16 Contoh Kesan dan Pesan Singkat Mahasiswa untuk Kampus, Penuh Makna!

Sedang mencari contoh kesan dan pesan singkat untuk wisudawan dan kegiatan lainnya? Simak ulasan lengkap artikel ini mengenai contoh kesan dan pesan berbagai tema!

Kesan dan pesan merupakan dua hal yang saling berkaitan dan sering digunakan untuk menggambarkan respon balik seseorang terhadap suatu situasi.

Kesan adalah perasaan seseorang setelah melihat, mendengar serta melalui suatu hal. Sedangkan pesan adalah masukan, nasihan atau amanat yang ingin ia sampaikan terhadap hal tersebut. 

Beberapa orang bisa dengan spontan menyampaikan kesan dan pesan, namun juga banyak yang kebingungan dan gugup ketika tiba-tiba harus memberikan pesan kesan.

Karena itulah perlu adanya inspirasi contoh kesan dan pesan yang menarik, berikut ini.

Baca juga: 66 Pantun Penutup Acara untuk MC yang Lucu, Singkat, Berkesan

Cara Menyampaikan Kesan dan Pesan yang Baik

contoh kesan dan pesan mahasiswa
Sumber: blog.evermos.com

Bagaimana cara menyampaikan kesan dan pesan yang baik? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Berikan Kesan dan Pesan yang Jujur 

Sampaikanlah kesan dan pesan sesuai dengan apa yang kamu rasakan dan alami ketika mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, kamu harus menghindari pesan dan kesan yang berlebihan ataupun terkesan terlalu negatif. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap citra kamu, lho!

2. Bersikap Sopan dan Santun 

Ketika menyampaikan kesan dan pesan di depan publik, bersikaplah dengan sopan. Selain itu, hindari menggunakan kata-kata kasar yang dapat menyakiti perasaan orang lain. 

3. Sampaikan dengan Singkat, Padat dan Jelas 

Cara ketiga yang harus kamu lakukan adalah menyampaikan kesan dan pesan dengan singkat, padat, serta jelas.

Jangan bertele-tele dan membuat orang lain kebingungan dengan apa yang kamu sampaikan. 

4. Sampaikan Kritik dan Saran yang Membangun

Terakhir yaitu sampaikan kritik dan saran yang membangun dan berkaitan dengan hal-hal yang menurut kamu lebih baik jika diadakan atau ditiadakan. 

Sehingga, sampaikanlah kekurangan tersebut disertai dengan tujuan agar kedepannya dapat jauh lebih baik lagi. 

Selain cara di atas, memberikan kesan dan pesan juga dapat diawali dengan pantun perkenalan diri. Temukan inspirasinya disini: 40 Pantun Perkenalan Diri yang Lucu dan Menarik.

Contoh Kesan dan Pesan untuk Kampus

Berikut ini adalah berbagai contoh kesan dan pesan untuk universitas atau kampus. Kamu dapat menyesuaikannya dengan konteks kegiatan yang telah kamu ikuti, ya!

1. Contoh Kesan dan Pesan Mahasiswa Baru 

contoh kesan dan pesan mahasiswa baru
Sumber: blog.evermos.com

a. Kesan dan Pesan untuk Mahasiswa Baru Saat Ospek

  • Kesan: Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Universitas ini, dan disambut baik oleh kakak-kakak tingkat.Selama beberapa hari mengikuti kegiatan orientasi perkenalan kampus atau ospek, saya jadi belajar dan mengetahui banyak hal mengenai dunia perkuliahan.
  • Pesan: Meskipun kegiatan ospek ini telah berakhir, namun saya berharap agar silaturahmi dengan teman-teman dari jurusan lain dan kakak panitia tetap terjaga. 

b. Pesan dan Kesan Menjadi Mahasiswa Baru di Kampus

  • Kesan: Kesan saya menjadi mahasiswa baru tentunya sangat senang dan excited.Karena saya membayangkan perkuliahan adalah fase baru yang sangat berbeda dari sekolah yang sudah saya emban selama 12 tahun lamanya.
  • Pesan: Adapun pesan saya lebih teruntuk kepada teman-teman mahasiswa baru, agar sama-sama semangat untuk melalui dunia perkuliahan ini. Semoga kita bisa lulus bareng-bareng ya!

c. Pesan dan Kesan untuk Kakak Pendamping Ospek

  • Kesan: Setelah mengikuti kegiatan orientasi perkenalan kampus beberapa hari ini, saya merasa sangat senang dengan rangkaian kegiatannya.Selain itu, saya juga terkesima kepada para panitia yang profesional, selalu siap membimbing, dan cekatan dalam mengelola kegiatan ospek ini.
  • Pesan: Namun, harapan saya semoga kegiatan ospek tahun depan dan seterusnya dapat lebih tepat waktu untuk dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang tertera. 

d. Pesan dan Kesan untuk Kampus dari Mahasiswa Baru

  • Kesan: Ketika menginjakkan kaki pertama kali di kampus ini sebagai mahasiswa baru, ada perasaan bangga di diri ini.Karena berhasil meraih impian saya untuk bisa berkuliah di kampus yang saya idam-idamkan ini. Apalagi, ketika melihat lingkungan kampus yang sangat asri dan nyaman.
  • Pesan: Harapan saya semoga kampus dapat memberikan peluang bagi mahasiswa yang berpotensi agar dapat mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang apapun. 

Baca juga: 15 Contoh Kartu Ucapan Selamat Wisuda dalam Bahasa Inggris dan Artinya.

2. Contoh Pesan dan Kesan Wisudawan

contoh kesan dan pesan wisudawan
Sumber: blog.evermos.com

a. Kesan dan Pesan Wisudawan Selama Berkuliah di Kampus

Berikut ini adalah contoh pesan kesan wisudawan saat lulus dari perkuliahan.

  • Kesan: Banyak hal yang menyenangkan saya dapatkan ketika berkuliah di kampus ini. Teman-teman yang baik, dosen yang sangat membimbing, dan pastinya ilmu serta pengalaman yang tidak tergantikan. 
  • Pesan: Semoga walaupun saya sudah lulus dari kampus ini, namun pihak kampus juga masih memberikan ruang bagi para alumni untuk berkarir dan menuangkan kompetensinya di Universitas. 

b. Pesan dan Kesan Wisudawan untuk Teman Angkatan 

  • Kesan: Terima kasih untuk 4 tahun yang sangat penuh dengan suka duka, canda tawa, dan pengalaman berharga. Saya sangat senang bisa mengenal teman-teman jurusan yang luar biasa hebat.Mungkin saya tidak dapat berdiri disini sebagai wisudawan jika dulunya teman-teman kuliah tidak saling merangkul untuk serius dalam berkuliah dan menyelesaikannya dengan baik.
  • Pesan: Pesan saya kepada teman-teman angkatanku tercinta, semoga sukses di dunia kerja. Kejarlah impian kalian setinggi mungkin, karena saya yakin kalian semua adalah orang-orang hebat yang pantas mendapatnya. 

c. Kesan dan Pesan Alumni Universitas 

  • Kesan: Selama saya menjadi mahasiswa di Universitas XYZ ini, saya telah belajar banyak hal, melalui banyak pengalaman berharga, dan mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa.Saya sangat berterima kasih kepada Universitas XYZ karena telah memberikan fasilitas yang sangat baik untuk menopang kemampuan mahasiswanya.
  • Pesan: Pesan dan harapan saya agar Universitas XYZ kedepannya masih terus menjadi kampus terbaik untuk mahasiswanya dengan fasilitas yang bagus juga. 

d. Contoh Pesan untuk Kampus Saat Kegiatan Wisuda

  • Kesan: Kesan saya pertama kali hadir di wisuda ini tentunya bangga dan senang. Karena akhirnya saya berada di gedung ini untuk melepaskan status mahasiswa saya secara resmi. Saya terkesima dengan bagaimana pihak kampus mempersiapkan acara wisuda ini. 
  • Pesan: Pesan saya terkhusus untuk teman-teman saya yang sedang berjuang untuk ada di hari wisuda, semangat dan pantang menyerah. Saya yakin tanpa menunggu lama, kalian juga akan ada di titik ini di waktu yang tepat. 

e. Contoh Pesan dan Kesan Wisudawan Lucu

  • Kesan: Kesan saya pada hari kelulusan ini tentunya sangat senang karena akhirnya status saya sebagai donatur kampus selesai juga. Saya tidak lagi membebani orang tua untuk bayar UKT saya.
  • Pesan: Pesan saya khusus untuk donatur-donatur kampus seperti saya ini, yuk semangat tinggal skripsi kok teman-teman. Saya aja bisa wisuda kok kalian enggak.

f. Contoh Kesan dan Pesan untuk Kampus Tercinta

  • Kesan: Kampus tercinta, selama empat tahun ini, kamu telah menjadi rumah kedua bagiku. Aku akan selalu merindukan masa indah dan kenangan tak terlupakan yang kita bagi bersama. Terima kasih atas semua yang telah kamu berikan!
  • Pesan:Kepada kampus tercinta, aku akan membawa semangatmu, pelajaranmu, dan kenangan indah dari sini ke dunia luar. Sampai jumpa, dan terima kasih atas semuanya!

Baca juga: 12 Contoh Dialog Bahasa Inggris 2 Orang Singkat Beserta Artinya.

3. Contoh Kesan dan Pesan untuk Dosen

contoh kesan dan pesan mahasiswa
Sumber: blog.evermos.com

a. Kesan dan Pesan untuk Dosen Mengajar

  • Kesan: Saya sangat berterima kasih kepada Ibu/Bapak dosen yang telah dengan tulus memberikan ilmunya untuk mengajar di kelas ini.Metode belajar yang Ibu/Bapak terapkan di kelas ini sangat cocok dengan kita sehingga kita juga mudah memahami ilmu yang disampaikan.
  • Pesan: Semoga Ibu/Bapak dosen selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Juga diberikan kekuatan untuk terus mengajar dengan cara terbaiknya. 

b. Kata-Kata Pesan dan Kesan untuk Dosen di Kuliah

  • Kesan: Selama saya mengikuti kelas Bapak/Ibu sebagai dosen di mata kuliah ini, saya sangat senang dan terkesima dengan ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.Karena melalui kelas ini, saya jadi tahu banyak hal yang bagi saya sangat bermanfaat untuk bekal saya di masa yang akan datang.
  • Pesan: Semoga Bapak/Ibu akan selalu ikhlas dan tulus untuk mengajarkan kami serta mahasiswa di kelas lainnya.Selain itu, semoga Bapak/Ibu juga diberikan kesabaran dalam menghadapi berbagai macam sifat mahasiswa.

c. Pesan Kesan Wisudawan untuk Dosen Pembimbing Skripsi

  • Kesan: Saya sangat bersyukur bisa bertemu dosen pembimbing yang sangat baik, lembut dan ramah seperti Anda. Berkat bimbingan Anda, saya belajar banyak hal selama mengerjakan skripsi ini.
  • Pesan: Semoga diberikan panjang umur, sehat selalu, semakin sukses kedepannya dan tetap menjadi kebanggaan untuk penerus generasi selanjutnya.

d. Ungakapan Kesan dan Pesan untuk Dosen Kuliah

  • Kesan: Terima kasih saya ucapkan kepada para dosen yang telah membimbing dan mengajar dengan baik di perkuliahan ini.Bapak/Ibu dosen berperan besar pada dunia perkuliahan saya. Saya sangat senang bisa menjadi salah satu mahasiswa yang Bapak/Ibu dosen ajar.
  • Pesan: Saya berpesan agar Bapak/Ibu tidak pernah bosan untuk menyebarkan ilmu dengan tulus dan ikhlas. Selain itu, semoga Bapak/Ibu dosen diberikan kesehatan untuk terus mengajar kami.

4. Pesan dan Kesan Selama Kuliah

a. Contoh Kesan dan Pesan Selama Kuliah

  • Kesan: Bagi saya berkuliah memberikan pengalaman belajar yang tak ternilai, memperluas wawasan, dan memberi kesempatan untuk bertemu orang-orang dengan berbagai latar belakang.
  • Pesan: Pesan saya yaitu agar kita terus dapat menggunakan waktu dengan efisien untuk belajar, mengembangkan keterampilan, dan memperluas jaringan sosial.

b. Kesan dan Pesan untuk Kampus Kesehatan

  • Kesan: Saya memperoleh pengalaman dan ilmu yang sangat berharga dari kampus kesehatan ini. Seluruh pengajar kampus ini sangat tulus memberikan ilmunya kepada kami.
  • Pesan: Pesan saya khususnya kepada teman-teman mahasiswa seperjuangan, agar senantiasa menjadi tenaga kesehatan yang dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Demikianlah ulasan mengenai contoh kesan dan pesan, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi insiprasi untuk kamu!

Apabila ingin membaca informasi lainnya, kamu bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, kamu dapat kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal.

Apalagi, jika kamu tertarik memulai usaha sebagai pebisnis pemula, maka kamu bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)