11 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik & Potensial Datangkan Keuntungan

Dalam berbisnis, tentu kita akan mencari peluamg bisnis yang menguntungkan dan bisa berkembang baik di pasaran. Ciri-ciri peluang usaha yang baik bisa kamu ciptakan dengan menggunakan analisis SWOT. Apa itu analisis SWOT? Saat

Analisis SWOT terdiri dari singkatan beberapa kata yang artinya Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).

Memakai SWOT akan membuat Anda memahami potensi yang di dapatkan dalam sebuah usaha atau bisnis. Dalam dunia bisnis, perencanaan itu hal penting, loh.

Hal ini disebabkan karena memikirkan perencanaan di awal bisnis bisa menentukan seperti apa langkah yang akan kamu ambil ke depannya.

 Tak hanya itu saja, analisis SWOT bisa memperkirakan kendala atau masalah yang mungkin terjadi. Sehingga, kamu sebagai pelaku usaha bis amemiliki modal pengetahuan sebagai strategi untuk mengatasi kendala-kendala tersebut.

 Selain menggunakan analisis SWOT, kamu juga bisa mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang baik lewat ulasan di bawah ini. 

11 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik dan Bisa Berkembang

1. Punya Nilai Jual Tinggi

ciri-ciri peluang usaha yang baik
Sumber: google.com

Ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah mempunyai nilai jual tinggi.

Menentukan ada atau tidak nilai jual yang tinggi dalam produk bisa dilihat dari keunggulan dibandingkan kompetitor.

 Keunggulan dan keunikan ini merupakan aspek terpenting dalam mempengaruhi nilai penjualan suatu produk di pasaran. 

2. Nyata

Apa maksud dari nyata di sini?

Nyata memiliki arti bahwa segala sesuatu yang ingin diwujudkan harus sudah direncanakan dengan matang. Pasalnya, jangan sampe bisnis kalian cuman jadi produk angan-angan saja.

 Nah, supaya dapat mewujudkan dan menjalankan bisnis impian kamu, maka harus fokus dan serius untuk menjalaninya. Ciri-ciri peluang usaha yang baik ini akan bisa terwujud dengan adanya dorongan dari diri sendiri.

3. Jumlah Produk Terus Tersedia

ciri-ciri peluang usaha yang baik
Sumber: pexels.com

Peluang usaha yang baik adalah jumlah produk yang melimpah atau selalu tersedia. Sebab, produk dengan stok yang minim akan membahayakan usaha kamu, loh.

 Kelangkaan bahan baku bisa menjadi kendala tersendiri saat kamu ingin memproduksinya. Kemudian, apabila produk yang tersedia semakin sedikit, maka harga jual pun akan mahal hingga banyak calon konsumen yang memilih untuk berpindah toko.

 Tidak ingin toko kamu kehilangan konsumen ‘kan?

4. Usaha Tidak Bersifat Musiman

Selanjutnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah memiliki sifat evergreen.

Evergreen adalah usaha yang tidak bersifat musiman dan bisa bertahan di situasi tidak pasti. Contohnya, akibat kasus Covid-19 di Indonesia banyak sekali usaha yang gulung tikar hingga pengurangan karyawan di perusahaan mereka.

 Contoh peluang usaha yang baik dan bersifat evergreen adalah bisnis yang dibutuhkan oleh manusia.

 Seperti, sandang, pangan, dan papan.

ciri-ciri peluang usaha yang baik
Sumber: elzatta.com

5. Faktor Risiko yang Kecil

Berikutnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik yaitu, memiliki tingkat risiko kecil. Hal in isangat penting untuk diperhatikan bagi pemula.

 Sebagai pelaku bisnis pemula, kamu harus menekan seminimal mungkin risiko kerugian. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu untuk memilih jenis bisnis yang tingan-tingan saja agar tidak terlalu jatuh.

6. Produk Awet

Peluang usaha potensial lainnya bisa dilihat dari produknya yang awet atau tidak memiliki batas waktu kadaluarsa.

 Produk yang tahan lama memudahkan kamu untuk menjual barang secara tidak terburu-buru. Contoh peluang usaha yang awet adalah menjual perabotan rumah tangga, baju, celana pergi, alat tulis, dan masih banyak lagi. 

Ingin mencari produk dengan kualitas bagus dan awet di pasaran? Yuk langsung saja cek barang-barang di Evermos! Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, karena merupakan produk unggulan dari berbagai brand lokal di Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri dan raih keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya!

MULAI JUALAN SEKARANG

7. Memiliki Kelayakan Usaha

Berikutnya memiliki kelayakan usaha. 

 Kamu dapat mengawalinya dengan melakukan riset terlebih dahulu, apakah usaha yang akan dijalankan banyak diminati masyarakat? Stok banyak? dan popular di pasaran atau tidak?

 Seorang konsumen pun akan lebih senang dan nyaman dengan produk yang layak. Betul tidak?

8. Tren Permintaan yang Tinggi

Saat melakukan riset kamu juga dapat melihat bisnis yang sudah muncul di pasaran.

Apa kekurangan dari produk-produk tersebut dan buat pilih kategori usaha yang memiliki tren tinggi di masyarakat.

9. Ide Orisinil

Ciri-ciri peluang usaha yang baik dan potensial mendapatkan keuntungan adalah ide orisinal. Ya, bisnis yang dibuat berasal dari pemikiran sendiri. 

 Pastikan kamu tidak meniru usaha dari orang lain karena, biasanya hal ini bisa membuat bisnismu bertahan sebentar saja.

 Namun, jika kamu tidak cukup kreatif tetapi, ingin sekali memiliki bisnis sendiri, cobalah menerapkan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Buat pembeda dengan usaha kompetitor agar bisnis milikmu lebih mencolok dibandingkan lainnya.

10. Pelanggan Datang dengan Sendirinya

Terakhir, ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah pelanggan dapat datang sendiri ke toko kamu.

Tanda ini berarti usaha kamu sudah memiliki poin lebih dan ciri khas sendiri di benak mereka. Tingkatkan dan selalu berpikiran positif untuk membuat bisnis milikmu semakin sukses di pasaran.

11. Tidak Menghabiskan Modal

Selanjutnya, suatu moda usaha memang penting untuk dikumpulkan pada awal pembuatan bisnis. Namun, masalah akan muncul jika kamu mengeluarkan modal seara terus menerus selama berbisnis.

Jadikanlah modal awal bisa mendapatkan keuntungan bukan kerugian.

Itu dia beberapa ciri peluang usaha yang baik dan dapat kamu terapkan dengan segera.

Ingin memiliki usaha minim modal, bahkan tanpa modal? Yuk segera bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)