Inilah Tips Membuat Contoh Biografi Diri Sendiri dengan Mudah!

Contoh biografi diri sendiri – Pernahkah Anda kesulitan untuk menceritakan diri sendiri di dalam sebuah autobiografi? Sekarang jangan takut lagi, karena artikel ini akan memberikan contoh biografi diri sendiri yang mudah dan sederhana.

Biasanya autobiografi digunakan untuk menceritakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh diri sendiri.

Namun ada juga autobiografi yang ditulis oleh orang lain dengan cacatan harus diceritakan langsung oleh orang yang bersangkutan.

Selain itu biografi diri sendiri juga sering berguna untuk melamar pekerjaan, syarat masuk  ke dalam sebuah komunitas atau organisasi tertentu, dan sebagai arsip.

Baiklah, tak perlu lama-lama, berikut ini adalah cara membuat contoh biografi diri sendiri yang mudah dan simpel.

Contoh Biografi Diri Sendiri, Bagaimana  Cara Membuatnya?

contoh biografi diri sendiri
Sumber: pexels.com

Dalam membuat autobiografi, maka harus memperhatikan cara dan langkah membuatnya. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat autobiografi, yakni sebagai berikut:

1. Menggunakan kata ganti orang pertama atau ketiga

Pertama yang harus diperhatikan adalah menggunakan sudut pandang dalam penulisan, bisa menggunakan orang pertama atau ketiga.

Sudut pandang orang pertama biasanya ditandai dengan penggunaan kata “Aku”. Sedangkan sudut pandang orang ketiga ditandai dengan penggunaan kata “Dia” atau”Ia”.

2. Menggunakan kata kerja tindakan

Kemudian yaitu menggunakan kata kerja tindakan, artinya isi di dalam autobiografi adalah bercerita tentang sesuatu yang dikerjakan oleh penulis atau yang membuat biografi.

3. Memakai kata kerja pasif

Biasanya yang menggunakan kata kerja pasif adalah autobiografi yang menggunakan sudut pandang orang ketiga.

4. Menggunakan adjektiva dan konjungsi

Terakhir yaitu menggunakan adjektiva dan konjungsi dalam menulis autobiografi agar tulisan lebih mengalir dan mudahuntuk dipahami.

Contoh Biografi Diri Sendiri, Apa Saja Isinya?

contoh biografi diri sendiri
Sumber: pexels.com

Selain memperhatikan hal-hal di atas dalam membuat autobiografi, Anda juga harus mengetahui ada apa saja di dalam sebuah autobiografi.

Berikut ini adalah struktur dalam membuat contoh biografi diri sendiri:

1. Pembukaan atau pengenalan tokoh

Pertama kali Anda harus mengenalkan diri Anda siapa kepada pembaca autobiografi Anda. Hal itu sangat penting karena orang tidak akan mau membaca jika tidak tahu siapa yang ada di dalam tulisan tersebut.

2. Menceritakan peristiwa penting

Selanjutnya adalah menceritakan kejadian penting yang pernah Anda alami dan yang menjadi pengalaman baik dalam hidup Anda.

3. Prestasi dan pencapaian

Kemudian Anda bisa menceritakan prestasi yang Anda miliki sebagai hal yang bisa menjadi nilai plus.

4. Pengalaman pekerjaan atau organisasi

Lalu ceritakan pengalaman pekerjaan Anda, jika masih sekolah Anda bisa menceritakan pengalaman belajar dan keaktifan Anda dalam berorganisasi.

5. Penutup

Terakhir yaitu penutup, Anda bisa menutup autobiografi yang Anda buat dengan menuliskan harapan dan mimpi Anda di masa depan.

Contoh Biografi Diri Sendiri

contoh biografi diri sendiri
Sumber: pexels.com

Berikut ini adalah beberapa contoh biografi diri sendiri yang mengutip dari berbagai sumber:

1. Contoh biografi diri sendiri dengan sudut pandang orang ketiga

Jeni tinggal di kota Bandung dan menjadi salah satu siswi kelas XI, SMA Negeri 76 Bandung Jurusan IPA. Ia lahir di Ambon pada tanggal 10 Januari 1999. Selain memiliki ketertarikan dalam bidang yang berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan ia juga memiliki hobi berolahraga, terutama jogging.

Baginya, tumbuhan dan kesehatan penting dan saling berkaitan satu sama lainnya. Semasa kecil dia pernah tinggal di dekat kali Ciliwung dan setiap musim hujan rumahnya selalu kebanjiran dan kemudian mengungsi ke tempat penampungan. Kejadian tersebut terus terulang dari tahun ke tahunnya.

Hal tersebut kemudian membuatnya berpikir, bahwa datangnya banjir tersebut bukan semata karena faktor alam saja. Namun juga karena faktor manusia yang sering membuang sampah sembarangan ke sungai, pemukiman liar di bantaran sungai dan juga kurangnya resapan air.

Itulah yang membuat hatinya tergerak untuk ikut menyadarkan masyarakat agar tak membuang sampah sembarangan. Dia pun kemudian bergabung dengan komunitas peduli lingkungan di kota Jakarta.

Setiap akhir pekan gadis berkulit hitam manis ini ikut melakukan penyuluhan dan bakti sosial. Untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan dan lingkungan.

Saat ini, Jeni tinggal bersama ayahnya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di perumahan Puri Makmur no 103 Kemang. Selain aktif di komunitas peduli lingkungan, ia juga aktif di komunitas sepeda Batavia, komunitas tanaman hias dan juga komunitas parkour Jakarta Selatan.

2. Contoh biografi diri sendiri menggunakan sudut pandang orang pertama

Aku lahir di Papua 12 Januari 1997, namun saat ini aku tinggal di kota Jakarta dan menjadi salah satu siswa di kelas X, SMA Negeri 21 Jakarta jurusan IPS.

Aku memiliki hobi-hobi yang berkaitan dengan tumbuh-tumbuhan dan juga berolahraga, terutama olahraga jogging. Bagiku tumbuhan dan kesehatan adalah dua hal penting yang berkaitan antara satu dengan lainnya.

Semasa kecil aku pernah tinggal di dekat sungai Ciliwung, setiap musim hujan rumahku pasti kebanjiran oleh luapan sungai tersebut. Aku bersama keluargaku kemudian mengungsi ke tempat pengungsian sementara sampai ba nji r mereda.

Hal itu terus saja terulang dari tahun ke tahunnya seperti tanpa ada pemecahan. Menginjak tahun pertama di SMA, aku mulai sadar bahwa permasalahan banjir sebetulnya bukan sekadar tanggung jawab pemerintah saja.

Masyarakat juga harus ikut bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke sungai.

Sejak saat itu, kemudian aku mulai bergabung dengan Komunitas Peduli Lingkungan. Komunitas ini bergerak setiap minggunya untuk mensosialisasikan berbagai cara untuk mencegah banjir dan juga pola-pola hidup sehat.

Tak lupa juga kadang kami mengadakan bakti sosial di setiap kelurahan yang kami kunjungi. Kini aku merasa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan berbagi ternyata membuat orang menjadi lebih tau dan kita menjadi tau lebih.

Mudah dalam Membuat CV

Bagaimana? Mudah, bukan? Itulah cara membuat contoh biografi diri sendiri dengan mudah dan simpel. 

Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos. Selamat membaca!

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

×