8 Cara Packing Barang Online Shop yang Aman. Seller Harus Tahu!

Packing barang online shop – Bagi para owner atau seller online shop rasanya wajib untuk bisa packing barang yang akan dikirim, apalagi jarak jauh seperti luar kota atau luar pulau.

Oleh karena itu penting untuk dipelajari cara bagaimana packing barang yang benar ketika mendapatkan orderan.

Tujuannya adalah agar barang yang dibeli oleh pembeli bisa sampai dengan aman dan selamat sampai tangan pembeli.

Maka, artikel ini akan membahas cara terbaik untuk packing barang online shop agar aman dan terhindar dari kerusakan.

Simak sampai selesai, ya.

8 Cara Packing Barang Online Shop yang Aman dan Rapi

Cara Packing Barang Online Shop
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah cara packing barang online shop yang mudah, rapi, dan aman sampai tangan pembeli:

1. Ketahui barang apa yang akan dikirim

Pertama, sebelum membungkus barang yang akan dikirim, maka Anda harus mengetahui jenis barang yang akan dikirim.

Hal ini menjadi penting karena akan mempengaruhi seberapa besar usaha yang dilakukan untuk mengemasnya.

Jika barang yang akan dikirim terbilang mudah seperti pakaian, maka packingnya tidak terlalu rumit.

Namun jika barangnya cukup rawan pecah atau rusak, packing barang online shop pun harus ekstra aman agar terhindar dari kerusakan.

2. Pastikan peralatan packing lengkap

Setelah mengetahui barang apa yang akan dikirim, dan menentukan packing seperti apa yang akan digunakan, berikutnya adalah pastikan peralatan packing sudah lengkap.

Barang yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Dus
  • Styrofoam
  • Bubble wrap
  • Lakban
  • Amplop
  • Kertas sampul
  • Pisau kater
  • Gunting
  • dll

Selain itu, Anda bisa menambahkan alat lain untuk packing barang online shop yang akan dikirim.

3. Bungkus produk berlapis agar lebih aman

Selanjutnya, melansir dari shipper.id, cara packing barang online shop yang benar adalah dengan membungkus produk secara berlapis.

Jika Anda hendak produk, berupa cairan, pastikan semua segel terpasang sempurna. Sebaiknya, lapisi bagian tepi tutup botol atau bukaan lainnya dengan selotip agar tidak mudah tumpah atau bocor.

Membungkus produk secara berlapis berfungsi untuk meredam benturan dan meminimalisir kerusakan pada barang. Lapisi produk dengan bubble wrap, tambahkan Styrofoam atau gumpalan kertas pada ruang kosong di dus.

Jika mengemas beberapa produk sekaligus, sebaiknya setiap produk dikemas sendiri-sendiri terlebih dahulu dengan dilapisi bubble wrap. 

Setelah itu semua produk dimasukkan ke dalam kardus dan beri tambahan pelapis untuk mengisi ruang yang kosong. Jangan lupa lapisi kembali kardus paket dengan kertas pembungkus dan juga plastik di bagian luar.

4. Packing barang online shop dengan rapat

Tidak kalah penting cara packing selanjutnya adalah pengemasan paket yang rapi dan rapat. Pastikan setiap sisi tidak ada yang terbuka. 

Jika produk tidak tertutupi sepenuhnya oleh dus atau kemasan, maka sebaiknya ganti kemasan pembungkus atau berikan lapisan tambahan.

Selain itu, gunakan selotip dan lakban yang kuat untuk menghindari paket terbuka di dalam perjalanan. Ada baiknya seluruh bagian paket dilapisi dengan lakban. Ini akan membuat permukaan paket lebih kuat dan tidak mudah sobek. 

Mungkin cara packing barang ini akan sedikit menyulitkan pembeli saat membuka paket. Tetapi ini lebih baik ketimbang paket harus rusak pada saat pengiriman.

5. Gunakan packing kayu

Kemudian jika barang yang akan dikirim memerlukan keamanan yang ekstra, Anda bisa menggunakan packing kayu agar lebih aman.

Biasanya cara packing barang online shop menggunakan kemasan kayu untuk barang seperti yang mudah pecah.

6. Gunakan stiker khusus 

Menambahkan stiker juga termasuk cara packing yang sebaiknya tidak dilewatkan. Ada banyak sekali paket yang akan ditangani oleh jasa ekspedisi, maka sebaiknya tempelkan stiker khusus yang sesuai untuk produk yang Anda kirimkan. Hal ini akan membantu memudahkan pihak ekspedisi dalam memilah jenis-jenis paket. Beberapa jenis stiker yang dapat ditambahkan antara lain :

  • Stiker barang pecah belah. Ini bermanfaat agar barang dapat diperlakukan dengan hati-hati khususnya untuk barang elektronik, pecah belah atau produk yang mudah hancur
  • Stiker yang menunjukan bagian atas produk. Ini bermanfaat untuk barang yang rawan tumpah atau bagian atasnya lebih mudah pecah dari sisi lainnya, sehingga petugas tidak salah meletakkan posisi market
  • Stiker jangan ditumpuk. Stiker ini dapat digunakan untuk packing barang online shop yang dapat rusak karena penumpukan berlebihan

Dengan menggunakan stiker, kurir yang bertugas mengangkut barang akan berhati-hati dalam menjaga barang Anda.

7. Tulis nama dan alamat 

Setelah paket dibungkus dengan rapi, jangan lupa tulis nama dan alamat penerima  dengan lengkap dan jelas. Semakin detail alamat pengiriman akan semakin baik. 

Ada baiknya jika packing ekspedisi juga disertai patokan alamat atau nama penghuni rumah lain yang lebih dikenal tetangga sekitar. 

Jangan lupa sertakan juga nomor telepon aktif dan mudah dihubungi. Kekurangan informasi tersebut dapat membuat paket Anda terhambat pengirimannya.  

Alamat pengirim juga penting untuk disertakan. Pasalnya, jika alamat yang dituju tidak  ditemukan, maka paket akan dikembalikan kepada pengirim, yaitu Anda.

8. Pastikan barang sudah aman dan siap dikirim

Cara packing barang online shop yang terakhir sebelum masuk ke pengiriman adalah memastikan barang sudah aman dan siap untuk dikirim.

Hal ini tentu saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka jangan lupa untuk mengecek kembali packing yang sudah dibuat tadi.

Itulah cara packing barang online shop yang benar dan aman agar terhindar dari kerusakan. Semoga bermanfaat!

 Jika Anda ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos di sini.

Ikhtiar Bersama Evermos, Rasakan Kenikmatan dan Keberkahannya

Evermos
Sumber: Dokumentasi Evermos

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis tapi tidak punya modal, Anda berkesempatan untuk menjadi Reseller Evermos secara GRATIS tanpa dipungut biaya.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi Reseller Evermos, antara lain:

  1. Bisnis tanpa modal
  2. Memiliki toko online sendiri
  3. Tidak perlu pusing cari supplier
  4. Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  5. Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  6. Berkesempatan bergabung dengan komunitas Reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi Reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi Reseller hebat di Evermos. Nikmati kemudahan ikhtiar bersama Evermos setiap harinya download aplikasinya sekarang juga.

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG