Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur dan Indah

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong — Salah satu kegiatan yang populer mengisi waktu dan menghibur di masa pandemi seperti ini adalah dengan mengoleksi tanaman hias.

Kegiatan ini dipercaya memiliki banyak manfaat seperti membuat lingkungan lebih indah, udara lebih sejuk dan mengatasi stress selama di rumah.

Saat ini ada berbagai jenis tanaman hias yang kerap diburu oleh kolektor sehingga memiliki harga selangit. Salah satu tanaman hias yang pernah fenomenal dan langka di masyarakat adalah tanaman hias monstera andansonii atau dikenal dengan janda bolong.

Janda bolong merupakan jenis tanaman hias tropis yang tengah digandrungi oleh masyarakat dan sangat cocok untuk Anda yang punya rumah minimalis.

Keunikan jenis tanaman satu ini ialah Monstera memiliki daun berlubang dengan bentuk oval tak beraturan. Tanaman ini berasal dari daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan, loh.

Pada awal kemunculannya, tanaman ini sempat memiliki harga selangit bahkan hingga Rp95 juta. Namun, kini tanaman janda bolong sudah mulai tersebar di berbagai sudut dengan harga tanaman yang mulai menurun.

Tanaman hias janda bolong atau Monstera adansonii ini masih menjadi favorit bagi pemilik rumah kolektor tanaman hias. Janda bolong bisa tumbuh dengan cepat dan dapat mencapai ketinggian yang cukup fantastis dalam waktu hanya kurang dari enam bulan.

Nah bagaimana apakah tanaman ini merupakan favorit Anda? Yuk langsung saja kita simak cara merawat tanaman janda bolong berikut ini agar tumbuh subur dan indah.

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

sumber : pexels.com

1. Gunakan Tanah Poros

Dalam menanam Janda Bolong, maka pilihlah media tanam (metan) poros, yakni metan yang tidak padat. Tanah poros merupakan jenis tanah yang memiliki jumlah udara dan air di dalamnya seimbang.

Baca Juga:  Doa Hari Rabu | Mustajab! Amalkan Ini di Antara Waktu Dzuhur dan Ashar

Fungsi tanah poros ini ialah mempermudah akar Janda Bolong untuk tumbuh dan mensuplai kadar oksigen dalam akar.

Racikan metan poros yang baik adalah memakai andam, pakis cacah oven, sekam bakar, pasir malang, cocopet bubuk, dan cangkang telur. Tanah dalam pot ini bisa diganti setiap enam bulan hingga setahun sekali.

2. Taruh Tanaman di Tempat Teduh

Sinar matahari yang panas serta tanah kering bisa membuat tanaman cepat layu.

Daun-daun Janda Bolong pun bisa menjadi layu, menguning, dan bahkan berguguran.

Inilah sebabnya salah satu cara merawat Janda Bolong yaitu dengan meletakannya pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung atau bersuhu 23-30 derajat.

3. Sediakan Tempat untuk Merambat

Janda bolong dalam habitat aslinya merupakan tanaman pemanjat inang.

Hal ini dikarenakan monstera memiliki sifat hemifit atau sebagian epifit, yaitu memerlukan tanaman inang untuk tumbuh sebelum tumbuh mandiri.

Untuk itu agar tanaman ini dapat hidup sehat, indah dan subur maka kita perlu menyediakan media untuk merambat yang berupa turus ataupun di pohon.

Bahkan, janda bolong memiliki kemampuan memanjat sampai dengan 20 meter lho.

Yuk percantik juga rumah Anda dengan hiasan dinding bergambar tanaman mosntera yang bisa Anda dapatkan di Evemos dengan harga yang terjangkau

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

 

Selain untuk penggunaan pribadi, produk di Evermos ini pun bisa menjadi bahan Anda untuk berjualan loh.

Anda berkesempatan menjual produk kebutuhan sehari-hari terlengkap mulai dari pakaian, makanan, hingga perlengkapan rumah tangga.

Komisinya pun bisa mencapai jutaan rupiah perbulan loh!

Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri di Evermos dengan klik pendaftaran di bawah ini. Tenang saja, pendaftaran gratis!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Baca Juga:  Inilah 6 Cara Download Video dari Youtube dengan Mudah dan Aman

 

4. Perlu Disiram Air Dua Kali Sehari

Janda bolong merupakan tanaman yang membutuhkan banyak air untuk tumbuh oleh karena itu tanaman ini membutuhkan dua kali penyiraman setiap hari.

Penyiraman dapat dilakukan pada pagi hari dan sore hari untuk membuat tanaman ini tumbuh lebih indah dan subur.

Apabila hujan turun maka tanaman ini tidak perlu disiram lagi karena hujan tak hanya dapat memberikan suplai air tetapi juga nutrisi untuk tanaman janda bolong.

Tips Merawat Tanaman Janda Bolong

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

sumber : pexels.com

5. Pupuk Dua Minggu Sekali

Salah satu pupuk yang bagus untuk tumbuh janda bolong adalah pupuk organik tetapi semua jenis pupuk dapat digunakan untuk membantu tumbuhnya tanaman ini.

Untuk memastikan janda bolong dapat tumbuh dengan sehat dan subur maka kita perlu memberikan pupuk dua minggu sekali.

Hal ini karena tanaman janda bolong membutuhkan banyak penyiraman yang mana dapat mengurangi jumlah nutrisi dalam tanah. 

Jadi, jangan lupa untuk sering-sering memberi pupuk sebagai nutrisi untuk tanaman ya.

6. Siram dengan Air Cucian Beras

Air cucian beras mengandung B1 yang dapat membantu pembentukan klorofil sehingga tanaman bisa lebih hijau.

Tak hanya itu, air cucian beras juga dapat meningkatkan kekebalan tanaman dalam melawan berbagai hama penyakit.

Air cucian beras masih mengandung nutrisi yang ada dalam beras itu sendiri?

Oleh karena itu jangan dulu membuang air cucian beras karena dapat bermanfaat untuk menutrisi tanaman janda bolong agar tumbuh subur dan sehat.

7. Membersih Tanaman dari Gulma

Perawatan terakhir untuk membantu janda bolong agar tumbuh sehat dan subur adalah dengan memastikan tidak ada gulma yang mengganggu tumbuhnya tanaman

Gulma dapat menyerap air dan nutrisi yang dibutuhkan janda bolong untuk tumbuh sehat. Oleh karena itu pastikan media tempat tumbuh tanaman ini bersih dari gulma ya!

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat tanaman Janda Bolong. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Anda untuk semakin semangat merawat tanamannya.

Baca Juga:  Rincian Biaya Hidup di Bandung 2021, Murah Atau Mahal?

Yuk percantik juga rumah Anda dengan hiasan dinding bergambar tanaman mosntera yang bisa Anda dapatkan di Evemos dengan harga yang terjangkau

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Selain untuk penggunaan pribadi, produk di Evermos ini pun bisa menjadi bahan Anda untuk berjualan loh.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×