12 Contoh Kesan dan Pesan Singkat Mahasiswa untuk Kampus, Penuh Makna!

Sedang mencari contoh kesan dan pesan singkat dalam mengikuti kegiatan di sekolah hingga kampus? Simak ulasan lengkap artikel ini mengenai kesan dan pesan, serta berbagai contoh yang dapat kamu gunakan!

Ketika mengikuti suatu kegiatan atau acara, beberapa orang kerap diminta untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan tersebut. Namun, terkadang karena tidak adanya persiapan, alhasil banyak yang bingung ataupun panik. 

Hal ini akan membuat momen menyampaikan kesan dan pesan tidak berjalan dengan baik. Padahal, menyampaikan kesan dan pesan adalah momen yang cukup penting dan ditunggu-tunggu. 

Untuk itu, sebelum diminta memberikan kesan dan pesan, ada baiknya kamu memahami apa itu kesan dan pesan serta mengetahui contoh-contohnya. Sehingga, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik dan membuat orang-orang terkesan. 

Baca juga: 66 Pantun Penutup Acara untuk MC yang Lucu, Singkat, Berkesan

Apa itu Kesan dan Pesan?

Kesan dan pesan merupakan dua hal yang berhubungan erat, dan sering digunakan untuk menggambarkan respon balik seseorang terhadap suatu situasi. Misalnya, ketika selesai mengikuti perlombaan, lulus dari sekolah, lulus perkuliahan, hingga berbagai situasi lainnya. 

Perbedaan kesan dan pesan dapat kamu pahami dari definisinya. Kesan juga bisa disebut sebagai impresi. Kesan adalah sebuah perasaan yang seseorang rasakan setelah ia melihat, mendengar, serta melalui suatu hal. 

Sedangkan pesan juga bisa disebut sebagai umpan balik. Pesan adalah suatu masukan, nasihat, atau amanat yang seseorang sampaikan setelah ia melalui suatu hal dengan tujuan agar si penerima pesan dapat lebih baik lagi kedepannya. 

Menyampaikan kesan dan pesan ini haruslah dengan jujur dan objektif. Untuk itu, kamu juga perlu memahami bagaimana cara menyampaikan kesan dan pesan yang baik, berikut ini. 

Bagaimana Cara Menyampaikan Kesan dan Pesan yang Baik?

1. Memberikan Kesan dan Pesan yang Jujur dan Objektif

Sampaikanlah kesan dan pesan sesuai dengan apa yang kamu rasakan dan alami ketika mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, kamu harus menghindari pesan dan kesan yang berlebihan ataupun terkesan terlalu negatif. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap citra kamu, lho!

2. Bersikap Sopan dan Santun 

Ketika menyampaikan kesan dan pesan di depan publik, bersikaplah dengan sopan. Selain itu, hindari menggunakan kata-kata kasar yang dapat menyakiti perasaan orang lain. 

3. Sampaikan dengan Singkat, Padat, dan Jelas 

Cara ketiga yang harus kamu lakukan adalah menyampaikan kesan dan pesan dengan singkat, padat, serta jelas. Jangan bertele-tele dan membuat orang lain kebingungan dengan apa yang kamu sampaikan. 

4. Sampaikan Kritik dan Saran yang Membangun

Terakhir yaitu sampaikan kritik dan saran yang membangun. Karena kesan dan pesan adalah bagian dari pengalaman emosional kamu dalam mengikuti suatu kegiatan, maka biasanya ada hal-hal yang menurutmu lebih baik jika diadakan atau ditiadakan. 

Sehingga, sampaikanlah kekurangan tersebut disertai dengan tujuan agar kedepannya dapat jauh lebih baik lagi. 

Selain beberapa cara di atas, saat menyampaikan kesan dan pesan, kamu juga dapat membukanya dengan pantun perkenalan diri. Temukan inspirasi pantun perkenalan diri disini: 40 Pantun Perkenalan Diri yang Lucu dan Menarik, Berikan Kesan Pertama yang Unik! 

Kumpulan Contoh Kesan dan Pesan untuk Kampus atau Universitas

contoh kesan dan pesan
Sumber: canva.com

1. Contoh Kesan dan Pesan Mahasiswa Baru Ketika

a. Kesan dan Pesan Mahasiswa Baru Saat Ospek 

  • Kesan: Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari Universitas ini, dan disambut baik oleh kakak-kakak tingkat. Selama beberapa hari mengikuti kegiatan orientasi perkenalan kampus atau ospek, saya jadi belajar dan mengetahui banyak hal mengenai dunia perkuliahan. 
  • Pesan: Meskipun kegiatan ospek ini telah berakhir, namun saya berharap agar silaturahmi dengan teman-teman dari jurusan lain dan kakak panitia tetap terjaga. 

b. Kata-Kata Kesan dan Pesan Menjadi Mahasiswa Baru 

  • Kesan: Kesan saya menjadi mahasiswa baru tentunya sangat senang dan excited. Karena saya membayangkan perkuliahan adalah fase baru yang sangat berbeda dari sekolah yang sudah saya emban selama 12 tahun lamanya. 
  • Pesan: Adapun pesan saya lebih teruntuk kepada teman-teman mahasiswa baru, agar sama-sama semangat untuk melalui dunia perkuliahan ini. Semoga kita bisa lulus bareng-bareng ya!

c. Pesan dan Kesan untuk Kakak Pendamping Ospek

  • Kesan: Setelah mengikuti kegiatan orientasi perkenalan kampus beberapa hari ini, saya merasa sangat senang dengan rangkaian kegiatannya. Selain itu, saya juga terkesima kepada para panitia yang profesional, selalu siap membimbing, dan cekatan dalam mengelola kegiatan ospek ini. 
  • Pesan: Namun, harapan saya semoga kegiatan ospek tahun depan dan seterusnya dapat lebih tepat waktu untuk dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang tertera. 

d. Pesan dan Kesan untuk Kampus dari Mahasiswa Baru

  • Kesan: Ketika menginjakkan kaki pertama kali di kampus ini sebagai mahasiswa baru, ada perasaan bangga di diri ini karena berhasil meraih impian saya untuk bisa berkuliah di kampus yang saya idam-idamkan ini. Apalagi, ketika melihat lingkungan kampus yang sangat asri dan nyaman. 
  • Pesan: Harapan saya semoga kampus dapat memberikan peluang bagi mahasiswa yang berpotensi agar dapat mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang apapun. 

2. Contoh Pesan dan Kesan Wisudawan 

a. Kesan dan Pesan Wisudawan Selama Berkuliah di Kampus

  • Kesan: Banyak hal yang menyenangkan saya dapatkan ketika berkuliah di kampus ini. Teman-teman yang baik, dosen yang sangat membimbing, dan pastinya ilmu serta pengalaman yang tidak tergantikan. 
  • Pesan: Semoga walaupun saya sudah lulus dari kampus ini, namun pihak kampus juga masih memberikan ruang bagi para alumni untuk berkarir dan menuangkan kompetensinya di Universitas. 

b. Pesan dan Kesan Wisudawan untuk Teman Angkatan 

  • Kesan: Terima kasih untuk 4 tahun yang sangat penuh dengan suka duka, canda tawa, dan pengalaman berharga. Saya sangat senang bisa mengenal teman-teman jurusan yang luar biasa hebat. Mungkin saya tidak dapat berdiri disini sebagai wisudawan jika dulunya teman-teman kuliah tidak saling merangkul untuk serius dalam berkuliah dan menyelesaikannya dengan baik. 
  • Pesan: Pesan saya kepada teman-teman angkatanku tercinta, semoga sukses di dunia kerja. Kejarlah impian kalian setinggi mungkin, karena saya yakin kalian semua adalah orang-orang hebat yang pantas mendapatnya. 

c. Pesan dan Kesan Wisudawan untuk Universitas

  • Kesan: Selama saya menjadi mahasiswa di Universitas XYZ ini, saya telah belajar banyak hal, melalui banyak pengalaman berharga, dan mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa. Saya sangat berterima kasih kepada Universitas XYZ karena telah memberikan fasilitas yang sangat baik untuk menopang kemampuan mahasiswanya.  
  • Pesan: Pesan dan harapan saya agar Universitas XYZ kedepannya masih terus menjadi kampus terbaik untuk mahasiswanya dengan fasilitas yang bagus juga. 

d. Kata-Kata Pesan dan Kesan Wisudawan Pada Kegiatan Wisuda

  • Kesan: Kesan saya pertama kali hadir di wisuda ini tentunya bangga dan senang. Karena akhirnya saya berada di gedung ini untuk melepaskan status mahasiswa saya secara resmi. Saya terkesima dengan bagaimana pihak kampus mempersiapkan acara wisuda ini. 
  • Pesan: Pesan saya terkhusus untuk teman-teman saya yang sedang berjuang untuk ada di hari wisuda, semangat dan pantang menyerah. Saya yakin tanpa menunggu lama, kalian juga akan ada di titik ini di waktu yang tepat. 

3. Contoh Kesan dan Pesan untuk Dosen

a. Kesan dan Pesan untuk Dosen Mengajar

  • Kesan: Saya sangat berterima kasih kepada Ibu/Bapak dosen yang telah dengan tulus memberikan ilmunya untuk mengajar di kelas ini. Metode belajar yang Ibu/Bapak terapkan di kelas ini sangat cocok dengan kita sehingga kita juga mudah memahami ilmu yang disampaikan.  
  • Pesan: Semoga Ibu/Bapak dosen selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan. Juga diberikan kekuatan untuk terus mengajar dengan cara terbaiknya. 

b. Kata-Kata Pesan dan Kesan untuk Dosen di Kuliah

  • Kesan: Selama saya mengikuti kelas Bapak/Ibu sebagai dosen di mata kuliah ini, saya sangat senang dan terkesima dengan ilmu yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami. Karena melalui kelas ini, saya jadi tahu banyak hal yang bagi saya sangat bermanfaat untuk bekal saya di masa yang akan datang.  
  • Pesan: Semoga Bapak/Ibu akan selalu ikhlas dan tulus untuk mengajarkan kami serta mahasiswa di kelas lainnya. Selain itu, semoga Bapak/Ibu juga diberikan kesabaran dalam menghadapi berbagai macam sifat mahasiswa. 

c. Kesan dan Pesan untuk Dosen Pembimbing Skripsi 

  • Kesan: Saya sangat bersyukur bisa bertemu dosen pembimbing yang sangat baik, lembut dan ramah seperti Anda. Berkat bimbingan Anda, saya belajar banyak hal selama mengerjakan skripsi ini.
  • Pesan: Semoga diberikan panjang umur, sehat selalu, semakin sukses kedepannya dan tetap menjadi kebanggaan untuk penerus generasi selanjutnya.

d. Ungakapan Kesan dan Pesan untuk Dosen Kuliah

  • Kesan: Terima kasih saya ucapkan kepada para dosen yang telah membimbing dan mengajar dengan baik di perkuliahan ini. Bapak/Ibu dosen berperan besar pada dunia perkuliahan saya. Saya sangat senang bisa menjadi salah satu mahasiswa yang Bapak/Ibu dosen ajar. 
  • Pesan: Saya berpesan agar Bapak/Ibu tidak pernah bosan untuk menyebarkan ilmu dengan tulus dan ikhlas. Selain itu, semoga Bapak/Ibu dosen diberikan kesehatan untuk terus mengajar kami.

Demikianlah ulasan mengenai contoh kesan dan pesan, semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi insiprasi untuk Anda! Apabila ingin membaca informasi lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, Anda dapat kunjungi Evermos untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal. Apalagi, jika Anda tertarik memulai usaha sebagai pebisnis pemula, maka Anda bisa memulainya sebagai reseller Evermos. Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan penawarannya!

YUK, GABUNG DISINI!