Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam dan Rasulullah

Cara mengobati anak panas menurut islam – Selain dengan menjalani pengobatan medis, ternyata ada juga cara menurunkan panas menurut Islam dan Rasulullah.

Anak yang terserang panas atau demam biasanya akan merasakan tidak enak di seluruh bagian tubuh.

Suhu badan yang tinggi akan membuat kepala menjadi pusing berat, tubuh menggigil, bahkan bisa sampai menyebabkan anak kejang-kejang jika panas terlalu tinggi.

Oleh karena itu dalam Islam selalu diajarkan bagaimana seseorang menyikapi demam dan mengobati demam yang pernah dipraktekkan oleh Rasulullah SAW.

Lalu bagaimana cara mengobati anak panas menurut Islam dan cara yang digunakan oleh Rasulullah? Simak ulasannya berikut ini.

Demam Menurut Islam adalah Hembusan Neraka Jahanam

Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam
Sumber: google.com/bersosial

Setiap anak pasti pernah mengalami demam atau panas badan yang terlalu tinggi. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun sering mengalaminya.

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa panas atau demam adalah penyakit yang berasal dari neraka jahannam.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya penyakit demam (panas) adalah berasal dari panas neraka jahanam. Karena itu dinginkan lah (kompres) dengan air.” (HR. Bukhari).

Dari hadits tersebut dijelaskan bahwa orang yang sedang mengalami demam adalah sedang dihembuskan api neraka jahanam oleh Allah SWT.

Demam ini tentu sangat bahaya bagi tubuh karena dapat membuat gejolak atau penurunan kondisi tubuh yang bisa saja menyebabkan koma hingga kematian.

Oleh karena itu cara yang digunakan Rasulullah ketika terserang demam adalah dengan mengompresnya dengan air dingin.

Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam dan Rasulullah

Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam
Sumber: google.com/bersosial

Dalam sebuah kisah dan riwayat menyebutkan bahwa Rasulullah pernah mengalami demam dan panas yang tinggi.

Kemudian Rasulullah meminta untuk diambilkan air dingin untuk mengompres tubuh agar panas badan menjadi turun.

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya penyakit demam (panas) adalah berasal dari panas neraka jahanam. Karena itu dinginkan lah (kompres) dengan air.” (HR. Bukhari).

Berdasarkan hadits tersebut metode mengompres tubuh dengan air dingin adalah sebuah hal yang harus dilakukan ketika sedang demam.

Begitupun saat anak mengalami panas yang cukup tinggi. Praktek yang dilakukan oleh Rasulullah pun sangat dianjurkan untuk anak kecil yang sedang demam.

Hadits lain menyebutkan bahwa sebelum Rasulullah wafat, beliau merasakan panas demam yang luar biasa dan meminta untuk disiram air sebanyak tujuh kantong kulit.

“Demam adalah bagian dari keluasan jahanam, karena itu diinginkan dengan air. Saat Rasulullah mengalami demam yang mengakibatkan ia wafat, ia meminta agar tubuhnya disiram air sebanyak tujuh kantong kulit.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Walaupun saat ini sudah banyak cara mengobati anak panas dengan bantuan medis dan obat-obatan, ternyata cara yang dilakukan Rasulullah untuk menurunkan panas demam masih sangat bagus untuk digunakan saat ini.

Saat Demam Melanda, Dosa Terhapuskan, Bersabarlah!

Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam
Sumber: google.com/bersosial

Ada hal yang sangat penting untuk diketahui bahwa ketika demam menyerang anak Anda atau menyerang Anda, maka jangan kesal dan mengumpatnya.

Karena demam yang dirasakan di seluruh bagian tubuh adalah sebuah kenikmatan yang harus disyukuri.

Orang yang sedang terserang demam adalah sedang dihapuskan segala dosa di tubuhnya dan pahala akan masuk ke tubuh yang merasakan demam.

Rasulullah SAW bersabda, “Jangan engkau mencelanya (demam), karena sesungguhnya ia membersihkan dosa sebagaimana api membersihkan kotoran dari besi.” (HR. Muslim).

Oleh karena itu jika Anda mengalami demam, jangan kesal dan jangan mencela penyakit tersebut. Bahkan jika anak Anda demam, ajarkan kepadanya agar tidak kesal karena sakit yang dideritanya.

Cara Mengobati Anak Panas Menurut Islam dengan Berdoa

Demam
Sumber: google.com/bersosial

Selain menggunakan cara yang dilakukan oleh Rasulullah yakni dengan mengompres tubuh dengan air dingin, Anda juga bisa membaca doa berikut ini agar sembuh dari penyakit demam. 

Latin: Bismillaahil kabiiri na’uudzu billaahil ‘adziimi minsyarri ‘irqin na’aarin wa min syarri harrin naari.

Artinya: Dengan nama Allah yang Maha Agung, kami berlindung kepada Allah yang Maha luhur dari kejahatan urat yang berdarah dan dari kejahatan panasnya api neraka.

Doa ketika demam di atas bisa Anda panjatkan ketika anak Anda sedang mengalami demam tinggi.

Anda bisa meminta kesembuhan kepada Allah dengan membaca doa tersebut, karena Allah yang memberikan penyakit, dan Allah juga yang memberikan kesembuhan.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati anak panas menurut Islam dan cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika demam. Semoga bermanfaat.

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88