9 Contoh Jual Beli yang Batil Adalah Haram Dalam Islam, Umat Muslim Harus Tahu!

Berbisnis adalah hal yang sangat Rasulullah senangi. Sebab, dulunya beliau hijrah ke berbagai tempat sambil berdagang. Sehingga, beliau juga mengajarkan umatnya mengenai dagang dan larangannya dalam Islam, seperti contoh jual beli yang batil adalah yang tidak sah secara syariat. 

Ajaran tersebut ada karena masih banyaknya umat Islam yang belum memahami bagaimana cara berjualan menurut syariat Islam. Sebab, jika mengikuti hal batil, maka rezeki yang masuk kepada pedagang tersebut tidak halal.

Apa itu jual beli yang batil? Apa saja contohnya? Simak mengenai definisi hingga penjelasan dari contoh jual beli yang batil adalah yang tidak sah di artikel ini.

Sebagai umat Muslim, mungkin ini sudah tidak asing lagi dengan kata “batil”. Islam biasa menggunakan kata batil untuk istilah kepada hal-hal yang menjadi larangan dalam agama. 

Menurut bahasa, arti “batil” adalah “tidak terpakai”, “tidak berfaedah”, “rusak”, ataupun “sia-sia”.

Adapun menurut istilah, “batil” artinya adalah segala sesuatu yang terlepas atau gugur dari syariat yang seharusnya, dan perbuatan tersebut tidak berpengaruh terhadap ketentuan syariat Islam.

Di dalam kitab suci Al-quran kata batil disebutkan sebanyak 26 kali, salah satunya ada pada surat Al-Baqarah ayat 42 yaitu, 

وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Dan janganlah engkau mencampur adukkan yang hak dengan yang batil…” (Q.S Al-Baqarah: 42).



Sehingga dapat kita simpulkan bahwa arti dari batil adalah suatu perbuatan yang tidak sesuai atau terlepas dari syariat Islam.

Contoh Jual Beli yang Batil Adalah yang Tidak Sah, Simak Penjelasannya!

Contoh Jual Beli yang Batil Adalah
Sumber: Pexels.com

Setelah mengetahui apa maksud dari batil, selanjutnya mari simak contoh jual beli batil yang banyak orang tidak sadari. 

Sebab, memang terkadang sesuatu yang batil sering tidak disadari. Meskipun begitu, Anda tidak boleh terus-menerus melakukan hal yang batil itu.

Apalagi dalam melakukan transaksi jual beli, Islam sangat melarang umatnya untuk melakukan jual beli yang batil.  Ada beberapa contoh jual beli yang batil, berikut penjelasannya. 

1. Jual Beli Gharar (Tidak Jelas)

Misalnya, seseorang menjual “buah di pohon” tanpa menjelaskan jenis buahnya, jumlahnya, dan kapan bisa dipanen. Ketidakjelasan dalam hal ini bisa membuat transaksi menjadi batil.

2. Jual Beli Najash (Terdapat Unsur Tipuan Harga)

Jual beli najasy atau berpura-pura adalah ketika membeli dagangan sendiri dengan harga tertentu. Tujuan dari najasy ini adalah agar orang lain membeli dengan harga tersebut, dan hal itu adalah hal yang Islam larang, bahkan haram karena termasuk unsur penipuan.

Misalnya, dua orang sepakat untuk meningkatkan harga suatu barang di lelang dengan tujuan untuk menipu penawar lain. Maka kita dapat menganggap ini transaksi batil karena melibatkan penipuan.

3. Jual Beli Riba (Bunga)

Misalnya, pinjaman dengan bunga. Riba adalah bunga atau tambahan yang pemberi pinjaman terima di atas pokok pinjaman, yang mana Islam menganggapnya tidak sah atau batil.

4. Akad yang Tidak Sejalan dengan Syariah

Kemudian contoh jual beli yang batil adalah jual beli yang akadnya tidak sesuai dengan syariat, baik secara hukum dan sifat dasarnya.

Menurut pendapat mazhab Al-hanafiyah sesuai dengan maksud di atas contoh jual beli yang batil adalah proses jual beli yang akadnya tidak sesuai dengan hukum syariat yang berlaku.

5. Jual Beli dengan Barang Haram

Menggunakan ataupun mengonsumsi barang yang haram saja akan mendapatkan dosa yang besar, apa jadinya jika menjual ataupun membeli barang haram?

Namun kenyataannya, banyak sekali jual beli yang ternyata barangnya tidak sesuai syariat Islam atau haram dalam agama.

Misalnya, transaksi jual beli alkohol atau daging babi. Islam mengharamkan kedua barang ini, sehingga jual beli yang melibatkan barang-barang tersebut adalah batil. Berikut ini adalah beberapa contoh barang haram lainnya yang tidak boleh di perdagangkan dalam Islam. 

  • Jual beli sperma
  • Jual beli hewan yang masih ada di dalam perut induknya
  • Menjual barang milik orang lain
  • Jual beli air tanpa mengetahui ukurannya
  • Menjual beras yang masih berbentuk padi, atau belum panen
  • Menjual buah yang belum matang, kecuali dengan pohonnya
  • Menjual barang yang tidak pasti bentuk, jumlah, dan wujudnya. Misalnya menjual burung yang ada di udara dan ikan yang ada di laut. Ini disebut dengan Bai’ gharar.

6. Contoh Jual Beli yang Batil Adalah Jual Barang Cacat

Hal ini adalah hal yang haram dalam Islam, karena penjual berusaha menutupi barang yang cacat atau rusak agar pembeli tidak mengetahuinya. Sehingga tindakan ini bisa merugikan si pembeli.

7. Menjual sapi perah

Tidak ada salahnya untuk menjual sapi perah, namun hal ini bisa menjadi haram jika membiarkan sapi tersebut tidak diperah berhari-hari agar sapi tersebut terlihat banyak susunya dengan tujuan agar calon pembeli tergiur.

8. Menjual Barang untuk Kemaksiatan

Jual beli yang diharamkan dalam Islam yang terakhir adalah menjual barang yang akan digunakan si pembeli untuk melakukan kejahatan atau kemaksiatan. 

Contohnya adalah jual beli minuman keras, senjata tajam kepada perampok, dan masih banyak lagi.

9. Contoh Jual Beli Lainnya yang Dianggap Batil

Lalu apa saja contoh jual beli yang dianggap batil dalam Islam? Agar kita bisa mengetahui secara jelas, berikut ini adalah contohnya.

  • Jualan ayam tiren, yaitu ayam yang sudah mati kemarin kepada pembeli.
  • Menjual anak kucing yang masih berada di dalam karung tanpa memperlihatkan rupa kucing,
  • Menjual buah pohon yang masih berada di atas pohon, sehingga tidak tahu pasti jumlah timbangannya.

Itulah contoh jual beli yang batil dan haram, jika Anda adalah orang yang tidak sengaja melakukan hal-hal tersebut tanpa sepengetahuan Anda, segeralah berhenti melakukannya dan bertaubat kepada Allah SWT.

Karena hal itu tidak akan memberikan keberkahan pada diri Anda dan akan menimbulkan kerugian bagi pelanggan Anda. Dan sebaiknya berdaganglah sesuai dengan ketentuan dan syariat Islam.

Contoh Jual Beli yang Batil Adalah Haram, Simak Ceramahnya

Demikianlah ulasan mengenai contoh jual beli yang batil dan yang haram, semoga bermanfaat.

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos, selamat membaca!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)