Ketahui Ciri Ciri Peluang Usaha yang Baik Agar Bisnis Lancar Terus

Ciri Ciri Peluang Usaha Yang Baik — Sebelum memulai usaha, tentu ada beberapa hal penting yang perlu kita perhatikan. Selain dari modal dan sarana penunjang, ternyata kita juga perlu bisa memiliki hitungan dalam melihat peluang usaha yang baik dan berpotensi tahan lama.

Salah satu indikator untuk memastikan suatu usaha memiliki peluang bisnis yang bernilai jual tinggi adalah membaca potensinya dengan menggunakan analisa SWOT, sehingga akan lebih memudahkan mereka dalam memulai langkah dalam berbisnis.

Bagi Anda yang penasaran ingin memulai bisnis yuk langsung saja kita simak ciri ciri peluang usaha yang baik berikut ini

Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

1. Memiliki Nilai Jual yang Tinggi

Usaha yang baik adalah usaha yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Nilai jual ini bisa tinggi karena adanya berbagai ide unik ketika mendirikan bisnis

value dan nilai jual tersebut nantinya akan berhubungan langsung dengan pasar.

Tentunya, suatu produk yang mempunyai nilai jual tinggi pun akan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

Keunikan ini adalah aspek terpenting dalam mempengaruhi nilai penjualan produk di pasar. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai usaha yang memiliki nilai jual tinggi, maka pastikanlah Anda memiliki keunikan tersendiri, baik itu dari segi strategi pemasaran maupun keunggulan produknya.

2. Bukan Usaha Musiman

Seringkali pada suatu waktu muncul tren yang sedang berkembang di masyarakat yang kemudian disusul dengan meningkatnya usaha pada bidang tersebut.

Namun jika Anda ingin menjalankan suatu usaha jangka panjang, maka ada baiknya untuk mempertimbangkan dan tidak memilih usaha yang ramainya hanya pada musim tertentu saja.

Jika Anda nekat menjalankan usaha ini, maka akan terjadi persaingan yang tinggi sehinggaAnda juga tidak akan bisa mengelola usaha Anda dengan baik.

3. Tidak Menghabiskan Modal

Suatu modal usaha memang sangat diperlukan untuk awal produksi atau memulai suatu bisnis.

Namun, problem baru akan timbul jika Anda mengeluarkan modal secara terus menerus selama berbisnis.

Hal yang terjadi seharusnya adalah modal awal Anda bisa mendatangkan keuntungan, buka kerugian.

Agar menghindari hal ini, maka Anda harus membuat analisa bagi usaha Anda, apakah sudah tepat atau belum. Bila perlu, Anda bisa mengganti ide atau cara bekerjanya.

4. Usaha Mampu Bertahan dalam Jangka Panjang

Usaha yang Anda jalani harus bisa bertahan lama di pasaran. Bertahan lamanya suatu usaha bisa dipengaruhi dengan berbagai strategi yang Anda jalankan.

Jika usaha Anda sempat viral dan mampu mendatangkan keuntungan yang berlimpah lalu tidak bisa bertahan lama dan bisa menyebabkan kerugian, tentunya usaha tersebut bukanlah ciri usaha yang baik.

Oleh karena itu, ciri-ciri usaha yang baik adalah usaha yang bisa tahan lama serta mempunyai pangsa pasar sendiri dan mampu menghadapi persaingan yang terjadi di dalamnya.

5. Skala Industri yang Bisa Ditingkatkan

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah usaha yang bisa dikembangkan dari waktu ke waktu karena tidak semua usaha itu bisa dimulai langsung dengan skala yang besar.

Oleh karena itu, jika usaha yang sedang Anda jalankan memiliki potensi untuk tidak bisa dikembangkan, maka itu sudah tidak termasuk ciri ciri usaha yang baik

6. Usaha yang Mampu Beradaptasi

Ciri peluang usaha yang baik merupakan usaha yang mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi seiring berjalannya waktu.

Ketika usaha itu sudah mulai berjalan dalam hitungan tahun, maka kondisinya jelas akan berbeda dengan kondisi awal usaha tersebut berdiri.

Oleh karena itu, dengan sifat yang mampu beradaptasi dengan kondisi dan situasi inilah Anda bisa semakin berinovasi, bukan menurunkan pendapatan.

7. Memiliki Nilai Kerugian yang Kecil

Hampir sama dengan poin pertama, ciri peluang usaha yang baik adalah usaha yang memiliki nilai kerugian yang kecil. Setiap pengusaha tentu akan sangat menghindari kerugian.

Walaupun kekhawatiran ini seringkali harus dirasakan oleh mereka yang baru memulai usaha, namun pengusaha yang baik merupakan pengusaha yang tahan banting dan harus menganalisa usahanya terlebih dahulu, apakah usaha tersebut memiliki risiko kerugian yang tinggi atau kecil. Dalam hal ini Anda bisa melakukan riset peluang usaha Anda di pasar.

Untuk Anda yang akan memulai usaha, maka pastikanlah bahwa usaha Anda memiliki tingkat risiko kerugian yang kecil. Hal ini menjadi cara paling aman untuk Anda yang belum begitu ahli dalam menguasai pasar. Contohnya, jika Anda memilih usaha fashion karena tahan lama dan banyak dibutuhkan dan disukai orang, maka risiko kerugian yang Anda dapatkan kemungkinan kecil.

8. Produk Usaha dapat Memenuhi Kebutuhan Hidup Masyarakat Luas

Ciri peluang usaha yang baik adalah produk usaha yang Anda pilih bisa memenuhi kebutuhan banyak orang, misalnya suatu kebutuhan primer ataupun sekunder.

Oleh karena itu, Anda bisa menjual kebutuhan masyarakat berupa makanan, minuman, sembako atau pakaian. Sehingga, hal ini akan meningkatkan laba usaha Anda karena dua jenis kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh banyak orang. A

9. Usaha Dapat Diterima Dipasaran

Masih berkaitan dengan bahasan sebelumnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik ini sangat harus Anda pertimbangkan. Mengapa? Karena jika usaha Anda tidak bisa diterima di pasaran, maka tentu tidak akan ada orang yang tertarik dengan produk Anda, dan Anda justru akan mengalami kerugian.

Oleh karena itu, pilihlah peluang usaha yang memang mampu diterima dengan baik dipasaran.

Anda harus selalu bisa mengkondisikan agar usaha yang Anda jalankan bisa diterima baik oleh banyak orang seiring dengan berjalannya waktu.

Pastikan juga agar usaha Anda mempunyai kualitas yang baik dan bisa dibutuhkan oleh banyak orang, serta mampu memberikan manfaat yang baik pada mereka.

Bila usaha Anda sulit menembus pasaran, maka itu artinya usaha Anda bukan termasuk usaha yang baik dan sulit untuk bertahan dalam jangka lama

Kesimpulan

Pada dasarnya, ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah usaha yang mampu memberikan keuntungan secara berkelanjutan dan tidak berhenti pada satu waktu tertentu saja.

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai usaha, pastikan agar peluang usaha yang Anda pilih memiliki ciri-ciri yang sudah kami sebutkan di atas.

Jika Anda ciri-ciri diatas sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda harus bisa melakukan strategi pemasaran yang jitu dan juga harus bisa melakukan menajemen keuangan dan manejemen produk yang tepat serta akurat.

Jika Anda masih bingung memilih peluang usaha yang baik, maka mari coba bergabung bersama Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik daftar untuk bergabung dan raih kesempatan untuk mendapatkan komisi sesuai dengan keinginan.

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel mengenai ciri ciri peluang usaha yang baik berikut ini jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

×