12 Cara Menjadi Istri yang Baik Menurut Islam, Makin Harmonis

Apakah Anda bingung, sedang mencari cara menjadi istri yang baik menurut Islam? Istri yang pastinya suami Anda idam-idamkan bukan hanya karena paras yang memukau, tapi juga patuh.

Setiap wanita dalam hidupnya memiliki empat peran, antara lain sebagai anak perempuan, sebagai kakak/adik, sebagai orangtua dan sebagai istri. 

Tentu dalam menjalani peran tersebut tidaklah mudah, sepatutnya setiap manusia memiliki ujian dan cobaannya masing-masing.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Sudahkah anda menjalani peran sebagaimana mestinya sesuai firman Allah Subhannahu wa Ta’ala dengan baik dan ilmu yang tepat?

Baca juga Doa Istri Pembuka Rezeki Suami. Amalkan Agar Rezeki Melimpah Berkah

Cara Menjadi Istri yang Baik dan Sholehah

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Allah Subhannahu wa Ta’ala menganugerahi wanita sebagai makhluk yang Allah muliakan, hal ini terdapat dalam ajaran agama Islam.

Sebagaimana pada umumnya, bagi Anda yang sudah menikah tentu menginginkan rumah tangga yang penuh ketentraman, penuh rasa kasih sayang, serta kerja sama yang baik dalam rangka beribadah kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala.

Muncul pertanyaan dalam benak Anda, jika Allah lebih meridhai kita sebagai wanita agar bisa tunduk patuh terhadap perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dalam hal keharmonisan bersama pemimpin keluarga, maka apakah hal yang bisa Anda lakukan?

Tenang saja, Evermos akan mengulas bagaimana cara yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seorang istri yang suami Anda ridha akan ketulusan Anda. Simak artikel ini sampai habis ya, jangan sampai terlewat untuk membacanya.

1. Memiliki Sikap yang Terbuka

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Suami yang telah memilih Anda sebagai istrinya yang akan mendampingi tentunya mengharapkan sikap yang suportif dengan Anda. Ini penting untuk membangun hubungan komunikasi yang positif dengannya, jadi jangan Anda sepelekan.

Meski wanita adalah mahkluk yang luar biasa ingin pria memahami tanpa menunjukkannya secara langsung, lebih baik utarakan segala hal kepadanya dengan sikap terbuka tanpa melukai harga diri suami Anda.

2. Menghargai Suami

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Dalam hal komunikasi, tidak patut bagi Anda untuk pantang menghormati atau menghargai suami. Selayaknya menjadi imam dalam bahtera rumah tangga, Anda hendaknya secara cermat untuk menghargai keputusan pemimpin Anda. 

Dalam Islam, ridhanya seorang istri berarti terletak dari ridhanya suami, dan ini kemudian kembali lagi kepada bagaimana istri bersikap kepada suami.

Misal, ketika Anda sebagai istri ingin suami belikan makanan, namun makanan yang Anda idam tidak bisa suami dapatkan karena jaraknya yang jauh atau harganya yang fantastis, hargailah keputusannya meski tetap membeli makanan dengan jarak dan harga yang terjangkau.

Mau coba bisnis rumahan saja dengan modal yang irit? Coba yuk bergabung dengan Evermos sebagai reseller dengan berbagai limpahan brand-brand tidak terbatas.

YUK, GABUNG DISINI!

3. Menjaga Hak Hak Suami

Masih sama dengan cara Anda bersikap kepada suami, sudah pasti Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hak-hak yang suami dapatkan dari Anda sebagai seorang istri yang baik.

Hal ini juga tercantum dalam firman Allah, 

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka.” (QS. Al-Nisa’: 34)

Mentaati hak-hak suami menjadi kewajiban bagi seorang istri, karena suami memiliki tanggung jawab yang kelak akan dipertanggungjawabkan di akhirat nanti. Misal, dengan tidak mengizinkan seseorang yang suami larang untuk memasuki rumah. Kemudian melayani suami dengan sebaik mungkin.

Pada hal ini, juga bukan berarti istri patuh dalam segala hal termasuk hal yang tercela atau mengandung unsur maksiat. Sehingga istri dapat memahami mana hal yang baik juga hal yang buruk baginya.

4. Kurangi Mengeluh

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Meski hakikatnya wanita adalah mahkluk lemah yang mana menjadi tanggung jawab bagi ayahnya, kakak laki-lakinya, maupun suaminya untuk memiliki peran melindungi ada kalanya mereka akan bersikap mengeluh.

Namun, tidak selamanya sikap itu menjadi hal yang baik dan memberikan solusi bagi Anda ketika hal yang sepele tersebut Anda keluhkan dengan tidak wajar.

Sebagai istri, patutnya Anda untuk bersikap mendukung suami, meski suami juga memiliki keterbatasan sebagai seorang manusia. Ketahuilah, ini akan membuat suami makin cinta pada Anda.

Ada peribahasa, kurangi mengeluh dan perbanyak bersyukur. Sehingga apa saja yang suami perbuat kepada Anda, akan selalu merasa tentram dan cukup.

5. Menutupi Kekurangan Suami

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Ikatan suami-istri merupakan kedekatan yang paling sempurna. Sebab suami istri adalah pakaian satu sama lain.

Mengapa adanya pernyataan demikian, tentu Anda harus memahami makna penuh arti di balik hubungan dari suami dan istri. Ini bisa Anda lakukan dengan mencari ilmunya melalui ustadz, ulama-ulama maupun secara online lewat kajian di Youtube, atau platform media sosial.

Ada batasan yang tidak boleh pasutri lakukan untuk kemaslahatan bersama, yaitu saling menutupi aib satu sama lain. Sebagaimana pakaian, maka aib yang istri/suami adalah auratnya, oleh karena itu selayaknya mereka saling menutupi satu sama lain.

Allah ﷻ menggambarkan dalam Al-Qur’an bahwa pasangan suami istri ibarat pakaian. 

“..Mereka adalah pakaian untuk kamu dan kamu adalah pakaian untuk mereka..” (Q.S. Al-Baqarah[2]: 187).

6. Memberikan Pujian kepada Suami

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Siapa sih yang tidak mau untuk diapresiasi oleh pasangannya? Begitu pun dengan semua orang bukan. 

Apresiasi atau pujian, bisa membuat seseorang terdorong untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi sekitarnya. Begitu pula dengan suami Anda, jika sebagai pasangannya Anda kurang mengapresiasi, tak jarang membuat komunikasi menjadi renggang.

Sebab, hubungan yang positif akan memberikan dampak ketika berkomunikasi, Anda dan suami akan menatap penuh cinta, saling memuji kelebihan masing-masing sebagai buah dari komunikasi.

Ingin tahu mana busana yang bagus untuk suami Anda kenakan? Yuk intip produk-produk berkualitas dan original lainnya, bisa kamu tawarkan ke tetangga dan raih komisinya!

DAFTAR DISINI SEKARANG

7. Selalu Meminta Izin

 

Ketika istri hendak bepergian keluar rumah karena ada sebuah urusan seperti pekerjaan, bertemu teman lama, atau urusan lainnya yang penting Anda lakukan, suami hendak mengetahuinya.

Karena, kehadiran suami bagi istri merupakan media untuk beribadah bersama-sama, sementara itu istri harus mematuhi apa kata suami. Termasuk juga untuk izin bepergian.

Hal ini Anda lakukan supaya menghargai suami, dan sudah sepatutnya segala urusan Anda sudah terketahui oleh suami, sehingga apapun yang kemudian Anda sampaikan suami bisa mengerti dan mendukung Anda sebagai seorang istri yang baik.

8. Memberikan Kejutan

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Siapa yang tidak bahagia jika diberi sebuah kejutan oleh pasangannya sendiri? Anda juga tentu bisa melakukannya.

Urusan pekerjaan yang tidak selesai-selesai, atau permasalahan yang sempat tertunda kadang bisa menjadi bom waktu bagi suami Anda. Anda bisa menghibur suami Anda sembari menyematkan kata-kata yang positif.

Lalu temukan momen yang tepat untuk memberi suami Anda kejutan seperti makanan kesukaannya, mengajaknya untuk refreshing ke tempat alam, pesan video yang menyentuh, dll.

Dengan melakukan ini tentu hubungan Anda dan suami akan semakin harmonis dan mesra. 

9. Menghindari Sikap Curiga Berlebihan

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Memang dalam hubungan rumah tangga terkadang ada-ada saja hal yang dapat mengundang sesuatu yang tidak nyaman bagi suami dan istri. Salah satunya adalah sikap curiga yang berlebihan.

Istri yang baik adalah istri yang dapat mempercayai suaminya, tentu suami juga bisa membuktikannya dengan menjaga kepercayaan yang ia dapatkan dari Anda.

Tentu saja Anda perlu memiliki rasa cemburu, namun jangan berlebihan hingga itu menggerogoti kepercayaan Anda. Nantinya, suami tidak akan nyaman untuk berkomunikasi dengan Anda bahkan hal terburuknya akan menjauhi Anda.

daftar reseller evermos gratis

10. Tidak Posesif

Hampir sama dengan membiliki sikap curiga berlebihan, sikap posesif merupakan sikap yang tidak bagus sama sekali untuk keberjalanan rumah tangga Anda.

Ini berbeda dengan sikap protektif seperti ingin melindungi dan mengayomi, karenanya posesif akan membatasi secara berlebihan hingga mengekang ruang gerak suami Anda.

Jika Anda merupakan istri yang baik dan sholehah, tentunya akan memberikan peluang bagi suami untuk mengerjakan hal-hal yang sebaiknya harus ia prioritaskan contohnya harus mengunjungi kedua orangtuanya yang sedang sakit.

Tentu sama hal nya bagi Anda yang memiliki kebutuhan dan prioritas masing-masing, oleh karena itu saling support dan mendukung adalah hal yang baik bagi Anda berdua.

11. Pandai Mengurus Hal Rumah

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Seorang istri yang baik memiliki kepandaian untuk mengurus hal-hal rumah. Bukan berarti, istri yang baik itu adalah seorang pembantu. Anda juga memiliki kewajiban yang tentunya harus Anda penuhi dalam urusan rumah tangga.

Justru dengan mengurus keluarga serta merapikan rumah Anda menjadi ladang amal ibadah Anda yang panjang. Oleh sebab itu, suami memberikan kepercayaan kepada Anda terhadap suasana dan situasi rumah yang Anda buat.

Seperti memasak makanan untuk keluarga, mencuci pakaian suami dan anak-anak, bahkan mengatur pengeluaran keluarga yang diperlukan.

Ini juga meliputi dalam hal mengurus anak, dalam Islam sendiri wanita yang berperan sebagai madrasatul u’la atau madrasah (sekolah) pertama bagi anak-anaknya. Jadi, tidak terbatas pada peranan mendukung suami saja ya!

12. Merawat Diri Sendiri

Cara Menjadi Istri yang Baik
Sumber: pexels.com

Ketika Anda sudah melaksanakan pekerjaan rumah, melakukan urusan diluar rumah karena ada hal yang penting, dan sibuk sebagai seorang istri tidak berarti Anda tidak mengurus diri sendiri.

Sebelum Anda mampu dapat mengurus semua hal tersebut, merawat diri sendiri juga adalah kegiatan positif yang dapat meningkatkan mood Anda agar selalu tampil cantik di hadapan suami.

Bukan tentang pamer kecantikan kepada setiap orang yang lewat dihadapan Anda, tetapi sudah semestinya cantik yang Anda miliki hanyalah dapat suami Anda miliki seorang saja. 

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan produk-produk kosmetik yang kekinian dengan harga yang terjangkau tentu Evermos sudah siapkan yang terbaik disini, tawarkan kepada orang terdekat Anda juga, ya.

MULAI JUALAN SEKARANG

 

Demikian mengenai informasi cara menjadi istri yang baik menurut Islam, semoga dapat bermanfaat, jangan lupa share informasi ini kepada keluarga, teman dan kenalan Anda, ya!

Raih kesempatan untuk mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah, bisnis yang bisa dijalankan kapan saja dan di mana saja.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Bisa COD (Cash on Delivery)
  • Bisa jualan di Marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Yuk baca artikel menarik dan informatif lainnya, kunjungi Blog Evermos

×