus Dihindari

Contoh perbuatan syirik – Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang seseorang tidak sengaja melakukan hal-hal syirik, baik syirik kecil maupun syirik besar.

Oleh karena itu sebagai seorang Muslim yang taat, hendaklah berhati-hati dalam berucap maupun melakukan sesuatu.

Karena Allah sangat tidak menyukai hal syirik dan dosa syirik sangat sulit diampuni oleh Allah SWT.

Namun, apa sajakah contoh perbuatan syirik? Berikut ini adalah hal-hal yang menjadikan seseorang syirik yang harus dihindari dan apa saja balasan dosanya?

Contoh Perbuatan Syirik, Apa Itu Syirik?

Contoh Perbuatan Syirik
Sumber: google.com/bersosial

Dalam islam syirik adalah suatu perbuatan menyekutukan Allah atau menduakan Allah SWT dalam rububiyahNya, uluhiyahNya, Asma atau nama Allah, maupun sifatnya.

Tanda-tanda kesyirikan yang paling mencolok dan sesuai dengan perkataan Al Quran adalah berjalan bukan di jalan Allah SWT, keagungan dan kehinaan diri digantungkan kepada selain Allah SWT, menjalankan hukum yang diproduksi selain Allah SWT.

Selain itu, orang yang syirik menjalankan serikat dengan selain-Nya, menyongkong kegiatan yang tidak diridhai Allah SWT, gentar terhadap selain-Nya, serta berusaha demi selain Allah SWT.

Inilah Contoh Perbuatan Syirik yang Harus Dihindari

Contoh Perbuatan Syirik
Sumber: google.com/bersosial

Ada beberapa contoh perbuatan syirik yang harus Anda hindari dan jauhi, berikut ini adalah contoh perbuatan syirik:

1. Menyembah selain Allah

Syirik yang paling besar dan dosa yang sangat besar adalah syirik dalam hal menyembah selain Allah SWT.

Seorang yang beragama Islam ketika mengucapkan dua kalimat syahadat artinya bersumpah bahwa tuhan itu hanya ada satu, yakni Allah SWT.

Oleh karena itu jika ada orang yang menyembah selain Allah, maka sudah ingkar dari sumpahnya dan tidak akan diampuni dosanya kecuali ia bersungguh-sungguh bertaubat.

Contohnya adalah menyembah patung atau berhala, menyembah sesuatu yang magis, menyembah kuburan, batu, kayu atau manusia yang dianggap tuhan olehnya.

Orang-orang seperti itu meyakini bahwa apa yang mereka sembah selain Allah memiliki kekuatan yang bisa memberikan mereka kekuatan.

Selain itu contoh syirik besar ini adalah orang yang murtad dari Islam, misalnya pindah agama dari Islam ke agama lain.

Ini adalah syirik yang paling besar dan sangat dibenci oleh Allah SWT, bahkan dosanya tidak akan diampuni selain ia bertaubat kepada Allah SWT.

2. Menganggap manusia sebagai Tuhan

Kemudian contoh perbuatan syirik yang lain adalah menganggap manusia sebagai tuhan atau menuhankan manusia.

Menuhankan manusia artinya mempercayai bahwa manusia tersebut memiliki sifat yang sama dengan Allah SWT.

Misalnya percaya pada manusia tersebut bisa menghidupkan dan mematikan manusia, memberikan kebaikan dan keburukan kepada manusia.

Selain itu menuhankan manusia juga pernah terjadi seperti kisah Firaun dan pengikutnya. Firaun menganggap dirinya sebagai tuhan dan ingin disembah.

Kemudian contoh perbuatan syirik ini seperti pemuka agama, ulama, pendeta, atau seseorang yang menjadi idola, dan masih banyak lagi.

Dalam ajaran ilmu Tauhid, terlalu mengagungkan atau mendewakan seseorang itu dinamakan Ghuluw.

Artinya, keterlaluan dalam mengagungkan dan meninggikan derajat makhluk sehingga ditempatkan pada kedudukan yang bukan sepatutnya menempati kedudukan itu kecuali Allah.

3. Menyekutukan Allah

Perbuatan syirik selanjutnya adalah menyekutukan Allah SWT. Dalam hal menyekutukan Allah artinya percaya bahwa ada hal lain yang dianggap sama seperti Allah dan memiliki sifat yang sama dengan Allah.

Perbuatan ini yang kadang tak sengaja dilakukan oleh manusia. Padahal menyekutukan Allah adalah sesuatu yang sangat dilarang.

Meskipun dosa perbuatan ini tidak sebesar dosa murtad atau menyembah selain Allah, namun tetap saja harus dihindari dan berhati-hati.

Itulah tiga contoh perbuatan syirik yang bisa saja menjerumuskan Anda ke dalam dosa yang sangat besar, maka berhati-hatilah dalam berucap dan melakukan sesuatu.

Contoh Perbuatan Syirik, Apa Bedanya dengan Musyrik?

Contoh Perbuatan Syirik
Sumber: google.com/bersosial

Berbicara soal syirik, pasti sangat berkaitan dengan musyrik,  lantas apa yang dimaksud dengan musyrik?

Musyrik adalah orang yang menyamakan Allah SWT dengan selain Allah dalam hal-hal yang berkaitan dengan kekhususan Allah.

Musyrik juga diartikan sebagai orang yang memalingkan sesuatu kepada selain Allah.

Orang yang musyrik adalah mereka yang mempersekutukan Allah baik dalam bentuk I’tikad (kepercayaan), ucapan, maupun dalam bentuk amal perbuatan.

Orang yang musyrik memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memalingkan bentuk ibadah kepada selain Allah SWT.
  2. Tujuan beribadah adalah untuk selain Allah SWT.
  3. Menaati selain Allah SWT.
  4. Menyamakan dengan selain Allah SWT dalam hal kecintaan.

Jadi, syirik dan musyrik memang ada kemiripan, namun dosa syirik jauh lebih besar. Terlepas dari itu keduanya sama-sama harus dihindari.

Dalil Tentang Syirik dan Musyrik

dalil
Sumber: shutterstock.com

Berikut ini adalah beberapa dalil yang menjelaskan tentang syirik dan musyrik:

1. Surat Al-Baqarah ayat 21-22

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ * الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Wahai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (21) (Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan dan langit sebagai atap bagimu, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan (hujan) itu Dia hasilkan buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu menjadikan tandingan-tandingan bagi Allah sedang kamu mengetahui. (22) – (Q.S Al-Baqarah: 21-22).

2. Surat Ali Imran ayat 64

قُلْ يَا أَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ

Artinya: “Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab, marilah kita menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, yaitu bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukanNya dengan sesuatupun, dan kita tidak menjadikan satu sama lain sebagai tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang Muslim.” – (Q.S Ali Imran: 64).

Demikianlah pembahasan mengenai contoh perbuatan syirik dan musyrik yang harus dihindari. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin mendapatkan dan membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan untuk kunjungi selalu situs Blog Evermos.

Anda juga bisa menambah pemasukan Anda setiap bulannya hanya dengan modal HP dan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun. 

Caranya sangat mudah, Anda bisa bergabung menjadi reseller Evermos dan mendapatkan keuntungan serta keberkahan.

Penasaran dan tertarik untuk bergabung? Klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88