6 Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Berbagai Tema, tentang Lingkungan Hingga Kesehatan

Dalam pelajaran bahasa Indonesia, paragraf argumentasi memang menjadi materi yang menarik dan cukup menantang pelajar. Jika Anda sedang mencari contoh paragraf argumentasi singkat, mari simak selengkapnya di artikel ini!

Paragraf argumentasi adalah rangkaian tulisan yang berisi beberapa alasan, bukti, serta contoh yang dapat mempengaruhi pendapat ataupun tindakan pembaca. 

Biasanya, di sekolah, paragraf argumentasi menjadi salah satu tugas pelajar yang dibuat menjadi sebuah karya tulis.

Sebelum mengetahui contoh-contohnya, mari pahami terlebih dahulu langkah-langkah dalam menyusun paragraf argumentasi.

Baca juga: 12 Contoh Dialog Offering Help Beserta Artinya, Mudah Dibaca dan Dipahami!

Langkah Langkah Menulis Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi singkat
Sumber: pexels.com

Dalam menulis paragraf argumentasi, Anda perlu mempertimbangkan hal-hal penting. Untuk itu, berikut ini adalah langkah langkah menulis paragraf argumentasi yang benar:

1. Tentukan Tema dan Topik yang Ingin Dibahas 

Pertama-tama, mari tentukan tema dan topik yang akan Anda bahas. Tema sifatnya lebih umum, misalnya tema lingkungan, pendidikan, kesehatan, olahraga, dan lain sebagainya.

Sedangkan topik merupakan pembahasan spesifik dari tema, misalnya isu sampah di lingkungan, pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dan lain-lain.

2. Tentukan Tujuan Penulisan Paragraf Argumentasi

Selanjutnya, tentukan tujuan argumentasinya. Apakah bertujuan untuk meyakinkan pembaca, atau mencari dukungan pembaca berupa tindakan. 

Contohnya, topik dari paragraf argumentasi adalah mengenai kebiasaan buang sampah sembarangan. 

Maka, tulisan yang Anda buat bisa bertujuan untuk mendapatkan dukungan pembaca agar lebih bijak serta saling mengingatkan masyarakat untuk lebih tertib dalam membuang sampah. 

3. Kumpulkan Bukti Sesuai Data dan Fakta

Setelah menentukan tujuan, kemudian kumpulkan bukti yang kredibel dan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.  

Anda dapat mengumpulkan data-data statistik dari lembaga survei resmi, atau sumber-sumber kredibel lainnya yang dapat dibuktikan kebenarannya. 

4. Tentukan Pola Pengembangan Paragraf

Untuk memudahkan Anda mengumpulkan sumber data yang kredibel untuk menulis paragraf argumentasi, maka Anda perlu menetapkan pola pengembangan paragraf terlebih dahulu. 

Ada beberapa jenis pola pengembangan paragraf yaitu, paragraf argumentasi sebab akibat, paragraf argumentasi perbandingan, paragraf argumentasi persamaan, paragraf autoritas, dan paragraf kesaksian. 

5. Eksekusi Menjadi Rangkaian Tulisan yang Utuh

Setelah semua bahan tulisan yang Anda perlukan sudah terkumpul, maka mulailah membuat kerangka paragraf dan mengembangkannya menjadi suatu tulisan yang utuh. 

Kerangka paragraf terdiri dari gagasan utama dan gagasan pendukung. Maka, rangkailah tulisan Anda, dimulai dari pernyataan penulis hingga temuan fakta dan data. 

Selain paragraf argumentasi, tugas di sekolah yang cukup menantang adalah praktek dialog bahasa Inggris. Anda bisa baca contohnya disini: 12 Contoh Dialog Bahasa Inggris 2 Orang yang Singkat dan Artinya.

Contoh Paragraf Argumentasi Singkat Berbagai Tema

contoh paragraf argumentasi singkat
Sumber: pexels.com

1. Contoh Paragraf Argumentasi Singkat tentang Lingkungan 

Topik: Pencemaran Plastik pada Lingkungan 

Pencemaran plastik adalah masalah serius yang mengancam lingkungan Indonesia saat ini. Menurut data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), sampah plastik berada di urutan kedua yang mendominasi timbulan sampah sebesar 18,55%. 

Data dari SIPSN ini membuktikan bahwa kita sebagai masyarakat Indonesia, harus peduli terhadap pencemaran plastik. Sebab, plastik adalah sampah yang membutuhkan hingga ratusan tahun agar bisa terurai. 

Pencemaran plastik pada lingkungan Indonesia ini akan berdampak pada banyak hal, selain yang utama pastinya merusak ekosistem laut, pencemaran plastik juga dapat berakibat buruk kepada kesehatan manusia. 

Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia, kita harus bertindak dari sekarang untuk mengatasi pencemaran plastik ini.

Cara sederhana yang dapat kita lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, hingga mendaur ulang plastik yang ada. 

Topik: Perubahan Iklim yang Berdampak Pada Lingkungan 

Perubahan iklim merupakan krisis global yang tidak hanya mempengaruhi negara-negara maju, tetapi juga berdampak serius pada lingkungan di Indonesia.

Data statistik menunjukkan bahwa suhu rata-rata udara di Indonesia telah mengalami peningkatan signifikan selama beberapa dekade terakhir. 

Barangkali, sebagai masyarakat Indonesia Anda juga turut merasakannya akhir-akhir ini. Cuaca yang tidak menentu namun lebih jarang turun hujan.

Sehingga, tidak sedikit dari kita yang jatuh sakit karena cuaca yang kurang bersahabat. 

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai bagian dari Indonesia?

Beberapa hal bisa kita lakukan untuk membantu bumi yaitu, mengurangi emisi gas rumah kaca, melindungi hutan, hemat listrik, penghijauan lingkungan, hingga memilih produk yang ramah lingkungan. 

2. Contoh Paragraf Argumentasi Singkat tentang Narkoba 

Topik: Pencegahan Sejak Dini agar Tidak Terpapar Narkoba

contoh paragraf argumentasi singkat
Sumber: blog.evermos.com

3. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan Singkat

Topik: Peran Literasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Hingga saat ini, tingkat literasi masyarakat Indonesia masih belum merata. UNESCO menyebutkan, Indonesia berada di peringkat kedua dari bawah soal literasi dunia.

Artinya, minat baca masyarakat masih sangatlah rendah. Rendahnya literasi ini tentu sangat berdampak pada aspek pendidikan di Indonesia, terutama pada kelompok generasi muda.

Akibat dari rendahnya literasi ini salah satunya anak-anak yang kesulitan mendapatkan akses sumber daya pendidikan yang baik. Selain itu, juga akan berdampak pada akademik dan kemampuan menganalisis mereka.

Dari isu tersebut, memperkuat pernyataan bahwa peran literasi dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan aspek yang tidak bisa kita abaikan hingga sekarang.

Topik: Ketimpangan Pendidikan di Indonesia

contoh paragraf argumentasi singkat
Sumber: blog.evermos.com

4. Contoh Paragraf Argumentasi tentang Kesehatan Singkat

Topik: Bahaya Konsumsi Junk Food Secara Berlebihan 

Mengkonsumsi junk food secara berlebihan sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita. Data dari WHO menunjukkan hubungan langsung antara konsumsi makanan cepat saji dan peningkatan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Tingkat obesitas yang meningkat pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, seiring dengan konsumsi junk food yang tinggi.

Apalagi, gula tambahan dalam minuman bersoda dan makanan cepat saji juga berkontribusi pada diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, dalam rangka menjaga kesehatan, penting untuk menghindari konsumsi berlebihan junk food dan beralih ke makanan sehat yang kaya nutrisi.

Itulah beberapa contoh paragraf argumentasi singkat yang dapat Anda jadikan referensi.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda! Jika ingin membaca informasi menarik dan bermanfaat lainnya, Anda bisa langsung kunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda juga bisa cari tahu peluang mendapatkan penghasilan tambahan hanya di rumah saja dengan menjadi reseller tanpa modal di Evermos.

Jika Anda adalah seorang mahasiswa ataupun pelajar, Anda juga bisa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan, platform ini sangat cocok untuk Anda!

Silakan klik tombol di bawah ini untuk informasi penawaran lebih lanjut!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)