Doa dan Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami

Cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami – Ketika panas badan dan pusing tak kunjung reda meskipun sudah diobati, coba cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami berikut ini.

Panas badan atau  demam biasanya memang selalu diiringi dengan sakit kepala, hal itu adalah hal yang wajar.

Namun kadang kondisi seperti itu sangat tidak enak dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Oleh karena itu obat adalah salah satu jalan alternatif yang bisa diandalkan. Tetapi kadang obat pun tidak bisa langsung bereaksi dan menyembuhkan panas badan dan sakit kepala.

Jadi, bagaimana seharusnya? Jangan takut karena masih ada jalan lain untuk menyembuhkannya.

Artikel ini akan membahas mengenai cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami, sekaligus doa agar terhindar dari penyakit.

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami
Sumber: unsplash.com

Berikut ini adalah cara menurunkan panas badan secara alami terlebih dahulu yang bisa Anda lakukan di rumah. Caranya cukup mudah, inilah caranya:

1. Mandi dengan air hangat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mandi dengan air hangat. Mandi air hangat bisa menjadi alternatif untuk menurunkan demam. 

Penggunaan air hangat ketika mandi bisa mempersempit pembuluh darah yang nantinya akan membuat aliran darah menuju area peradangan bisa melambat.

Merdeka Ongkir Ke Seluruh Indonesia

2. Makan buah-buahan

Selanjutnya yaitu perbanyak memakan buah-buahan. Berbagai kandungan baik di dalam buah-buahan, terutama senyawa antioksidan, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang bisa melawan infeksi saat demam.

3. Mengoleskan lidah buaya di titik panas badan 

Selain memiliki manfaat untuk kecantikan, lidah buaya bisa menjadi alternatif cara menurunkan panas secara alami. 

Untuk hasil yang optimal, simpan gel lidah buaya lebih dulu ke lemari es sebelum dioleskan.

4. Mencukupi cairan tubuh

Menurut dokter William Schaffner dari Vanderbilt School of Medicine (Amerika Serikat), mencukupi asupan cairan tubuh dapat menurunkan demam secara alami. 

Untuk itu, penuhi cairan tubuh dengan banyak minum air putih untuk mengurangi efek dari demam.

5. Kompres tubuh dengan air hangat

Pemberian kompres dengan air hangat bermanfaat untuk menurunkan demam secara alami. Hal ini bisa membuat pembuluh darah akan melebar sehingga menimbulkan produksi keringat yang nantinya akan menurunkan panas.

6. Memakai pakaian serap keringat

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan pakaian yang menyerap keringat.

Apabila sedang demam, cobalah mengenakan bahan pakaian yang ringan dan menyerap keringat sehingga suhu tubuh dapat menurun. 

Baju berbahan katun dan linen contohnya dapat mengeluarkan panas dari tubuh serta bisa memberikan sedikit kelegaan pada si penderita.

Nah, cukup mudah bukan cara menyembuhkan demam secara alami yang bisa dilakukan di rumah?

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami

Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami
Sumber: unsplash.com

Setelah mengetahui cara menurunkan panas badan, kali ini akan dijabarkan mengenai cara menghilangkan sakit kepala secara alami. Berikut ini adalah caranya:

1. Kompres dengan es

Cara pertama yaitu mengompres kepala dengan es batu atau dengan air dingin. 

Ketika kepala Anda sedang cenat-cenut karena sakit kepala sebelah atau migrain, cara paling cepat untuk mengatasi nyerinya adalah dengan mengompres dahi atau pelipis dengan lap dingin.

Kompres dingin dapat menghambat pelepasan zat-zat perangsang peradangan yang bergerak menuju kepala sehingga bisa mengurangi nyeri.Untuk melakukan hal ini, Anda bisa menggunakan waslap dingin dan basah atau isi kantong kecil dengan es dan bungkus dengan handuk atau kain lembut.

Tempatkan kompres pada bagian kepala yang sakit selama 10-15 menit. Apabila mau melakukannya kembali, berikan jeda dulu selama 15 menit.

2. Istirahat di ruang yang gelap atau redup

Kemudian jika Anda sakit kepala, Anda bisa beristirahat di ruang yang redup atau gelap.

Cahaya terang dan berkedip atau cahaya menyilaukan dari layar komputer juga dapat menyebabkan terjadinya sakit kepala dan migrain.

Oleh karena itu, bila sakit kepala terasa semakin parah, beranjak dulu dari tempat duduk dan beristirahatlah di tempat yang minim cahaya.

Matikan lampu dan tutup jendela dengan merapatkan tirai. Buat suasana ruangan setenang mungkin dan jauh dari keramaian.

Apabila Anda sedang keluar rumah untuk beraktivitas, mengenakan kacamata hitam bisa menjadi cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

3. Tidur yang cukup

Terkadang, sakit kepala bisa diatasi hanya dengan memperbaiki pola tidur Anda.

Bila kurang tidur bisa menjadi salah satu pemicunya, memiliki waktu tidur yang cukup dapat menjadi salah satu cara untuk menghilangkan sakit kepala tanpa obat.

Tidak hanya itu, tidur yang cukup dengan rutinitas yang teratur juga bisa menurunkan frekuensi atau bahkan mencegah sakit kepala pada masa mendatang.

4. Minum air putih

Manfaat minum air putih dengan cukup sangat beragam, termasuk bisa menjadi cara untuk mengatasi sakit kepala. Dengan minum banyak air putih, dehidrasi dapat teratasi.

Adapun beberapa penelitian menyebut, dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, termasuk migrain.

Selain mengurangi sakit kepala, perbanyak minum air putih juga dapat membantu mencegah sakit kepala muncul kembali pada masa mendatang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda dapat membawa botol air minum ke mana pun Anda pergi dan minum terus sepanjang hari, terutama begitu mulai merasa haus.

Anda pun bisa mengatasi dehidrasi dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung air.

Itulah cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami, jika Anda masih sering demam dan sakit kepala cobalah melakukan cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami di atas.

Doa dan Cara Menurunkan Panas Badan dan Pusing Secara Alami

doa
Sumber: unsplash.com

Selain dengan cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami, Anda juga bisa membaca doa berikut agar terhindar dari segala penyakit berikut ini.

1. Doa terhindar dari penyakit

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Latin: Allāhumma innī a’ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.”

2. Doa agar sembuh dari segala penyakit

Selain itu Anda juga bisa membaca doa berikut ini:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Latin: Allahumma sholli ‘alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa ihaa wa’aafiyatil abdaani wa shifaa ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa ihaa wa ‘alaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Demikianlah ulasan mengenai cara menurunkan panas badan dan pusing secara alami serta doa agar terhindar dari penyakit. 

Jika ingin membaca artikel menarik lainnya, silahkan kunjungi selalu situs Blog Evermos, selamat membaca!

Selain itu Anda juga bisa bergabung menjadi reseller Evermos di bawah ini agar bisa berjualan tanpa modal dan mendapatkan banyak keuntungan.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88