Contoh Kata Pengantar Berbagai Laporan yang Baik dan Benar

Dalam membuat suatu laporan kita akan membutuhkan kata pengantar. Kata pengantar biasanya menjadi bagian yang penting dalam penyusun sebuah dokumen. Apakah Sobat masih asing dalam membuatnya? Jangan khawatir, karena artikel kali ini akan membahas tentang kata pengantar dan contoh kata pengantar laporan yang benar.

Berbicara tentang kata pengantar kita juga perlu mengetahui definisi dan makna dari kata pengantar itu sendiri.

Hal ini bertujuan agar dapat memahami serta mampu menuliskan kata pengantar yang tepat sesuai dengan maksud penulis.

Apa yang Dimaksud Kata Pengantar

contoh kata pengantar laporan
Sumber: pexels.com

Kata pengantar adalah satu bagian awal atau pendahuluan karya tulis yang memuat beberapa bagian penting.

Dimana dalam kata pengantar ini terdapat pembukaan, isi dan penutup.

Sedangkan isi kata pengantar yaitu memuat hal-hal apa saja yang telah dilalui oleh penulis pada proses membuat laporan dan siapa saja pihak yang telah membantu penyusunan laporan tersebut.

Fungsi Kata Pengantar Pada Laporan

Adanya kata pengantar pada laporan juga menjadi pengantar sebelum menuju pembahasan laporan yang lebih rinci.

Serta memberikan gambaran umum tentang karya yang ditulis sehingga bisa meningkatkan minat para pembaca.

Sehingga Sobat perlu menuliskan kata pengantar yang baik dan benar serta menarik agar semakin besar kemungkinan menimbulkan rasa penasaran dari para pembaca.

Unsur Unsur Kata Pengantar

contoh kata pengantar laporan
Sumber: pexels.com

Sebagai penulis kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyusun dari kata pengantar.

Secara umum kata pengantar tersusun atas tiga bagian yaitu pembuka, isi dan penutup.

Blog Evermos mengutip dari Penerbitdeepublish pada (2/21) ini tentang apa saja unsur-unsur kata pengantar.

1. Menyampaikan Ucapan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

Pada bagian pembuka kata pengantar, biasanya berisi tentang ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Bagian ini juga ditulis pada paragraf pertama, nah agar dapat memahaminya berikut di bawah ini contoh kalimatnya:

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala atas karunia-Nya serta pertolongan-Nya sehingga penulis dapat berhasil menyusun karya tulis ini dengan judul skripsi “…..” “.

2. Menguraikan Tujuan Pembuatan Penulisan Karya Ilmiah

Setelah menuliskan ucapan syukur selanjutnya penulis juga menguraikan maksud tujuan penulis dalam membuat karya tulis pada paragraf kedua.

Agar dapat memahaminya simak contoh di bawah berikut.

“Tujuan penulis menyusun karya ilmiah ini semata-mata memenuhi kewajiban sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas mata kuliah Ilmu Politik dan Hukum”

3. Menerangkan Berapa Lamanya Waktu Penyusunan

Pada bagian berikutnya penulis menjelaskan berapa lamanya proses waktu penyusunan karya ilmiah.

Agar Sobat bisa memahaminya dapat melihat contoh kalimat di bawah berikut.

“Alhamdulillah selama dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis bisa menyelesaikannya dalam waktu tiga bulan.”

4. Menjelaskan Bantuan Selama Proses Penyusunan Karya Tulis

Pada pembuatan karya ilmiah pasti kita mendapatkan bala bantuan dari beberapa pihak.

Sebagai rasa syukur dan ucapan terimakasih, penulis bisa menjelaskan dukungan atau bimbingan dari pihak tertentu pada penulisan karya tulis.

Seperti apa contoh kata pengantar laporan tersebut? Berikut ini contohnya.

“Dalam penyusunan karya ilmiah ini, penulis mendapatkan bimbingan dari Dosen Bapak Deden.”

Kemudian lanjutkan dengan kalimat seperti di bawah berikut.

“Dengan selesaikan pada penulisan karya ilmiah ini, penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah berkenan membantu pada proses penyusunan hingga karya ilmiah ini berhasil di selesaikan.”

5. Menjelaskan Harapan Penulis dan Ketersediaan Menerima Saran & Kritik Pada Penulis

Dalam rincian kata pengantar berikut, penulis menyampaikan harapan pada karya tulis.

Kemudian dilanjutkan dengan menerangkan ketersediaan menerima kritik dan saran pada karya tulis.

“Dengan selesainya skripsi ini, penulis berharap bisa bermanfaat bagi segala pihak termasuk diantaranya pihak universitas, pihak yang diwawancarai serta instansi yang terkait. 

Penulis juga menyadari dalam proses penulisan dan penyusunan skripsi ini masih banyak kekurangan, baik dalam gaya bahasa atau dari teknik penulisan. Oleh karena itu, penulis sangat membuka kesempatan apabila pembaca mau memberikan kritik & saran, agar karya tulis ini dapat diperbaiki lebih sempurna.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh”

6. Mencantumkan Keterangan Tempat dan Waktu Dibuat

Sebagai penutup, penulis mencantumkan keterangan tempat dan waktu dibuatnya kata pengantar tersebut.

Tulis nama kota, tanggal, bulan, tahun serta cantumkan nama lengkap penulis pada paragraf terakhir.

Berikut adalah contoh kalimat keterangan tempat dan waktu dibuat.

“Bandung, 28 Februari 2023

 

Penulis”

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar Modul

Kata Pengantar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah penulis panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt.  atas karunia dan segala rahmat, taufik dan hidayah-Nya sehingga penyusun akhirnya dapat menyelesaikan modul yang dibuat ini.

Modul ini disusun untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dan pelatihan dalam rangka melakukan pengajaran kepada para peserta didik sesuai dengan kurikulum 2013. 

Teknik pembukaan yang diangkat secara terpadu dilakukan tanpa adanya pemilihan jenjang pendidikan. Langkah ini diambil dengan harapan dapat meminimalisasi adanya pengulangan topik dari sesuai jenjang pendidikan.

Pembahasan modul ini dimulai dengan memberi penjelasan terkait tujuan yang akan dicapai, sementara kelebihan yang dimiliki oleh modul ini dapat dilihat dalam keterpaduan dengan ilmu pengetahuan sosial.

Pembahasan yang disampaikan juga disertai bentuk soal yang beragam, tujuannya untuk mengukur tingkat yang dicapai dan kesuksesan dalam menjawab. 

Penyusun menyadari jika pembuatan modul ini masih memiliki banyak kekurangan, karena itu kritik dan saran sangat terbuka untuk diterima dengan sifat yang membangun. Diharapkan semoga modul ini bisa memberi manfaat dengan baik.

Bandung, Februari 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Penelitian

Kami ucapkan puji syukur serta nikmat pada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang melimpah, atas terselesaikannya kegiatan magang di Pemerintahan Kota Bandung.

Laporan ini dibuat untuk memenuhi persyaratan tugas mata kuliah praktik Administrasi Publik di fakultas Sosial  jurusan Administrasi Publik dan Negara,

Tujuan dibuatnya laporan penelitian ini yaitu untuk memberikan laporan tentang hasil penelitian yang dilakukan berkaitan dengan tugas sebagai administrasi negara.

Dalam penyusunan laporan penelitian ini, penulis ucapkan terimakasih atas bimbingan dari berbagai pihak. Maka penulis ucapkan rasa hormat dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Pihak-pihak yang terkait itu di antaranya sebagai berikut:

  • Seluruh dosen penulis di Fakultas Sosial yang sudah memberikan banyak informasi.
  • Bapak Yana Mulyana selaku ketua Pemkot Bandung.
  • Karyawan dan karyawati Pemkot Bandung yang dengan tulus memberi pengarahan pada penulis selama penulis magang di perusahaan tersebut.
  • Orang tua dan teman-teman penulis, terima kasih banyak atas dukungannya.

Atas segala bantuan dan kontribusi berbagai pihak yang disebutkan tadi maka penulis bisa menyelesaikan laporan penelitian ini dengan sebaik-baiknya. 

Laporan penelitian ini memang masih jauh dari kesempurnaan, tapi penulis sudah berusaha sebaik mungkin. Sekali lagi terima kasih. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.

Bandung, 22 Februari 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR 

Alhamdulillah puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT berkat  rahmat, karunia serta ridhaNya penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi  dengan judul, “ Implementasi Jurnalisme pada Jurnalis Muslim Wartawan Harian Bandung”  dapat diselesaikan dengan baik. Dalam skripsi ini membahas implementasi  jurnalisme yang dilakukan oleh wartawan Harian Bandung pada kegiatan jurnalistik. 

Adapun maksud serta tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi  syarat memperoleh gelar Sarjana Sosial (S.Ilkom) bagi mahasiswa program S-1  Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi dan  Universitas XX.

Dalam hal penyusunan, penulis  menyadari masih terdapat beberapa kekurangan. Penulis harap, semoga saran dan kritik yang bersifat membangun dikemudian hari agar dapat memperbaiki  kekurangan dan menyempurnakannya. 

Penulis menyadari dalam penyusunan serta penulisan skripsi ini tidak  terlepas dari doa terutama doa orang tua, bimbingan, dukungan, motivasi dan  bantuannya dari berbagai pihak yang memberikan begitu banyak dampak semangat  positif bagi saya. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terimakasih sebanyak- banyaknya kepada:

  1. Bapak Dr. XX selaku Dekan Fakultas Komunikasi Universitas XX Bandung. 
  2. Bapak Dr. XX, Dr. ZZ, Dr. RR selaku wakil Dekan 1,  2 dan 3 Fakultas Komunikasi Universitas XX Bandung. 
  3. Bapak Dr. HH sebagai ketua jurusan juga selaku  pembimbing pertama saya yang selalu sabar dengan 24 jam  membimbing serta mendukung moral dalam penyusunan skripsi. 
  4. Ibu Yani Indahari, M. Psi yang menjadi penguji saya dalam seminar proposal penelitian.

Penulis juga ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan satu per satu.

Akhir kata penulis menyadari bahwa tidak ada yang sempurna, penulis masih melakukan kesalahan dalam penyusunan skripsi. Oleh karena itu, penulis meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas kesalahan yang dilakukan penulis.

Peneliti berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat dijadikan referensi demi pengembangan ke arah yang lebih baik. Kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan datangnya dari diri penulis. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Rahmat dan Ridho-Nya kepada kita semua.

Contoh Kata Pengantar Makalah

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan Kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, Rahmat dan Anugerah-Nyalah yang telah memberikan kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah Kelompok Tentang Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) yang dilaksanakan di SMK Negeri 8 Kota Bandung berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

Penyusunan makalah ini bertujuan untuk memenuhi mata kuliah Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) oleh kelompok II  yangdibina Dosen Pembimbing kami Sugianto M.Pd.

Makalah ini selesai dengan maksimal berkat kerjasama dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi diantaranya sebagai berikut:

  1. Ibu Khodijah selaku sebagai Kepala SMK Negeri 8 Kota Bandung.
  2. Siswa-siswi kelas X A, XI B dan XII C SMK Negeri Kota Bandung atas kerjasamanya selama pelaksanaan kegiatan Kajian dan Praktek Lapangan (KPL) di kelas.
  3. Semua pihak yang tidak dapatpenulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan Makalah ini, baik dari segi bahasa, susunan kalimat maupun isi. Oleh sebab itu, penulis mengucapkan minta maaf dengan segala kerendahan hati penulis berharap pembaca memberikan saran dan kritik yang dapat membangun serta penulis berharap makalah laporan akhir ini semoga dapat bermanfaat untuk si pembaca.

Bandung, 17 Januari 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “[judul karya ilmiah]’”.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [guru/dosen] yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberi kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

[Uraian singkat tentang karya ilmiah]

{Contoh: Karya tulis ilmiah ini membahas tentang… }

Kami sebagai penulis mengakui bahwa ada banyak kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari seluruh pihak senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan karya kami. Semoga karya ilmiah ini dapat membawa pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua tentang [topik karya ilmiah].

[tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah]

Penulis

Nah, itulah beberapa contoh kata pengantar laporan yang bisa Sobat ambil sebagai referensi.

Perbanyaklah membaca contoh kata pengantar laporan milik orang lain serta berlatih untuk membuatnya agar dapat menuliskan kata pengantar yang memikat.

Semoga artikel berikut bisa bermanfaat buat Sobat Evermos yang sedang mencari tahu tentang kata pengantar, penjelasan tentang pengertian, fungsi, unsur dan contoh kata pengantar.

Sebarkan juga kepada orang-orang terdekat Sobat dengan membagikan link artikel berikut.

Baca juga artikel menarik, informatif, dan terbaru lainnya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)