Cek Resi dan Ongkir Paket Kiriman Ke Seluruh Wilayah Indonesia

Home » Cek Resi dan Ongkir Paket Kiriman Ke Seluruh Wilayah Indonesia

Cek Resi dan Ongkir Paket Kiriman Ke Seluruh Wilayah Indonesia

Cek Resi Eva Evermos
Cek Resi dan Ongkir

Cara Cek Resi dan Ongkir dengan Mudah di Website Evermos

Apakah anda merupakan seorang penggiat belanja online? Maka tentu ada tidak asing lagi dengan istilah cek resi. Jika anda sudah sering berkecimpung di dunia pengiriman barang, tentunya sudah sangat akrab mendengar kata resi. Nomor resi biasanya berkaitan erat dengan jasa ekspedisi. Resi adalah tanda terima barang atau jasa secara tertulis, jasa yang dimaksud di sini adalah ekspedisi. Jasa pengiriman barang antar kota, antar provinsi, bahkan saat ini tersedia banyak ekspedisi antar negara. Saat ini adalah jaman dimana transaksi belanja online semakin marak dilakukan. Nomor resi saat ini di dunia belanja online diartikan sebagai nomor pelacakan barang pengiriman atau tracking number. Nomor resi tertera pada kertas surat tanda terima yang diberikan oleh jasa ekspedisi pada saat terjadi transaksi pengiriman barang. Resi merupakan deretan angka dan huruf unik. Dari serangkaian nomor unik tersebut, dapat anda gunakan sebagai kode untuk melacak status dan posisi pesanan barang online anda.  Saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan cek resi, salah satunya melalui website Evermos. Jika anda ingin melakukan pengecekan, dapat anda lakukan di Evermos dengan mudah. Berikut adalah cara cek resi dengan mudah di Evermos.

Cara Cek Resi dan Ongkir dengan Mudah di Website Evermos

Layanan cek resi merupakan sebuah layanan gratis yang bisa digunakan oleh penerima dan pengirim paket dalam melacak posisi terkini dari kiriman paket secara akurat dan mudah. Pada beberapa jasa ekspedisi, mereka mempunyai fitur cek resi tersendiri pada website atau aplikasi miliknya. Untuk jasa ekspedisi yang tidak mempunyai fitur cek tarif, anda bisa menelefon atau chat customer service khusus pelacakan barang. Apabila anda ingin melakukan cek resi dengan mudah dan cepat, anda bisa lakukan di Evermos. Caranya sangat mudah, anda hanya tinggal mencari di Website Evermos. Selanjutnya masukan kode resi anda di kolom “nomor resi”, dan pilih nama ekspedisi yang digunakan kemudian tekan tombol “cek paket”. Setelah anda enter, maka akan keluar informasi yang berisi status barang Anda. Anda akan mendapatkan riwayat acara pelacakan yang komprehensif dimulai dari perkiraan waktu pengiriman, status dan lokasi parsel saat ini. Salah satu kelebihan layanan cek resi di Evermos ini adalah tanpa harus memasukan kode captcha dan didukung berbagai macam ekspedisi lokal maupun internasional. Terkadang, Melacak paket internasional adalah hal yang rumit, Anda harus tahu operator mana yang akan menangani pengiriman paket. Jika anda tidak ingin ribet untuk melacak paket internasional anda, maka segera cek resi anda Melalui website Evermos. Anda dapat dengan mudah melacak lokasi barang pesanan anda hanya dengan mencantumkan nomor resi dan nama ekspedisinya. Saat ini Layanan dari website Evermos mendukung berbagai ekspedisi dalam melakukan cek resi dan cek ongkir. Ekspedisi tersebut antara lain seperti: 21express, Acommerce, Anteraja, Cahaya Logistik, TIKI, Dakota, DHL, DPEX, Expedito, FEDEX. FIRST Logistics, IDE, IDL, INDAH, JET, JNE, J&T, JX, LEX, LION, LWE, NCS. Ninja Xpress, NSS, Pahala Express, Pandu Logistics, PCP, POS, REX, RPX, REX, Rosalia. SAP, SC, Shipper, SPX, Sicepat, SkyNet, UPS, dan Wahana Logistics.

Cara Cek Resi di Evermos

Selain bisa mengakses dari website, anda pun dapat langsung melakukan pelacakan terhadap barang kiriman jika anda memiliki transaksi penjualan di Evermos dengan step berikut ini:

  1. Masuk ke akun Evermos Anda
  2. Klik menu “Transaksi” di bagian bawah
  3. Pilih “Evermos” Jika Anda melakukan transaksi via Aplikasi Evermos. Pilih “Berikhtiar” (Jika Anda melakukan transaksi via Link toko Berikhtiar Pribadi Anda)
  4. Pilih menu “Sudah Dikirim”
  5. Klik pada rincian kode order rincian transaksi yang ingin anda cek resinya
  6. Pilih “cek resi”
  7. Informasi tentang nomor resi dan status pengiriman akan muncul di halaman “cek resi”. Anda dapat melihat posisi barang anda telah sampai di kota mana beserta dengan keterangan waktunya.

Anda akan dapat melihat keterangan barang secara terperinci dimulai dari status pengiriman barang oleh kurir, bahkan tercantum lokasi konter ekspedisi dimana barang anda transit setiap saatnya. Di sana, anda akan menemui beberapa istilah yang menunjukkan keterangan terkait status dan posisi barang pesanan Anda. Namun memang terkadang pengecekan status pengiriman barang membutuhkan waktu beberapa saat sebelum bisa diakses. Hal ini dikarenakan sistem database pada server ekspedisi tertentu biasanya membutuhkan waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum nomor resi pengiriman bisa dibaca. Maka jika kamu langsung melacak keberadaan paket ketika paketnya baru saja diterima di kantor agen ekspedisi, ada kemungkinan besar nomor resinya belum masuk ke dalam database. Belum lagi jika ada sebagian agen ekspedisi kota kecil yang merupakan daerah dengan jaringan internet yang masih terbatas. Mereka terkadang masih menuliskan kode resi pengiriman secara manual secara offline. Jika barang dikirim dari agen yang melakukan pencatatan resi secara manual, maka anda perlu sedikit bersabar sampai kode resi tersebut diinput ke database online perusahaan ekspedisi tersebut.

Istilah-istilah Status Pengiriman Barang

Proses pengecekan nomor resi memang cukup mudah untuk dilakukan. Namun, pada saat anda melakukan cek resi, mungkin anda akan mendapati beberapa istilah ekspedisi yang masih terdengar asing di telinga Anda. Istilah dari keterangan status pengiriman adalah banyak dan akan berubah-ubah  dengan detail yang berbeda setiap waktunya saat paket tersebut berpindah lokasi secara real time. Berikut, beberapa istilah yang sering digunakan ekspedisi dalam keterangan status pengiriman barang. Penjelasan di bawah ini mungkin dapat membantu pemahaman anda yang masih bingung saat melakukan cek resi.

  1. Shipper : Nama Individu/instansi pengirim barang
  2. Consignee : Nama penerima Barang
  3. Origin : Kota tempat Asal pengirim barang
  4. Destination : Kota tujuan penerima barang
  5. Manifested : barang yang akan dikirim sudah diterima oleh pihak ekspedisi
  6. Shipment received by Counter officer : Paket anda telah diterima oleh agen konter ekspedisi di kota pengirim
  7. Shipment picked up by courier : Paket telah dijemput dari agen ekspedisi untuk menuju pusat penyortiran.
  8. Received at sorting center : Barang sudah diterima di pusat sorting
  9. Processed at sorting center : Barang sudah disortir dan akan dikirimkan ke tahap selanjutnya yakni transit.
  10. Departed from transit : Paket sedang dikirim untuk transit atau dipindahkan ke kota berikutnya sesuai dengan rute pengiriman.
  11. Received at origin gateway : paket anda terlah diterima di Gudang pusat pada kota pengirim, nantinya akan langsung dikirim ke pusat Gudang di kota tujuan.
  12. Received at warehouse : paket telah diterima di gudang pusat pada kota tujuan
  13. With delivery courier : paket sedang dikirim oleh kurir kepada alamat tujuan
  14. Delivered/Received by: paket sudah diterima pada alamat yang dituju dengan nama penerima paket.

Setiap Kali anda berbelanja di Evermos, maka transaksi pembelajaan tersebut akan otomatis disertai dengan nomor resi yang langsung tercantum dalam sistem di aplikasi Evermos. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan keadaan barang anda saat dalam proses pengiriman. Anda dapat melacaknya kapanpun anda mau melalui aplikasi Evermos melalui step di atas.

Pentingnya Cek Resi dalam Transaksi Online

Dengan adanya sistem pencatuman resi pengiriman barang otomatis ini, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap toko online otomatis akan meningkat. Penjual pun akan terbantu karena fitur ini dapat meningkatkan efektivitas toko anda. Karena dengan fitur pencatuman nomor resi otomatis ini, Anda telah memberikan sinyal pada customer bahwa barang pesanannya telah dikirim. Sehingga konsumen tidak perlu lagi menanyakan atau melakukan komplain perihal keberadaan barang kepada toko anda. Anda akan menghemat waktu untuk mengonfirmasikan pesanan satu persatu melalui direct message kepada konsumen. Dengan mengetahui nomor resi berarti memudahkan di pihak pembeli dan penjual agar merasa aman dengan barang pesanan yang sedang dalam perjalanan. Selebihnya, Jangan sungkan untuk menghubungi jasa ekspedisi yang bersangkutan jika ada pelayanan yang tak sesuai atau terhambat dalam proses pengirimannya. Tidak jarang ditemui kasus customer diberi nomor resi palsu oleh penjual. Oleh sebab itu, setiap melakukan belanja online, jangan lupa untuk menanyakan nomor resi pengiriman paket dan segera mengecek validitas nomor resi di Evermos. Nomor resi pun dapat berfungsi untuk digunakan oleh customer dalam pengambilan barangnya langsung pada komter ekspedisi. Tidak sedikit customer yg terkadang memilih untuk mengambil langsung paketnya ke kantor ekspedisi dibandingkan menunggu kurir untuk mengantarkannya ke rumah. Setelah membaca pemaparan di atas, tentu Anda kini lebih sadar akan pentingnya nomor resi dalam proses transaksi jual beli online. Jika anda seorang penjual, jangan lupa untuk selalu memberikan nomor resi pengiriman kepada pelanggan agar pelanggan dapat dengan mudah mengecek barang pesanannya. Jika anda seorang pembeli, jangan lupa untuk selalu mengecek nomor resi pengiriman barang, untuk selalu memastikan posisi barang pesanan akan aman hingga sampai di tangan anda. Anda dapat melakukan cek resi di website ataupun aplikasi Evermos dengan melakukan transaksi pembelanjaan.

Cara Cek Ongkir di Evermos

Selain cek resi, cek ongkos kirim juga tidak kalah penting dalam dunia belanja online. Maraknya transaksi belanja online saat ini membuat kita sudah tidak asing lagi dengan jasa pengiriman barang. Ada beberapa alasan penting, kenapa Anda harus melakukan cek ongkos kirim sebelum mengirim barang atau juga memilih jasa ekspedisi. Alasan pertama dari pentingnya cek tarif, seperti ini adalah mempermudah Anda dalam mempersiapkan kejelasan dana untuk ongkos kirim. Hal ini pun memudahkan pembeli untuk berbelanja di toko online anda. Pihak dari pembeli pun dapat leluasa menentukan jenis jasa pengiriman apa yang dirasa cocok untuk pengiriman barang miliknya. Pastinya pihak penyedia jasa mempunyai beberapa macam paket pengiriman barang, dengan biaya yang berbeda-beda. Kali ini, Anda dapat dengan leluasa memilih salah satu tarif layanan yang dirasa pas, dan sesuai dengan budget yang dimiliki. Layanan cek tarif biasanya hanya tersedia di website atau aplikasi milik masing-masing ekspedisi. Hal ini membuat para pembeli kesulitan karena perlu membuka satu per satu website. setiap kali ingin mengecek ongkos kirim dari jasa ekspedisi yang berbeda. Namun saat ini terdapat layanan cek ongkir dan cek resi dari Evermos yang dapat memudahkan anda dalam mengecek ongkos kirim. Evermos menyediakan opsi cek ongkir dari berbagai ekspedisi dengan banyak kota tujuan dan juga beragam ukuran barang. Anda hanya tinggal memilih ekspedisi yang ingin digunakan serta kota asal dan tujuan pengiriman. Setelah itu akan langsung muncul daftar biaya ongkos kirim. Hasil penelusuran tarif ongkir di evermos akan selalu update karena database akan diperbaharui secara berkala. Hasil pencarian cek tarif ongkir di Evermos pun akurat dan lengkap mulai dari pilihan kurir, jenis layanannya apa, estimasi barang sampai berapa hari, serta besaran tarifnya. Selain dari website Evermos, anda juga dapat langsung mengecek ongkos kirim dari aplikasi Evermos saat akan melakukan transaksi belanja. Pada halaman produk saat hendak checkout anda akan menemukan opsi jasa ekspedisi pengiriman barang lengkap bersama jenis layanannya. Ada beberapa ekspedisi pengiriman barang yang tersedia di aplikasi Evermos yaitu JNE, JNT, Tiki, sicepat, POS, wahana, dan ninja Xpress. Setiap ekspedisi memiliki jenis layanan dan spesifikasinya sendiri. Berikut adalah beberapa jenis layanan dari ekspedisi yang tersedia di Evermos.

Cek Ongkir di JNE

Ekspedisi JNE melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia dengan kategori layanan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), REF (Reguler), dan juga YES (Yakin Esok Sampai)

  • Layanan OKE adalah layanan dengan tarif yang paling ekonomis, namun estimasi waktu pengiriman barang akan lebih lama dibandingkan yang regular. Jenis layanan OKE ini tidak menerima pengiriman barang untuk hari sabtu, minggu, dan libur nasional.
  • Layanan REG merupakan layanan pengiriman barang dengan estimasi waktu sampai hingga 1-7 hari kerja. Pengiriman barang ini tidak termasuk hari minggu dan libur nasional. Pada layanan ini tidak tersedia garansi uang Kembali.
  • Layanan YES merupakan layanan dengan biaya tarif pengiriman yang tertinggi namun barang pesanan dijamin akan sampai tujuan keesokan harinya. Layanan YES pun tetap tersedia meskipun weekend dan hari libur nasional. Anda akan mendaptkan garansi uang Kembali jika terjadi keterlembatan oleh pihak JNE.

Selain ketiga layanan di atas, JNE juga menyediakan layanan khusus, yakni COD (Cash On Delivery) Retail, Super Speed SS), Pesona (Pesanan Oleh-oleh Nusantara), JNE Loyalty Card (JLC), Jesika (Jemput Asi Seketika), Money Remittance, JNE Pick-Up Point (JNE PIPO), JNE Online Booking (JOB), JNE Online Payment (JOP), dan JNE Trucking (JTR).

Untuk pengiriman yang lebih aman tanpa perlu khawatir akan terjadi kerusakan, anda dapat mengasuransikan barang kiriman anda. Biaya asuransi yang dikenakan adalah 0.2% dari total harga barang yang dikirim. Biaya asuransi pun akan dikenakan biaya administrasi sejumlah Rp5.000. Anda disarankan untuk menggunakan asuransi JNE Express apabila harga barang 10X lebih mahal dari ongkos kirim yang ditetapkan.

Cek Ongkir Tiki

TIKI menyediakan banyak jenis layanan pengiriman barang yang bisa anda gunakan seperti ONS, REG, dan ECO.

  • Layanan ECO (Economy) merupakan Paket pengiriman dengan tarif yang paling terjangkau namun dengan prioritas pengiriman yang paling rendah. Sehingga estimasi pengiriman barang pun memerlukan waktu yang cukup lama
  • REG (Reguler) – Jenis pengiriman yang biasa dan paling sering digunakan. Estimasinya cukup cepat sekitar 2-4 hari.
  • ONS (Over Night Services) merupakan layanan pengiriman Paket yang akan sampai dalam 1 hari. Harga dari pelayanan ini relatif mahal.
  • TDS (Two Days Services) – Barang akan sampai dalam 2 hari.
  • SDS (Same Day Services) – Kiriman akan sampai pada hari yang sama.
  • HDS (Holiday Services) – Pengiriman pada hari libur nasional terkecuali untuk hari raya Lebaran, Nyepi (untuk kota tertentu) dan hari Kemerdekaan 17 Agustus.
  • INT (International) – Layanan pengiriman paket keluar negeri.

Cek Ongkir Sicepat

  • SiCepat Regular merupakan layanan kirim barang dengan harga normal. Estimasi waktu pengiriman adalah  2-3 hari kerja. Namun khusus untuk daerah Jabodetabek dan Bandung bisa lebih cepat, yakni 15 jam tanpa biaya tambahan.
  • BEST (Besok Sampai Tujuan) adalah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim paket ke seluruh kota besar di Indonesia dengan estimasi waktu 1 hari saja.
  • Cargo (Kirim Banyak Lebih Murah) cocok untuk Anda yang ingin mengirim barang dalam jumlah besar (minimum 5 Kg) dengan harga lebih murah hingga 30%. Untuk layanan ini, anda bisa Mendapat layanan pick up dengan estimasi waktu pengiriman 1-3 hari.
  • SiCepat Go melayani pengiriman paket ke luar negeri bagi Anda yang tinggal di Jabodetabek, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya. Tujuan khusus benua Asia dan Australia dengan maksimal berat 70 Kg.

Cek Ongkir POS Indonesia

Layanan domestik adalah layanan yang dibuka oleh Pos Inodonesia berupa jasa pengiriman yang melayani berbagai jenis pengiriman dengan jangkauan dalam negeri. diantaranya adalah:

1. Layanan Standar/Layanan Kurir Reguler

Layanan pengiriman standar adalah jasa pengiriman yang melayani pengingiriman barang maupun dokumen dengan tujuan lokal, regional, atau nasional dengan waktu pengiriman paling lama 14 hari.

2. Pos Jumbo Ekonomi

Pos Jumbo ekonomi adalah paket layanan kurir domestik dengan pengenaan tarif dasar yang lebih kompetitif dibanding paket. Perhitungan Minimal berat paket adalah 3 kg dan berat maksimalnya adalah 30 kg. estimasi pengirimannya mencapai waktu hingga maksimal 14 hari.

3. Pos Kilat Khusus

Pos Kilat Khusus adalah jenis paket pengiriman yang ditawarkan oleh Pos Indonesia dengan lama waktu penyerahan berkisar antara 2 – 9 hari baik diantarkan kerumah atau diambil langsung di kantor pos tujuan.

4. POS Express

Pos Express adalah salah satu layanan premium yang ditawarkan ole Pos Indonesia dengan mengedepankan kecepatan, keamanan, serta jangkauan yang sangat luas ke seluruh Indonesia. Berat maksimal paket yang dikirim adalah 50 Kg. volume maksimal 2 x (Tinggi + Lebar) = 400 Cm. dan Panjang maksimal dimensi adalah 150 Cm.

5. Q9 Sameday Service

Q9 Sameday Service merupakan paket premium lainnya yang ditawarkan oleh Pos Indonesia. Layanan ini merupakan layanan yang diperuntukkan bagi pengiriman barang sampai di hari yang sama. Layanan ini memungkinkan paket yang dikirimkan dapat diterima pada hari yang sama waktu paling lama adalah 9 jam dengan berat paket maksimum 5 Kg. Layanan ini juga melayani COD atau bayar di tempat via aplikasi PosGiro Mobile.

Cek Ongkir Wahana Express

  • Wahana Express menyediakan layanan kirim barang ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan yang ditawarkan meliputi Wahana Domestik Express, Wahana Prioritas, Wahana Tujuan Khusus, dan Wahana Singapore Express.
  • Wahana Domestik Express adalah layanan melayani pengiriman barang dan dokumen dengan harga yangekonomis ke berbagai wilayah di Indonesia.
  • Wahana Prioritas adalah layanan barang dan dokumen dengan estimasi waktu pengiriman yang lebih cepat dari Wahana Domestik Express.
  • Wahana Tujuan Khusus adalah layanan pengiriman barang dan dokumen ke alamat tertentu seperti gedung apartemen dan perkantoran.
  • Wahana Singapore Express adalah layanan jasa untuk mengirim barang dan dokumen ke negara Singapura dengan harga yang terjangkau dan estimasi waktu yang cepat

Seluruh barang dan dokumen yang dikirim menggunakan Wahana Express telah mendapat asuransi, jadi Anda tidak perlu khawatir jika terjadi kerusakan barang atau kesalahan pengiriman. Untuk harga barang di bawah Rp199.000, asuransi Wahana Express ditanggung sepenuhnya oleh pihak Wahana alias gratis. Untuk harga di atas Rp199.000, biaya perhitungannya adalah 0.5% dari total harga barang yang dikirim.

Cek Ongkir Ninja Xpress

Ninja Xpress menyediakan tiga jenis layanan utama yakni Ninja Reg, Ninja Fast, dan Ninja Super.

 

  • Ninja Reg merupakan layanan pengiriman dengan estimasi waktu pengiriman paket yang bergantung pada lokasi pengirim dan lokasi penerima barang.
  • Ninja Fast merupakan layanan paket yang menjamin paket akan tiba pada keesokan harinya.
  • Ninja Super merupakan layanan dengan estimasi waktu pengiriman tercepat yakni paket akan sampai di hari yang sama.

Cara Perhitungan Volume Barang di Ekspedisi

Terdapat perhitungan terhadap barang Volume yaitu Jika berat volumentrik (P x L x T) lebih besar dari berat barang sesungguhnya. Perhitungan ini terjadi apabila barang berbentuk besar, maka perhitungan berat Volumetrik bisa didapat dengan rumus: [Panjang(cm) X Lebar(cm) X Tinggi(cm) ] dibagi dengan 6000.

 

Contoh: Terdapat sebuah produk dengan berat 2 kg, dan memiliki panjang = 30 cm x lebar = 35 cm x tinggi = 30 cm maka yang akan dihitung adalah volumenya kita akan menghitung berat volumetriknya adalah (30x35x30)/6000. hasilnya adalah 5.25 kg. Jadi kita bandingkan berat sesungguhnya : 2 kg dan berat volumetrik : 5.25 kg. Maka kita akan ambil berat yang paling berat yaitu berat volumentrik. Sehingga total biaya pengirimannya ialah: 5.25kg X tarif/kg ke kota tujuan.

Cek Resi dan Ongkir di Evermos

Selain transaksi belanja online di Evermos, anda juga dapat bergabung memulai bisnis menjadi reseller bersama kami. Jika anda berminat menjadi reseller namun masih ragu karena masalah modal. Anda dapat dengan mudah memulai bisnis praktis tanpa modal di Evermos. Dengan mendaftar gratis menjadi reseller Evermos, anda akan langsung mempunyai toko sendiri dan terhubung dengan brand-brand ternama. Banyak jenis produk barang dari berbagai produsen yang dapat anda pilih. Dalam prosesnya, anda tidak perlu ribet memikirkan stok barang, packing, bahkan pengiriman. Semua hal tersebut akan ditangani oleh pihak dari Evermos. Belum memiliki kemampuan untuk berusaha? Tidak perlu khawatir, anda pun akan diberikan pelatihan dan bimbingan bisnis. Anda dapat memiliki bisnis rumahan dengan hasil jutaan per bulan. Tunggu apa lagi, segera bergabung menjadi reseller Evermos untuk bisnis tanpa modal dengan hasil keuntungan yang maksimal.