Waspada Modus Kejahatan Baru! Inilai 10 Cara Menghindari Skimming Atm

cara menghindari skimming atm

Beberapa waktu belakangan ini di media sedang gencar pemberitaan mengenai skimming atm, yakni sebuah modus kejahatan yang menimpa salah satu nasabah bank dan mengakibatkan hilangnya uang senilai 128 juta dari rekeningnya. Sebenarnya apa itu skimming dan bagaimana cara menghindari skimming ATM ini?

Untuk keamanan kita bersama, mari simak tips dan trik guna menghindari skimming di ATM pada artikel berikut ini.

Apa Itu Skimming ATM

Skimming adalah praktik pencurian informasi dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu kredit atau debit secara ilegal. Skimming merupakan salah satu jenis penipuan menggunakan metode phishing yang merupakan ancaman kejahatan yakni dengan cara mencuri data penting orang lain.

Kejahatan yang termasuk dalam jenis phising di antaranya seperti pencurian data nomor rekening,  nomor kartu dan PIN,  data kartu kredit dan lainnya

Cara kerja modus skimming ini yakni pelaku menempelkan alat skimmer pada slot kartu ATM. Alat ini merekam data dari strip magnetik kartu, sehingga pelaku dapat menduplikasi kartu nasabah.

Berikutnya ada dua metode dalam melakukan skimming pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yaitu pertama, dengan menyematkan alat skimmer khusus pada mesin EDC. Kedua, dengan metode yang lebih sulit untuk dilakukan yaitu wire tapping.

Metode ini tujuannya adalah untuk menyadap semua saluran komunikasi data antara koneksi mesin EDC dan mesin kasir menuju bank atau lembaga keuangan yang dituju.

7 Tips Cara Menghindari Skimming ATM

cara menghindari skimming atm

sumber : pexels.com

Jika kita lihat dari penjelasannya, maka modus kejahatan skimming nampak seperti mengerikan. Namun, tenang saja masih ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya.

Berikut adalah tips resmi dari pihak otoritas jasa keuangan yang mana memberikan tips menghindari skimming atm yakni sebagai berikut

1 Jangan memberikan data atau informasi pribadi kartu kepada kepada siapapun

2. Ganti PIN secara berkala

3. Hindari menggunakan PIN dengan nomor atau huruf yang mudah ditebak. Jangan menggunakan tanggal lahir, nomor telepon atau kombinasinya.

4. Tutupi tangan ketika menekan nomor PIN di ATM maupun mesin EDC sehingga tidak bisa dilihat oleh orang lain.

5. Periksa lembar slip transaksi

Cocokkan laporan transaksi dengan transaksi yang Anda lakukan . Segera laporkan ke bank  apabila terdapat perbedaan atau kesalahan.

6. Jangan pernah menandatangani slip transaksi yang kosong

7. Perhatikan kondisi mesin ATM

Periksakan apakah ada kejanggalan seperti kabel yang terlepas atau ada yang berbeda. Salah satu bentuk operasi skimming bisa dilihat dari janggalnya keadaan fisik. Hal ini bisa dikarenakan adanya mesin skimmer yang terpasang pada mulut mesin ATM atau pada tombol angka. Selain itu, sebelum memasukkan kartu sebaiknya dicek juga kondisi ATM. Jika dalam satu kali memasukkan kartu masih terasa bermasalah, sebaiknya urungkan niat bertransaksi di ATM tersebut.

8. Perhatikan lokasi dan lingkungan ATM berada

Lokasi ATM yang cenderung gelap tanpa lampu penrangan dan tanpa pengawasan keberadaan security dan kamera CCTV rawan menjadi tempat operasi skimming.

9. Pantau Saldo Secara Rutin Usai bertransaksi di ATM

Pastikan selalu mengecek saldo terakhir. Jangan mengabaikan sisa saldo di rekening. Salah satu faktor keteledoran banyak orang adalah selalu mengabaikan sisa saldo terakhir di rekeningnya.

10. Ubah Kartu Debit dari Teknologi Pita Magnetik ke Chip

Salah satu cara yang yang paling efektif untuk mencegah terjadinya skimming adalah mengganti kartu debit dari teknologi pita magnetik ke kartu yang dilengkapi chip. Sebab, data nasabah yang bisa diambil oleh pelaku kejahatan adalah yang tersimpan di kartu yang dilengkapi pita magnetik.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghindari skimming ATM. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan kewaspadaan dan keamanan diri kita.

Ingin dana di rekening Anda bertambah pesat? Marilah bergabung menjadi reseller di Evermos

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik tombol di bawah ini!

DAFTAR DISINI SEKARANG

Sekian artikel mengenai Cara membayar fidyah ni. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×